Empal Gentong Putra Mang Darma Cirebon

Empal Gentong Putra Mang Darma Depan Stasiun Cirebon

empal-gentong-mang-darma-cirebon

Empal Gentong Cirebon, makan khas kota Cirebon semakin terkenal dan banyak dijumpai di semua sudut kota Cirebon,, namun ada satu jadi langganan saya semenjak kecil bertepat di dekat stasiun Cirebon, sebelum parkiran stasiun Cirebon ini di rubah Empal Gentong Mang Darma ini jadi satu didalam parkiran nah,,,, sekarang kedainya pindah di depan stasiun Cirebon.

Kedai Putra Mang Darma sekarang lebih luas, kedainyapun sederhana. Tetapa rasa empal gentongnya tidak berubah tetap enak dan nikmat. Empal Gentong ini sama dengan istilahnya gulai, hanya saja masaknya di dalam gentong dengan bumbu yang khas dan memasaknya pun menggunakakan kayu pilihan yaitu kayu dari pohon asam konon katanya untuk menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging dan gentong dari tanah liatnya itu juga memberikan rasa sedap yang tiada tara.

Daging yang digunakan adalah campuran usus, babat dan daging sapi. Sejarah empal gentong ini sendiri pertama kali berasal dari desa Battembat kecamatan Tengah Tani Cirebon


empal-gentong-mang-darma-cirebon


Nah yang membedakan Empal Gentong Putra Mang Darma dengan yang lainnya, kalau Mang Darma dagingnya diambil dari dalam gentongnya sehingga kondisi panas bumbunya masih fres dan meresap kedaging sedangkan kedai empal gentong yang lainnya karena alasan efisiensi dagingnya sudah disiapkan terpisah baru disiramkan kuah. Itu menurut saya yang membedakan rasa kedai Mang Darma dengan yang lainnya. Lebih gurih dan rasanya pun tidak berubah sampai sekarang..

Seporsi Empal Gentong atau Empal Asem harganya Rp 20.000. utuk menetralisir lemak biasanya disajikan dengan daun kucai dan ditaburi dengan bubuk cabe kering, biasanya dimakan dengan lontong atau nasi. Ada juga sate kambing dengan 10 tusuk harganya Rp 30.000.


empal-gentong-cirebon
stasiun cirebon


Akan tetapi semuanya punya pilihan empal Gentong Putra Mang Darma memang legendaris di Kota Cirebon ini, kalau di depan stasiun dilanjutkan putranya yaitu Empal Gentong Putra Mang Darma ,, Nah kalau mau ke kedai Mang Darmanya sendiri ada di Krucuk samping Bang BTN tinggal naik angkot D05 dari depan stasiun dan pesan sama supirnya pasti diantar pas depan kedainya.

Bagi sahabat yang mau berkunjung ke Cirebon jangan lupa kuliner satu ini, kalau naik kereta api bisa ini di jadikan oleh-oleh untuk orang rumah, karena kalau naik kerata api cuma 3 jam dari Cirebon ke Jakarta, bisa dihangatkan sampai rumah.



No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏