Tips Mempersiapkan Anak-anak Menghadapi PTM

Tips Mempersiapan Anak-anak Menghadapi PTM
Horee,,,!!! teriak teman-teman anakku saat zoom terakhir bahwa sekolah akan dilaksanakan secara offline lagi. Kita pun sebagai orangtua pasti bisa merasakan kebosanan mereka hampir 2 tahun ini belajar daring.

Bukan tidak mungkin pasti ada drama setiap harinya, dari yang ketiduran, pekerjaan rumah yang banyak apalagi ada tugas video online. Bikin kita emosi gak sih mengajarkan mereka, mengingat pelajaran lama yang sudah menguap dari kepala kita sebagai orangtua.

Jadi guru ternyata bukan hal yang mudah ya,,, perlu ekstra sabar. Pekerjaan rumah tangga yang bikin capek ditambah lagi jadi harus guru dan kadang-kadang mengerjakan peer mereka… iya kan,,,, belum lagi harus mantengin WAG setiap hari, dari absen sampai mengirim tugas harian anak-anak.

Dan keribetan itu semua sudah berakhir,,, sudah 2 bulan ini anak-anakku kembali menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM). walaupun masih berlangsung 50% freweksi jam belajarnya  dari yang biasanya, tapi cukup membuat anak-anak tersenyum bahagia karena bisa bertemu dengan teman-teman dan gurunya.

tips-mempersiapkan-anak-anak-menghadapi-ptm

Tapi tentunya ada hal lain yang membuat kita khawatir karena pandemi ini belum benar-benar berakhir tetap kita harus membentengi anak dengan nutrisi yang tepat juga memberikan wejangan agar selalu mengikuti protokol kesehatan. 

Hal itu dikatakan oleh Ibu Pritta Tyas seorang psikolog di acara Blogger Gathering mempersiapkan Anak dalam menyambut kembali PTM bersama Holisticare Ester C Kids pada tanggal 3 Desember 2021.

Lanjut Pritta ada banyak anak-anak yang mengalami kecemasan dan rendahnya berkegiatan pada saat daring bukan hanya di Indonesia bahkan juga di dunia. Ada rasa bosan, kurang disiplin dan kesulitan yang dipelajari dan ujungnya menyerah.

tips-mempersiapkan-anak-anak-menghadapi-ptm
Ibu Pritta

Sedangkan kondisi mental anak saat daring, apalagi anak dibawah 12 tahun tidak mungkin mengucapkan stress tapi kita bisa dilihat dari gejala fisiknya nih , krangky, sulit tidur atau gampang marah.

Lalu Kenapa PTM itu sangat penting bagi tumbung kembang anak?

Anak itu butuh pendamping/guru atau educator yang responsif apa yang dibutuhkan oleh anak-anak dibanding dengan online yang hanya menatap layar handphone atau laptop. Pasti anak mengalami kesulitan dan gurunya juga kurang bisa responsif. Nah kalau PTM guru bisa langsung menangkap,, "oh anak ini, belum mengerti jadi ada respon langsung."

Anak perlu bersosialisasi langsung dalam wujud fisik dengan teman-teman, apalagi usia 4 tahun keatas anak itu sangat butuh berlatih mengerjakan sesuatu bersama. Dan ini sulit didapatkan jika belajar di rumah saja.

Kemudian anak bisa belajar melatih emosi yang tidak nyaman yang dia rasakan, misalnya ada barang yang diambil temannya, nah anak ini bisa merasakan rasa marah, takut. Anak perlu bisa meregulasi emosinya

Jadi sebenarnya banyak manfaatnya jika PTM  diberlakukan nah kita sebagai orang tua harus bersabar jika awal-awal PTM ini banyak anak yang cenderung takut, cemas, malu-malu tapi ada mungkin sebagian yang bahagia.

Nah Tips Persiapan untuk Anak-anak Menghadapi PTM

Pertama kita harus mempersiapkan mental anak terlebih dulu, untuk kasih gambaran tantangan apa aja sih yang akan dihadapi misalnya roleplay, ada anak yang malu-malu atau tidak mau pisah dengan orangtuanya. Terus menerangkan bagaimana nanti pro-kes di sekolahan?. Nah roleplay ini juga Bagaimana caranya menghadapi teman yang mempunyai konflik dengan anak kita?.

Transisi ke PTM juga bisa menimbulkan stress negatif ke anak-anak, nah kita sebagai orang tua perlu belajar menjadi Bumper Stress

Bumper stress itu adalah kita membantu anak untuk bisa mengelola stress yang anak miliki. misalnya pulang sekolah nih anak-anak biarkan bermain sejenak, biarkan anak melakukan kegiatan yang dia sukai.

Kegiatan fisik ini bisa membantu melepaskan stress nya. Jangan diberi agenda harus tidur siang, harus makan, harus mengerjakan PR dan lain-lain.  

Kemudian Bumper Stress cara kedua kita menjadi tempat yang aman untuk anak-anak mencurahkan semua isi hatinya. Misalkan anak-anak berkeluh kesah saat mengerjakan soal di sekolah, nah kita sebagai orang tua jangan menasehati apalagi menghakimi, kita perlu memvalidasi perasaannya.

Bagaiman Sikap Orangtua Mempersiapkan Anak-anak menghadapi anak-anak PTM ?

Intinya kita sebagai orangtua jangan cemas atau over thinking, ketika PTM harus bisa memisahkan hal yang bisa dikontrol kita ataupun diluar kontrol kita. buatlah anak-anak nyaman saat berangkat sekolah.

Dan yang lebih penting mempersiapkan kondisi kesehatan anak-anak, jam tidurnya jangan sampai kurang dan latihan pro-kes kemudian satu lagi yang penting memenuhi kebutuhan Vitamin C anak-anak. Dengan cara menyediakan Vitamin C yang aman.

tips-mempersiapkan-anak-anak-menghadapi-ptm
Bpk Saef Dwi Setiadi

Dan kata Bpk Saef Dwi Setiadi, rasa khawatir itu bisa tapi kita benahi harus juga memenuhi daya tahan tubuh seperti Vitamin C, seperti Holisticare ESter C Kids yang aman untuk lambungnya dan juga tentunya harus efektif serta yang mempunya rasa manis tetapi tidak merusak gig. Dan dosisnya juga aman untuk anak-anak.

Untuk lebih lengkap mengenai Holisticare Ester C Kids 

Holisticare Ester C Kids diproduksi oleh PT Pyridam Farma  Tbk,. Suplementasi Vitamin C inovasi baru yang diformulasikan khusus untuk anak-anak yang dibuat dari Ester-C, yaitu kalsium askorbat yang dipatenkan dan melalui proses unik sehingga lebih tidak perih di lambung.

tips-mempersiapkan-anak-anak-menghadapi-ptm
Holisticare Ester C Kids

Manfaatnya membantu memelihara daya tahan tubuh sang buah hati, khususnya bagi yang mulai menjalani kegiatan belajar mengajar hybrid online-offline. Mengatasi gejala kekurangan vitamin C seperti gusi berdarah, sariawan, mudah terserang flu, dan luka yang tak kunjung sembuh.

Sedangkan Manfaat dan Kandungan dari Holisticare Ester C Kids

Kandungan Metabolit threonat secara unik sudah terkandung dalam Ester C Sehingga memungkinkan penyerapan vitamin C dapat berlangsung lebih optimal. Metabolit adalah zat yang terbentuk selama proses metabolisme.

Tidak mengandung gula sehingga baik untuk kesehatan gigi anak, Mengandung pemanis alami Xylitol yang berasal dari bahan alam yang dapat memelihara kesehatan gigi

Dan Mengandung Ester-C yang tidak bersifat asam sehingga lebih tidak perih di lambung. Membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C. Dengan rasa jeruk dan bentuk lucu yang disukai oleh anak

Suplemen vitamin C dalam bentuk tablet hisap/kunyah tidak disarankan untuk anak usia dibawah 2 tahun, kecuali atas hasil konsultasi dengan dokter. Dan bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan 1 - 3 tablet per harinya

Jadi intinya nih teman, PTM ini penting bagi anak untuk menunjang tumbuh kembangnya yang terpenting kita sebagai orangtua bisa mempersiapkan kesehatan anak-anak.

tips-mempersiapkan-anak-anak-menghadapi-ptm
Bentuk Holisticare Ester C Kids
disukai anak-anak

Bisa disimpulkan dari Ibu Prita Tyas, Tips Mempersiapkan Anak-anak menghadapi PTM atau lebih tepatnya tips sebelum anak berangkat sekolah:
  • Sarapan atau konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Berikan siplemen tambahan Vitamin C untuk daya tahan tubuh yang aman untuk anak seperti Holisticare Ester C Kids.
  • Memastikan anak kita dalam kondisi sehat, tidak memiliki gejala panas atau keluhan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan hingga sesak napas.
  • Menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis sesuai standar. Disarankan membawa masker cadangan serta pembungkus untuk masker kotor. Dan perlengkapan pro-kes lainnya seperti hand sanitizer
  • Jika terpaksa harus makan dan minum di sekolah, pastikan membawa bekal beserta alat makan minum pribadi.
  • Wajib membawa perlengkapan pribadi. Seperti alat belajar, alat solat, alat olah raga dan lainnya.
Semoga bermanfaat ya, dan kita sama-sama berdoa agar pandemi ini benar-benar cepat berlalu, yakinkan langkah sehatmu setiap hari bersma Holisticare Ester C dan jangan lupa jaga kesehatan semuanya.

utiednu

19 comments

  1. Bumper stress ini saya trus semacam flashback ke masa di mana kita sekolah dulu ya mbak. Karena emang lepas pulabg sekolah itu pengennya leha-leha dulu sesuka hari, nggak harus melulu tidur dll. Ternyata ini toh maksud dari bumper stress...tfs :)

    ReplyDelete
  2. Begitu mendengar kabar anakku mulai aktif PTM, sebenarnya aku senang Mak, karena anakku tipe yang perlu banget bersosialisasi sama teman-temannya. Hal ini juga bis amengurangi ketergantungannya ke gadget akibat pembelajaran via daring selama ini. Tinggal terus mengingatkan prokes, dan benar, tetap kasih asupan vitamin agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga

    ReplyDelete
  3. alhamdulilah yaa seneng banget anak-anak masuk sekolah lagi. Emaknya yang liat di rumah aja udah bosen, apalagi anaknya :D Prokes tetap nomor satu untuk masuk PTM. Tentu juga didukung kondisi kesehatan yang baik. Vitamin harus jalan terus dong :)

    ReplyDelete
  4. Aku juga ikut seneng nih, saat anak-anak sudah mulai tatap muka meskipun masih terbatas. Paling tidak, keriweuhan saat ikut membantu mengerjakan tugas dan menjadi guru di rumah sedikit berkurang karena sudah sama gurunya secara langsung. Selain itu aspek sosial bisa bertemu dengan teman-teman sekolahnya juga bisa bikin anak-anak bahagia. Yang penting harus tetap jaga prokes dan jaga kesehatan dengan aupan vitamin yang cukup

    ReplyDelete
  5. aku juga kak selama ini anak2 udah dipantau di rumah sesuai prokes, sejak PTM makin waspada deh dan siapkan vitamin C

    ReplyDelete
  6. Penting sekali menyiapkan anak sebelum melaksanakan PTM ya mba. Aku juga berikan asupan vitamin buat anak mba

    ReplyDelete
  7. Awalnya galau ya...melepas anak kembali sekolah, karena terkait kekhawatiran orangtua akan kedispilinan anak-anak dalam prokes.
    Namun percaya, dengan boost vitamin terbaik, maka doanya semoga anak-anak dan kita semua sehat selalu.

    ReplyDelete
  8. betul banget kalo ptm itu penting apalagi dapat tipe anak yang sukanya beraktivitas di luar. kalo di rumah aja ruang geraknya jadi terbatas
    pinter pinter kita orang tua untuk kasih nasihat biar mereka jaga prokes dan selalu kasih asupan vitamin biar tetap sehat dan nggak gampang tertular virus

    ReplyDelete
  9. Yah, PTM memang sudah nggak bisa dihindari lagi. Meski sekolah bilang bakal melakukan prokes ketat tapi jujur aja saya nggak bisa percaya hehehe. Jadi ya harus tingkatkan imun anak-anak salah satunya dengan konsumsi vitamin dan makanan bergizi.

    ReplyDelete
  10. Sistem pembelajaran saat pandemi baik jarak jauh maupun tatap muka memiliki risiko masing-masing ya. Kita sebagai ibu sekaligus orang tua yang memiliki peran untuk mengarahkan mereka. Termasuk dalam mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh anak

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak kalau terlalu cemas malah jadi penyakit buat kita juga ya, nanti parnoan. Anak-anak seneng ya udah bisa PT< tinggal disiapin aja daya tahan tubuhnya dengan konsumsi vitamin C dari Ester C

    ReplyDelete
  12. Di rumah bapaknya anak-anak yg bisa konsumsi ester C baru ngeh ada yg buat anak-anaknya. Mau coba akh

    ReplyDelete
  13. Saat anak anak PTM, orangtua harus melakukan beragam persiapan ya mbak
    Termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh

    ReplyDelete
  14. Semenjak mulai PTM, akupun mulai mempersiapkan banyak hal supaya anak aman dan nyaman saat PTM. Apalagi mereka senang sekali bisa PTM. Anak-anak biasanya aku suruh sarapan dan konsumsi vitamin juga.

    ReplyDelete
  15. PTM memang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu ya. Tapi musim begini tentu saja harus diimbangi dengan tubuh yang fit. Konsumsi vitamin C salah satunya. Wah ada Ester C for Kids juga ya ternyata..

    ReplyDelete
  16. iya, anak-anak lebih happy dengan PTM karena ketemu teman baru dan bisa bermain walaupun waktunya lebih sedikit tapi lumayan pengobat bosan. Wah sekarang ada ester C untuk anak ya dan bentuknya permen hisap dengan rasa jeruk manis jadi lebih enak dikonsumsi

    ReplyDelete
  17. Betul, Mak, mau PTM ini anak-anak bulan Januari 2022, selain vaksin tentu saja penting ya menyiapkan suplemen dan vitamin buat mereka. Biar kita tenang mellepas anak PTM

    ReplyDelete
  18. Sepertinya yang butuh bumper stress bukan hanya anak-anak, orang tua dan guru juga perlu. Soalnya sudah mulai keasyikan dan nyaman dengan belajar di rumah yang cenderung lebih santai dan tidak terikat dengan aturan-aturan tertentu, seperti mandi pagilah, pakai seragamlah dsb.

    ReplyDelete
  19. Aku konsumsi Holisticare Ester C dan baru tahu ada khusus buat anak-anak juga. Memang menghadapai PTM asupan gizi harus seimbang dan terpenuhi, protokol kesehatan juga harus tetap dipatuhi dan selalu sedia vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengingat pandemi belum berakhir ya, Mba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ