Sunday, 15 March 2020

Hari Ginjal Sedunia, Ginjal Sehat untuk Semua

Hari Ginjal Sedunia, Ginjal Sehat untuk semua
Hai… pernah mendengar istilah sayangi ginjal minum air putih minimal 8-10 gelas setiap harinya. Ternyata jika kita teratur mengikutinya beratii kita membantu organ tubuh terutama ginjal dalam melakukan aktivitasnya. Dan tanggal 12 Maret 2020 kemarin diperingani sebagai hari ginjal Sedunia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan organ ginjal. 

Berbicara tentang penyakit ginjal, menurut data global 2019 menunjukkan bahwa satu dari tiga orang di populasi umum memiliki risiko untuk mengidapnya. Bahkan, dari 10 persen orang yang mengalami masalah ginjal, sembilan dari 10 di antaranya tidak menyadari kondisi tersebut. Padahal, masalah ginjal yang tidak mendapat pengobatan segera bisa berujung pada penyakit ginjal tahap akhir alias gagal ginjal. 

hari ginjal sedunia

Dan kata dr Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia, diacara peringatan Hari Ginjal Sedunia di Gedung Kemenkes Jakarta mengatakan bahwa setiap tahunnya Penyakit Ginjal Kronik (PGK) terus bertambah, padahal fungsi Ginjal bagi tubuh amatlah penting 

Fungsi ginjal yang utama 
1. Menyaring dan membersihkan darah 
Fungsi ginjal yang pertama adalah untuk menyaring dan membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Sebelum diedarkan ke seluruh tubuh, darah terlebih dahulu melewati proses penyaringan di ginjal, khususnya di bagian nefron. Sisa buangan dari proses ini sendiri akan dibuang bersamaan dengan urin. 

2. Membentuk urin 
Seperti yang telah umum diketahui, ginjal merupakan organ yang erat kaitannya dengan fungsi pembentukan urin. Urin yang umumnya terdiri dari air, urea, dan amonia, berisi zat dan senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Karenanya, demi lancarnya sekresi cairan, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. 

3. Mengontrol tekanan darah 
Dua hormon yang dihasilkan ginjal renin dan angiotensin ternyata berfungsi untuk mengatur tingkat keregangan dan kontraksi pembuluh darah dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan fungsi keduanya sangat berkaitan dengan tekanan darah tubuh. Jika ginjal berfungsi baik, tentu tekanan darah akan lebih terkontrol. 

4. Merangsang pembentukan sel darah merah 
Fungsi ginjal selanjutnya adalah memproduknya hormon eritropoietin. Cara kerja hormon ini adalah merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah. 

5. Menjaga jumlah air dalam tubuh 
Kita mungkin menyangka bahwa semakin banyak air terkandung di dalam tubuh, maka semakin baik. Salah! Karena jumlah air yang terlalu tinggi justru dapat memengaruhi konsentrasi darah. Fungsi ginjal lainnya kemudian menjalankan fungsi osmoregulasi yaitu membuang kelebihan air dan mengeluarkannya dalam bentuk urin. Maka jangan berlebihan tapi cukupilah.

6. Mengendalikan kadar gula darah 
Fungsi ginjal sangat erat kaitannya dengan produksi hormon insulin dan adrenalin. Lalu, apa fungsi kedua hormon tersebut? Jika insulin bekerja untuk menyetabilkan kadar gula yang tinggi, maka adrenalinlah yang bertugas untuk meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah. 


hari ginjal sedunia
Fungsi Ginjal pict by kemenkes
Masih banyak sebenarnya fungsi ginjal dalam tumbuh, dua benda kecil yang ada dalam tubuh kita ternyata mempunyai peran sangat penting. Dan ternyata rata-rata penyakit ginjal di Indonesia disebabkan oleh hipertensi dan diabetes, apa saja gejala penyakit PGK ini?. Pada tahap awal, penyakit ginjal pada anak sering kali tidak menunjukkan gejala. 
Hari Ginjal Sedunia
dr. Pringgodigdo, MC dan dr,Cut Putri Arianie
Gejala Penyakit Ginjal Kronik
Gejala baru mulai timbul ketika fungsi ginjal sudah mulai menurun atau rusak. Ketika ginjalnya sudah mengalami gangguan, dapat menunjukkan beberapa gejala berikut ini: 
  • Bengkak di bagian wajah, tangan, dan kaki. 
  • Tidak nafsu makan dan sering muntah-muntah. 
  • Kelelahan dan tampak pucat. 
  • Merasa nyeri atau tampak rewel setiap buang air kecil. 
  • Demam. 
  • Frekuensi buang air kecil menjadi lebih jarang. 
  • Pipis berdarah. 
  • Sering mengalami sakit kepala. 
  • Sesak napas. 
Kemudian bagaimana tindakan pencegahannya meskipun kita tahu bahwa PGK ini tidak bisa disembuhkan?
  • Deteksi dini merupakan hal yang sangan penting serta dapat menghambat progresivitas penyakit 
  • Dekteksi dini PGK dapat dilakukan dengan pemeriksaan fungsi ginjal melalui, pemeriksaan darah dan pemeriksaan urine 
Kemudian ada 8 aturan bagaiman mencegah PGK ini 
  1. Tidak merokok 
  2. Jaga kebugaran dan tetap aktif 
  3. Periksa tekanan darah rutin 
  4. Minum air lebih kurang 8 - 10 gelas per harinya
  5. Periksa glukosa darah secara rutin 
  6. Makan makanan bergizi dan jaga berat badan 
  7. Hindari konsumsi obat tanoa konsultasi ke dokter 
  8. Periksa fungsi ginjal jika terdapat faktor resiko 
Selain dr pringgodigdo hadir juga dr, Cut Putri Arianie, MH. Kes selaku Direktur P2PTM, katanya PGK ini meningkat dikarekan tidak peduli dengan pola hidup sehat, kemudian transisi teknologi juga yang serba mudah yang menyebabkan kita makin malas bergerak. 

Ada beberapa faktor risiko menurut dr Cut 
  • Pola makan tidak sehat 
  • Kurang aktivitas fisik 
  • Obesitas 
  • Tekanan darah tinggi 
  • Kebiasaan merokok 
  • Dan gula darah tinggi atau diabetes 
Sekali lagi penyakit PGK atau penyakit apapun bisa dicegah hanya dengan satu kuncinya pola hidup sehat dan menyadari nih kata ibu Cut, 7 tempat yang merupakan ruang lingkup bebas asap rokok, kalua kedapatan seseorang meroko kita bisa melaporkannya adapun & tempat itu adalah : 
  1. Fasilitas pelayanan kesahatan seperti puskesmas, klinik atau rumah sakit 
  2. Tempat belajar/sekolah 
  3. Tempat berman anak 
  4. Tempat ibadah 
  5. Tempat kerja 
  6. Angkutan umum 
  7. Dan terakhir fasilitas umum. 
Semoga nih dengan adanya hari ginjal sedunia ini membuat kita menyadari untuk lebih hidup sehat dan sayangi ginjal dengan memenuhi caoran dalam tubuh minimal 8-10 gelas setiap harinya. hari ginjal sedunia, ginjal sehat untuk semua jangan lupa.

utieadnu

15 comments :

  1. Alm papah saya ada sakit ginjal. Memang harus dijaga banget deh kesehatan. Kalau sampai kena pengobatannya bisa panjang

    ReplyDelete
  2. Kakak iparku ada yg sakit ginjal, duh, sampai berobat habis banyaaakk.
    Stamina juga drop banget.
    Semoga kita semua sehaaattt ya

    ReplyDelete
  3. ibunya temenku sudah berpulang karena penyakit gagal ginjal yang dideritanya, awalnya sempat shock dia terkena gagal ginjal karena kelihatan sehat tapi mungkin karena kurang aware dengan gejala-gejalanya.

    ReplyDelete
  4. Ginjal itu merupakan organ kita yang harus kita jaga ya dengan selalu minum air putih dan kurangi minuman manis maupun soda ya kak..

    ReplyDelete
  5. kakaknya ibu kena batu ginjal dan pas diliatin foto batunya tuh duh kok ya ngeri banget makanya usahakan untuk menjaga ginjal minimal dengan minum air putih ya mba

    ReplyDelete
  6. Ternyata ada hubungan yang significant antara tekanan darah dengan Ginjal. Selama ini, saya ngertinya tekanan darah hubungan dengan jantung, kolesterol. TFS Mbak, semoga kita bisa berpola hidup sehat.

    ReplyDelete
  7. rajin minum air putih itu menurutku kunci banget sih buat kinerja ginjal soalnya kasian kan kalau harus menyaring sesuatu tapi gak ada pelarut airnya,,, pengalaman kakekku dan nenekku bermasalah sama ginjelnya sebelum meninggal

    ReplyDelete
  8. Minum air di sini, air putih kan ya mbak?
    Banyak dari kita yang menganggap kalau minum teh, kopi dll, itu termasuk minum air yang 8 gelas itu lho

    ReplyDelete
  9. Oh baru tau nih aku gejala-gejala penyakit ginjal. Serem juga, ya..
    Aku nih karena rempong anak-anak masih kecil, jadi kadang beli obat di apotek tanpa resep dokter. Biar cepet gak pake antri-antri gitu maksudnya.. hiks. Harus dihilangkan ya kebiasaan seperti ini..

    ReplyDelete
  10. Saya baru tau nih ada hari ginjal sedunia... Ternyata bukan cuma soal minum ya, kebiasaan merokok juga bisa memengaruhi kesehatan ginjal...

    ReplyDelete
  11. Kita harus bisa menjaga ginjal kita ya mak. Materinya nambah wawasan lagi nih mak.

    ReplyDelete
  12. Sakit ginjal lalu cuci darah cukup jd momok buatku. Karena melihat juga ada beberapa anggota keluar yang melalui itu. Baca tulisan ini jd upgrade ilmu soal kesehatan ginjal deh.

    ReplyDelete
  13. Aku sedih lihat orang yang kena sakit ginjal. Apalagi kalau sampai cuci darah hiks. Benar2 kudu keluar uang juga dan bolak balik rs. Makanya jaga kesehatan ginjal penting banget

    ReplyDelete
  14. Hiks aku sudah pernah ngalamin batu ginjal dan emang suka sakit kepala krn dehidrasi. Padahal minum ga macam2..mungkin kurang banyak. Be aware banget,ga mau punya masalah ginjal dan organ lainnya. Sekarang melek banget soal kesehatan, tulisan Mba sangat mencerahkan. Terimakasih

    ReplyDelete
  15. Resiko kesehatan yang harus kita hadapi ya gara-gara pola hidup tidak sehat dan juga paparan asap rokok. Gemes banget lho mba kalau lihat orang merokok di sembarang tempat dan membahayakan orang lain.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏