Wednesday, 11 October 2017

Kamu Blogger? Jangan Lupakan Senjatamu,,,




Mendapat undangan sebuah event bagi blogger sangatlah menyenangkan selain ditunggu-tunggu juga, karena di event tersebut selain mendapat ilmu pengetahuan, bertemu banyak teman tentunya ada waktu yang dibayar. (mengertikan maksudnya), tapi ada juga  beberapa event yang tidak berbayar karena kita mendapatkan ilmu tambahan apalagi kalau itu skill tentang dunia blogging.

Hal yang pertama harus dilakukan ada baiknya kenali pengundang kita, cari tahu dulu tentang siapa yang mengundang, apa tujuannya? Jadi ketika sampai di tempat sudah punya gambaran sedikit apa yang kira-kira akan kita laporkan. Lalu  kenali area event, bisa meminta bantuan maps melalui internet, atau bertanya ke teman yang paham daerah tersebut. Kemudian berpakaianlah yang rapi, jika diminta dresscode penuhi karena itu sudah satu nilai buat kita.

Dibayar atau tidak suatu event apabila kita sudah mendaftarkan untuk hadir tentulah kita berkewajiban datang, kecuali ada alasan penting yang tidak bisa hadir dan itupun harus memberitahukan ke pihak pengundang.  dan tentunya ada kewajiban kita untuk menulis report hasilnya di blog yang kita miliki. Ada baiknya jika mendaftar di sebuah event, email pertamalah yang harus kita datangai karena sudah konfirmasi terlebih dalu..

Nah peralatan yang penting sebelum datang ke event ada hal-hal yang harus dipersiapkan dari rumah, jangan sampai ketika kita menghadiri suatu event ada perlengkapan yang wajib di bawa justru tertinggal dirumah…

  1. Handphone ,,, hmm barang yang satu ini sudah seperti baju bagi seorang blogger, dan tidak mungkin yang akan dilupa, kalau barang yang satu ini terlupa,, blass,,, mending balik lagi ke rumah
  2.  Power Bank.. nah yang ini buat jaga-jaga kalau handphone kita lowbat, karena kurang nyaman saja kalau di event suka nanya ada colokan ngga ya? Apalagi kalu pinjam power bank teman, kalau teman ikhlas kasih kalau ngga.
  3.  Paket Internet,, pastikan paket internet di handphone masih tersedia, jangan sekali-kali minta tethering sama teman,,, apalagi minta wifi gratis di event (terkecuali pihak event menyediakan wifi gratis karena eventny akan di blow up ke media sosial).itupun akan terkendala karena jaringannya digunakan banyak orang.
  4.  Alat perekam ini bisa menolong saat menulis di blog, kalau di event kita tidak diberi press release. Tetapi ada juga aplikasi handphone yang ada perekamnya, dan itu berarti kita harus membawa handphone lebih dari satu,
  5. Camera sebenarnya barang yang satu ini tidak termasuk sih tetapi ada baik yang punya camera di bawa karena hasil foto dengan handphone jauh berbeda dengan hasil yang foto yang ada di camera.

Jika semua itu terpenuhi, kalau event mengadakan lomba livetweet atau livegram sudah menjadi bonus buat blogger kalau dapat ya.

Yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman saja, pernah pinjam tapi dicuekin sama yang punya karena waktu itu bawa powerbank tapi kabelnya tertinggal. Jangan sampai kejadian seperti saya ngga enak rasanya,, sakitnya tuh disini, intinya jangan tergantung sama orang dan itu jadi pelajaran.

Pastikan malamnya persiapkan barang yang sudah disebutkan diatas kalau perlu di ceklist bagi yang pelupa seperti saya jadi ingat, apalagi suka gonta ganti tas.

Sikap professional blogger bisa dinilai dari hal – hal kecil yang disebut atas, mengeluarkan modal untuk membeli powerbank atau paket internet pasti akan balik secepatnya, dan jangan lupa jaga sikap kita di event

Yang membaca ini  berharap tersenyum saja ya, bahasanya juga santai banget kalau ada mba  Rahch Alida (yang punya foto diatas itu ) pasti saya sudah dijewer karena tidak pakai EYD dengan sempurna. Salam,,,. pastikan bahagia setiap hari


·          


1 comment:

  1. Dulu, saya punya blog nggak kepikiran bakal diundang. Gak ngarep juga.
    Sekarang kalau diundang, benda2 di atas wajib dipunya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,