Monday, 16 March 2020

Prudential Indonesia Kembangkan Kewirausahaan Muda di Papua

Prudential Indonesia Kembangkan Kewirausahaan Muda di papua yang Profesional dan Tangguh 
Siapa yang tidak kenal dengan Papua. Daerah Timur Indonesia yang sangat indah dan beberapa tempat wisata yang terkenal dan mendunia yaitu Raja Ampat, sayapun berharap bisa kesana suatu saat nanti. Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kita nikmati saat menyelam. Selama menyelam, ada beribu jenis ikan dan penyu laut. Dan menurut beberapa teman traveling saya waktu terbaik untuk menyelam di sini adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan ini cuaca sedang bagus dan air sangat jernih, sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal. 

Selain wisata yang terkenal indah Papua juga terkenal akan 5 komoditas unggulan ekspornya, yaitu kayu merbau, tepung terigu, kayu lapis, biji kopi dan vanili. Katanya produk-produk ini diekspor ke Tiongkok, PNG dan Amerika Serikat. Sedangkan komoditas lainnya yang juga diminati pasar dalam negeri adalah produk cangkang sawit, CPO, biji kakao dan kopra.

Prudential Indonesia super papuanpreneurs

Sekarang kita berbicara tentang peran anak-anak muda di Papua yang siap membangun Papua lebih baik lagi dalam bidang perekonomian dan menjadi super papuanpreneurs dan melanjutkan perjuangan membangun usaha serta menjadi inspirasi dan panutan bagi para pemuda Papua lainnya. Hal ini bertepatan  PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang dibantu oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI). Melalui Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda, Prudential Indonesia berhasil membimbing pengusaha muda Papua yang siap mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayahnya 

Pada tanggal 19 Februri 2020 mengumumkan 33 pengusaha muda profesional baru Papua lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda (Youth Entrepreneurship Education) di acara media gathering Apresiasi Kesuksesan Bisnis Pengusaha Muda Jayapura. 

Hadir pada acara tersebut 
  • Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia 
  • DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Wali Kota Jayapura 
Menurut Bpk Rinaldi “Kewirausahaan memiliki peranan yang sangat besar dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai negara berkembang karena menciptakan lapangan pekerjaan baru, menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat serta meningkatkan produktivitas. Hal itu pula lah yang menjadi salah satu alasan Prudential Indonesia menyelenggarakan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini.” 

Lanjutnya “Ke depannya nanti, Prudential Indonesia akan tetap melanjutkan komitmennya untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia timur agar makin banyak pengusaha muda yang dapat membantu mengoptimalkan perekonomian di wilayah mereka dan mendukung peningkatan perekonomian secara nasional,” tutup Rinaldi. 

Sedangkan Dr Benhur selaku Walikota Jayapura menyambut program ini dengan baik dan mendukung penuh program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda juga turut menyampaikan apresiasinya. Serta memberikan selamat kepada para lulusan yang berhasil mengembangkan kapasitas dirinya sebagai pengusaha muda melalui program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda. 

Dan mengatakan "Saya juga berterima kasih atas upaya Prudential Indonesia yang melihat dan memaksimalkan potensi pengusaha muda di Jayapura sehingga mereka lebih percaya diri untuk menciptakan kesuksesan dengan caranya masing-masing."

Pemerintah  Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura siap meneruskan tongkat estafet pembinaan pengusaha muda lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini.” 

Tujuan acara kelulusan Apresiasi Kesuksesan Bisnis Pengusaha Muda Jayapura.

Dengan target mencetak pengusaha muda yang kompeten dan professional, program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda menghadirkan sejumlah pelatihan dan pendampingan kewirausahaan yang mengacu pada kurikulum internasional.

Program ini juga sejalan dengan salah satu fokus Prudential Indonesia yaitu We DO Good (komitmen untuk mewujudkan kebajikan dan memberdayakan masyarakat) dalam pilar “Pemberdayaan Indonesia Timur” sebagai bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia. Melalui program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda, Prudential Indonesia bertujuan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua. 

Dan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah dimulai sejak akhir 2018 dengan berbagai tahapan mulai dari analisis, pendaftaran, penyaringan kemudian tahapan seleksi lebih lanjut pada 2019 dalam bentuk workshop untuk melihat kemampuan dan komitmen para pemuda dalam mengikuti program. Untuk lebih mengasah wawasan dan pengalamannya, mereka juga diajak mengikuti pameran pada berbagai kesempatan seperti di pasar mama-mama hingga dalam kegiatan PRURide Indonesia 2019 di Yogyakarta. 

Meninjau pameran
Seluruh lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah merasakan langsung dampak program untuk kemajuan bisnis mereka. Tercatat 87,8% pengusaha muda mengakui kini lebih menyadari pentingnya pengelolaan keuangan bisnis dan memiliki kemampuan untuk melakukan pelaporan keuangan dengan baik. Sepanjang Mei 2019 hingga Januari 2020, sebanyak 23 dari 33 peserta berhasil memberdayakan komunitas di sekitarnya. Selain itu, jumlah karyawan yang diperkerjakan meningkat 46%. Bahkan, tercatat peningkatan omzet bisnis mencapai 3.890%. 

Prudential Indonesia super papuanpreneurs
Agustina, DR Benhur, Yufeth Wetipo, Bpk Rinaldi
dan Paideua Gratia Sumihe
Acara ini juga memberikan apresiasi kepada 3 orang lulusan terbaik yaitu 
  1. Paideia Gratia Sumihe dengan bisnis gel khusus rambut keriting “Gracy Curls”, 
  2. Yafeth Wetipo dengan bisnis kopi khas Papua “Highland Roastery”, 
  3. Agustina Maria Ayomi dengan bisnis salon dan anting sekam Wamena “Tine Salon”. 
Mari kita kenal lebih dekat dengan ke 3 sosok inspiratif ini

Paideia Gratia Sumihe 

Prudential Indonesia super papuanpreneurs
Orang Papua identik dengan rambut keriting, termasuk juga dengan Paideia Gratia Sumihe yang akrab dipanggil Grace. Lulusan sastra Inggris ini mensyukuri anugerah rambut keritingnya namun di saat yang bersamaan dulu Grace mengaku bingung dalam merawat rambutnya karena produk khusus rambut keriting sangat jarang ditemukan. 

Sering melakukan rebonding sejak SMA membuat rambutnya lama kelamaan rusak kemudian seiring berjalannya waktu, kekecewaan Grace memicunya untuk melakukan berbagai inovasi agar ia dan wanita lain bisa mendapatkan perawatan rambut keriting alami, ia berhasil membuat gel rambut dari bahan dasar aloe vera yang menjadikan rambut keritingnya lebih terdefinisikan sehingga lebih halus, mudah dan tampak indah. 

Grace ingin menjual gel rambutnya di awal 2018 agar wanita lain dengan kisah yang sama dapat terbantu namun belum terealisasikan akibat ketidakpahaman terhadap bisnis. Akhirnya pada bulan Mei 2019 ketika mengikuti Program Kewirausahaan Kaum Muda, Grace memberanikan diri untuk mulai berbisnis dan produknya pun menjadi incaran banyak wanita di wilayah Papua. Kini tantangan terbesar baginya adalah cara memasarkan produknya secara luas ke luar Jayapura karena produknya homemade tanpa bahan kimia dan pengawet. Namun hal ini tidak menghalangi langkah Grace untuk terus berinovasi sembari perlahan mewujudkan impiannya membangun perusahaan kosmetik khusus rambut keriting di Papua. 

Yafeth Steven Wetipo 
Prudential Indonesia super papuanpreneurs
Yafeth adalah orang Papua satu-satunya yang bersetifikat roaster. Usahanya bermula dengan berjualan biji kopi green beans yang berasal dari wilayah kampungnya di kabupaten Lanny Jaya. Ia mencetuskan untuk mulai memproduksi kopi dalam kemasan dengan nama Highland Coffee. Ketika mengikuti Program Kewirausahaan Kaum Muda, Yafeth kemudian mengubah namanya menjadi Highland Roastery sesuai dengan keunggulan dari produk kopinya. 

Kini ia menjadi salah satu pemasok kopi kepercayaan di berbagai restoran dan cafe di wilayah Papua. Rata-rata hampir seluruh produknya menggunakan kopi Papua yaitu Kopi Arabica dari Yahukimo (Kurima dan Tangma), Wamena (Kurulu dan Wollo), Lanny Jaya (Tiom dan Pirime), Pegunungan Bintang (Kiwirok, Sabin dan Veneli), serta Kopi Robusta Kab. Kepulauan Yapen. Tak hanya memasarkan kopinya, ia juga memberikan timbal balik untuk mendukung pendidikan komunitas daerah-daerah tersebut. 

Agustina Maria Ayomi 

Prudential Indonesia super papuanpreneurs
Perempuan yang akrab dipanggil Tine ini. Pemilik ‘Salon Tine’ ini mengaku bahwa bisnisnya didirikan sesuai dengan passion-nya, mempercantik kaum perempuan. Salon Tine yang berlokasi di Jayapura Selatan, saat ini memiliki 21 layanan, mulai cuci catok, gunting rambut, masker rambut, hair creambath, hair smoothing, hair rebounding, hair colouring dan lain-lain. Layanan ini akan terus dikembangkan seiring dengan kebutuhan dan keinginan konsumen di Kota Jayapura. 

Tine salon untuk memperkuat merek usahanya, mulai menggunakan endorser yang cukup dikenal di Kota Jayapura yaitu Hermin Rachel Makanuay, Finalis Puteri Indonesia 2020 dari Papua. 

Dan Prudential Indonesia untuk menyebarluaskan inspirasi dan motivasi bagi pemuda Papua lainnya juga mendokumentasikan seluruh prosesnya, semangat dan harapan dari seluruh lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda melalui buku Super Papuanpreneurs

DR Benhur dan Bpk Rinaldi
dengan buku Super Papuanpreneurs
Semoga pengusaha-pengusaha muda dari Indonesia bagian Timur ini bisa memberikan kita inspirasi untuk berubah dan maju dengan memanfaatkan sumber daya alam juga hobby yang menghasilkan cuan yang bisa ikut merubah perekonomian sekitar. Dan juga peran Prudential Indonesia dalam mengembangkan  kewirausahaan muda di Papua ini terus belanjut.

utieadnu

17 comments :

  1. Ikutan senang kalau sekarang semakin banyak yang mulai melirik brand dari timur. Makin banyak pula pihak swasta yang peduli sama karya anak negeri. Dan jujur baru tahu kalau di Papua itu ada komoditi vanili sama tepung terigu.

    ReplyDelete
  2. Ternyata di papua banyak banget pengusaha anak muda, bakatnya nggak main-main. Semoga programnya lebih meluas hingga daerah-daerah di seliruh Indonesia

    ReplyDelete
  3. Senangnya papua udah punya banyak pengusaha kreatif sekarang dan makin diliat pemerintah. Semoga support dari pemerintah terus ada ya jadi papua bisa lebih mandiri

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah semakin banyak kabar baik dari tanah Papua ya Mbak Utie. Btw Mbak Grace dan Mbak Tine cantik² ya... Hehe

    ReplyDelete
  5. Wah hebat ya Prudential selalu berinovasi.
    Program kewirausahaan emang solusi untuk meningkatkan perekonomian dengan cara cepat

    ReplyDelete
  6. Kesejahteraan jadi semakin merata, ya. Semoga semuanya barokah buat bangsa

    ReplyDelete
  7. Baca profil sosok inspiratif, dan salah satunya pemasok kopi.
    Ulalaaa, aku langsung otw bikin kopi Mbaaaa :)))

    PAPUA memang menakjubkan!!
    Prudential juga keren nih, support enterpreneur muda di Papua!

    ReplyDelete
  8. sepupu saya tinggal di papua, merantau. katanya banyak orang jawa yg berdagang, orang papua asli jd pembeli. syukurlah kalau sekarang prudential mendukung orang papua untuk jd raja di wilayahnya...

    ReplyDelete
  9. Semoga dengan program ini akan makin banyak pemuda papua yang jadi pelaku usaha di sana, tak sekedar jadi penonton dan penikmat saja. Semoga juga semakin banyak perusahaan yang memberikan CSR bagi pendidikan warga papua

    ReplyDelete
  10. Keren yaa Prudential, CSRnya sampe juga ke Papua untuk mengembangkan umkm di sana biar lebih maju dan bisa bersaing

    ReplyDelete
  11. PRUDENTIAL emang bagus CSRnya sampe ke papua untuk mengembangkan UKM nya

    ReplyDelete
  12. MAkin cakep aja program-program yang dilakukan prudential ya mbak. Apalagi benar perlu banget mengembangkan kewirausahaan terutama di daerah yang cukup tertinggal seperti papua agar menjadi lebih maju dan siap bersaing dengan yang lain.

    ReplyDelete
  13. Wahh.. terakhir aku hadir di eventnya prudential berapa bulan lalu. Sekarang dah launching lagi progeam barunya. Semakin keren aja sih menurutku Prudential ini.

    ReplyDelete
  14. wih keren prudentiall... smga bsa menyebar ke seluruh pelosok indonesia

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah semakin bnyak kabar baik dari tanah papua,jujur malah aku belum pernah ke papua kak,dan katanya tempat wisata nya juga bagus bagus,pokoknya untuk prudential kereeen bangett

    ReplyDelete
  16. Wilayah bagian palng timur Indonesia ini semakin berkembang, ya. Banyak kesempatan dan inovasi baru di sana. Alhamdulillah. Saya ikut senang.

    ReplyDelete
  17. Luar biasa Prudential.
    Saya pernah menjadi agennya pada saat masih kuliah.

    Tak hanya program insurance, tetapi juga merambah ke enterpreneur. Benar-benar luar biasa.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ