ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Kalau bicara tentang ASUS yang pastinya satu kata “inovasi” yap ASUS selalu berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen setianya. Nah kemarin tanggal 15 September 2022 aku menyaksikan langsung peluncuran Zenbook 14X OLED SPACE EDITION di Jakarta Theater.

Dan kali ini aku dibuat amaze saat memasuki tempat peluncuran berlangsung, ruangan pertama seperti kita berada di ruangan angkasa, agak oleng waktu berjalan karena ruangan seolah-olah bergerak. Ah kereeen.  Masuk ke ruangan selanjutnya pun di hiasi dengam ornamen-ornamen ruang angkasa ada juga robot cosmonot. Ternyata sedari awal masuk kita sudah diberi clue bahwa peluncuran kali ini berhubungan dengan luar angkasa.

asus-zenbook-14x-oled-space-edtion


Karena nih peluncuran kali ini sekaligus untuk memperingati tepat 25 tahun laptop Asus dibawa ke luar angkasa. Yang dirayakan ini adalah perjalanan sebuah laptop Asus ke Satelit MIR di luar angkasa pada 1998. Di sana laptop tersebut bertahan selama 600 hari, tanpa satupun kerusakan.

Sesuai dengan namanya, Zenbook 14X Oled Space Edition memiliki tampilan bertemakan luar angkasa. Tidak hanya itu, Zenbook 14X Oled Space Edition juga hadir sebagai laptop space grade yang telah lolos uji ketahanan US Space System Command Standard (SMC-S-016A). Jadi tahan benturan ekstrim juga kelembaban.

Acara kemarin dimeriahkan oleh Rizky Febian dan Tasya Kamila yang ternyata sudah terlebih dulu merasakan keunggulan dari Zenbook 14 X OLED Space Edition, dan masing-masing merasakan kekaguman dan kemudahan yang dihadirkan oleh laptop satu ini. 

Sekarang kita bicarakan apa saja sih keunggulan Zenbook 14X Oled ini yang bikin akupun sangat ingin memilikinya.

zenbook-14x-oled-space-edition
Rizky Febian, Jimmy Lin (Regional Director of ASUS South-East Adia), Cekiel Danielson (Director Intel APJ Consumen Sales) dan Tasya Kamila


Fitur dan Keunggulan ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Melalui Zenbook 14X OLED Space Edition, ASUS memberikan produk yang berbeda dari biasanya dimana dikemas dengan desain unik bernuansa luar angkasa di setiap bagiannya. Dan menariknya pada tutup laptopnya terdapat kode morse.

Penampangnya terbuat dari plat dengan bahan  alumunium dan warna ekslusif Zero-G titanium yang menyajikan durabilitas tinggi. Menariknya, di tutup laptop juga terdapat layar kecil OLED berukuran 3,5 inci yang disebut ZenVision.

ZenVision mampu menampilkan beragam konten yang bisa diatur langsung dari laptop seperti animasi luar angkasa yang menyenangkan, identitas diri seperti nama dan email hingga kode QR, teks apapun yang diinginkan, serta status waktu dan baterai.

Secara fisik, cukup ringan dengan  berat 1,4kg, ketebalan 15,9mm sehingga menjadikan laptop ini tampil tipis dan elegan. Selain itu juga kerennya disokong oleh Intel Generasi ke-12, laptop ini juga didukung memori LPDDR5 hingga 32GB dan penyimpanan SSD PCle 4.0 hingga 1TB.

asus-zenbook-14x-oled-space-edition


Prosesor tersebut dipadukan dengan kartu grafis Intel Iris Xe. Berkat dukungan Intel Generasi ke-12, laptop ini juga mendukung USB Type C Thunderbolt 4.0 yang mampu melakukan transfer file besar dengan cepat tanpa perlu menunggu lama.

Dan dibekali juga oleh sistem pendinginan dual fan  yang mampu mengeluarkan total TDP 45W. Kipasnya juga tidak bising ketika sedang bekerja mendinginkan perangkat pada saat dalam kinerja berat. So jadi tidak cepat panas.

Dari segi tampilan, dengan ukuran 14 inci yang mempunyai resolusi 4K 3.840 x 2.400 piksel berpanel OLED serta mendukung LED Backlit, waktu respon 0,2ms, tingkat kecerahan 550nits, 100% DCI-P3, bersertifikasi VESA Display HDR True Black 500, Pantone Validated, dan SGS Eye Care Display untuk perlindungan mata terhadap paparan sinar biru. Sinar birunya sudah diturunkan kira-kira 70% jadi sangat aman di mata untuk ngetik lama-lama pun tidak masalah.

Keunggulan lainnya yang beda dengan laptop lainnya. Layar Zenbook 14X OLED Space Edition juga bisa dioperasikan dengan cara sentuhan menggunakan jari dan ASUS Pen 2.0. Dengan Untuk kenyamanan privasi, laptop ini pun telah dilengkapi electric webcam shield pada kamera 720p di atas layarnya.

Terdapat pula pemindai sidik jari untuk masuk dengan cepat tanpa kata sandi ke dalam sistem operasi Windows 11 Home. Di bagian keyboard terdapat touchpad yang cukup luas yang menyediakan fitur numberpad yang berisi angka dan fungsi lainnya.

Dengan baterainya berkapasitas 63 Whr yang bisa diisi dayanya melalui USB-C Easy Charge bersertifikat Power Delivery di mana dibekali pengisian cepat 100W. Tidak ketinggalan tersedia dukungan audio berupa speaker, mikrofon, tersertifikasi harman/kardon, Dolby Atmos, dan mendukung asisten suara Cortana atau Alexa.

Gimana luar biasa banget keungulannya? tapi dari semua keunggulan yang sudah disebutkan,  ada 3 favorit ku yang mungkin tidak dimiliki oleh laptop lainnya:

Fitur ZenVision

ZenVision pendamping OLED 3,5 inci yang futuristik pada bagian depan yang menampilkan notifikasi, animasi, atau teks yang dapat dipersonalisasi. Panel layar kecil ini bisa punya manfaat sebagai banner. Karena kita bisa memanfaatkannya untuk menampilkan alamat website, akun social media atau nama pribadi. 

asus-zenbook-14x-oled-space-edition
Fitur ZenVision

Dan tentunya bagi siapapun yang melihat Kesan mahal, mewah, dan juga futuristik dari fisik laptop ini juga bisa memberikan impact yang lebih besar, bisa memperkuat kesan profesional bagi siapapun yang menggunakannya. ZenVision berfungsi layaknya jedela pada stasiun luar angkasa.

Keyboard ASUS Ergosense

Zenbook 14X OLED Space Edition ini menggunakan ASUS ErgoSense Keyboard dan ErgoSense Touchpad untuk meningkatkan pengalaman mengetik. Desain ini menyelaraskan pengguna saat bergerak, merasakan dan menyentuh. Keyboard ini berukuran penuh 19,05 mm dengan dished key cap 0,2 mm. Jarak travel antar tombol pun membuat nyaman mengetik, yaitu 1,4 mm. Tombol daya disisipkan pada susunan tombol di keyboard dan sudah terintegrasi dengan sensor sidik jari.

Dan Zenbook Space edition ini juga memiliki touchpad berukuran besar yang dilengkapi dengan Number Pad 2,0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan.

asus-zenbook-14x-oled-space-adition
Keyboard ASUS Ergosense dan Layar ASUS OLED

Layar ASUS OLED

Siapa pun pasti kalau sedang menulis butuh banyak banget waktu bukan tidak mungkin akan berjam-jam dilayar monitor. Aku yang punya mata minus besar sering merasa perih karena harus berlama-lama menatap layar laptop .

Zenbook 14X OLED dibekali layar ASUS OLED. Teknologi layar tersebut menggabungkan keunggulan panel OLED yang dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

asus-zenbook-spacee-edition

Tapi dengan menggunakan layar ASUS OLED yang juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker.

Ketiga nya menjadi alasan kuat nih, untuk memiliki Zenbook 14X OLED Space Edition. Walaupun memang semuanya yang ada di laptop ini mampu membuat kita berdecak kagum, dari bodinya, processor sampai packaging nya bisa digunakan sebagai bantalan agar kita nyaman saat menggunakannya dengan konsep daur ulang sehingga ramah lingkugan. Dan sebagai informasi terakhir edisi ini tidak akan keluar lagi... Yups semakin kuat untuk memiliknya kan....

So teman ini spesifikasi lengkap dan harga resmi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition.


Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

15 comments

Tetty Hermawati said...

pengen banget ya alloh aku laptop ini,gue banget deh rasanya. Desain, spek, pokoknya bener2 ganteng deh ini laptop. Mudah2an some day bisa punya, pengen buat ngedit video aku mah.

Ria Tumimomor said...

perlu banget tuh, laptop yang memanjakan mata. Mengingat kita bisa menghabiskan waktu lama di layar komputer, tentunya juga berharap agar kesehatan mata terjaga... Jadi mupeng deh sama laptop yang satu ini

Era Wijaya Sapamama said...

Zenvisionnya itu lhoh, cakep ya.. DUlu pengen punya ASUS yang zenbook, eh, malah datang space edition ini. makin tergodalah diriku.

Indah Nuria Savitri said...

udah pasti mupeng berat deh mba liat laptop canggih dengan edgy technology yang keren. Ayoo langsung diadopsi mbaaa

www.kisahsejati.com said...

Baca review Utie dengan laptop ASUS terbaru jadi racun deh untukku pengen ganti laptop lama. Abis kerennnn banget sih. Hmmm....kira-kira tabunganku terkumpul belum ya? Aha, masih ada kurangnya . Semoga sebelum akhir tahun bisa terealisasi.

Salam : Dennise Sihombing

Suciati Cristina said...

Selain storagenya yg nampung gede, dia jg ringan. Nah designnya jg kece. Prosesornya udah terbaru, nendang semua speknya ya mbaa. Asus yg ini aku jg mau 1 euy 😆

Ophi Ziadah said...

Idenya ASUS ini luar biasa yaa...
gak pernah kehabisan ide buat ngembangin productnya deh ini
sampai ke packaging ramah lingkungan coba
super deh

Lisdha www.daily-wife.com said...

Waaah..berkesempatan hadir di acara itu ya mbak. Aku baca2 suasana acaranya, wow bangeeet. futuristik..berasa main ke bulan ga sih? Laptop ASUS ini pastinya keren bangeeet. Mengandung "virus penggoda" yang antivirusnya ya dengan memilikinya wkwkwkw.. Buat pergi-pergi, ga bikin pegel karena ringaaaan tapi kecepatannya wasweswos...anti lemot

Eri Udiyawati said...

Acara launchingnya seru dan keren banget. Ada bintang tamu Rizky Febian juga.

Terus itu spek laptopnya kok canggih banget. Auto pengen saya. Apalagi laptop di rumah ini udah mulai eror.

umimami said...

Acara launchingnya seru ya mba, akh jadi pengen, edisi laptop harus udah mulai diganti ASUS banyak mengeluarkan type laptop ya, jadi menggalau pilih yang mana, plus harus sesuain budget & tabungan nih^_^

Okti Li said...

Keren ya ini ketahanan laptop Asus..lama standby dibawa ke luar angkasa sungguh itu sebuah prestasi yang membanggakan banget ...

Ranggi's Travel Story said...

Masya Allah seruu ya bun bisa hadir diacara peluncuran laptop asus, ga berasa ya ternyata asus sudah 25 tahun, merk asus termasuk merk laptop fav aku juga.

Produk terbaru Asus kereen banget sepadan dengan harganya. (Gusti yeni)

Jiah Al Jafara said...

ASUS yang ini cakep banget yaaa. Pengalaman ikut peluncuran aja seneng apalagi kalau berkesempatan punya salah satunya. Spesifikasi selalu terdepan

Dee_Arif said...

Uwooo.
Nggak cakep banget penontonnya
Laptop barunya pas buat model onlyfans

April Hamsa | Mom Blogger said...

Laptop impian banget nih, selain desainya cakep, spek oke dan tahan banting ya mbak. Tasya ma Rizky seneng banget tuh jd salah satu yang memakai laptop yang edisi spesial ini. Moga2 suatu saat nanti pas ada uangnya pas ada laptop sejenis ini dimunculin Asus jg hehe aamiin