Sunday, 18 November 2018

Mendidik Anak di Era Digital Bersama Xl Axiata di Pulau Untung Jawa


Assalamualaikum … 

Jaman digital harusnya bisa mencakup keseluruh daerah sampai pelosok sekalipun, apalagi yang masih dekat dengan Jakarta seharusnya bisa mendapatkan fasilitas itu semua, mudah mendapatkan informasi terkini sampai dengan bagaimana menggunakan fasilitas internet lainnya? Akan tetapi semua fasilitas internet yang membuat mudah harusnya kita tetap bisa bijak menggunakan. Nah, untuk itu PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menyelenggarakan edukasi pemanfaatan internet guna memperkuat kapasitas pendidikan anak dengan tema “Mendidik Anak di Era Digital’ yang berlangsung di SMP Negeri 285, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu pada hari ini Kamis tanggal 15 November kemarin. 



Mendidik Anak di Era Digital Bersama Xl Axiata di Pulau Untung Jawa


Saya dan beberapa teman blogger juga team dari Xl Axiata , berangkat sekitar pukul 07:00 pagi dari Dermaga 16 Marina Ancol menggunakan kapal menuju Pulau Untung Jawa. Alhamdulillah cuaca mendukung maksudnya tidak hujan karena kalau hujan mikir-mikir nih untuk berangkat ke sebrang pulau apalagi mnggunakan kapal. Perjalanan hampir 2 jam akhirnya kami tiba ditempat tujuan. Dan langsung disambut baik oleh panita yang sudah menunggu kedatangan kami. 

Pantai sakura
Karena acara baru mulai pukul 10:00, saya dan beberapa teman blogger singgah dulu menuju pantai Sakura yang tidak jauh dari SMPN 285, Sayangnya bunga sakuranya tidak mekar kata orang-orang disekitar sini, kalau bunga sakura pantai menjadi tambah indah. Menikmati pantai Sakura yang bersih hanya sebentar  karena cuaca terlalu panas dan jarang sekali pepohonan jadi terasa kurang nyaman, (yang namanya pantai pasti hawanya panas euy,,,) setelah foto-foto sebentar akhirnya kami kembali ke tempat acara. 

Tepal pukul 10:00 acara dimulai diwakili sambutan dari Xl Axata Bpk M Arwani selaku Head of sales XL Axiata Jakarta Utara dan Timur Area. Mengatakan era digital telah mengubah banyak hal dalam kehidupan, termasuk kemampuan anak-anak dalam beradaptasi dengan teknologi informasi, membuat mereka jadi lebih mudah mengakses informasi yang berlimpah dari siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Padahal, layanan internet dapat membawa dampak positif maupun negatif. Untuk itu dibutuhkan peran aktif orang tua di era digital ini untuk bisa membimbing anak-anaknya agar mampu memanfaatkan keberadaan akses internet untuk tujuan yang positif, termasuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Untuk itu, kami hadir di sini melalui program Sisternet #Kelasliterasidigital.

Tips Mendidik Anak di Era Digital

Pemberi pertama yaitu Teh Rita Nurlita, sebagai pendiri Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA) yang juga sekaligus aktivis penggiat internet sehat untuk anak XL Axiata. Teh Rita memberikan beberapa tips agar kita sebagai orang tua harus tetap membatasi anak-anak menggunakan internet. Mengenalkan kepada anak handphone boleh akan tetapi perlu adanya kontroling kita sebagai orang tua, jangan sesekali anak-anak dibiarkan main seharian apalagi sampai menjadi addicted terhadap handphone, kareana kalau sudah kecanduan menggunakan handphone, bahaya bagi perkembangan anak-anak nantinya, berikan batasan misalkan hanya hari sabtu atau minggu untuk bermain handphone itupun waktunya harus dibatasi. 

Banyak lagi kasus kejahatan dari media sosial yang harus orang tua ketahui, beberapa akun media sosial seperti facebook, Instagram apalagi youtube, sebagai orangtua harus tahu bagaimana mengaplikasikannya dan usahakan menjadi teman kalau anak-anak sudah memiliki akun dibeberapa media sosial. Media sosial banyak sisi positifnya akan tetapi hal negatifnya perlu juga diwaspadai. 

Bpk Ade Yulia Narum, Bpk Junaedi dan Bpk M. Arwani
picture by Mia
Selanjutnya hadir Bpk Junaedi selaku Wakil Bupati Administrasi Kepulauan Seribu dan Bpk Ade Yulia Narum selaku Kepala Suku Dinas Pendidikan Administrasi Kepulauan Seribu yang menyambut senang dengan adanya acara ini, dan berharap acara ini terus berlanjut jangan sampai berhenti disini katanya lagi kami sangat senang bisa kembali bekerjasama dengan XL Axiata. Dengan adanya program pelatihan ini, kami berharap selain kualitas pendidikan anak-anak kami di sini bisa ditingkatkan, juga bisa menanamkan kesadaran kepada warga masyarakat secara umum, terutama para orang tua dan guru untuk memastikan penggunaan akses internet dan berbagai sarana digital secara positif. Internet memiliki manfaat positif yang sangat besar dan akan bisa dipakai untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat. 

Bpk Junaedi menambahkan, hubungan baik selama ini telah terjalin antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Seribu dan PT. XL Axiata. Sebelumnya, kedua pihak telah bekerjasama dalam pembangunan infrastruktur jaringan data di wilayah Utara Ibu Kota DKI Jakarta dan terdiri bari banyak sekali pulau kecil tersebut. Masyarakat telah memanfaatkan keberadaan jaringan data ini untuk berbagai aktivitas produktif, terutama di berbagai sektor ekonomi dan sosial, termasuk pendidikan. Berdasarkan catatan Pemda Kabupaten Kepulauan Seribu, saat ini sekitar 60% dari jumlah penduduk di wilayah itu telah menggunakan akses internet, dengan pengguna mulai dari kalangan anak-anak yang masih di jenjang sekolah dasar. 

Foto Bersama setelah selesai acara
Akhirnya sekitar pukul 12;30 acara selesai dilanjutkan makan bersama dan sholat zuhur, sebenarnya kepingin nih, stay di Pulau Untung Jawa karena ternyata disini banyak destinasi yang banyak belum diketahui oleh masyarakat luas, selain Pantai Sakura ternyata ada beberapa objek wisata di Pulau Untung Jawa ini antara lain Hutan Mangrove, Jembatan Pengantin, Pantai Pengantin, Pantai Tanjung Pasir dan lain-lain. Next harus balik lagi ke Pulau Untung Jawa ini, untuk explore dan pukul 05:00 sore kita sudah kembali lagi ke Jakarta. 

Dermaga Pulau Untung Jawa
Foto Bersama Blogger dan team Xl Axiata
picture by Mia
Semoga apa yang PT. Xl Axita lakukan bisa bermanfaat dan membawa perubahan khususnya bagi orang tua dan anak-anak bisa bijak menggunakan media sosial. Tapi sebelumnya rada kecewa dengan manajemen PT. Ancol Jaya, orang-orang  ke dermaga diminta untuk membayar uang masuk untuk motor Rp 15,000 dan perorangnya dikenakan Rp 25,000. Padahal kita hanya ke dermaga tidak singgah bermain ke Pantai Ancol. Semoga saja nanti orang-orang yang ke dermaga yang akan menyebrang pulau dibebaskan dari biaya karena untuk naik kapal saja mereka harus membayar, masa masuk ke dermaga juga harus bayar lagi. 

semoga bermanfaat ya..

18 comments :

  1. Memang harus banyak edukasi ya mak agar kemajuan digital lebih bermanfaat. Semoga aja next ke dermaga ga usah bayar pintu masuk. Nyesek juga ya bayar sampe 40 ribu.

    ReplyDelete
  2. Seneng banget klo ada edukasi ke masyarakat semoga memberi perubahan yg berarti...dan ditiru perusahaan lainya..

    ReplyDelete
  3. Edukasi penting banget tuh buat masyarakat, agar era digital dimanfaatkan untuk hal yang produktif

    ReplyDelete
  4. Edukasi emang nggak boleh berhenti selama kehidupan itu sendiri berjalan. Jadi manfaatnya langsung pada masyarakat. Good job ini.

    ReplyDelete
  5. Emang anak yang belajar lewat Youtube tu bagus juga sih. Asal nggak sampai berjam-jam apalagi sampai kecanduan, dan kita sebagai orang tuany mestu mengontrol juga. Karena kalau anak asal nonton tayangan anak, ada juga sih yang nggak edukatif tayangannya.

    ReplyDelete
  6. XL Axiata memberikan program pendidikan yang sangat baik agar anak-anak nggak melulu dengan gadget, patut diapresiasi.

    ReplyDelete
  7. XL provider aku sejak 15 tahun yang lalu, sejauh ini puas dan XL juga tetap berinovasi untuk selalu memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat.

    Mba Utie, soal bea masuk Ancol, karena dermaga itu ada didalam kawasan ancol, maka semua pengunjung Ancol tetap harus membayar tiket masuknya sih..

    ReplyDelete
  8. Eradigital makin maju, tapi harus ada edukasinya agar terkontros dan teoat pada sasaran ya mba. Program kece

    ReplyDelete
  9. Trtnyaya XL udah lama menemani masyarakat indonesia ya mba, ga kerasa udah remaja ๐Ÿ˜…era digital memang memudahkan semuanya termasuk untuk belajar ya mba ^^

    ReplyDelete
  10. Seru banget ya Mak. Memang sekarang jamannya serba teknologi, termasuk didik anak bisa juga menggunakan teknologi. Jadi pengen cepet2 punya anak #eh :D

    ReplyDelete
  11. Wah xl keren ya, memberikan ibforinfo yang menarik untuk diketahui. Zaman now teknologi juga bisa digunakan untuk mendidik anak

    ReplyDelete
  12. Keren banget xl menfasilitasi jaringan internet di sana jadi bukan hanya yang di perkotaan aja yang bisa update informasi yang di kepulauan pun bisa ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  13. Ini berarti semacam CSR XL gtu ya mbak? Buat bantuin pembangunan infrastruktur di Pulau Untung Jawa? XL di sana pasti bagus donk ya jaringannya?

    ReplyDelete
  14. Zaman digital ini emang perlu mawas diri dalam masalah pendidikan anak...turut bangga dengan adanya teknologi canggih ini masih ada yg melirik tentang pendidikan untuk anak...semoga kedepannya anak2 Indonesia lebih pintar dan berakhlak yang cerdas serta mulia...

    ReplyDelete
  15. Kemajuan teknologi sebenernya berpengaruh baik pada pendidikan asalkan anak harus didampingi ketika belajar melalui yutub yah

    ReplyDelete
  16. Berarti di pulau untung jawa utk akses dari provider ini cukup kenceng ya.
    secara klo di sebrang lautan gitu jaringan seluler suka pada ngambek biasanya

    ReplyDelete
  17. betul, memperkenalkan gadget dan teknologi ke anak itu perlu..hanay sesuaikan dengan usianya. Kalau masih terlalu dini, ya sebaiknya tidak memiliki gadget dulu

    ReplyDelete
  18. XL ini sinyalnyakuat yah, semoga aksi sosialnya juga kuat dan makin meluas.btw itu bagus pulaunya Mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,