Pesantren Tahfidz Quran Green Lido Dompet Dhuafa

Pesantren Tahfidz Quran Green Lido, Pesantren Pertama Dompet Dhuafa, Berbasis Wakaf Produktif.
Seperti yang kita ketahui kehadiran Dompet Dhuafa selalu fokus untuk membantu menyalurkan amanah masyarakat kepada para penerima manfaat seperti zakat, infaq, dan sadaqah.

Nah, salah satu program agendanya yaitu membumikan wakaf dengan nama wakaferse yaitu sebuah gerakan semesta berwakaf. Untuk mendorong “inisiatif” wakaf masyarakat seluas-luasnya, terutama wakaf uang.

Wakaferse juga bermakna, bahwa wakaf merupakan ikhtiar mewujudkan asset sosial di seluruh sendi kehidupan masyarakat

pesantren tahfidz quran green lido dompet dhuafa


Wakaf Dompet Dhuafa menjalankan amanah secara produktif, profesional dan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk membangun ekosistem perwakafan yang kuat. Dompet Dhuafa berusaha meluaskan manfaat melalui wakaf melalui 5 pilar Dompet Dhuafa meliputi Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Sosial, serta Dakwah dan Budaya.

Salah satunya yang kemarin aku dan teman-temanku berkunjung yaitu ke Pesantren tahfidz Quran Green Lido (PTGL) di daerah Sukabumi, Jawa-Barat. Pesantren yang akan dibangun oleh Dompet Dhuafa di tanah wakaf seluas 2,6 hektar. Dan merupakan pesantren pertama yang dibangun Dompet Dhuafa berbasis Wakaf Produktif.

Acara kemarin juga Dompet Dhuafa mengadakan tasyakuran masjid As-Sa'adah dan peletakan batu pertama asrama santri Pesantren Tahfidz Green Lido. 

Masjid As-Sa'adah, bagian dari pesantren yang menjadi center dengan melibatkan para wakif, donatur, mitra korporasi, dan stakeholder, untuk bersinergi membumikan wakaf. Juga bertepatan dengan hari santri yang biasa diperingati pada tanggal 22 Oktober.

pesantren tahfidz quran green lido dompet dhuafa


pesantren tahfidz quran green lido

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Ibu Andria sebagai perwakilan keluarga dari Benyamin Parwoto selaku pewakif, kemudian oleh Bpk Rahmad Riyadi selaku Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa, dan Bpk Yudi Budimansyah selaku Sekretaris Kecamatan Cicurug.

Pembangunan akan dilanjutkan dengan membangun gedung tempat tinggal, baik bagi para guru/asatidz maupun bagi para santri. Targetnya, awal tahun 2024 nanti PTGL sudah mulai membuka pendaftaran santri baru dan akan mulai efektif melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada tahun ajaran 2024/2025

Tentang Pesantren Tahfidz Quran Green Lido

PTGL ini merupakan tanah wakaf dari Bpk Benyamin dari 2018. Dengan luas 2,6 hektar yang, ke depan kawasan pesantren akan menjadi ikon hijau yang mewarnai daerah Lido, Hadir Bpk Rahmad selaku Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa mengatakan "PTGL adalah sebuah sekolah berbasis wakaf yang diperuntukkan bagi umat dengan tujuan mencetak generasi muslim yang hafidz Qur’an dan berkompeten dalam hal kepemimpinan, serta ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK). nantinya 30 sampai 50 persen akan diisi oleh santri yang tidak berbayar, selebihnya dikenakan biaya."

pesantran tahfidz quran green lido
Green House PTGL

Karena pesantren ini berbasis wakaf produktif, selain mendidik santri Qur’ani dengan mutu yang terbaik, targetnya juga nanti akan didirikannya baitul hikmah, sebuah tempat untuk kajian riset ilmu pengetahuan. Selanjutnya, akan dibangun juga unit wakaf produktif sebagai penyokong sektor ekonomi kemandirian pesantren. Kedua support system inilah yang akan menopang aktivitas PTGL.

Kemarin juga aku sempat melihat 4 bidang rumah kebun yang ternyata perkebunan melon dengan konsep green house, dan ini merupakan usaha produktif yang akan menjadi penyokong proses belajar di PTGL ini.

Di hari yang sama juga Dompet Dhuafa melakukan kegiatan yaitu seperti pembagian sembako dan pengobatan gratis yang sudah beberapa kali dilakukan oleh Dompet Dhuafa untuk masyarakat di sekitar PTGL. 

pesantren tahfidz quran green lido dompet dhuafa

pesantren tahfidz quran green lido dompet dhuafa


Dan yang serunya ada juga kegiatan Jambore Santri Nusantara (JANTARA) 2023. Acara perkemahan bagi para santri dari seluruh Indonesia ini diikuti oleh 250 santri selama tiga hari, yaitu pada 20 s.d 22 Oktober 2023. Jadi kangen anakku yang sedang mondok juga, ketika melihat mereka.

pesantren tahfidz quran green lido dompet dhuafa

Nah bagi teman-teman yang ingin ikut juga ambil bagian dari pembangunan Pesantren Tahfidz Quran Green Lido ini bisa klik https://tabunganwakaf.com Kehadiran pesantren ini tentu akan membantu saudara-saudara kita yang putus sekolah dan menjadi solusi bagi masalah pendidikan bagi kaum dhuafa yang terkendala biaya.

utieadnu


No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ