Tuesday, 26 February 2019

Awali Hari Baik dengan Sarapan

Awali Hari Baik dengan Sarapan 
Moms,,, sarapan pagi kadang kita sering melupakan entah itu karena terburu-buru berangkat kerja atau ke sekolah. Padahal manfaat sarapan sangat penting bagi tubuh kita, untuk memulai hari baru perlu bahan bakar atau energi, bisa juga untuk pengendalian berat badan dan meningkatkan konsentrasi kinerja, Nah,, semua itu ada pada sarapan sebagai modal untuk melakukan aktivitas, maka awali hari baik dengan sarapan.


Apa saja sebenaranya manfaat sarapan bagi tubuh antara lain adalah :
  • Meningkatkan konsentrasi aktifitas sehari-hari.  Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh untuk melakukan aktifitas sehari-hari.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Sarapan pagi dapat mengontrol berat badan. Sebenar bagi kita yang sedang menjalani program diet sarapan adalah salah satu yang penting nih, karena bisa mengurasi rasa lapar. Sarapan dapat membantu mengurangi kelaparan. Sarapan juga dapat mempermudah untuk menghindari makan berlebihan dan mencegah untuk tubuh tergoda mengkonsumsi camilan. Dan siang hari tentunya menghindari kita “kalap” makan disiang harinya.
Mengonsumsi sarapan umumnya dapat membuat kita untuk tetap memilih makanan sehat sepanjang hari. Kemudian memiliki lebih banyak energi karena sarapan yang sehat akan mengisi kembali nutrisi tubuh dan memberikan energi pada otot. Melewatkan sarapan dapat menurunkan aktifitas fisik. Kalori yang dikonsumsi ketika sarapan dapat dibakar dan menjadi energi.
 Mengapa anak-anak sangat membutuhkan sarapan?

Dirumah saya selalu sempatkan membuatkan sarapan, Dan sedikit memaksa anak-anak untuk sarapan, kadang memang mereka kurang selera, untuk itu kita sebagai orangtua mencoba memberikan makanan kesukaannya diwaktu sarapan. Karena anak-anak yang tidak mendapatkan sarapan memiliki kecenderungan susah untuk fokus dan lebih mudah lelah di sekolahnya. Terkadang juga dapat menyebabkan kondisi emosi anak atau mood menjadi buruk. Anak yang tidak mendapatkan sarapan akan lebih memiliki keinginan untuk jajan sehingga memiliki resiko mengalami kegemukan atau penyakit lainnya karena jajan sembarangan.

Peluncuran Kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle 

Mengingat begitu pentingnya sarapan maka Nestle Indonesia dalam rangka menyambut Pekan Sarapan Nasional 2019 meluncurkan kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle” yang diadakan serentak di 9 kota di Indonesia yaitu di Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Balikpapan, Bitung dan Makasar. Kebetulan saya hadir di acara peluncuran kampanye yang diadakan di Taman Menteng, Jakarta Pusat pada tanggal 17 Februari 2019. Untuk mengecek daftar kota dan tanggalnya bisa lihat disini.
Zumba

Ibu Eka Herdiana
Sebelum acara dimulai tepat pukul 07:00 dimulai dengan zumba bersama warga setempat, selama lebih kurang lebih 1 jam, setelah itu dilanjutkan peluncuran resmi dengan menekan sirene yang dilakukan oleh semua jajaran manajemen dari PT. Nestle Indonesia.

Menurut Ibu Eka Herdiana selaku Corporate Nutritionist Nestle Indonesia acara ini sudah berjalan selama 4 kali berturut-turut dan Nestle Indonesia sangat aware akan pentingnya kebiasaan mengonsumsi makanan bergizi baik yang disertai dengan gaya hidup aktif dan sehat, dan juga permasalahan sempitnya waktu ketika sarapan yang kadang sering terlewati oleh beberapa keluarga. Untuk  itu Nestle menyediakan produk yang beragam untuk sarapan dan siap saji namun tetap penuh gizi, yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral, misalkan Koko Krunch, Nestum,  Milo, Dancow dan lain-lain.

Sarapan bukan hanya harus kenyang akan tetapi diperlukan sarapan yang seutuhnya bukan sebutuhnya artinya kita diharapkan lebih cermat dalam mengonsumsi sarapan yang tidak hanya lezat, tetap juga memiliki nilai gizi yang seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi hariannya dengan baik lanjut Ibu Eka. Produk Nestle yang cara penyajiannya sangat sederhana, menerapkan 3 prinsip yaitu  Atur,  Baca,  Cukupi (ABC), lebih lengkapnya sebagai berikut:

Atur Porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup ( tidak berlebih dan juga tidak kurang.

Add caption
Baca label kemasan makanan, untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian.


Cukupi asupan gizi, yang sesuai dengan kebutuhan tubuh yaitu dengan mengonsumsi beragam jenis makanan.



Selain Ibu Eka Herdiana hadir juga artis, penyanyi Riafinola Ifani Sari atau lebih dikenal dengan Nola Be3 beserta keluarganya. Menurut Nola sarapan itu sangat penting bagi kami, khususnya anak-anak yang akan memulai aktivitas. Nah, kita sebagai orangtua harus bertanggung jawab memberikan sarapan yang bergizi agar anak-anak siap melakukan aktivitas. Dan semua produk Nestle anak-anak suka, kadang mereka membuat sendiri karena praktisnya. 

Membuat Sarapan dengan Nestum
Dirumah saya sering membuat Nestum Susu Fruit kebetulan anak-anak suka sekali,
Bahan-bahanya
  • Nestum rasa susu 3 SDM
  • Susu UHT Dancow 250 gr
  • Raspberry 5 buah iris kecil
  • Kacang mede belah iris tipis
  • Chia sheed
Cara membuatnya.
Ambil Nentum 3 sendok makan kemudian cairkan dengan susu Dancow aduk hingga rata lalu taburi dengan buah yang sudah diiris diatasnya, pisang , kacang mede, raspberry dan terakhir taburi chia sheed. Oh iya untuk buah-buahan bisa diganti dengan buah yang lainnya.


Kadang setiap pagi anak-anak juga sering membuat koko krunch dicampur dengan susu Milo atau Dancow. Pokoknya kita sebagai orantua supaya anak-anak lebih semangat sarapan, sediakan kesukaannya atau sebelum mulai menyediakan bertanya dulu mau sarapan apa? Biarkan mereka memilih dengan begitu mereka akan lebih semangat untuk memulai hari aktivitas disekolahnya.


Percayakan sekarang moms, bahwa sarapan itu penting sekali selain disebutkan diatas sarapan juga membuat kita lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di rumah, kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Juga meningkatkan mood. Dan bisa memberika energi postif ke sekitar kita. Karena biasanya dengan sarapan suasana hati lebih baik.

Semoga bermanfaat ya...







61 comments :

  1. Pentingnya sarapan itu yang diterapkan Mama sama kami sekeluarga mba dan itu yang aku juga lakukan buat anak-anak dan suami. Nah, nestum boleh juga di coba dirumah tapi aku baru lihat mba, nanti jalan ke minimarket coba aku cari produk Nestle yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba sarapan segalanya untuk memulai aktivitas

      Delete
  2. Laaahh jadi ngilerrr mba hahaha
    ini mah sarapan bergizi banget.
    Mau cobain deh Netsum, anak saya biasanya sarapan pakai koko krunch sih.
    Meskipun seringnya nasi sama lauk hahaha.
    Kalau ada pak suami malah sarapannya lebih berat lagi.
    sarapan emang penting ya.
    saking pentingnya saya ga pernah skip kegiatan ini kalau anak sekolah :)

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran sama Nestum, bener bgt mba. Buat kami, sarapan itu penting untuk memberi asupan energi.

    ReplyDelete
  4. Betul mbak, sarapan pagi memang perlu supaya otak kita fresh... Terlebih bagi anak2 butuh sarapan pagi supaya siap menerima materi pelajaran di sekolah. TFS mbak... Jadi penasaran dg Nestum, pengen ngerasain nikmatnya sarapan pagi dg Nestum.

    ReplyDelete
  5. Sarapan penting banget ya untuk memulai hari, anak-anak sih wajib banget sarapan tapi aku kadang telat sarapannya gak sampai jam 9 sih soalnya perut udah nagih terus kl belum diisi :)
    Buat anak-anak yang sarapan berarti energi mereka tercukupi untuk beraktivitas di sekolah ya. Sarapan bukan seadanya tapi juga harus diperhatikan nilai gizinya ya.

    ReplyDelete
  6. Saya dan suami jarang sarapan. Kebiasaan sih ini dari kami masih kuliah, jadi sampe udah punya anak pun kebawa. Tapi si kecil minimal harus minum susu langsung setelah bangun tidur, kalau kita tetep lebih suka brunch jajanan pasar sekitar 2-3 jam sebelum makan siang. Hehe

    ReplyDelete
  7. Sarapan ini penting banget emang Mbak, cuma kadang aku merasa sebagai orang Indonesia, porsi karboku setengah piring sendiri. Jadi sayur buahnya hanya 1/4 porsi, hahahaha. Lah gimana mau badang singset ya?

    ReplyDelete
  8. Duh, sarapan. Jujur saya susah nyuruh Palung sarapan sebelum ke sekolah. Dibelikan leupeut juga belum tentu mau, bikin nasgor enak tak selalu dihabiskan. Ogah nakan bubur dari luar. Kala saya belikan roti tawardan keju lembaran, malah kejunya yang ditambul.
    Sepertinya saya harus selalu sediakan stok makanan apa saja yang beragam agar Palung mau sarapan. Susah memang karena di kampung tak ada yang jual keju lembaran sebagai isian roti tawar.
    Saya belum coba sereal atau Koko untuk sarapan Palung. Entah apakah akan doyan padahal ia cuma mau ngemil koko doang tanpa campuran susu.
    Produk Nestle beragam, paling saya kadang sediakan susu Dancow untuk teman sarapan Palung, namun rasanya kurang cukup, butuh yang padat dan mengenyangkan.
    kalau sempat, pagi-pagi saya ajak Palung ke warung yangauh dari rumah, barangkali ada yang jual bubur lemu favoritnya atau apa saja. Memang mestinya bikin saja namun itu bergantung apa di warung ada tepung beras.
    Lain kali saya bikin sarapan bubur kacang hijau, deh. Lelah jika anak tak mau makan. Kacang hijau selalu tersedia di warung dekat rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya mereka mau sarapan ya kak,,, dan yang penting sarapannya sehat

      Delete
  9. Dari kecil juga saya sudah diajarkan sama ortu dengan sarapan sebelum berangkat ke sekolag dan memang manfaat sarapan ini banyak sekali ya mbak. Resep sarapan dengan Nestum boleh dicoba nih.

    ReplyDelete
  10. dulu, sejak kecil hingga menikah saya termasuk orang yang malas sarapan, tapi saat hamil anak pertama, saya mulai rajin sarapan. Dan memang banyak manfaat positif yang saya rasakan setelah rutin melakukan sarapan :)

    ReplyDelete
  11. netsum susu pisang itu kok bikin ngiler yaa, Mba? Mau coba buat jug ahhh, nanti kalo ke supermarket mau beli netsum, mudah-mudahan di supermarket di kotaku sudah ada

    ReplyDelete
  12. wah, mbak... aku jadi inget ada nestum di rumah yang belum dimakan.
    makasih lho udah ngingetin <3
    besok bisa dipake buat sarapan pagi2 :D

    ReplyDelete
  13. Mbaa, anakku selalu sarapan karena biar dia semangat menjalani hari. Mmh aku juga suka banget makan nestum ini mba. Apalagi yang rasa pisang :)

    ReplyDelete
  14. Sarapan itu penting banget yes, setidaknya saya harus makan 5 suap buat sarapan kalau ga gitu jadinya pusing dan lemas. Btw aku juga suka Nestum rasanya enak dan bisa diaplikasikan jadi berbagai makanan juga.

    ReplyDelete
  15. anakku paling susah sarapan, mbak. Makanya emaknya ini harus banyak akal biar dia mau sarapan. Dia enggak mau makan kalo enggak nasi kuning hehe

    ReplyDelete
  16. Anakku mau sarapan sesuai seleranya sih, seperti roti dan bubur kacang ijo.
    Kalau diajak sarapan nasi maunya sama telur saja.

    ReplyDelete
  17. Baru sdar kalau semua sarapan anak2ku itu produknya Nestle heheeh. Anakku tiap pagi makan koko krunch selang seling sama nestum, emang rasanya enak banget, bikin semangat sekolahnya :)

    ReplyDelete
  18. DEwasa harus lebih banyak serat ya dibandingkan dengan protein dan karbohidrat. noted mama Utie, ini kadang yang susah ya, sebab makan sayur dan buah itu sekarang kalah sama bakso dan teman temannya hihihi

    ReplyDelete
  19. Aku juga orangnya bener2 harus sarapan dulu, mba. Kalau ga sarapan aku langsung lemes berkgiatan jadi ga tenang

    ReplyDelete
  20. Barokallah ya Mba acara ini penuh dengan kebaikan, untuk mengawali hari dengan sarapan. Kadang saya pun menyepelekan dengan sarapan ehheeh sekarang nggak lagi. Nastum mah kesukaan suamiku mba.

    ReplyDelete
  21. tadi barusan sarapan nasi uduk plus gorengan dan kerupuk.. duh ngga sehat banget deh aku sarapannya.. well noted ka, sarapan sehat itu harus dengan makanan yang sehat dan bergizi yaa... thanks for sharing

    ReplyDelete
  22. saya banget ini sarapannya sereal wkwkw emak praktis. jd cepat banget tanpa ribet. hahaha tapi sdh ditambahin susu dan buah bikin porsinya cukup

    ReplyDelete
  23. Ini sarapan favorit anak-anakku mbak, kadang nggak pakai susu Milo. Mereka maunya memang sarapan yang ringan seperti ini, Choco crunch kayaknya favorit semua anak deh

    ReplyDelete
  24. Praktis nih sarapan pakai Nestum, mana kandungan gizinya tinggi banget yaaa... Bagus juga untuk mengalihkan pola makan harus nasi nih hehehe...

    ReplyDelete
  25. aku nih, sering abai ama sarapan. padahal kl osarapan seperti ini aja simple kan..
    thx infonya mba

    ReplyDelete
  26. Acaranya seru banget ya mba utie. Aku belom pernah lho bikin sarapan pakai nestum jadi pengen coba deh

    ReplyDelete
  27. koko krunch itu favorit anakkuu hehehe selalu dia cemilin saat pagi dan malam hari, apalagi sekarang ada variasi coklat dan vanilla :D

    ReplyDelete
  28. Ternyata sarapan malah bagus untuk yang lagi diet yaaah.
    Si Kakak nih kadang mau sarapan kadang juga tidak, tapi klo Koko krunch siih doyan dia. Klo saya sendiri sih dari dulu sebisa mungkin agar sarapan dulu sebelum keluar rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarapan itu bisa mempengaruhi mood juga lho, klo udah sarapan kan bisa jadi semangat menghadapi hari :)

      Delete
  29. Sarapan praktis dan sehat ya, aku pun suka bamget sarapan koko crunsh sama susu putih plain. Bisa nambah-nambah

    ReplyDelete
  30. ah ini! aku tuh kadang buru-buru kalo pagi, kadang butuh yang cepet untuk sarapan, yang praktis atau yang mudah dibuat. setuju nih, harus cukupi asupan gizinya dan jangan melewatkan sarapan dan ga harus banyak/ kenyang :D

    ReplyDelete
  31. Aku nih sering skip sarapan karena emang nggak laper atau males nyiapin sarapan. Ribet kalau pagi-pagi harus nyiapin sarapan yg repot. Ujung-ujungnya sarapan gorengan, nasi uduk, dll. Enak dan kenyang sih, tapi zat gizinya itu loh, wkwkwk.

    Untung kemarin bisa ikutan hadir juga di acara Awali Hari Baik dengan Nestle. Jadi tau deh pedoman A B C untuk sarapan.

    ReplyDelete
  32. Asli yah... ternyata sarapan itu ga cukup "yang penting kenyang ajaaa"... baru tauuu..

    ReplyDelete
  33. Untungnya sekarang banyak banget produk nestle yang buat kita ibu2 bikin sarapan dengan cepat dan mudah + nutrisinya penuh

    ReplyDelete
  34. Diriku akan belajar untuk tiydact lupa sarapan

    ReplyDelete
  35. Sarapan sehat, penting dan harus dibiasakan mulai dari sekarang ya mba Utie.
    Apalagi anak-anak, kalau mereka ga sarapan bisa mengganggu tumbuh kembang mereka.

    ReplyDelete
  36. Sepakat Mbak Utie, sarapan buat meningkatkan konsentrasi. Aku pernah telat sarapan alhasil salah mulu ngurus anak sampai Sid ingatkan, "Ibu belum sarapan ya?"

    ReplyDelete
  37. Nah ini dia nih peer para ibu, gimana caranya tetap bisa menyajikan menu sarapan yang disukai ditengah hectic nya aktivitas di pagi hari

    ReplyDelete
  38. Kamu jago banget kemarin bikin kreasi Nestumnya, Mba!
    Makasi lho, aku jadi niru. :D

    ReplyDelete
  39. mak utie, paling semangat nihpagi-pagiudah siap zumba, udah gitu hunting fotonya paling gesit nih.... saluteeeee! jadikapan kita sarapan bareng lagi mak?

    ReplyDelete
  40. Emang betul Mbak sarapan itu penting, biar aktivitas juga bisa fokus.

    ReplyDelete
  41. Sarapan enak dan bergizi itu wajib ya Mba, sayang aku sering jomplang lebih banyak makan karbo pas sarapan, jadi sedih pas lihat diagram piring sehat itu, buahnya sering ketinggketi :(
    Nanti aku kau cobain Nestum ini deh, kemarin di kotaku kulihat-lihat masih belum masuk.

    ReplyDelete
  42. Aku baru coba juga nestum sereal ini..enak seperti makan bubur baby, lebih enak lagi kalau di tambah buah2an ya

    ReplyDelete
  43. Sarapan memang penting untuk tubuh. Nah mbak Utie yang telah mencoba sarapan ini gimana rasanya dan varian yang paling disuka

    ReplyDelete
  44. Bener banget mb, sarapan itu penting. Gak harus banyak dan kenyang asal kalorinya cukup untuk menujang aktivitas di pagi hari. Anak-anak juga sereal koko kruch pake susu.

    ReplyDelete
  45. Sarapan memang sangat penting ya mbak, sebagai bahan bakar buat kita beraktivitas hari itu. Memang penting sarapan yang bergizi. Di rumah jg selalu wajib sarapan. Kalau gaks empat makan nasi biasnya pilih serealnya Nestle pakai susu gtu makannya.

    ReplyDelete
  46. Nestum ini sarapan favorit kalau lagi kesiangan, anak-anak suka yang rasa pisang. Ditabur chia seed jadi tambah bergizi

    ReplyDelete
  47. Wahh, ternyata sarapan di pagi hari dapat mempengaruhi konsentrasi sepanjang hari ya mba. Makanya penting banget nih untuk sarapan, yh pastinya harus dengan asupan yg sehat dan mengenyangkan seperti nestum ini

    ReplyDelete
  48. Sarapan pagi memang penting, saya pribadi selalu menyempatkan diri untuk sarapan bareng sama anak-anak.

    ReplyDelete
  49. Produk-produk sarapan Nestle selalu jadi andalanku Mbak Utie..
    Soalnya praktis sih. Anak-anak pun suka. Jadi laku sarapannya :)

    ReplyDelete
  50. Pagi ini baca postingan ini lalu seketika aki lapar. Sarapan memang penting banget, Mbak. Kakakku pernah pingsan gara-gara nggak sarapan. Kapan-kapan pengen coba Nestum juga ah.

    ReplyDelete
  51. Iya mba setuju, sarapan itu penting..sumber energi kita didapat dipagi hari ketika kita sarapan. Mengenai baca label, ini nih yg suka kelewat dari aku. Yg diliat harga nya bukan label nutrisi di dalam makanan itu apa saja. Musti dirubah nih kebiasaan nya.. btw Suami aku suka banget lho sama Nestum

    ReplyDelete
  52. Saya belum pernah cobain nih Mba Nestum. Saya juga mewajibkan sarapan untuk anak2. Biar mudah menangkap pelajaran di sekolah dan bisa berkatifitas dengan baik.

    ReplyDelete
  53. Setiap pagi aku selalu bikin sarapan buat suami. Karena mulai menyadari kalau sarapan itu sepenting itu. Next coba sarapan pake nestum ah..

    ReplyDelete
  54. Aku suka banget sama nestum mbak, terutama yang rasa coklat. Nestum sekarang jadi makanan yang waib aku bawa kalau traveling loh

    ReplyDelete
  55. Hari ini senin nih. Jam 6 ini di tempatku. Asli ini seakan ngingetin aku untuk makan sebelum apel Senin. Siap pokoknya.

    ReplyDelete
  56. Serepot apapun pagi-pagi harus tetap sarapan ya Mba. Apalagi anak-anak mau sekolah harus sarapan.

    ReplyDelete
  57. Sarapan sangat penting banget ya mbak uti, saya pernah nyoba gak sarapan, alhasil ngapa2in jadi lemes dn gak semangat. Jadi kl mau beraktivitas saya sarapan dulu,

    ReplyDelete
  58. Sereal nestum dan cococrunch benar2 enak..aku selalu nyediain dan nyetok untuk anak anak dan suami..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏