Wednesday, 3 July 2019

Cara dan Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Johnson's

Cara dan Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Johnson's

Sewaktu anak saya pertama Azka, saya merasakan sedikit stress mungkin bukan stress tepatnya kelelahan karena pas usia kehamilan 8 bulan saya langsung pindah rumah dan tinggal jauh dari saudara, tanpa ART dan ternyata itu berpengaruh kepada emosional saya menghadapi bayi. ASI sedikit keluarnya. Dan tentu saja anak bayi ini sering menangis karena ASi yang sedikit dihisapnya sedangkan dia menolak sufor.



Hampir satu bulan saya masih dalam keadaan seperti itu sampai akhirnya ada sebuah majalah keluarga yang membahas tentang hal yang sama yang sedang saya rasakan. Dan ternyata intinya saya kurang bisa manajemen waktu. Kemudian mencoba diskusikan kepada suami, sampai akhirnya alhamdulillah mulai terbiasa dengan hadirnya baby dan peran saya sebagai ibu maupun istri. Setelah shubuh saya mulai memasak untuk suami dan saya sedangkan suami sebelum berangkat kerja ikut membereskan rumah. 
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Dan ternyata sangat berpengaruh kepada bayi, terlebih sesudah memulai melakukan rutinitas pijat bayi yang ternyata banyak sekali manfaatnya, ketika memijat saya selalu mengajaknya bicara, ternyata bentuk pijat pada bayi itu sama saja dengan memberikan stimulasi pijat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak dan kombinasi stimulasi lainnya

Stimulasi lainnya ada saat yang sama juga melakukan stimulasi auditory (pendengaran, dengan mengajak bayi bicara saat dipijat), stimulasi visual (penglihatan, dengan mengadakan kontak mata saat memijat).

Ada banyak manfaat pijat bayi yang saya rasakan secara langsung seperti meningkatkan frekuensi menyusui, jumlah ASI semakin banyak, membuat bayi tidur lebih lama dan bagi saya pribadi juga meredakan stress dan membuata rasa percaya diri dalam mengasuh bayi.

Nah, karena pijat bayi itu sangat penting PT Johnson’s mengadakan workshop pelatihan pijat bayi dan manfaat bagi tumbuh kembang si kecil pada tanggal 26 Juni 2019 di daerah Jakarta Selatan. Kegiatan pijat bayi dengan sentuhan cinta ini sudah dimulai sejak tahun 1994 ujar Ibu Devi Andrie Yhane, selaku leader Johnson's and Johnson's Indonesia. 
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Johnson's baby yang dikenal sebagai pemimpin global dalam merk produk bayi yang berfokus pada pengembangan holistik hanya ingin meningkatkan kesadran masyarakat tentang pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat. Dan juga sebagai bentuk kepedulian membangun Posyandu di Dusun Randusongo Desa Kasamben Kulon kecematan Wringinanom Kabupaten Gresik Jawa Timur. Dengan tujuan agar orang tua dilokasi tersebuat dapat memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan dan manfaat kesehatan.

Selanjutanya hadir juga dr Bernie Endryani Medisi SpA(K), MPH baliau juga menjelaskan pentingnya stimulus harian yaitu stimulus pijat bayi yang dilakukan secara rutin, Juga menjelaskan pentingnya pijat bayi terhadap periode emas yaitu 1000 HPK (yaitu periode dalam kandungan 280 hari, usia 0 - 24 bulan) saat usia ini bayi penting sekali diberikan stimulus selain nutrisi yang diberikan tentunya.
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Cara dan Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Johnson's
Pijat bayi manfaatnya bukan hanya pertumbuhan tubuh saja tetapi otak juga dapat berkembang pesat. Untuk lebih jelasnya manfaat pijat bayi sebagai berikut :

Membangun ikatan batin antara orangtua dan bayi
Sejak lahir, bayi Anda sudah belajar untuk mengenal Anda dan pasangan. Bayi yang baru lahir belum bisa mengenali orangtuanya lewat wajah, melainkan melalui suara dan sentuhan. Maka, sentuhan yang lembut dan mesra akan membantu bayi membangun kepercayaan dan perasaan yang positif. Ia pun akan merasa lebih nyaman dan tenang ketika bersama dengan kita. Saat memijatnya, kita bisa mengamati berbagai ekspresinya, reaksinya terhadap sentuhan dan pijatan, serta mempelajari apa yang disukai atau tidak disukai bayi.

Membantu bayi lebih rileks
Memijat bayi akan melancarkan peredaran darahnya serta meningkatkan kadar hormon oksitosin. Hal ini akan membuatnya lebih rileks dan senang. Jika bayi  rewel dan mudah gelisah, pijat bayi bisa jadi solusinya. Memijat bayi juga bisa mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman kalau bayi mengalami masalah pencernaan atau saat giginya mau tumbuh.

Bayi tidur lebih pulas
Karena tubuhnya rileks, bayi akan lebih mudah tidur di malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, tanpa harus terbangun dini hari dan menangis. Maka, kalau bayi sering sekali terbangun di tengah malam dan menangis, kita bisa mencoba memijatnya di sore hari. 

Melatih kepekaan saraf dan indra peraba bayi
Lewat sentuhan yang lembut dan berirama, bayi akan menerima stimulasi yang positif bagi saraf dan indra perabanya yang belum sempurna. Ia akan belajar membedakan sentuhan mana yang tekanannya terlalu besar dan mana yang tepat. Pijatan  juga akan merangsang aktivitas saraf-saraf bayi sehingga berbagai saraf tersebut akan lebih cepat berkembang. Selain itu, otot-otot bayi juga akan jadi lebih fleksibel dan kuat.

Mendukung pertumbuhan otak bayi
Tanpa disadari, manfaat pijat bayi juga dirasakan oleh otak si buah hati. Pengalaman baru akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh dan kembang otaknya. Lewat pijat bayi, ia akan belajar berbagai hal baru. Mulai dari variasi sentuhan, aroma dari baby lotion/baby oil, hingga komunikasi kita dengannya. Stimulasi tersebut juga akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris.

Menambah kepercayaan diri orangtua
Banyak orangtua yang merasa kewalahan, takut, dan cemas berlebihan setelah kelahiran bayi. Memiliki buah hati memang merupakan pengalaman yang mendebarkan, tetapi juga penuh dengan kehangatan dan cinta. Dengan memijat bayi, kita akan jadi lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi si buah hati. Pasalnya, kegiatan ini membantu  mengendalikan berbagai situasi yang muncul ketika bersama dengan bayi. Tidak perlu lagi merasa kewalahan atau cemas ketika menghadapi bayi.

Meredakan depresi pasca melahirkan
Untuk wanita yang mengalami depresi pasca melahirkan, manfaat pijat bayi baik bagi suasana hati dan pikiran. Ketika memijat bayi, kita akan merasa rileks. Hal ini memicu produksi hormon oksitosin yang membuat merasa lebih positif. Berinteraksi dengan mesra bersama dengan si buah hati juga ampuh dalam memperbaiki suasana hati. 
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Kemudian hadir juga Ibu Emiliya Eventha sertified infant massage intructor yang memberikan tips bagaimana caranya memijat bayi?. Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan stimulasi pijat.

Yang terpenting adalah selalu melihat respons bayi.
Dalam memberikan pijatan, dapat diberikan stimulasi multi modal dengan memperdengarkan lagu, mengajak anak bicara dan lainnya. Gunakan lotion atau baby oil dari johnson’s yang memang terbaik untuk kulit bayi.

Sebaiknya kita menyediakan 15 menit ke depan khusus untuk Sebenarnya pijat bayi dapat dilakukan sendiri di rumah. Apalagi, ada bonus berupa ikatan yang lebih erat antara kita dan sang buah hati lewat komunikasi verbal dan nonverbal yang Moms lakukan selama pemijatan. 

Persiapan:
  • Lakukan pijat bayi di tempat yang tenang, dengan suhu yang tidak terlalu dingin maupun gerah, dan memiliki pencahayaan yang tidak terlalu terang. kita bisa memasang musik yang lembut untuk mendukung suasana rileks.
  • Pilih waktu yang tepat untuk memijat bayi, yakni sedang santai dan saat bayi terjaga dan tenang. Jangan lakukan setelah bayi menyusu karena bisa membuat dia muntah. Tunggu dua jam agar proses pencernaan berjalan dengan baik.
  • Letakkan bayi di atas kain lembut yang ditempatkan di atas lantai atau tempat tidur. Pakaikan popok dan selimuti bagian tubuhnya yang tidak sedang dipijat agar dia tidak kedinginan.
  • Lepas perhiasan di jari dan tangan yang dapat menyakiti bayi. Pastikan kuku tangan  pendek. Cuci tanganlah sebelum menyentuh bayi.
manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta
pict by Johnson's
Cara memijat kaki bayi:
  • Fokus ke salah satu kaki, pegang pahanya dengan salah satu tangan, lalu gerakkan tangan sampai ke ujung kakinya dengan gerakan memutar. Lakukan bergantian dengan tangan satunya, seperti gerakan memerah susu. Ulangi untuk kaki satunya.
  • Kemudian, dengan ibu jari, usap telapak kaki bayi dari tumit hingga ke jari-jarinya. Setelah itu, dorong perlahan kaki bayi hingga lututnya menekuk ke arah perut. Hal ini berguna untuk membantu membuang gas dalam perut bayi.
Cara memijat dada, perut, dan tangan bayi:
  • Tempatkan kedua tangan di dada bayi, usapkan tangan ke arah bahu lalu kembali ke posisi semula, seperti membentuk hati. Lakukan beberapa kali.
  • Kemudian, usapkan kedua tangan secara menyilang dan bergantian: tangan kanan bergerak dari pinggang kanan ke bahu kiri bayi kemudian dan ke pinggang kanan, lalu tangan kiri bergerak dari pinggang kiri ke bahu kanan bayi dan kembali ke pinggang kiri. Ulangi beberapa kali.
  • Setelah itu, usap pinggir perut sampai dada bayi dengan gerakan huruf U terbalik dan searah jarum jam sebanyak beberapa kali untuk memperlancar pencernaannya. Untuk tangannya, lakukan gerakan ‘memerah susu’.
manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta
pict by Johnson's
Cara memijat wajah dan kepala bayi:
  • Dengan jari-jari kedua tangan, usap dahi ke arah luar lalu turun ke arah pipi, sehingga seperti membentuk lingkaran. Lakukan beberapa kali. Kemudian, dengan ujung jari-jari Moms, pijat kulit kepala Si Kecil dengan gerakan lingkaran-lingkaran kecil, seperti sedang mengeramasinya.
Cara memijat punggung bayi:
  • Balikkan bayi sehingga kini ia telungkup dengan kepala mengarah ke kiri atau kanan. Buat lingkaran-lingkaran kecil menggunakan jari Moms di punggung kiri, dari leher menurun hingga bokong. Lakukan hal yang sama pada punggung sebelah kanan. Akhiri dengan usapan panjang dari bahu sampai bokong menggunakan tangan kiri dan kanan Moms.
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Tips:
  • Pijat bayi bisa dilakukan pada bayi berusia 6 minggu ke atas, terutama bayi yang belum merangkak, karena biasanya bayi yang sudah merangkak akan aktif bergerak dan sulit diajak diam untuk pijat
  • Pijat bayi bisa berlangsung selama 15-30 menit
  • Pijatlah dengan lembut namun kuat
  • Gosok-gosokkan baby lotion ke kedua telapak tangan sebelum mengenai kulit bayi agar minyak lebih hangat
  • Lakukan pijat sambil mengajak Si Kecil mengobrol dan tatap matanya untuk menguatkan ikatan  dan sang buah hati lewat komunikasi
  • Lakukan pijat bayi secara rutin. Meski urutan pijat bisa berbeda-beda, usahakan selalu akhiri dengan cara yang sama agar Si Kecil paham tentang rutinitas pijat ini.
Oh iya, pijat bayi ini juga boleh dilakukan oleh suami, biasanya suami saya melakukan diwaktu weekend. Semoga cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta johnson's. bisa membantu mom's, bunda, yang baru melahirkan atau yang sedang merencanakan kehamilan.

utieadnu

No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ