Thursday, 6 February 2020

Pelayanan Kesehatan Terbaik Ada di Malaysia Healthcare Expo 2020

Pelayanan Kesehatan Terbaik Ada di Malaysia Healtcare Expo 2020
Haii,,, siapa yang pernah explore negara tetangga kita Malaysia tempat wisata Malaysia terfavorit memiliki banyak kemiripan dengan negara kita, mulai dari kuliner, tradisi, hingga kebudayaannya. Meski punya banyak kesamaan, negara Malaysia tetap menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan orang Indonesia. Karena katanya yang berkunjung ke Malaysia itu 3.6 juta adalah orang-orang Indonesia. Dan yang datang berobat hampir 40%nya.

Jika dilihat dari segi biayapun, liburan ke Malaysia memang terjangkau layaknya sedang liburan di Indonesia. Sebut saja tempat-tempat instgramable yang sering dikunjungi seperti Menara Kembar Petronas, Kuil Kek Lok Si, Langkawi Cable Car, Batu Cavas, Penang Hill, Genting Highland dan berfoto di Menara Kuala Lumpur yang merupakan puncak menara tertinggi ke 6 di dunia. Dan deretan tempat-tempat yang saya sebutkan satupun belum pernah dikunjungi, kepingin suatu saat explore bersama keluarga kesana. 


Malaysia Healthcare expo 2020

Malaysia Healtcare Expo 2020

Nah, dalam menyambut kampanye Pariwisata Visit Malaysia 2020 (VM2020) yang dicanangkan pada akhir tahun 2019, ada beberapa event yang digelar salah satunya Malaysia Healthcare Expo 2020 (MHExpo) yang diselenggarakan pada tanggal 6 – 9 Februari di Mall kelapa Gading 3, Jakarta Utara, dan melalui acara tersebut Malaysia Healthcare menghadirkan berbagai penawaran pelayanan kesehatan berkualitas dunia dimana kita dapat mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai informasi layanan kesehatan hingga paket perawatan yang menarik dan terjangkau dari 16 fasilitas kesehatan swasta terkemuka di Malaysia.

Selama pameran berlangsung kita bisa dapat mencari lebih banyak informasi mengenai layanan kesehatan kelas dunia yang mudah diakses dan terjangkau secara lengkap, biasanya untuk medical chekup orang-orang pergi ke Penang kini di Selangor pun ada harga mulai dari 599 RM atau sekitar 1.9 juta yang akan dilayani dengan profesional tapi penuh kehangatan. 



Malaysia Healthcare expo 2020
Ki-ka : Marischka Pru, HE Zaenal Abidin, Niz Yazmin dan MC
Hadir dalam dalam pembukaan MHExpo Jakarta 2020 adalah 
  • Nik Yazmin Nik Azman sekahu Chief Commercial Officer Malaysia Healtcare Travel Council. 
  • HE Zainal Abidin Bakar selaku Duta Besar Malaysia untuk Indonesia 
  • Azrul Shah Bin Mohamad selaku General Manager Selangor State Tourism
  • Marischka Prudencen Travel Blogger
Menurut Nik Yazmin Nik Azman, Malaysia Healthcare mengajak masyarakat khususnya di Indonesia untuk mengetahui betapa pentingnya kesehatan fisik dan mental dengan mendapatkan layanan kesehatan secara holistik bagi para wisatawan kesehatan melalui tempat yang nyaman, sekaligus menikmati berbagai tempat wisata. Jadi selain bisa menikmati travelling bisa sekaligus untuk medical checkup atau apapun. "Kami ingin mengundang wisatawan kesehatan di Indonesia untuk menikmati pengalaman perjalanan end-to-end bebas hambatan yang berkualitas tinggi dan terjangkau selama kampanye MYHT2020 berlangsung".
Malaysia Healthcare expo 2020
Niz Yazmin Nik Azman
Sedangkan menurut Duta Besar Malaysia untuk Indonesia TYT Datuk Zainal Abidin Bakar mengatakan Malaysia merupakan destinasi popular masyarakat di Indonesia untuk berlibur, sejak beberapa tahun yang lalu. Malaysia telah menjadi pilihan tujuan berobat atau wisata medis beberapa negara, termasuk Indonesia. 

Beberapa alasan mengapa Malaysia dipilih adalah antara lain, Value for money, hal ini karena nilai tukar ringgit lebih murah apabila dibandingkan dengan negeri lainnya. Dengan demikian, harga untuk berobat tidak terlalu mahal dan dapat terjangkau. 
Malaysia Healthcare expo 2020
Datuk Zainal Abidin
Ditambah lagi, dengan pelayanaan yang berkualitas serta jarak yang dekat dan kemudahan dalam berkomunikasi. Dan juga kebanyakan dokter dan perawat di Malaysia adalah beragama Islam. Jadi tentunya bisa membuat lebih nyaman.

Selain itu, Malaysia menyediakan berbagai kemudahan untuk melayani para pasien yang datang berobat ke Malaysia, dari awal tiba di bandara, akan disediakan kemudahan peralatan seperti kerusi roda bagi yang memerlukan hingga lounge khusus untuk menunggu kendaraan membawa pasien ke rumah sakit yang akan dituju. Jadi kami akan memberikan  pelayanan yang terbaik menurut Azrul Shah.


Travel Blogger Marischa pun menceritakan kakak kandungnya pernah berobat ke Malaysia ketika kakaknya operasi kelainan tulang belakang di Penang, palayanan rumah sakitnya sangat professional dan penuh keramahan, selain itu juga katanya Malaysia itu nganenin untuk datang dan datang lagi karena banyak tempat yang indah. 

Malaysia Healthcare Expo 2020
Booth Klinik kesehatan penang
Malaysia Healthcare expo 2020
Booth Rumah Sakit Selangor
Kelebihan Pelayanan Kesehatan di Malaysia
Sebelumnya sayapun pernah bertanya, ke teman saya yang pernah menjalani program IVF di Malaysia ada beberapa alasan kenapa dia lebih memilih Malaysia?.
  • Customer service yang selalu menjawab ketidaktahuan pasien dengan keramahtamahannya. 
  • Sistematika registrasi yang memberi kesempatan kepada pasien untuk berkonsultasi lebih dulu sebelum menentukan berjumpa dengan dokter ahli.
  • Ketepatan diagnosis, hingga biaya yang lebih murah.  
  • Ruang tunggu dan ruang konsultasi dengan fasilitas yang comfortable 
  • Seluruh tenaga medis dan staf rumah sakit yang hospitality (ramah tamah).
  • Kualifikasi world class untuk dokter dan rumah sakit.  
  • Penjemputan pasien dari Bandara ke rumah sakit dan setelah sembuh di antar kembali ke Bandara.
Malaysia Travel Council ini bekerjasama dengan traveloka melalui program Traveloka VIP Pass for Malaysia Healthcare. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan penawaran layanan Malaysia Healthcare melalui berbagai promosi wisata kesehatan yang menarik bagi wisatawan Indonesia yang mencari perawatan kesehatan terbaik di Malaysia. Jadi bisa nih kita yang akan travelingan dan berobat bisa melalui travel agent satu ini.

Ketika saya menglilingi beberapa booth rumah sakit/klinik kesehatan di Selangor, Penang, Johor dan Kualalumpur ini semuanya diatur secara ketat oleh Kementerian Kesehatan Malaysia melalui Private Healthcare and Facilities Service Act (1998). Dan ada satu yang menarik yang diucapkan yang menjaga booth klinik kesehatan di Penang ini mengatakan warga Indonesia yang sedang menjalani pengobatan di Malaysia mengatakan, mereka yang berobat ke Malaysia atas dasar pelayanan yang berbalut keramahtamahan, ada yang mengatakan. 



 “Tidak masalah dengan jarak ataupun harga  yang penting mendapatkan pelayanan prima.” 

Malaysia Healthcare expo 2020
Salah satu merchandise di Bagan Specialist
Saat ini masyarakat Indonesia sangat mendambakan layanan kesehatan prima dengan balutan keramahtamahan.

Impian itu sukses direnggut Malaysia dengan menyediakan program wisata kesehatan. Dari tahun ke tahun, statistik mencatat meningkatnya kunjungan turis untuk wisata kesehatan ke Malaysia. Kadang inilah hal sepele mungkin tentang keramahan tetapi justru menjadi daya tarik orang-orang yang akan berobat, perlu banget ini di garis bawahi untuk rumah sakit yang berada di Indonesia.



Malaysia Healthcare expo 2020
(Tengah) Maskot Malaysia Healthcare 2020 Dr Enggang
Nah,  bagi kamu nih yang akan datang atau mempunyai niat untuk berobat, medical chekup ataupun mengikuti program bayi tabung bisa datang mengunjungi MHTExpo Jakarta 2020, yang hanya berlangsung selama 4 hari. Di Mall Kelapa Gading 3 Jakarta Utara, Dan pelayanan kesehatan terbaik ada di  Malaysia Healthcare Travel Expo 2020. Setelah Jakarta, akan hadir di Surabaya, Pekanbaru, dan Makassar.

Semoga bermanfaat ya 

utieadnu

24 comments :

  1. Tertarik untuk medical check up dan ada vaksin anak yg lengkap juga nih knrin tanya juga soalnya

    ReplyDelete
  2. Ada typo dikit mbak. Menara kembar petronas mungkin maksudnya, bukan pratomas.

    ReplyDelete
  3. Sekarang berobat pun udah dijadikan wisata ya, wisata medis. Indonesia kapan ya bisa dan punya rumah sakit yang jadi rujukan orang luar.

    ReplyDelete
  4. aku suka sedih gitu, kenapa orang indo yang terkenal ramah tamah malah kalo di rumah sakit suka judes dan ngaco - bahkan di kelas VIP sekalipun! Ummi pernah dicuekin saat tergeletak lemah di ruang VIP salah satu RS swasta terkenal di Jakarta Barat - dan dilayani dengan kasar saat tidak ada yang lihat!

    No wonder kita beralih ke Penang

    ReplyDelete
  5. Lokasi Malaysia dekat Indoensia dan secara budaya juga serumpun. Ini juga membantu ya. Dan selama ini Malaysia sudah terkenal memang baik pelayanan kesehatannya :)

    ReplyDelete
  6. Ngga heran ya Mba, karena layanan yg sungguh paripurna, Malaysia jadi jujugan untuk berobat. Istilahnya, wisata berobat juga sik. Keren banget nih teman2 di Malaysia

    ReplyDelete
  7. Iya sih. Jika memang membutuhkan pengobatan yang lebih profesional dengan fasilitas lengkap, ke malaysia bisa menjadi pilihan.

    ReplyDelete
  8. Yah, di bandung enggak ada ya, penasaran banget sama fasilitas kesehatan di malaysia... Itu rumah sakit besar aja atau klinik-klinik kecil juga yang layanannya ramah dan keren begitu?

    ReplyDelete
  9. Setuju,value for money kalau berobat ke Malaysia ini. Apalagi paramedis mayoritas Muslim jadi lebih sreg pasti.
    Jarak tak menghalangi bagi yang membutuhkannya, asal mendapatkan pelayanan prima

    ReplyDelete
  10. Malaysia memang terkenal dengan fasilitas pelayanan kesehatannya yang lengkap dan bagus banget, apalagi banyak rumah sakitnya yang sudah berstandar internasional, bagi yang memang membutuhkan penanganan yang lebih serius, berobat ke Malaysia bisa menjadi solusi ya mbak.

    ReplyDelete
  11. Sekarang kita bisa sekalian wisata kesehatan ya mbak kalau ke Malaysia, kebetulan kalau selama ini biasanya habis dari check up di Penang aku selalu langsung balik ke Indo. Padahal asik juga nih kalau sambil jalan-jalan, yang paling penting ada fasilitas penjemputan di bandara.

    ReplyDelete
  12. Semua orang pasti menginginkan pelayanan prima saat berobat seperti pelayanan kesehatan di Malaysia. Meski jaraknya jauh pasti orang bakalan senang berobat ke sana

    ReplyDelete
  13. Iya sih udah banyak yang bilang berobat ke malay itu lebih murah, biaya hidup juga murah. Jadi memudahkan masyarakat indonesia kalo berobat gak usah jauh2 sampe eropah ya

    ReplyDelete
  14. Malaysia ini branding-nya mulai nempel ya sebagai tempat berobat yang murah, semakin banyak pasien Indonesia ke sana

    ReplyDelete
  15. Sekarang udah banyak banget yang berobat ke Malaysia. Ulasannya banyak yang positif dan lumayan lengkap

    ReplyDelete
  16. Kakakku udah aku tawarin untuk program bayi tabung ini mba hehehe karena teman SMAku berhasil juga program di sana soalnya

    ReplyDelete
  17. Memang sekarang semakin banyak yang berobat ke luar. Alasannya sih macam-macam, tapi yang utama memang soal ketepatan diagnosa. Kalau biaya gak terlalu tinggi memang patut dicoba sebagai second opinion. Ya, namanya ikhtiar kesehatan. Siapa tahu nggak cocok di sini bisa sembuh di negeri tetangga.

    ReplyDelete
  18. Rumah sakit di Indonesia bisa belajar banyak dari rumah sakit di Malaysia dari segi pelayanan, tenaga medis dan lain sebagainya. Jujur saja, Indonesia seharusnya bisa jauh lebih maju dari Malaysia di segi kesehatan, tinggal SDM nya yang harus mau berubah :)

    ReplyDelete
  19. Malaysia Health Care sejak kuarter ke-4 tahun lalu lagi kuat awarenessnya, meski aku sendiri belum pernah merasakan fasilitasnya

    ReplyDelete
  20. Yang di Batam seperti kami, diuntungkan dengan dekatnya wilayah Batam dengan Johor Malaysia. Nyebrang naik ferry hanya 2 jam saja, dan rumah sakit di Johor pun sudah bagus-bagus dan bertaraf internasional.

    ReplyDelete
  21. Banyak ya yang berobat ke Penang. Temenku juga kalau sakit lebih memilih berobat ke sana daripada di Jakarta.

    ReplyDelete
  22. RS Malaysia ini bs jd role mode banget nih buat Indonesia. Disini jg kadang masih agak gimana pelayanannya. Makanya kalau gak sakit parah banget males ke RS.

    ReplyDelete
  23. Kalau lagi sakit gitu sekalian jalan jalan ke Malaysia juga ya.. Jadi lebih bahagia kan kalau jalan2... Semoga kita sehat selalu ya kak

    ReplyDelete
  24. wah pelayanan prima ya sampai ada penjemputan pasien di bandara. jadi bagi yg baru kali pertama ke negara tetangga ini jd gak bingung lg ya, nyaman

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ