Monday, 9 April 2018

Hometown Dairy Fresh Milk dengan Proses Pasteurisasi


Susu merupakan minuman yang sangat penting bagi tubuh, banyak kandungan zat didalamnya yang diperlukan,  susu mengandung kalsium, kalori tinggi dan merupakan minuman yang menjadi sumber zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu anak-anak, dewasa sampai usia lanjut sangat penting mengkonsumsi susu untuk membantu mengoptimalkan perkembangan pertumbuhan tulang. Ada 2 jenis susu yaitu hewani dan nabati. susu hewani  seperti susu sapi, susu kambing, susu kuda, susu domba dan susu unta, sedangkan dari nabati seperti susu kedelai, kacang hijau dan lain-lain.

Akan tetapi terkadang kita mendapatkan berita-berita tentang susu yang mengandung bahan-bahan tambahan, kebetulan dirumah selepas minum ASI anak-anak suka sekali susu UHT. Karena dinilai lebih praktis tidak ada proses susu menjadi bubuk, nah,, sewaktu ke supermarket dekat rumah disarankan oleh teman untuk coba  susu segar asli tanpa ada proses yang panjang karena diolah dengan metode pastourisasi, yang membuat susu ini aman dan nikmat sekali dikonsumsi yaitu Hometown Dairy Fresh Milk yang dibuat denga proses pasturisasi. pertama kali mengira susu ini berbau amis ternyata pas diminum ada rasa creamy-creamy/gurih anak-anak langsung suka.

Hometown Dairy Fresh Milk ini diproduksi dari jenis sapi Australia Holstein. Susu ini produksi dari PT Great Giant Livestock, anak perusahaan Gunung Sewu Kencana, yang memiliki lahan pertanian di Lampung. Susu diproduksi melalui peternakan sapi perah terpadu dengan peralalatan susu modern dan hygenis dan sapi-sapinya yang pakan ternaknya dari ampas nenas. Memiliki pasteurisasi tunggal dan dikemas langsung dan dikirim segar dan dingin. Tidak ada bahan tambahan bahan pengawet apapun didalamhya.

Karena tidak mengandung bahan pengawet biasanya tanggal kadaluwarsa hanya sampai 7 – 10 hari dari mulai produksi, dan paling baik dikonsumsi dalam 4-5 hari setelah dibuka. Untuk cara penyimpanannya alangkah baiknya disimpan didalam lemari es, Susu segar Hometown Dairy ini memiliki banyak pilihan kemasan. Ada yang 1L, 2L, dan 3L, dan sudah bersetifikat halal.

Ada bebera alasn kenapa kita harus memilih Hometown Dairy Fresh Milk:
  • Susu dipasteurisasi dengan suhu rendah - 75 derajat celcius - seperti definisi susu segar
  • Semua vitamin itu murni dan nyata bukan premix dan tidak ada bahan tambahan untuk susu, jadi murni susu segar 100%
  • Krim dari susu tidak diambil / tetap dengan susu sehingga akan ada lapisan yang mengambang di atasnya, seperti susu di masa lalu! (krim susu saat ini dijual terpisah dan harganya lebih mahal) dan tentunya krimnya rendah kolesterol

 Selain bisa diminum langsung susu ini juga bisa sebagai tambahan untuk membuat kue, tadinya saya mau membuat pudding roti, ternyata sulit sekali mencari kelapa mudanya, bapak yang langganan sudah 1 minggu tutup. Akhirnya memanfaat bahan-bahanyang ada didapur saya membuat donat tape susu.

Cara seperti biasa hanya air hangat saya ganti dengan susu hangat dari Hometown Dairy Fresh Milk, cara pemanasan cukup dengan api kecil setelah agak berasap angkat baru dicampurkan kedalam adonan donat.
Donat Tape Susu
Ini resep donat tape susu ala saya
  • 500 gr terigu cakra
  • 300 gr tape singkong (haluskan buang sumbu)
  • 3 sdm gula pasir
  • 100 gr mentega
  • 1/2 sdm ragi instan
  • ½ sdt garam
  • 1 butir telur
  • 100 – 150ml susu hangat Hometown Dairy Fresh 
Cara membuatnya :
  • Campur semua bahan, uleni hingga kalis, kemudian tutup dengan kain bersih, diamkam selam 1 jam, setelah ambil sebagian bulatkan diamkan kembali selama 15 menit
  • Kemudian bentuk sesuai selera, goreng diminyak panas dgn api kecil taburi dengan mesis. Donat tape susu ini empuk dan lembut.
Mudah bangetkan cara membuatnya. Nah manfaat susu sebenarnya amat banyak dibutuhkan oleh tubuh antara lain.

Menetralisir racun dalam tubuh
Racun seringkali masuk dalam tubuh tanpa kita sadari entah itu dari lingkungan yang tidak sehat atau dari makanan yang juga tidak sehat. manfaat dari susu yang pertama adalah mampu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. racun yang masuk dalam tubuh sangatlah berbahaya karena bisa menganggu kesehatan. Oleh karena itu untuk menghilangkan racun ini anda bisa meminta solusi dari minum susu.

Membuat tulang dan gigi kuat
Tulang dan gigi adalah dua organ yang sangatlah penting bagi tubuh. tulang membantu manusia melakukan berbagai aktivitas bergerak dan juga menopang tubuh sedangkan gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan vitamin serta gizi dalam makanan bisa diserap baik oleh tubuh. namun sayangnya semakin bertambahnya usia kepadatan dan kekuatan tulang dan gigi ini semakin menurun karena kalsium juga tiap harinya mengalami pengikisan dan terbuang melalui urin.Oleh karena manfaat dari susu adalah membantu menguatkan tulang dan gigi dan menjaga kepadatannya sehingga terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan tulang dan gigi.

Membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa manfaat dari susu adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi terutama pada anak-anak dan remaja karena pada masa itulah masa perkembangan tubuh sangat baik. dengan minum susu secara rutin, kebutuhan kalsium akan senantiasa terpenuhhi sehingga pertumbuhan anak pun menjadi lebih optimal. Anak-anak yang mengalami kekurangan kalsium biasanya memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional dan mengalami kelambatan pertumbuhan. Susu juga baik untuk menambah daya ingat sehingga anak-anak sangat cocok dan sehat mengonsumsi susu. Akan tetapi yang membutuhkan susu bukan hanya anak-anak dan remaja , usia lanjutpunsangan membutuhkan susu.

Memberikan energi untuk tubuh
Selain kalsium kandungan lainnya yang ada di dalam susu adalah kalori. Kalori ini meskipun tak jarang dihindari karena membuat gendut ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi. Namun konsumsi kalori dalam susu ini harus diperhatikan dengan baik karena terlalu banyak kalori dalam tubuh juga tidak baik dan ya memang bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Untuk kecantikan
Bagi yang mengalami masalah kulit terutama masalah kulit kering juga bisa dibantu solusinya dengan menggunakan susu. Kandungan asam laktat yang ada di dalam susu mampu membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan juga lebih halus serta lebih cerah merona. Maka tidak heran banyak spa atau lulur yang menggunakan susu murni karena memang sangat baik untuk kecantikan kulit. Di dalam susu juga terdapat antioksidan yang mampu membuat kulit lebih sehat dan lebih tahan dari berbagai jenis radikal bebas.

Membantu menurunkan berat badan
Orang yang minum susu membuatnya menjadi gemuk? Jika masih berpikiran demikian maka anda salah besar. Hal ini sudah dilakukan penelitian bahwa orang yang rajin minum susu justru akan lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Hal ini tentu saja karena susu mengandung banyak kandungan zat gizi dan bisa memberikan efek lebih kenyang sehingga tidak mau lagi makan terus menerus. Jadi dengan manfaat minum susu bisa menghindari kebiasaan ngemil camilan yang tidak sehat dan membuat gendut. Kalori di dalam segelas susu sama dengan nasi satu piring dan itu sudah cukup untuk menjadi sumber energi bagi tubuh kita.

Nah sebenarnya masih banyak lagi manfaat susu,  apalagi jika meminum susu yang tepat yaitu Hometown Dairy Fresh Milk. Yang saat ini sudah mudah didapatkan disupermarket disekitar kita atau bisa juga melalui e-comerce.

Semoga bermanfaat ya, ingat sekali lagi susu bukan hanya untuk anak-anak dan remaja, usia lanjutpun memerlukannya intinya susu untuk seluruh keluarga, pastikan Hometown Dairy  Fresh Milk menjadi pilihan. Dan jangan lupa ketika membeli susu pastikan melihat tanggal kadarluasanya, jadi konsumen cerdas itu penting.

13 comments :

  1. Setuju dengan segalam manfaat susu, termasuk yang berat badan. Kayaknya yang bikin jadi gemuk setelah minum susu itu gulanya. Biasanya kan yang gak begitu suka susu, ditambahkan gula. KAlau susunya, sih, bagus buat kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah enakkan mba ya bikin seger dan sehat

      Delete
  2. ah aku jadi salah fokus sama donut nya mbaaaaaa.... wanyway aku setuju banget deh soal manfaat susu buat kecantikan, kmrn sempet nyoba maskeran juga pake hometown xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuh atuch buat gampang banget bikinnya, bareng sikecil apalagi bikinnya

      Delete
  3. Perlu di coba nih buat bikin kue donat, kebayang deh rasanya bakalan enak hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuah atch bikin , ditambah susu hometown dairy fresh tambah enak doanatnya.

      Delete
  4. Donatnya menggiurkan mbaaak, jadi pengen bikin

    ReplyDelete
  5. Mau donk donatnyaaaaa :D
    Buat yg dewasa maupun anak2 khasiat susu emang baik yaaaa. Kalau anak buat pertumbuhan tulang, klo yg dewasa buat mencegah oesteoporosis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ma april susu bermarfanaat untuk kita semua bukan hanya untuk anak kecil, dewasa smp usia lanjut butuh asupan tambahan seperti susu

      Delete
  6. Susu memang bagus untuk tubuh dan wajah mbak. Jadi inget zaman kuliah dulu sering bikin masker susu.

    ReplyDelete
  7. Aku jadi malah fokus ke donatnya mbak, hahaha. Dibandingkan dengan donat biasa, donat menggunakan dairy fresh milk ini rasa dan teksturnya beda ngga mbak?

    ReplyDelete
  8. Penasaran sama susu Hometown ini, tapi belum nemu di Bogor. Kira-kira e-commerce yang ada apa, ya?

    ReplyDelete
  9. Hometown Dairy ini kayaknya aku belum pernah lihat deh di Batam. Kalau ada aku mau coba ah. Bisa buat resep macam-macam nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,