Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Wisata Baru Jakarta
Taman Ismail Marzuki atau biasa yang disebut TIM, sudah akrab semenjak zaman kuliah. Dulu di sekitar TIM setiap satu bulan sekali disempatkan nonton film bersama teman kuliah dan ada tempat kulineran bakso malang juga disana. Habis nonton makan bakso malang sambil melihat mahasiswa-mahasiswa  IKJ yang lalu lalang😁.

Dulu terus terang jarang masuk ke gedung lainnya yang ada TIM, karena memang bangunan yang dulu kurang menarik dan juga tidak mengerti akan hal seni.

perpustakaan-taman-ismail-marzuki


Tapi sekarang wajah TIM nya sudah sangat berubah 360 derajat bisa dibilang semenjak direvitalisasi tahun 2019. 

Tujuan revitalisasi yang aku baca di harian online Tempo. TIM diharapkan menjadi gelanggang seni yang dapat melahirkan berbagai karya besar yang menjadi perhatian global, yang nantinya akan menandai bahwa dari Indonesia hadir seniman-seniman hebat, mewakili nama Indonesia di gelanggang dunia.

Perpustakaan TIM yang Instagramable

Sejumlah area baru di Taman Ismail Marzuki sekarang jadi daya tarik tersendiri, salah satunya gedung perpustakaan. Pada tanggal 08 Juli 2022, perpustakaan ini resmi kembali dibuka untuk umum dengan wajah yang baru berupa bangunan yang memiliki desain minimalis kontemporer dengan berbagai fasilitas menarik.

perpustakaan-taman-ismail-marzuki


Bangunannya terdiri dari tiga lantai dilengkapi fasilitas ruang membaca, ruang multifungsi, ruang bermain anak, bilik cerita, loker tempat penyimpanan, co-working space, dan ruang siaran untuk podcast. Dan kesemuanya gratis,tis,tis…

taman-ismail-marzuki


Daya Tarik Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

Fasilitas yang ada di perpustakaan ini makin diperluas. Jadi selain menjadi tempat untuk membaca, perpustakaan ini juga dapat membuat anak-anak bermain permainan edukatif yang tentunya akan membuat anak-anak senang sekaligus menambah wawasan pengetahuannya.

Koleksi buku yang dimilikinya juga sangatlah banyak, lebih dari 150.000 eksemplar dan 4.395 koleksi di PDS (Pusat Dokumentasi Sastra) HB Jassin.

taman-ismail-marzuki


Kita dapat menemukan buku-buku berbagai jenis seperti buku-buku umum, buku-buku untuk anak, buku tentang sejarah Jakarta, dan berbagai jenis buku lainnya ada disini. Koleksi buku disini juga tersedia dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing.

Selain menyediakan beragam jenis buku yang menarik, ada fasilitas mushola, toilet yang bersih dan sudut-sudut  perpustakaan ini juga begitu instagramable. Tidak heran jika banyak para pengunjung yang datang sengaja untuk mencari spot-spot estetik untuk kebutuhan konten.

taman-ismail-marzuki

Pengunjung tidak dilarang berfoto disini asalkan selama berfoto ataupun membuat konten, tidak berisik atau mengganggu pengunjung lainnya.

Bagaimana Cara Masuk ke Perpustakaan TIM ?

Oh iya, sebelum berkunjung,  kita harus melakukan pendaftaran online terlebih dulu di link perpustakaan.jakarta.go.id isi data lengkap kemudian akan mendapatkan barcode.  Ada baiknya nanti barcodenya di screenshots saja nanti pas masuk jadi lebih mudah tidak perlu login kembali.

perpustakaan-taman-ismail-marzuki

Untuk masuk perpustakaan TIM ini kita tidak diperkenankan membawa tas sekecil apapun, jadi nanti naik ke lantai 3 setelah scan barcode di pintu masuk, nanti di ruang loker kita scan barcode lagi kemudian diberi no locker dan petugas akan mempersilahkan mengambil tote bag transparan yang telah disediakan, untuk peralatan yang kita bawa, hanya boleh membawa handphone, dompet dan barang penting lainnya.

Jam operasional dari Perpustakaan Taman Ismail Marzuki tiap hari, dimulai dari jam 09.00 – 17.00 WIB. Kecuali hari libur nasional dan untuk pengunjung tiap seasonnya terbatasi cuma 300 orang saja.

Senang akhirnya Jakarta mempunyai salah satu destinasi wisata yang bernamakan perpustakaan, karena dulu perpustakaan hanya identik tempat anak yang cupu, kutu buku. Tapi sekarang banyak sekali anak-anak muda, dewasa bahkan orang tua membawa anak-anak mereka untuk mengunjungi Perpustakaan Taman Ismail Marzuki ini.

galeri-seni-taman-ismail-marzuki


Dibalik pro kontra revitalisasi TIM ini, aku tahu ada tujuan mulia dari Gubernur sebelumnya, untuk mencerdaskan anak-anak bangsa lewat perpustakaan dan menghargai seniman yang namanya hampir dilupakan , mungkin anak-anak muda termasuk aku hanya mengenall seniman film. Tapi di TIM di gedung Galeri Seni. kita bisa melihat karya-karya seni yang luar biasa dengan tampilan yang estetik yang dengan begitu mudah kita bisa melihat dan berdecak kagum akan karya-karya mereka.

Bagaimana Cara ke Taman Ismail Marzuki?

Kalau yang terbiasa naik Commuter Line bisa turun di Stasiun Cikini lanjut jalan kaki atau naik Ojek Online, kalau kamu naik MRT bisa turun di Stasiun Bundaran HI lanjut naik Ojek Onlie. Bagi yang naik Trans Jakarta kawasan TIM ini dilewati Transjakarta koridor 5H jurusan Kampung Melayu - Tanah Abang Via Cikini, atau Koridor 6H Jurusan Senen - Lebak Bulus.

So kapan kamu ke Perpustakaan Taman Ismail Marzuki?


Alamat
Taman Ismail Marzuki 
Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, 
Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat,

24 comments

  1. Sungguh luar biasa
    Kini nampak keren banget
    Jadi pengen kesana
    Terakhir saya kesana saat bikin konten ondel ondel

    ReplyDelete
  2. Bagus banget dalemnya. Kayak di drakor-drakor yang aku tonton nih. Dengan adegan curi-curi pandang di koridor buku wkwkw. Kalo ada waktu, rejeki dan kesempatan pengen deh kesini bawa anak dan suamiku

    ReplyDelete
  3. Aku, kapan ya bisa ke perpustakaan TIM... nunggu ada tugas ke Jakarta dulu baru bisa mampir main ke sana.

    Bagus banget ya di dalamnya, luas pula. Emang jadi banyak spot foto buat bikin konten, nggak apa-apa datang sekali ke sana tujuannya buat bikin konten, semoga kedatangan berikutnya buat baca dan pinjam buku

    ReplyDelete
  4. Wah,keren sekali Perpustakaan Taman Ismail Marzuki ini, konsep nya kesukaan saya banget, luas banget rupanya, koridor nya terlihat seperti di film - film drama korea yang biasa ada adegan tabrakan di koridor hehehe, nanti lah semoga ada job atau rezeki buat pergi ke jakarta lagi dan menyempatkan waktu untuk membaca buku di perpustakaan ini.

    ReplyDelete
  5. Kece banget dan bikin betah ya perpustakaannya, itu tangga instagramable-nya juga hits banget.Dulu zaman muda, suka ke TIM sama suami (dulu sih masih jd temen kantor) buat nonton film2 asing saat ada festival2 film tp kayaknya gak ngeh ada perpustakaan deh zaman itu

    ReplyDelete
  6. Ihhh lucu dan sungguh Instagramable banget perpustakaan Taman Ismail Marzuki ini! Besok kalau pas ke Jakarta mampir ke sini, deh! Makasih ya mbak informasi lengkapnya, btw foto-fotonya cakep <3

    ReplyDelete
  7. Ternyata gampang ya kesana. Soalnya daerah cikini jalurnya satu arah aja buat taman Ismail marzuki

    ReplyDelete
  8. Saya belum ke TIM lagi sejak pandemi. Padahal sebelumnya beberapa kali ke sana. Seringnya nonton bioskop. Pernah juga nonton teater. Pengen ke sana lagi. Apalagi setelah direvitalisasi kelihatan semakin bagus

    ReplyDelete
  9. Masya Alah 😍 ini perpustakaan tahu banget ya yang dibutuhkan masyarakat sekarang ini yang haus akan konten. Ini kayaknya kalau temanku dikasih tahu ada ruangan khusus buat podcast gratis pasti mereka juga bakal datang rame-rame ini

    ReplyDelete
  10. Bagus banget ya sekarang. Terlihat modern, nyaman, dan instagramable. Pengunjung dibuat betah kalau masuk sana. Minggu lalu waktu bertiga sama Deddy Huang dan Yuk Annie sempat tercetus mau ke sana juga. Tapi Yuk Annie bilang kudu daftar dulu, dan belum tentu juga bisa masuk hari itu juga. Mudah-mudahan nanti bisa ke sana. Trims link daftarnya ya Utie.

    ReplyDelete
  11. Duh ga nyangka ya perpustakaan bisa sebagus itu di Indonesia!
    Dan TIM ini berubah total ya transformasinya luar biasa canggih

    ReplyDelete
  12. Kalau perpustakaannya nyaman gini, pasti banyak yang seneng dan mau baca buku. TIM dari dulu terus menginspirasi deh. Mudah-mudahan banyak perpustakaan di daerah yang keren begini.

    ReplyDelete
  13. Mbak Utiiiiieeee, pas liburan sekolah anak Desember lalu, aku, Rafa dan Fakhri udah melakukan registrasi online lho. Niat banget berkungjung ke perpustakaan TIM naik kereta dari Stasiun Lenteng Agung. EH, ternyata hujan urun deraaas seharian, jadi batal deh wkwkwkwkw. Kepengen seseruan baca2 buku sambil foto2an kece. Mudah banget ya caranya. AH, semoga kapan2 terealisasi aamiin.

    ReplyDelete
  14. wah beneran estetik dan instagram-able banget yah perpustakaan TIM ini, beneran cucok buat dipake ngonten yah selama gak berisik supaya gak ganggu pengunjung lain hehe

    Kalo ke Jakarta nanti aku pengen mampir ah!

    ReplyDelete
  15. Perpustakaan Jakarta keren-keren banget ya..
    Menjadi impian untuk bekerja produktif gak hanya di cafe, tapi juga bisa ke Perpustakaan TIM dengan fasilitasnya yang terbaik.

    ReplyDelete
  16. duh aku mau ke sini gak jadi jadii.. pengen liat bagusnya perpustakaan. ternyata harus daftar online dulu yaa, okesiip

    ReplyDelete
  17. Baru tahu loh Uthie kalau TIM sudah ada perpusnya. Makin betah saja ya lama-lama disana. Pilihan bacaannya juga banyak ya. Boleh deh aku sempatkan waktu untuk kesana
    Salam:Dennise sihombing

    ReplyDelete
  18. Pengen mbak pengeen banget. Di daerah mana ada owrpustakaan kece kaya gini. Betah banget pastinya ya duduk di sini seharian. Moga2 kalo pqs ke jakartq bisa mampir

    ReplyDelete
  19. Wah, kece banget perpustakaannya mbak
    Kalau kesini, pasti jadi lebih fokus saat mengerjakan deadline, hehe

    ReplyDelete
  20. Stasiun Gondangdia juga deket mak, bisa jalan juga tuh.
    Aku dulu ke perpus TIM yang lawas krn ada indoor playground buat anak. Sekarang bangunannya makin modern makin betah baik org dewasa maupun anak ya. Kalau belajar di sana tu tenang gtu, walaupun perpus selalu gak pernah sepi pengunjung. Enak juga gitu kalau ngetik di sini :D

    ReplyDelete
  21. Cakep yaa Perpustakaan Jakarta. Kami rutin ke sini buat main di playground dan meminjam buku.

    Buat transportasi kalau ga salah dari Stasiun Gondangdia ada angkot Jaklingko ke arah Cikini. Bisa naik itu turun halte TIM.

    ReplyDelete
  22. Seru pastinya ke perpustakaan itu
    Banyak ilmu di sana
    Bahkan bisa jadi bahan cerita luar biasa ke anak-anak

    ReplyDelete
  23. aku pengen nih tahun ini lebih banyak mengeksplor perpustakaan di Jogja. kayaknya ada banyak perpustakaan yang mirip2 kayak gini di Jogja

    ReplyDelete
  24. cantik bener perpusnya cob di daerah sini ada kayak gini betah pasti ngeperpusnya aku sama anak-anak hehehe instagramable banget

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏