Sunday, 8 October 2017

Bicara Santai dengan Ibu Mentri BUMN Rini Soemarno



Masih berkaitan dengan infrastuktur yang berkatian dengan blog saya kemarin, “Lewat Pemeran Foto Menjadi Sarana Komunikasi Infrastruktur” kali ini acaranya lebih santai dan bertemu langsung dengan menteri BUMN Ibu Rini Soemarno yang ditemani oleh jajaran direktur BUMN, seperti direktur PLN, Telkom,BTN, Wijaya Karya dan lain-lain. acara kali ini diundang oleh JadiMandiri.

Acara yang dikemas di tengah taman Plaza Mandiri diiringi live music dan aneka jajanan daerah,  dengan kehadiran Ibu Rini Soemarno yang humble menghampiri beberapa wartawan dan blogger mengajak bicara dan sesekali ada yang meminta foto bersama ada suatu hal besar yang saya akan tanyakan  dengan beberapa issu penjualan asset perusahaan BUMN dan tentang kebijakan-kebijakan yang membuat gerah dan terkesan berani. hal ini yang akan saya tanyakan nanti, walaupun urung karena banyaknya wartawan yang lebih mempertanyakan tentang hasil  infrstuktur Indonesia terkesan lambat.

Menjawab issu itu ibu Mentri langsung menjawab infrastruktur di Indonesia sebenarnya sudah sangat merata dari sarana transportasi, pemukiman, waduk, bahkan listrik. Semua itu diusahakan secara bertahap bukan instan,  dan memang tentunya membutuhkan waktu yang agak lama mungkin sekitar 2 – 3 tahun, karena perlu adanya pelepasan lahan, birokrasi pengertian terhadap warga yang lahannya akan digunakan, dan tentunya juga dibutuhkan dana yang tidak kecil. Untuk itu BUMN mengajak pihak lain untuk turut serta membantu membangun masalah infrastuktur ini.

ibu Rini mencoba salah satu masakan daerah Jogjakarta
sebelum mulai acara.

Banyak sekali infrastruktur yang telah di capai  seperti menghidupkan kembali pembangunan Trans Jawa yang tertunda  yang sudah sejak tahun 1996 yang dulu diberikan oleh pihak swasta tetapi menjadi tertunda akhirnya melalui salah satu perusahaan BUMN Waskita Karya proyek ini kembali berjalan dan berharap pada tahun 2018 menargetkan  dari Merak hingga Probolinggo Jawa Timur akan  tersambung jalan Tol sepanjang 1.270 Km.

Kemudian juga pembangungan PLTU di daerah Banten yang memang daerah yang dekat sekali dengan Jakarta tapi masalah penerangan justru tertinggal.  PT. PLN. Untuk memenuhi kebutuhan dan pemerataan pasokan listrik masyarakat di seluruh Indonesia, pemerintah mencanangkan Program Pembangkit Listrik 35 ribu MW. Beberapa hari sebelumnya, Presiden sudah meresmikan PLTU di Serang, Banten dengan kapasitas 660 MW, sekaligus groundbreaking untuk PLTU Jawa 7, 9, dan 10 dengan total kapasitas 4000 MW sebagai Badan Usaha Milik Negara, yang mempunyai fungsi sebagai agen pembangunan. Semangat yang tinggi, membangun 46 ribu km transmisi listrik, yang sekarang sedang dalam proses sudah 26 ribu km, belum lagi pembangunan 100 ribu MVA gardu induk,

Dan juga PT. Telkom dengan jaringan fiber optic sepanjang 158 km, akan terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan dibangunnya jaringan ini akan lebih mempermudah sarana komunikasi dan penggunaan internet bagi masyarakat di pelosok daerah.diharapkan bisa  bermanfaat, sehingga membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik lagi, yang tentu saja berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat tersebut

salah satu jalan proyel Tol yang di biayai BUMN dan Investor
yang mengalami kendala lahan akhirnya selesai dalam
waktu 2-3 tahun sudah bisa dilihat fisiknya

Kemudian masalah hutang,, ini yang issunya sangat riskan karena hutang Indonesia kini  lebih banyak dari pemerintahan sebelumnya dan katanya setiap warga negara Indonesia ikut menanggung. Jadi penasaran ketika ada yang bertanya tentang istilah Komodo Bond Yap. Ternyata istilah berupa surat hutang yang diterbitkan dalam mata uang rupiah oleh pemerintah Indonesia yang ditawarkan ke pasar international, dan ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia dan akan diliris pada bulan November ini. 

Ketika kita mendengar issu apapun yang terkait dengan pemerintahan apalagi masalah infrastruktur yang selalu dicap lambat. hendaknya jangan hanya membaca judul berita kemudian disimpulkan kita cari kebenarannya berita itu. Apapun yang dilakukan pemerintah kini, demi kemajuan dan kepentingan semua warga negara Indonesia, ujar Ibu Rini semua altenatif apapun akan dilakukan demi tercapainya target infrastruktur ini.


13 comments:

  1. Wah, asyik nih..ketemu bu menteri dalam suasana yang santai. Biasanya kan ketemu orang penting kayak gitu di acara-acara formal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mba ramah bngt bu Rini, mau nanya takut juga beliau balikny nanya haha Karena mslh pemerinthn ini��

      Delete
  2. Acaranya asik banget ya, bisa ngobrol santai sama bu menteri gini.
    Aku ngerasa sih pembangunan di Indonesia memang bagus sekali sekarang ini. Cukup merata. Tapi ya memang hutang itu bikin deg-degan. Ngeri juga kalau semua proyek selesai dan negara gagal melunasi hutang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu teh ,,,, mdh2an Ada jln lain selain brhutang bisa dengan gantian swasta spt yg sdang dilakukan ini sinergi BUMN brsama swst

      Delete
  3. Wahhh kayaknya ramah banget ya bu menteri yang satu ini. Kapan ya ibu ini ke Bengkulu

    ReplyDelete
  4. Walaupun nggak melihat secara langsung dan hanya lihat update pembangunan di fb, saya rasa baru di periode ini pembangunan di indonesia bener2 terasa. Nggak cuma di jakarta, tapi bahkan sampai ke papua. Harapannya sih ke depannya semua pembangunan akan dapat segera dirasakan oleh penduduk indonesia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin iya mba,,,, mdh2an merata sampai keseluruh pelosok pedalaman

      Delete
  5. Speechless aku mba...
    Gak tau mesti komentar apa...karena sama sekali gak ngikutin berita. Selain karena sudah gak nonton tivi sasma sekali.

    Doaku,
    semoga Indonesia bisa menjadi negara yang beriman dan takut sama Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm Sama di rumah jg gk Ada tv mba,,, ngikutin berita dr media inline Aja, mdh2an apapun yg d lakukan pemerinthn saat ini brguna u.rakyatnya dn buat sjahtera

      Delete
  6. aku udah nyobain lho lewat tol Salatiga. Memang enak yaa kalau sepanjang Jawa disambung jalan tol. Mudik pun lancar. Cuma masalahnya ini proyek barengan semua ngejar 2019 supaya rapornya cantik.

    ReplyDelete
  7. bener mba helena,, kita sebagai rakyat cuma bisa berdoa mudah2an d balim rapor yg cantik,, tidak ada yang dibuat2 untuk menutupi spy jd cantik,,

    ReplyDelete
  8. Wah, seru banget mbak acaranya.. ^^

    ReplyDelete
  9. Seru ya mbak ngobrol bareng bu Menteri, jd paham kondisi permasalahan dan langsung mendengar dari ahlinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,