Sunday, 19 January 2020

Program Bayi Tabung Gratis dari Malaysia Healtcare

Program Bayi Tabung Gratis dari Malaysia Healtcare
Hai,, semua setelah menikah tentunya memiliki buah hati adalah hal yang diimpikan, terasa seperti hidup  sudah sempurna, dengan hadirnya buah hati. Tetapi kadang tidak semua berjalan seperti yang diharapkan ada yang begitu mudah mendapatkan buah hati, kadang ada yang menunggu hingga puluhan tahun. Bahkan ada yang sudah melakukan dengan berbagai cara tetapi belum juga mendapatkan buah hati.

Memiliki anak merupakan hak prerogative dari Tuhan akan tetapi usaha untuk mendapatkan kitalah yang menentukan sendiri, sebenarnya ada beberapa sebab yang beragam hal, mulai dari masalah kesuburan, baik pada diri sendiri maupun pasangan, hingga kombinasi gangguan kesehatan pada pasangan suami dan isteri. Agar lebih jelas, berikut adalah lima faktor yang dapat membuat sulit memiliki keturunan.

Tingkat stres yang tinggi
Tubuh mengetahui bahwa stres bukanlah kondisi yang baik untuk pertumbuhan janin. Hal ini dibuktikan dengan terganggunya pelepasan sel telur oleh ovarium (indung telur) saat kadar kortisol (hormon stres) meningkat.

Itulah sebabnya, semakin tinggi tingkat stres dan semakin lama stres berlangsung, kemungkinan untuk hamil akan semakin rendah.

Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, sering bergadang, dan sering mengonsumsi minuman beralkohol, dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Pada pria, merokok dan sering minum minuman beralkohol dapat menurunkan produksi sperma dan memicu disfungsi ereksi.

Sedangkan pada wanita, merokok dapat meningkatkan risiko keguguran dan mempercepat menopause, sementara konsumsi minuman beralkohol dapat memicu kecacatan pada janin.

Kelebihan atau kekurangan berat badan Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat menghalangi impianmu untuk memiliki anak. Pada wanita, kelebihan berat badan dapat mengganggu siklus menstruasi dan pelepasan sel telur (ovulasi).

Usia matang  
Bagi wanita, kesempatan untuk memiliki keturunan dapat berkurang ketika mencoba hamil di usia 35 tahun ke atas. Pada usia tersebut, tingkat kesuburan mulai menurun secara bertahap. Penurunan bahkan cukup drastis ketika mencapai usia 37 tahun.

Gangguan kesehatan tertentu
Sejumlah gangguan kesehatan pada organ reproduksi dapat memengaruhi kemungkinan seseorang untuk memiliki anak. Pada wanita, gangguan yang umum terjadi adalah PCOS, endometriosis, kelainan pada rahim, dan tersumbatnya tuba falopi. Sementara pada pria, gangguan kesehatan yang bisa mengganggu tingkat kesuburan.

Nah, ternyata ada jalan lain yang bisa kita tempuh jikalau memang ke 5 hal tersebut diatas bukan termasuk diri kita. Yaitu program IVF (In Vitro Fertilisation) atau biasa di sebut dengan Program Bayi Tabung. 

Program Harapan Dua Garis dari Malaysia HealtCare.
Dalam rangka kampanye Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 (MyHT2020), Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), meluncurkan program “Harapan Dua Garis”. Melalui program ini, Malaysia Healthcare ingin membantu para pasangan untuk mewujudkan impian mereka menjadi orang tua dengan menyediakan akses perawatan IVF bagi 12 pasangan suami istri beruntung asal Indonesia yang telah merencanakan kehamilan namun memiliki kendala gangguan kesuburan (infertilitas). 

Hal ini disampaikan oleh Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council  diacara peluncuran Program Harapan Dua Garis di Jakarta pada tanggal 15 Januari 2020
Program bayi tabung gratis dari Malaysia Healthcare
(ki-ka) MC, Mrs Jochbeth, Nik Yaznin, Dr Lam Wei Kian dan Dr Eeson Shinthamoney
Yang mengatakan lebih lanjut "kami senantiasa berupaya membantu setiap pasangan untuk menyadari potensi mereka sepenuhnya menjadi orangtua. Didukung oleh pusat fertilitas terkemuka di Malaysia, kami menawarkan solusi optimal bagi pasangan untuk kebutuhan fertilitas mereka dan menjadi mitra yang berdedikasi dalam memastikan perjalanan fertilitas para pasangan yang bebas hambatan dan mencapai keberhasilan". Selain Nik Yazmin Nik Azman hadir juga :
  • Jochbeth Sekvy Wairata IVF warrior
  • Dr Lam Wei Kian Consultant O&G & Fertility Specialist Alpha Fertility Centre
  • Dr. Eeson Sinthamoney Medical Director & Fertility Specialist Sunfert International Fertility Centre
Dr. Eeson mengatakan bahwa program bayi tabung ini bukan masalah baru lagi. Program bayi tabung merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan pada pasangan yang mengalami gangguan kesuburan dengan cara mempertemukan sperma dan sel telur di luar tubuh manusia. Setelah terjadi pembuahan, sejumlah 2-3 embrio akan ditanam kembali ke rahim si calon ibu.

Hal ini membedakannya dengan konsep inseminasi di mana proses pertemuan antara sperma dan sel telur tetap terjadi di dalam tubuh manusia. Kalau Inseminasi adalah salah satu alternatif kehamilan dengan cara menyuntikkan sperma pilihan ke dalam indung telur wanita.
Program bayi tabung dari Malaysia Healthvare
Proses IVF
Untuk langkah lebih jelasnya sebagai berikut :

Pemeriksaan awal
Tahapan bayi tabung yang pertama adalah pemeriksaan yang dilakukan kepada calon ibu, dengan memeriksa kadar estrogen di dalam darahnya. Hal ini untuk memastikan ovarium atau indung telur dalam keadaan tidur.

Kemudian, USG transvaginal dilakukan untuk mengetahui ukuran indung telur, serta mengantisipasi adanya kista ovarium yang sering menjadi penyebab masalah kesuburan. Bila terdapat kista, maka dokter akan mengangkat kista tersebut lebih dulu sebelum tahapan bayi tabung dilanjutkan.

Stimulasi ovarium
Stimulasi dilakukan dengan menyuntikkan sebuah obat ke tubuh pasien, lalu pasien akan diajarkan cara menyuktikkan sendiri obat tersebut ke tubuhnya. Obat ini harus rutin disuntikkan sebanyak 1-4 kali sehari, selama seminggu atau sepuluh hari

Selama proses stimulasi, dokter akan memantau perkembangan sel telur melalui USG dan memeriksa kadar estradiol melalui tes darah beberapa hari sekali. Proses pemantauan ini penting, untuk memastikan apakah dosis obat kesuburan yang disuntikkan perlu ditambah atau dikurangi.

Proses pematangan sel telur
Telur harus menyelesaikan pertumbuhan dan perkembangannya sebelum telur bisa diambil. Untuk memicu pematangan oosit, diperlukan suntikan human chorionic gonadotropin (hCG).

Biasanya, suntikan hCG diberikan ketika empat atau lebih folikel telah berukuran sekitar 18-20 mm dan kadar estradiol kita sudah lebih dari 2000 pg/ ml. Suntikan hormon ini dilakukan sebanyak satu kali dan harus dilakukan pada waktu yang tepat. Mengapa? Jika dilakukan terlalu dini, maka telur bisa tidak cukup matang. Sedangkan, jika suntikan dilakukan terlalu lama, telur akan terlalu tua dan tidak bisa berbuah dengan baik.

Pengambilan sel telur
Jika sel telur telah matang, maka pasien akan menerima suntikan hCG. Proses pengambilan sel telur dalam tahapan bayi tabung ini, dilakukan dengan menggunakan jarum khusus yang dimasukkan ke dalam indung telur, yang akan mengisap folikel dalam ovarium. Dalam setiap folikel, terdapat satu buah oosit atau sel telur. Oosit ini kemudian dibawa ke laboratorium embriologi.

Sel telur dan sperma dipertemukan
Di dalam lab embriologi, sel telur yang telah diambil akan dilakukan proses seleksi guna memilih sel telur paling baik. Setelah sel telur terpilih, proses pertemuan dengan sel sperma akan dilakukan.

Sebelumnya, suami akan diminta untuk memberikan sel sperma terlebih dulu sebelum pengambilan sel telur dilakukan. Kemudian dipilih sel sperma dengan kualitas paling bagus untuk membuahi sel telur.

Menanamkan embrio ke dalam rahim
Setelah proses pembuahan dilakukan, tahapan bayi tabung selanjutnya adalah menyimpan sel telur selama 3-5 hari di wadah khusus, sambil terus dipantau. Apabila sel telur telah berubah menjadi embrio, saatnya memindahkan embrio ke dalam rahim wanita.

Sebelum pemindahan embrio dilakukan, pasien akan diberi obat berisi hormon progesteron, hal ini berguna untuk membantu menyiapkan dinding rahim agar embrio mudah menempel dan bisa tumbuh dengan baik.

Proses pemindahan embrio dilakukan dengan cara memasukkan tabung tipis berisi cairan embrio ke dalam leher rahim pasien. Embrio yang dimasukkan biasanya lebih dari satu. Dan bila dari hasil pembuahan terdapat banyak embrio yang berhasil dibuahi, maka sisa embrio bisa dibekukan untuk kembali digunakan di masa depan.

Kemarin juga hadir Mrs Jochbeth yang telah berhasil mengikuti program bayi tabung di salah satu rumah sakit Malaysia sekarang memiliki anak kembar. Menceritakan bahwa pelayanan selama disana sangat baik, membuat dirinya nyaman.
Program bayi tabung gratis dari Malaysia Healthcare
Simbolis Peluncuran Harapan Dua Garis
Kemudian apa saja yang harus dipersiapkan oleh pasangan yang akan melakukan program bayi tabung menurut Dr Lam Wei Kian
  • Pola makan yang sehat
  • Berat badan ideal
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi alkohol
Nah Tingkat keberhasilan program IVF di Malaysia adalah rata-rata satu dari dua pasien, hal ini didukung oleh pusat perawatan kesuburan dan IVF terkemuka dengan dokter dan ahli embriologi yang berpengalaman serta dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir. biaya yang relatif lebih terjangkau adalah dua faktor penting lainnya yang menarik berbagai pasangan termasuk dari Indonesia untuk mencari solusi alternatif perawatan kesuburan di Malaysia. 

Pada tahun 2017 terdapat rata-rata 6.000 - 7.000 siklus IVF, dan jumlahnya diperkirakan meningkat menjadi 20.000 siklus pada tahun 2020. Biayanya kurang lebih antara 50 juta sampai dengan 80 juta.

Tentunya dengan layanan profesional dan mengagap pasien adalah seperti keluarga agar terasa nyaman, dan Program “Harapan Dua Garis” akan berjalan selama 12 bulan dan mendapatkan dukungan penuh dari 6 pusat perawatan kesuburan terkemuka yaitu:
  • Mahkota Medical Centre in Melaka,
  • Genesis IVF and Island Hospital in Penang,
  • Sunfert International Fertility Centre,
  • TMC Fertility Centre, and Alpha IVF in Kuala Lumpur.
Dan yang lebih keren lagi nih Pasangan yang merencanakan kehamilan dengan prosedur IVF dapat mengikuti program ini secara cuma-cuma dengan melakukan pendaftaran melalui http://medicaltourismmalaysia.id/ivf


 
Semoga tulisan ini membantu ya, bagi pasangan yang sudah lama ingin memiliki buah hati bisa mengikuti program bayi tabung gratis dari Malaysia Healtcare, Untuk informasi lebih lanhjut bisa mengikuti media sosialnya yaitu
Facebook – facebook.com/malaysiahealthcare.org
Instagram – instagram.com/malaysiahealthcare


utieadnu

24 comments :

  1. Semoga yang sedang program, bisa dipermudah ya. Persiapan sebelum kehamilan tuh penting banget, bukan hanya pada wanita, tapi pria juga. Tuhan memang yang menentukan, tapi usaha harus ada

    ReplyDelete
  2. Memang tiap pasangan tidak sama, ada yang mudah punya anak, ada yang sampai bertahun-tahun belum punya anak juga. Ada salah satu temanku yang sudah beberapa tahun belum hami juga dan akhirnya ikut program bayi tabung. Syukurlah berhasil, sekarang anaknya sudah SMP.
    Program bayi tabung gratis dari Malaysia Healtcare ini pastinya sangat bermanfaat dan membantu sekali buat pasutri yang menginginkan kehadiran buah hati.

    ReplyDelete
  3. Temenku juga ada yang lagi program bayi tabung, huhuu apapun untuk mendapatkan anak emang luar biasa, semua diusahakan, salut. Dan ternyata emang bener, pasutri ga boleh sutress, ku pernah punya pasien pen hamil, dan ku bagian yang nerapi untuk menurunkan stressnya agar stabil untuk biisa hamil.

    Semogaa yang pingin punya anak disegerakan yaaa..

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat masa-masa perjuangan untuk mendapatkan mas Kelvin. Ini aku mau kasih tau ke temanku juga ah, yang masih berjuang untuk mendapatkan keturunan. Kalau sekarang bahasanya pejuang garis dua, semoga mereka yang sedang berikhtiar segera diberikan keturunan ya.

    ReplyDelete
  5. Wah mulia banget ya ada program gratis bayi tabung. Tapi apakah orang Indonesia boleh ikut?

    ReplyDelete
  6. nah ini rada kontroversi juga

    karena sebagian ulama tidak sependapat kecuali bayi tabung tersebut dari sperma dan ovum ibu dan bapak kandung

    tapi insya Allah kalau salah satu bukan ayah ibu kandung bayi, ya berpikir ulang hehe.. eh, kok malah bahas dari segi agama, maaf maaf...

    Dulu pernah kok kepikiran karena 4 tahun ga isi isi juga, dan udah ke RS Harapan Kita tapi prosedurnya rumit hihihihi

    ReplyDelete
  7. Sebuah proses yang panjang pastinya untuk mendapatkan buah hati dengan cara ini. Semoga pasangan yang sedang berusaha memiliki anak dengan cara apapun akan berbuah manis. aamiin

    ReplyDelete
  8. Terima kasih banyak informasinya mbak, sangat membantu memahami apa itu program bayi tabung. Pernah ditanya anak, dan bingung juga jawabnya.

    Kebetulan 2 kakak perempuan saya sampai sekarang belum punya anak, saya ingin membagikan informasi ini

    ReplyDelete
  9. Luar biasa ya perjuangan untuk bisa punya momongan. ALhamdulillah teknologi canggih bisa membantu niat mulia dari para pasangan.

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah ini kegiatan yang didukung. Jadi ingat om aku yang baru punya anak setelah 12 tahun menikah, mba. Bismillah semoga mereka mewujudkan impiannya ya

    ReplyDelete
  11. Semoga dengan program yang ditawarkan oleh Healthcare ini bisa membantu banyak orang yang berikhtiar mendapatkan keturunan ya mba. Namanya juga berusaha, jika Allah berkenan pasti semua jalan bisa menjadi jalan ikhtiar kan ya.

    ReplyDelete
  12. Wah ada yang gratis ya. Tertarik banget nih. Di antara penyebab-penyebab ditidakhamilan di atas, sepertinya saya tidak semuanya. Tapi tetap positive thinking kepada Yang Di Atas, semoga lekas diberi momongan lagi.

    ReplyDelete
  13. Bayi tabung ini merupakan solusi ya buat pasangan yang menunggu kehadiran anak... Apalagi saat ini banyak yg begitu.. Kayak sodaraku 10taun belom ada anak

    ReplyDelete
  14. memang bagus ya programnya ..semoga mereka yang sedang berjuang untuk memperoleh anak bisa mendapat manfaat dari program ini

    ReplyDelete
  15. Rasanya happy banget pas lihat dua garis biru ini ya buat pasangan yang baru nikah, akhirnya punay keturunan.
    Nah buat mereka yang gak kunjung hamil udah khawatir. Semoga program ini rutin diadakan ya jadi bisa bantu mereja yang ingin punya anak melalui program bayi tabung

    ReplyDelete
  16. Buat yang nunggu-nunggu gimana caranya jadi ibu punya anak, program ini sangat membantu ya mbak. Gratis lagi ini, walau Malaysia punya kita gak perlu khawatir pelayanannya ya

    ReplyDelete
  17. Biaya program bayi tabung itu biasanya mahal bingit, temen saya ada yang ikut dan belum berhasil, belum rezeki. Nah ini ada yang gratis, bisa jadi salah satu alternatif yang tidak memberatkan karena gratis

    ReplyDelete
  18. Program dari Malaysia ini sangat mulia ya, Mbak. Bisa membantu pasangan yang ingin memiliki anak

    ReplyDelete
  19. Manteb nih programnya. Kemarin pas kunjungan ke RS2 di Malaysia sempat liat kecanggihan alat juga nyamannya kamar2 di RS sana mbak. Semoga yang ingin punya baby dilancarkan ikhtiar dan mencoba ke Malaysia siapa tahu rezekinya emang berobat dan program ke sana ya

    ReplyDelete
  20. Amazing yaa...
    Aku baru percaya bisa punya anak bahkan menentukan jenis kelamin.
    Ternyata semua ada ilmunya...

    Semoga bagi yang sedang menantikan sang buah hati, bisa maksimal ikhtiar dan sabar.

    ReplyDelete
  21. Yang kayak gini harusnya dibaca oleh teman saya yang sudah lama menikah tetapi belum dikaruniai anak
    Mau nanya juga sungkan banget

    ReplyDelete
  22. Serius nih, mba, gratis?
    Hahaha, dasar, emak-emak, kalau soal gratis, radar langsung sensi.

    Btw, aku tercerahkan banget tentang proses IVF dan ICSI.

    ReplyDelete
  23. asli ini langsung aku share ke mbkkyuku ni mbak. makasih banyaaakkk

    ReplyDelete
  24. Moga program ini membantu pasangan suami istri yang benar-benar membutuhkan hadirnya momongan ya mak. Dapat yang tepat benar-benar tidak memiliki biaya lebih, jadi manfaatnya terasa luarbiasa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ