Main Bowling di Funworld Central Park

Main Bowling di Funworld Central Park
Hai semua, kumpul keluarga atau bareng teman bisa menjadi pilihan untuk saling cerita dan tentunya menambah bounding juga. Banyak nih diantara kita memilih tempat yang nyaman dan bisa rileks sekaligus menyalurkan hobby. Apalagi ke pusat permainan tentunya menjadi pilihan yang disukai.

Nah kebetulan weekend kemarin bareng teman-teman aku mengunjungi salah satu pusat permainan di Central Park Jakarta yaitu Funworld Indonesia. Yang pastinya sudah tahukan kalau Funworld sudah memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia. 

Dan di Central Park ini Funworld hadir dengan wajah baru tempatnya lebih luas, lebih modern dan lebih fresh. Dan Funworld Central Park Lantai 3 ini merupakan outlet ke-2 yang Funworld hadirkan di lokasi yang sama , sebelumnya ada di lantai 2.

main-bowling0di-funworld-central-park


Dengan tampilan baru ini tentunya bikin kita betah berlama-lama dan memilih mesin permainan yang jumlahnya sekitar 105 buah. Untuk usia anak-anak hingga dewasa. 

Untuk mesin permainan ada Basketball Battle, Soccer Star, Bruce Lee Boxing, ATV Slam, MT6RR, Pump it Up, dll. Dan ada lagi yang tidak kalah kerennya yaitu khusus area cashiernya, di desain ala minimarket jadi kita bisa memilih dan melihat sendiri hadiah-hadiah yang bisa ditukarkan.

main-bowling-di-funworld


main-bowling-di-funworld-central-park


Bowling Central Park Satu-satunya Bowling Funworld

Selain tampilan yang baru ada lagi yang menarik yaitu permainan baru bowling. Funworld Bowling ini terdiri dari 8 Lane, yang setiap Lane dapat dimainkan maksimal 4 orang, sudah termasuk sewa sepatu. Dan jangan lupa diharuskan memakai kaos kaki dari rumah, agar sepatu dan kitanya juga tetap terjaga kebersihannya.


main-bowling-di-funworld

main-bowling

Permainan Funworld Bowling terdiri dari beberapa kategori Rounds, yaitu: 3 Rounds, 6 Rounds, dan 10 Rounds. Sistem bermain Funworld Bowling menggunakan sistem Tach Card, setiap pemain yang ingin bermain menggunakan Fun Card seperti saat mereka akan bermain mesin permainan lainnya. Dan fun card ini bisa di top up kembali.

Seneng banget soalnya sudah beberapa minggu kemarin juga aku bermain bowling dengan adik-adikku. Main bowling selain untuk rileks juga bisa dijadikan pilihan olahraga. Karena melatih tangan dan konsentrasi. 

Setelah sepekan bekerja terus main bowling tuh bikin happy apalagi kalau sudah berhasil strike (menjatuhkan 10 pinnya) pasti bakalan nagih untuk main terus. Dan jadi ajang seru-seruan kalau main bareng sama teman-teman.

Bagi teman-teman yang ingin main bowling dan untuk pertama kalinya jangan khawatir di Funworld ada trainernya kita bisa diajarkan dari cara memegang bola bowling, sampai cara mengayunkan agar tepat sasaran ke pin-nya.

main-bowling-di-funworld


Bagaimana Cara Main Bowling Bagi Pemula?

Kebetulan karena aku sudah beberapa kali main bowling jadi sudah cukup akrab dengan caranya. Sebelum memulai bermain bowling, tentu saja hal dasar yang kita harus sangat ketahui adalah fungsi dari jalur bowling itu.

Untuk Bowling Line (jalur bowling) yaitu sepanjang 18.288 meter dari Foul Line (garis pelanggaran) yang merupakan garis terdekat dengan pemain hingga ke kepala pin, pin yang paling dekat dengan pemain. Dan di masing-masing jalur bowling tempat di sisi jalur bowling terdapat Gutter (parit).

Jika kita menggelindingkan bola dengan tidak benar, maka bola bisa masuk ke parit tersebut. Apabila bola keluar jalur masuk ke dalam parit maka itu merupakan pertanda bahwa pemain bowling telah kalah.

Tapi kalau bola yang masuk ke dalam parit tiba-tiba keluar kembali dan pada akhirnya berhasil mengenai pin tersebut, maka tetap tidak akan mendapatkan score.

main-bowling-di-funworld-central-park


Apa Itu Pin Bowling?

Di dalam permainan bowling kita akan mengetahui bahwa pin bowling memiliki sebanyak 10 buah yang akan disusun di setiap awal bermain bowling.

Formasi pin ini biasanya diatur dengan bentuk segitiga yang di mana ujungnya segitiga ini akan mengarah ke arah pemain.

Untuk pin terdepan yang mengarah ke pemain berjumlah 1 buah, lalu diikuti di belakangnya terdapat 2 buah, disusul di baris ketiga berjumlah 3 buah dan untuk yg paling belakang terdapat 4 buah. Dan setiap pin terdapat nomor yang sesuai dengan urutannya dari 1-10. Apabila seluruh berhasil dijatuhkan oleh pemain (strike), maka pemain berhasil mendapatkan 1 poin.

Bola Bowling

Bola bowling memiliki beberapa jenis bola dan bobot ukuran, jadi pemain juga bisa memilih bola sesuai dengan ukuran jarinya sehingga pas untuk digenggam.

Setiap bola memiliki label yang akan diberikan berdasarkan beratnya, sekitar 5-7 kg untuk wanita dewasa dan 7-8 kg untuk pria dewasa. Kemarin di Funworld ukurannya lengkap ada yang 6 sampai 12 kg.

main-bowling-di-funworld


Tips Cara Bermain Bowling

Memegang Bola Bowling
Angkat bola dan arahkan bola ke posisi di depan jalur bowling. Posisi jari manis dan jari tengah masuk ke dalam lubang bola bowling yang berada di bagian bawah bola. Pegang bola ke arah agak menyamping yang mana tangan berada di bawah bola sementara tangan yang lainnya sebagai penyangga bolanya.

Arahkan badan kita lurus ke depan dan jangan sampai membelok dikarenakan posisi bola dan juga tangan pemain perlu relatif yang sama. Pertama-tama ayunkan tangan yang memegang bola perlahan ke belakang kemudian arahkan ke depan. Ulangi ayunan beberapa kali.

Ketika dirasa ayunan sudah agak ringan maka lepaskan bola dengan agak bertenaga. Dan jangan dibanting ini yang salah biasanya bola dibanting bukan dilempar.

Saat akan melempar bola nya, ibu jari yang berada di dalam lubang akan lebih dulu keluarnya dan akan diikuti dengan jari yang lain. Maka dengan begitu, rotasi bolanya akan tepat sesuai ke arah tujuan bowling.

Tips inipun aku dapatkan saat pertama main bowling. Dan kenapa sih kita harus memakai sepatu khusus bowling? Sepatu bowling biasanya terbuat dari bahan khusus tidak licin. Dan tentunya juga untuk menjaga kebersihan area permainan bowling. Kalau kita menggunakan sepatu yang kita pakai dari rumah bukan tidak mungkin area bowling akan cepat kotor.

Kemarin ukuran sepatu bowling di Funworld adalah ukuran 37 - 42, sedangkan aku memakai sepatu ukuran 36 jadi agak kelonggaran sedikit nah tipsnya cukup eratkan tali sepatunya saja. Mudah-mudahan sih, next Funworld menyediakan ukuran 36 ya.

main-bowling-di-funworld-central-park


main-bowling-di-funworld-central-park

So gimana, next ajak keluarga untuk bounding di Funworld ya, pasti puas karena seperti aku sebutkan tadi pilihan permainannya banyak. Atau bisa juga jadi pilihan hangout yang menyehatkan bersama teman-teman sambil main bowling bareng di Funworld, beneran seru banget apalagi yang mau belajar dan ini bikin happy, nggak percaya coba deh.


utieadnu


14 comments

  1. Duluuu jaman ((MUDA)) aku juga bbrp kali bowling ama teman2, tapiiii sekarang ku tak shangguuuppp angkat bolanya aja usah termleyot mleyoott 😉😆 btw, tempatnya seruuuu ya, so cute bgt

    ReplyDelete
  2. Lengkap tipsnya mbak, soalnya daku belum pernah main bowling secara langsung di dunia nyata (eaaa), seringnya main gamesnya di hape hehe.

    ReplyDelete
  3. Tempat main bowlingnya nyaman banget di Central Park.
    Tips juga lengkap, kudu dijajal sama anak remaja di rumah untuk seru-seruan sembari olahraga bowling nih. Etapi, kuat gak ya ngangkat bola bowlingnya? :)

    ReplyDelete
  4. Funworldnya luas bgt ya, aku belum pernah nyobain main bowling, bisa banget nih ke sini buat seru2an asik di funworld.

    ReplyDelete
  5. Wah... Jadi ingat masa-masa dimana ketiga anakku masih kecil-kecil dan kalau diajak ke Fun World senengnya minta ampun...
    Sekarang pada punya kesibukan sendiri-sendiri. Susah untuk ngemall bareng... Btw, si sulung paling suka main bowling lo. Katanya sih, menantang banget, sekaligus melatih fokus.

    ReplyDelete
  6. duh udah berapa puluh tahun ya saya gak ke area bowling

    (hehehe lebay :D) .....soalnya udah lamaaaaaa buanget

    cari ah di Bandung, karena bagus untuk melatih fokus nih

    ReplyDelete
  7. Saya suka lihat orang main bowling mbak, suka memperhatikan posisi kedua kakinya setelah selesai melempar boleh. Ternyata dari cara memegang bolanya pun perlu diperhatikan juga ya, biar sekali lemparan (eh gelundungan) bisa merobohkan ke 10 pin nya

    ReplyDelete
  8. Pasti asik nih bisa bareng-bareng keluarga main bowling, apalagi tempatnya nyaman kayak gitu. Ngomongin bowling, belum pernah memainkannya. Mainnya di games doang.hehe

    ReplyDelete
  9. Pernah sih mbak kepikiran mau nyobain main bowling itu. Tapi khawatir bisa ga ya, hahaa. apalagi jaga keseimbangannya.
    Setidaknya tips untuk main bowling bagi pemula bisa berguna mbak untuk saya
    Nunggu aksinya langsung dehhh
    Soalnya satisfying gitu kalau udah berhasil

    ReplyDelete
  10. Konten NCT kesukaan aku ada yang belajar main bowling.
    Kan jadi pingin ikutan belajar yaa.. Bisa ke Funworld Bowling Central Park.
    Tapi kejauhan di Jekarda yaa... Apa di Bandung juga ada?

    ReplyDelete
  11. Seumur-umur gak pernah main bowling aku tuh, palingan cuma bowling mainan anakku, hihi. Keren juga nih teman-teman yang bisa main bowling. Biasanya nagih ya kalau udah sekali main

    ReplyDelete
  12. Seru banget bisa main bowling di FunWorld Jakarta ini. Coba ada di Bandung ya, pengen juga deh main bowling. Belajar dulu tapinya, soalnya belum pernah.

    ReplyDelete
  13. Mbak Utie...ukuran kakimu imut syekaliii , 36..wah, semoga next tersedia ukurannya jadi bisa nyaman main bowlingnya di FunWorld. Asyik nih ada satu-satunya FunWorld yang ada bowlingnya di Central Park, bisa nih seru-seruan bareng teman dan keluarga ke sana

    ReplyDelete
  14. Wah, aku baru tahu klo di Fun World ada arena bowling seperti ini
    Seru juga ya mbak
    Coba ntar aku cek di Fun World Surabaya ah, apakah sudah ada bowling nya apa belum

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏