Menjaga Kesehatan Keluarga Bersama Antangin

Menjaga Kesehatan Keluarga Bersama Antangin
Hai semua semoga selalu sehat-sehat ya… oh iya sekarang kan musim sedang tidak menentu ya kadang siang panas banget sorenya hujan turun dengan deras dan tiba-tiba lagi. Nah kadang cuaca kayak gini nih mesti banget harus hati-hati.

Apalagi kalau ada anggota keluarga yang sedang beraktivitas diluar rumah tiba-tiba kehujanan. Ini yang bikin khawatir kalau sedang puasa pastinya sedikit agak berkurang daya tahan tubuh karena perut kosong. Dan ini kejadian sih, sama anakku karena memang kebanyakan aktivitas di luar ruangan.

menjaga-kesehatan-keluarga

Pulang kerumah merasa tidak enak badan, pegal-pegal, perut kembung, mual, muntah, menggigil, disertai demam. Kata ibu ku sih ini gejala masuk angin. Memang  istilah masuk angin adalah istilah yang sering digunakan orang Indonesia.

Gejala dan penyebab masuk angin pun menjadi akumulasi dari kondisi kesehatan lainnya. Apalagi saat musim hujan, udara dingin seperti sekarang ini. Sedih sih,,,, apalagi sedang puasa. Keukeuh kemarin tuh anaknya gak mau dibatalin tapi karena sudah mual akhirnya dengan terpaksa mau juga untuk membatalkan puasanya.

Sebenarnya ada cara yang tepat saat anak kita terkena masuk angin. Intinya sih jangan panik dulu, tidak harus terburu-buru bawa ke rumah sakit karena kita bisa melakukan pertolongan pertama di rumah. Pastikan anak beristirahat dengan cukup, tetap terhidrasi, mengonsumsi sup hangat, dan lainnya.

Cara mengatasi masuk angin pada anak

Perawatan rumahan ini yang aku lakukan ketika ada anggota keluarga terkena gejala masuk angin dan dapat membantu meringankan gejala masuk angin yang anak rasakan. Beberapa cara mengatasi masuk angin pada anak adalah:

Pastikan anak kita beristirahat dengan cukup

Mengatasi masuk angin pada anak utamanya dilakukan dengan memastikan ia beristirahat dengan cukup. Tubuh membutuhkan istirahat untuk membangun kekebalannya kembali.

Jadi, anak harus lebih banyak beristirahat agar segera pulih. Jika memungkinkan, ia juga sebaiknya tidak pergi ke sekolah dulu atau melakukan aktivitas lain yang menguras tenaganya.

Pastikan asupan cairan tetap terjaga

Cara mengatasi masuk angin pada anak lainnya yang tak kalah penting adalah memastikan anak tetap terhidrasi. Ketika masuk angin, anak-anak rentan mengalami dehidrasi, apalagi jika mereka mengalami mual dan muntah.

Oleh sebab itu, berikan cairan secara rutin, misalnya lewat air putih hangat, teh hangat , kaldu bening, susu untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Siapkan mandi air hangat

Cara mengatasi masuk angin pada anak dapat dilakukan dengan mandi air hangat. Menggunakan air hangat untuk mandi dapat membantu mengurangi nyeri tubuh dan pegal-pegal yang ia rasakan saat masuk angin.

Air hangat membuat otot-otot yang tegang mengendur sehingga tubuh anak terasa lebih nyaman. Selain itu, ia juga dapat tidur dengan lelap

Memberikan sup hangat

Membuat sup mudah pastinya dengan beberapa sayuran seperti wortel, kentang, buncis kemudian dicampur dengan potongan ayam. Kemudian berikan selagi  hangat dan ini juga termasuk salah satu cara mengatasi masuk angin yang dianggap ampuh. Sebab, makanan ini bisa membantu meredakan gejala masuk angin, terutama mual dan kembung. Selain itu, nafsu makan juga dapat meningkat.

Mengoleskan minyak hangat

Upaya tubuh anak terasa lebih nyaman, oleskan minyak hangat pada tubuhnya, terutama di area perut dan punggung, lalu berikan pijatan lembut. Sensasi hangat dari minyak tersebut dapat meredakan pegal-pegal dan rasa tidak enak badan yang dirasakan anak.

menjaga-kesehatan-keluarga-bersama-antangin
Memberikan Antangin

Mengonsumsi obat untuk masuk angin

Cara mengobati masuk angin selanjutnya adalah mengonsumsi obat masuk angin. Obat-obatan ini biasanya telah diformulasikan khusus dengan herbal, seperti jahe, daun mint, adas, ginseng, meniran, kunyit, dan madu. Nah semua itu ada pada Antangin.

Dirumah kebetulan aku selalu sedia antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. Setelah makan sup langsung aku beri setengah sachet Antangin Habbatussauda. Diseduh dengan air hangat.


Kenapa Memilih Antangin JRG/ Antangin Hababatussauda?

Antangin adalah produk herbal yang telah bersertifikat halal dan berkhasiat untuk mengatasi masuk angin, mual, perut kembung, badan meriang, serta kelelahan. Antangin dijual bebas di apotek atau supermarket.

Antangin mengandung beberapa bahan herbal, yaitu jahe, daun sembung, ginseng, peppermint, akar manis, biji pala, meniran, kunyit, daun mint, dan royal jelly, serta madu. Kombinasi semua bahan tersebut dipercaya bisa mengatasi masuk angin, menghangatkan tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebenarnya ada banyak varian produk Antangin. Cuma kebetulan di rumah selalu stock 2 varian ini. Biasanya yang varian JRG untuk ayahnya dan yang Habatussauda untuk anak-anak. Sebenarnya bisa keduanya bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan dewasa kita tinggal lihat aturan pakainya yang ada di kemasan.

menjaga-kesehatan-keluarga-bersama-antangin
Antangin JRG
  • Antangin JRG
Antangin JRG bermanfaat meredakan untuk gejala masuk angin, seperti badan meriang, mual, perut kembung, atau pusing. Tiap 15 ml Antangin JRG mengandung jahe, daun mint, daun sembung, ginseng, biji pala, akar manis, kunyit, royal jelly, dan madu.

antangin-habbatussauda
Antangin Habatussauda
  • Antangin Habbatussauda
Antangin Habbatussauda bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh, meredakan gejala masuk angin, dan membantu melegakan tenggorokan. Tiap 15 ml Antangin Habbatussauda mengandung habbatussauda, jahe, meniran, daun sembung, daun mint, biji pala, akar manis, kunir, dan madu.

Kemasan
Kemasan Antangin JRG dan Habbatusauda dikemas dalam kemasan sachet sekali minum yang praktis. Dapat langsung diminum dari bungkusnya atau diseduh dengan air hangat. Boxnya berwarna kuning dengan tulisan Antangin berwarna merah . Isi tiap boxnya terdiri dari 12 sachet.

Manfaat Antangin
  • Membantu meredakan gejala masuk angin seperti meriang, pusing, mual
  • Membantu meredakan perut kembung
  • Membantu memelihara kesehatan
  • Membantu membuat tubuh terasa hangat
Cara Konsumsi dan Dosis
Antangin JRG dan Habbatussauda dapat dikonsumsi tanpa resep dokter.  dosis dan cara konsumsinya 
  • Untuk memelihara daya tahan tubuh: 2 x sehari, 1 sachet
  • Untuk mengatasi masuk angin: 3 – 4 x sehari, 1 sachet
  • Untuk mencegah mabuk perjalanan: 1 sachet sebelum melakukan perjalanan
  • Dosis Anak-anak usia ( 6-12 tahun) 1/2 dosis dewasa
Dapat langsung diminum atau ditambahkan dengan ½ gelas air hangat. Kocok dahulu sebelum diminum, sebaiknya dikonsumsi setelah makan.

Efek Samping
Tidak ada efek samping yang akibat penggunaan Antangin. Tapi jika terjadi reaksi alergi atau efek samping lainnya. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 

Kebetulan kalau aku dan keluarga sudah cocok dengan Antangin, intinya jangan berlebihan mengkonsumsi dan sesuai aturan yang berlaku.

Untuk kondisi seperti ini dengan cuaca yang tidak menentu apalagi harus berpuasa, harus jadi perhatian kita sebagai orang tua untuk memberikan perlindungan tambahan, pada anggota keluarga. Gejala masuk angin bisa kita cegah dengan lebih mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. 

Pun kalau sudah terkena masuk angin kita tau cara mengobatinya dan memberikan obat yang tebap seperti Antangin JRG atau Antangin Habbatussauda seperti yang aku lakukan kepada keluarga ku tercinta.

Selalu sehat-sehat semua, karena sebentar lagi ramadan akan berakhir, mohon maaf lahir dan batin ya….


utieadnu

14 comments

Windi astuti said...

saat masuk angin paling mudah nyari obatnya memang minum Antangin ya mbak. obat herbal yg cocok buat keluarga. biasanya aku dan suami juga minum obat angin yang sachetan. macem Antangin ini, nyeeesssssss, bikin tenggorokan jadi enakn juga.

mochferrydc said...

Antangin membersamai mengurangi masuk angin saat kondisi basan drop. Antangin banyak digunakan sebagian besar orang Indonesia.

Fenni Bungsu said...

Senangnya Antangin ini bisa dikonsumsi dewasa maupun anak-anak ya mbak, sehingga bisa stok selalu buat di rumah dan saat bepergian

Yuni Bint Saniro said...

Antangin emang ampuh banget sih buat menghalau masuk angin. Secara aku juga pernah membuktikannya sendiri. Urusan perjalananku ke luar kota bebas masuk angin lah dengan antangin mah...

Mpo Ratne said...

Kalau dirumah sedia obat masuk angin antagin tablet. Habis dikerokin lalu minum ini dan tidur enak banget

Maria G Soemitro said...

pas banget saya barusan beli dan minum antangin yang jahe Mbak

rumah saya sekarang di gunung, udaranya dingin

ditambah hujan, jadi sering kembung dan badan gak nyaman

untung ada Antangin ^^

Jalan-Jalan KeNai said...

Saya harus selalu stok. Karena lumayan sering kena masuk angin. Apalagi di momen Lebaran kan biasanya aktivitas suka lebih padat. Jadi agak kurang istirahat

Ida said...

Aku juga suka dengan antangin selain karena herbal efek setelah meminumnya kerasa banget enak ke badan.

Annie Nugraha said...

Di rumah selalu stok ANTANGIN HABATUSSAUDAH ini. Setiap berada body mulai gak enak, biasanya saya kerokan terus ditutup dengan minum teh tawar yang sudah dicampur dengan Antangin ini. Habis itu tidur deh. Pas bangun badan terasa segar dan hangat. Jauh lebih enakan pastinya. Karena setelah itu biasanya langsung laper dan makan banyak

Dian Restu Agustina said...

Andalan banget di rumah ini Antangin. Buat dewasa maupun anak bisa, tinggal sesuaikan cara pakainya. Saat mudik kemarin bawa juga, jadi di jalan aman sentosa. Enggak ada drama masuk angin dan sejenisnya. Dan senangnya ada aneka varian yang bisa jadi pilihan

Okti Li said...

Saat mudik di perjalanan rentan kena masuk angin. Jadi sebaiknya sedia Antangin juga ya.

Nanik nara said...

Kondisi cuaca tak menentu ini memang membutuhkan daya tahan tubuh yang tinggi ya mbak. Saya juga akhir-akhir ini kehujanan sebentar aja, udah bikin badang nggak enak rasanya. Bisa jadi pengaruh usia juga ya, hihi... sadar udah makin tua.

Jadi sedia antangin JRG maupun habbatussauda emang perlu, biar nggak kelimpungan kalau malam badan mulai terasa tak enak

Suci said...

Slalu sedia ini nih di rumah palagi kalo pergi2. karena sekeluarga tukang mabok hehee. Dan manjur banget buat ngeluarin angin. biasa setelah minum itu lgsg sendawa 😁

deddyhuang.com said...

wah antangin sendiri jadi herbal andalanku buat pergi jarak jauh dalam perjalanan. rasa mintnya bikin lambung jadi enak.