Jakhumfest 2023

Jakhumfest 2023 Festival Kemanusian Dompet Dhuafa
Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2023 yang merupakan acara festival kemanusiaan oleh Dompet Dhuafa, kali ini diadakan di Pos Bloc Filateli, Jakarta, Acara ini berlangsung dari tanggal 28 - 29 Januari 2023.

Kali ini pergelarannya agak beda dengan tahun kemarin. Dompet Dhuafa mengangkat dua isu sekaligus sebagai program utama. 

Kedua program tersebut adalah Program Indonesia Mendengar dan Pemulihan Cianjur pascagempa. Dengan mengusung tagline IniTentangKita, Sedangkan Program Indonesia Mendengar menarget fokuskan untuk membantu teman-teman tuli.

jakhumfest-2023

Dan Jakhumfest 2023 ini terdapat beberapa rangkaian acara, yaitu Humanitalk (Talkshow), lokakarya, dan Sound of Humanity (SOH). Di samping itu juga pameran fotografi dari hasil tangkapan kamera oleh para fotografer kemanusiaan Dompet Dhuafa.

Nah kebetulan aku datang di tanggal 29 Januari, langsung tertarik datang ke "Experience Corner" ada beberapa fasilitas yang bisa kita dinikmati oleh berbagai umur.

jakhumfest-2023


Booth Ruang Hening / Jakhumfest Mendengar

Ruang Hening hadir untuk mengajak para pengunjung merasakan pengalaman teman-teman tuli. Diakui atau tidak, terkadang masih ada penghalang dalam aspek bahasa. Cara berkomunikasi pun bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini yang sering dirasakan oleh masyarakat tuli. Hal inilah yang mendorong terbentuknya startup bernama Silang.id.

Silang.id mengembangkan aplikasi mobile yang dapat diunduh secara gratis oleh pengguna smartphone dan menyasar dua jenis pengguna, yakni teman tuli dan teman dengar. Disini kita bisa belajar bahasa isyarat dengan mudah.

jakhumfest-2023


Booth Disaster Management Center (DMC)

Puzzle Kebencanaan dan VR Simulator Kebencanaan
Disaster Virtual Reality Simulation menjadi salah satu media edukasi kebencanaan yang memadukan antara kecanggihan teknologi VR dalam upaya mitigasi bencana untuk menghasilkan pengalaman yang nyata dalam mitigasi bencana. Jadi tuh disana kita bisa belajar bagaimana kesiap siagaan kita ketika terjadi bencana.

Dan Puzzle Kebencanaan. Corner ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak dalam penanggulangan bencana untuk meminimalisir korban terdampak bencana.

jakhumfest-2023


Booth Pojok Kenangan

Nah disini tuh ada setiap barang yang dijual memiliki cerita kenangan unik dari masing-masing pemiliknya, barang-barang sengaja dikumpulkan dari para public figure dan Key Opinion Leader (KOL), sebagai bentuk aksi kebaikan mereka.

Barang kenangan ini dijual dengan harga preloved yang hasil penjualannya kemudian dikumpulkan sebagai donasi untuk kemanusiaan dengan harga dibanderol dengan mulai dari Rp5.000 – Rp75.000, tentunya donasi ini bukan hanya hasil kebaikan para pemilik barang sebelumnya, tetapi juga merupakan hasil kebaikan dan kepedulian pemilik barang setelahnya.

Sehingga, setiap barang yang terjual setidaknya akan memiliki 3 nilai, yaitu nilai cerita dari pemilik sebelumnya, nilai donasi dari pemilik sebelumnya, dan nilai donasi dari pemilik setelahnya.

jakhumfest-2023

Booth Seratan Studio

Di booth menggelar lokakarya pelatihan kerajinan seni, Sebanyak 25 peserta yang merupakan para pengunjung Jakhumfest mengikuti lokakarya pada sesi melukis. Sedangkan 25 lainnya mengikuti sesi menyulam. Pemateri lokakarya ini langsung oleh Deya Ayu selaku Pendiri Seratan Studio.

jakhumfest-2023

Seratan dan Dompet Dhuafa mengadakan stand kreativitas ini untuk memperkenalkan pameran produk-produk Seratan. Ada kain celup, ada baju, ada tootbag, dan lainnya. Dengan adanya workshop ini, para pengunjung yang hadir tertarik untuk menjadi masyarakat yang kreatif dan bisa mengajarkan juga kepada yang lainnya.

Talk Show Financial Planning

Setelah puas keliling booth akhirnya tiba nih yang ditunggu-tunggu talkshow di antaranya tentang financial planning, mental health, dan kerelawanan.

jakhumfest-2023


kebetulan aku hadir di segmen talk show Financial Planner Jakhumfest 2023, bersama  Annisa Steviani sebagai Financial Planner membagikan tips-tipsnya terkait financial planning atau atur budget 2023, sehingga kita tak perlu overthinking soal keuangan.

Ada tiga tips yang dibagikan oleh Annisa Steviani : 
  • Pertama yaitu kita perlu memiliki kontrol atau diri self control, agar tidak membelanjakan uang sesuai dengan kesenangan kita saja. 
  • Kedua, kita perlu menyiapkan dana darurat untuk keperluan-keperluan mendesak yang tak terduga. 
  • Kemudian tips yang terakhir adalah menyiapkan aset atau investasi untuk kehidupan masa depan.
Gak rugi beneran datang ke event Jakhumfest yang diadakan oleh Dompet Dhuafa selain dapat ilmu juga bisa berbelanja sambil berdonasi apalagi aku kemarin sempat belajar bahasa isyarat.

jakhumfest-2023

jakhumfest-2023



Oh iya pada Jakhumfest 2023 ini juga dihibur oleh para komika SUCI X yaitu Budi, Dwi, Kukuh, dan Irfan. Kemudian puncaknya akan ada SOH dengan musisi Marjinal, Mocca, The Rain, dan Chiki Fawzi. Yang menarik, perhelatan kemanusiaan ke-3 ini ramah untuk teman-teman difabel. Sebab, di setiap rangkaian acara akan ada translator yang akan menerjemahkan kepada teman-teman disabilitas.

Next kalau ada event Jakhumfest yang diadakan Dompet Dhuafa tahun depan kamu harus datang ya..

utieadnu

21 comments

  1. Kok seru banget ini acaranya kak uti, btw itu ada produknya temanku yang outer itu hehehee... Main angklung bersama-sama ini juga seru karena dengan begitu kita melestarikan alat musik tradisional yang kita miliki ya.

    ReplyDelete
  2. Eh aku jd tertarik pas baca mengenai apps silang.id , udah lama aku kepingin belajar bhs isyarat

    ReplyDelete
  3. Wahhhh petjahhhh, ini mah seruuuu banget. Baru tahu ada acara Jakhumfest gini. Ini tiap tahun ya? Bisa belajar bahasa isyarat sama temen tuli juga. Apalagi ada mba annisast. Aku suka banget ngikutin beliau nih.

    ReplyDelete
  4. Aaakkk, ada Annisast
    😍🙏 keren beudss nih acaranya

    Banyak info dan benefit yg bs didapatkan
    Aselik, mupeng buat ikutaaannn

    ReplyDelete
  5. Seru banget mbak acara dompet dhuafa ini. Coba bikin acara serupa di palembang dong. Molly juga ingin ikutan.

    ReplyDelete
  6. Hai DD,
    Sekali-kali main ke Balikpapan dong, buat event serupa.

    Keren nih tim kreatif DD, bisa buat permainan edukasi mitigasi bencana.

    Biasanya pencerahan yang seperti ini lebih 'nyantol' ya.
    Setuju?

    ReplyDelete
  7. Semoga tahun depan saya bisa nih, ikutan datang ke acara Jakhumfest yang diadakan oleh Dompet Dhuafa. ACaranya seru banget, dan bisa berinterasi dengan orang-orang hebat lainnya. Ada juga main angklung, keren nih.

    ReplyDelete
  8. Waah..aku penasaran sama DMC, ini VR yang nggak cuma untuk entertainment tapi juga edukatif yaaa.. Kalau program mitigasi bencana plus pelatihan tanggap bencana menggunakan VR, anak-anak pasti sukaaa. Dan ini bisa menumbuhkan peduli serta waspada bencana sejak dini.

    ReplyDelete
  9. Seru banget sih acaranya, standnya unik dan menarik, pengunjungnya banyak dan pengisi acaranya juga keren semua ada Annisast dan Mocca, ah kapan ya Semarang ada acara seseru ini..m

    ReplyDelete
  10. Kegiatannya seruu sekali, ada yang mengangkat dunia fotografi dkk. Semoga kegiatan ini berkelanjutan

    ReplyDelete
  11. Wah, ini bukan acara main-main sih Mak, semuanya daging. Kalau ada di Makassar saya pasti ikut dan akan menghadiri semua evennya. Rugi banget kalau melewatkan. Kapan yah ada juga di Makassar, titip pesan dong Mak ke pengurus dompet dhuafanya hahaha.

    ReplyDelete
  12. Seru sekali acara di JakHumFest ini ya mbak
    Mengajarkan kita untuk lebih peduli pada kemanusiaan
    Hiburannya juga banyak ya

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, JakHumFest kali ini acaranya lengkap padat dan menarik semua. Ada mba Annisa Steviani idola aku banget. Suka ngikutin post IG nya soal financial planner. Ada juga The Rain, band dari sejak aku mahasiswa selalu aku ikutin dari panggung ke panggung.

    ReplyDelete
  14. Jakhumfest ini acaranya berbobot banget, hiburan sekaligus nambah ilmu. Pulang-pulang happy deh karena banyak dapat insight baru. Jadi, Jakhumfest ini bakalan ada tiap tahun ya?

    ReplyDelete
  15. Ada banyak hal menyenangkan di Jakhumfest dan pasti menjadi kenangan tersendiri setelah menghadiri acara Jakhumfes yang rutin diadakan oleh Dompet Dhuafa kali ini.
    Semoga terus memberikan semangat bagi kita semua untuk menyeimbangkan hidup dengan beramal melalui sedekah di Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  16. Wah booth yang dipamerkan banyak yaa. udah gitu ada talkshow juga yang membahas mengenai finansial planning ma mbak Annisa.
    Ini tuh kyknya acara rutin tahunan dan punya tema beda2 ya mbak. Tahun ini diingetin lagi ma Dompet Dhuafa utk saling membantu sesama melakui acara2 kek gini. Sukses banget nih kyknya acara kemarin. Kereen.

    ReplyDelete
  17. Serunya jakhumfest 2023 ini, memberikan insight baru tentang event di dalamnya dengan pendekatan yg keren banget udah gitu ada mba Anisasst juga yg mengajak lebih bijak atur financial dan siapkan investasi yaa

    ReplyDelete
  18. Whehey. Ada annisast jg ya. Setuju banget sm 3 tipsnya. Yg nyatanya adalah self control is koentji. Kalau ini blm khatam susah untuk manage level berikutnya

    ReplyDelete
  19. wah keren ya acara dompet dhuafa. setelah 2 tahun vakum akhirnya sekarang kita bisa merasakan keseruan acara offline lagi ya, mbak yang pastinya keseruannya berbeda dengan acara online

    ReplyDelete
  20. Seru sekali acara jakhumfest ya mba uti. Dompet duafa memang lembaga filantropi yang menurutku memiliki banyak inovasi keren

    ReplyDelete
  21. Wiihhh lengkap banget ya boothnya.. Kayaknya gak cukup nih 1-2 jam kalau mau kita kunjungi semua boothnya sekalian menikmati layanan di masing2 booth ya..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏