Monday, 5 November 2018

Teknologi Domus, Membangun Rumah Hanya 5 Hari



Assalamualaikum,

Indonesia beberapa bulan lalu mengalami musibah dengan terjadinya gempa diberbagai daerah tentu saja semuanya meninggalkan duka kehilangan, anak, orang tua, saudara, terlebih harta benda, hancur porak poranda. Tentunya kita yang jauh hanya melihat dari siaran televisi dan beberapa berita dari media sosial turut prihatin dan berdoa agar ada jiwa yang terselamatkan dan bisa berkumpul lagi dengan keluarga tercinta. Tentu saja kelangsungan hidup bagi yang selamat menjadi pe-er bagi kita semua terlebih upaya pemerintah untuk membantu membangun kembali rumah-rumah mereka.

Degan kondisi Indonesia hampir sebagain tinggal dilempengan gempa tentu saja membuat kita untuk berpikir bagaimana membanguan sebuah rumah yang tentunya tahan dengan goncangan gempa seperti di daerah Jepang? Pada tanggal 31 Oktober 2018 di JIEXPO Kemayoran berlangsung  Eksibisi Konstruksi Indonesia 2018 saya dan beberapa teman blogger mendatangi Stand PT.TATALOGAM LESTARI ada di Hall B3 No.650 perusahaan konstruksi yang fokus dengan bahan bangunan pembuat rumah permanen instan. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Presiden RI sekaligus memberikan sertifikasi kepada karyawan-karyawan kontruksi dari berbagai daerah.

Teknologi Domus, Membangun Rumah Hanya 5 Hari

Apa itu Teknologi Domus rumah permanen instan yang dibangun dengan sistem yang dikembangkan perusahaan, guna memungkinkan masyarakat membangun rumah lebih efektif dan efisien. Mengapa bisa cepat? Lantaran sebelum membangun, tim dari Domus akan melakukan perencanaan secara matang, disertai penggunaan material yang tepat dan teknik pengerjaan yang benar. Keunggulan dari rumah permanen instan ini adalah terjamin kokoh, hemat dan indah. Soal lokasi pembangunan tidak jadi masalah, Domus bisa didirikan di atas lahan yang terletak di perkotaan, wilayah urban, perkebunan, pertambangan, hingga daerah rawan bencana sekalipun.
 
Beberapa material yang digunakan teknologi Domus
Domus diklaim tahan gempa, Domus dirancang atas kombinasi dinding bata ringan, genteng metal, dan material berkualitas lainnya. Untuk menyediakan solusi bagi masyarakat, terdapat tiga pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yakni;
  • Paket Rangka Paket ini meliputi rangka praktis, rangka kuda-kuda, rangka plafon, dan genteng.
  • Paket Putih Paket ini mencakup bata ringan, roster, keramik, kloset dan kran air, jendela dan pintu, penutup plafon (gypsum 9mm), serta instalasi listrik dan air.
  • Paket Komplit Paket yang ketiga terdiri dari paket putih ditambah plesteran dan acian (bagian luar-dalam) dan pengecatan.

Kemudian disebut kuat karena rangka bangunan, kolom praktis dan rangka atap menggunakan baja ringan dari PT Tatalogam Lestari yang memiliki pengalaman selama puluhan tahun dengan reputasi terbaik di Indonesia. Kombinasi dinding bata ringan, genteng metal dan material berkualitas lainnya menjadikan Domus sebagai bangunan permanen yang kuat dan tahan gempa.

Prosesnya cepat pengerjaan Domus telah melalui perencanaan matang. Penentuan bahan, pengadaan material, tahap perakitan dan pemasangan, pembagian kerja tukang sesuai keahliannya, semua dilakukan dengan manajemen waktu yang terukur dan sistematis dan telah terangkum dalam satu paket siap pasang. 

Kemudian juga hemat . Selain hemat biaya bahan karena dapat meminimalisir bahan sisa yang terbuang, sistem ini juga menghemat waktu. Dalam 4 orang tukang terlatih yang disebut metalmen, proses penyiapan lahan, perakitan, pembangunan hingga penyelesaian sebuah rumah Tipe 21 dapat dibangun dalam waktu 5 hari. Serta indah karena kualitas material, rasa tanggung jawab pada hasil pekerjaan dan sentuhan artistik dipadukan sehingga menghasilkan produk yang indah dan dapat memuaskan konsumen.

Teknologi Domus ini bisa dipakai untuk
  • Rumah
  • Ruko
  • Gudang
  • Pasar,  dll.

Kuncinya terletak pada perencanaa yang matang, Material yang tepat serta teknik pengerjaan yang benar, efektif dan efisien. Kata Bapak Stephanus Koeswandi selaku Vice Presidential PT Tatalogam Lestari. Teknologi Domus untuk  hunian sementara bisa diganti sesuai kemampuan seperti bilik bambu, panel gypsum, triplek, spandek atau terpal. Untuk lebih lengkapnya antara lain menggunakan.

beberapa pekerja (mentalmen)
Purlin merupakan rangka baja galvanis tahan karat yang kokoh sebagai pengganti CNP konvensional cocok untuk aplikasi bangunan sebagai gording maupun girts (dudukan Cladding). Bahan baku Galvanis G450 dan Z18 /Z22 (97% zinc/seng, 1% alumunium dan bahan lain sampai 100%).
Praktis (kolom metal instan) berfungsi sebagai pengikat material dinding supaya menjadi stabil. Kolom metal PRAKTIS yang tidak memerlukan perakitan besi beton, bekistring maupun pengecoran. Dapat dirangkai menjadi beberapa kombinasi sesuai posisi maupun kegunaan kolom.
Sakura DX adalah plat baja yang diaplikasi galvanis sesuai standar SNI. Memiliki struktur yang kokoh untuk aplikasi pelat cor lantai sekaligus berfungsi sebagai bekistring dan pengulangan positif satu arah. Digunakan pada bangunan dengan struktur beton cor maupun baja, SAKURA DX dapat dipesan sesuai panjang yang dibutuhkan sangat cocok yang ingin mendapatkan kemudahan dalam mengecor bangunan, perumahan, ruko, mall maupun gedung bertingkat lainnya.

Sepertinya teknolgi Domus ini sangan cocot untuk wilayah Indonesia dan bagi kita yang ingin mempunya rumah dengan biaya lebih murah dan ingin agar rumah yang kita buat cepat jadi atau selesai. Karena
biaya besar, seringkali diklaim sebagai hambatan tersulit bagi masyarakat membangun rumah sendiri. Pasalnya, dana tersebut tidak bisa digulirkan secara bertahap melainkan harus tunai keras agar progres pembangunannya lebih cepat rampung.

Tidak dipungkiri, daripada  membangun, akhirnya sebagian orang lebih memilih opsi lain yakni mencicil rumah yang disediakan developer (pengembang). Sebab setidaknya konsumen tidak harus mempersiapkan uang ratusan juta, cukup hanya mengumpulkan sejumlah uang untuk DP nya. Kendati uang muka sudah relatif lebih rendah, tetap saja masih ada beberapa orang yang lebih sreg membangun rumah sendiri. Latar belakang alasannya pun bermacam-macam, mulai dari sudah mempunyai tanah untuk bangunan rumahnya ataupun ingin menentukan desain rumah sendiri. Masih dilema karena anggaran membangun rumah terlampau besar, produk yang dimiliki PT Tatalogam Lestari yaitu Teknologi Domus nampaknya bisa menjadi solusi terbaik.

Semoga Bermanfaat ya



8 comments :

  1. Kokok, hemat, indah. Hhhmm.... pantas aja DOmus ini benar2 solusi bagi saudara2 kita yang kini sedang tertimpa musibah gempa dan tsunami. Bikin rumah bisa hanya dalam jangka waktu 5 hari, ck..ck..ck keren! Bisa juga untuk rumah premanen kan ya, mb Utie? Perusahaannya udah memegang ISO pula dan hak paten. Wah, perencanaannya matang, materialnya berkualitas dan tekniknya bagus sekali. Maju terus DOmus!

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah nih Domus dengan Huntaranya jadi satu solusi juga buat membantu teman teman yang kena musibah gempa khususnya biar cepat dapat tempat berteduh

    ReplyDelete
  3. Kalau punya rumah atau bangunan tahan gempa nih bagus banget. Apalagi kan kita hidup di kawasan yang sedihnya hiks, rawan gempa. Keren banget bisa bangun hanya dalam 5 hari ya karea untuk huntaran

    ReplyDelete
  4. Idenya keren ya, bikin rumah dengan bahus, namun waktu yang digunakan singkat. Pilihan tepat buat mereka yang butuh rumah segera

    ReplyDelete
  5. Wah keren ya ada inovasi pembuatan rumah kayak Domus begini. Semoga makin banyak yang menggunakannya ya...

    ReplyDelete
  6. Baca ini koq aku merasa bahwa Indonesia bakal bisa kaya Jepang, bikin rumah tahan gempa. Impian banget deh dan emang cucok dengan kondisi demografis indonesia yg rawan gempa ya

    ReplyDelete
  7. Domus emang paling tahu ya mbak, saya setuju banget jika rumah anti gempa ini bisa menyebar hingga ke pelosok yang sangat rawan terhadap gempa. Apalagi kita gak pernah tau kapan musibah gempa akan terjadi

    ReplyDelete
  8. Keren deh teknologi DOMUS ini. Kayak di luar negeri. Bangun rumah bisa sangat cepet. Bikin yang kepengen punya rumah bisa cepet terkabul. Semoga bisa bermanfaat dan kualitasnya bagus, ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,