Tuesday, 26 February 2019

Awali Hari Baik dengan Sarapan

Awali Hari Baik dengan Sarapan 
Moms,,, sarapan pagi kadang kita sering melupakan entah itu karena terburu-buru berangkat kerja atau ke sekolah. Padahal manfaat sarapan sangat penting bagi tubuh kita, untuk memulai hari baru perlu bahan bakar atau energi, bisa juga untuk pengendalian berat badan dan meningkatkan konsentrasi kinerja, Nah,, semua itu ada pada sarapan sebagai modal untuk melakukan aktivitas, maka awali hari baik dengan sarapan.


Apa saja sebenaranya manfaat sarapan bagi tubuh antara lain adalah :
  • Meningkatkan konsentrasi aktifitas sehari-hari.  Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh untuk melakukan aktifitas sehari-hari.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Sarapan pagi dapat mengontrol berat badan. Sebenar bagi kita yang sedang menjalani program diet sarapan adalah salah satu yang penting nih, karena bisa mengurasi rasa lapar. Sarapan dapat membantu mengurangi kelaparan. Sarapan juga dapat mempermudah untuk menghindari makan berlebihan dan mencegah untuk tubuh tergoda mengkonsumsi camilan. Dan siang hari tentunya menghindari kita “kalap” makan disiang harinya.
Mengonsumsi sarapan umumnya dapat membuat kita untuk tetap memilih makanan sehat sepanjang hari. Kemudian memiliki lebih banyak energi karena sarapan yang sehat akan mengisi kembali nutrisi tubuh dan memberikan energi pada otot. Melewatkan sarapan dapat menurunkan aktifitas fisik. Kalori yang dikonsumsi ketika sarapan dapat dibakar dan menjadi energi.
 Mengapa anak-anak sangat membutuhkan sarapan?

Dirumah saya selalu sempatkan membuatkan sarapan, Dan sedikit memaksa anak-anak untuk sarapan, kadang memang mereka kurang selera, untuk itu kita sebagai orangtua mencoba memberikan makanan kesukaannya diwaktu sarapan. Karena anak-anak yang tidak mendapatkan sarapan memiliki kecenderungan susah untuk fokus dan lebih mudah lelah di sekolahnya. Terkadang juga dapat menyebabkan kondisi emosi anak atau mood menjadi buruk. Anak yang tidak mendapatkan sarapan akan lebih memiliki keinginan untuk jajan sehingga memiliki resiko mengalami kegemukan atau penyakit lainnya karena jajan sembarangan.

Peluncuran Kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle 

Mengingat begitu pentingnya sarapan maka Nestle Indonesia dalam rangka menyambut Pekan Sarapan Nasional 2019 meluncurkan kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle” yang diadakan serentak di 9 kota di Indonesia yaitu di Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Balikpapan, Bitung dan Makasar. Kebetulan saya hadir di acara peluncuran kampanye yang diadakan di Taman Menteng, Jakarta Pusat pada tanggal 17 Februari 2019. Untuk mengecek daftar kota dan tanggalnya bisa lihat disini.
Zumba

Ibu Eka Herdiana
Sebelum acara dimulai tepat pukul 07:00 dimulai dengan zumba bersama warga setempat, selama lebih kurang lebih 1 jam, setelah itu dilanjutkan peluncuran resmi dengan menekan sirene yang dilakukan oleh semua jajaran manajemen dari PT. Nestle Indonesia.

Menurut Ibu Eka Herdiana selaku Corporate Nutritionist Nestle Indonesia acara ini sudah berjalan selama 4 kali berturut-turut dan Nestle Indonesia sangat aware akan pentingnya kebiasaan mengonsumsi makanan bergizi baik yang disertai dengan gaya hidup aktif dan sehat, dan juga permasalahan sempitnya waktu ketika sarapan yang kadang sering terlewati oleh beberapa keluarga. Untuk  itu Nestle menyediakan produk yang beragam untuk sarapan dan siap saji namun tetap penuh gizi, yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral, misalkan Koko Krunch, Nestum,  Milo, Dancow dan lain-lain.

Sarapan bukan hanya harus kenyang akan tetapi diperlukan sarapan yang seutuhnya bukan sebutuhnya artinya kita diharapkan lebih cermat dalam mengonsumsi sarapan yang tidak hanya lezat, tetap juga memiliki nilai gizi yang seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi hariannya dengan baik lanjut Ibu Eka. Produk Nestle yang cara penyajiannya sangat sederhana, menerapkan 3 prinsip yaitu  Atur,  Baca,  Cukupi (ABC), lebih lengkapnya sebagai berikut:

Atur Porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup ( tidak berlebih dan juga tidak kurang.

Add caption
Baca label kemasan makanan, untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian.


Cukupi asupan gizi, yang sesuai dengan kebutuhan tubuh yaitu dengan mengonsumsi beragam jenis makanan.



Selain Ibu Eka Herdiana hadir juga artis, penyanyi Riafinola Ifani Sari atau lebih dikenal dengan Nola Be3 beserta keluarganya. Menurut Nola sarapan itu sangat penting bagi kami, khususnya anak-anak yang akan memulai aktivitas. Nah, kita sebagai orangtua harus bertanggung jawab memberikan sarapan yang bergizi agar anak-anak siap melakukan aktivitas. Dan semua produk Nestle anak-anak suka, kadang mereka membuat sendiri karena praktisnya. 

Membuat Sarapan dengan Nestum
Dirumah saya sering membuat Nestum Susu Fruit kebetulan anak-anak suka sekali,
Bahan-bahanya
  • Nestum rasa susu 3 SDM
  • Susu UHT Dancow 250 gr
  • Raspberry 5 buah iris kecil
  • Kacang mede belah iris tipis
  • Chia sheed
Cara membuatnya.
Ambil Nentum 3 sendok makan kemudian cairkan dengan susu Dancow aduk hingga rata lalu taburi dengan buah yang sudah diiris diatasnya, pisang , kacang mede, raspberry dan terakhir taburi chia sheed. Oh iya untuk buah-buahan bisa diganti dengan buah yang lainnya.


Kadang setiap pagi anak-anak juga sering membuat koko krunch dicampur dengan susu Milo atau Dancow. Pokoknya kita sebagai orantua supaya anak-anak lebih semangat sarapan, sediakan kesukaannya atau sebelum mulai menyediakan bertanya dulu mau sarapan apa? Biarkan mereka memilih dengan begitu mereka akan lebih semangat untuk memulai hari aktivitas disekolahnya.


Percayakan sekarang moms, bahwa sarapan itu penting sekali selain disebutkan diatas sarapan juga membuat kita lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di rumah, kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Juga meningkatkan mood. Dan bisa memberika energi postif ke sekitar kita. Karena biasanya dengan sarapan suasana hati lebih baik.

Semoga bermanfaat ya...







No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ