Saturday, 4 April 2020

Tanya Jawab dengan Dokter Spesialis Anak di Halodoc

Tanya Jawab dengan Dokter Spesialis Anak Cara Orang Tua Membantu Anak Mengatasi Stres Akibat Masalah di Sekolah
Stres nyatanya memang tidak hanya orang dewasa saja yang bisa merasakannya, misalkan akibat pekerjaan di kantor, maupun juga masalah rumah tangga. Melainkan stres sendiri juga rentan dialami oleh anak-anak, bahkan nantinya bisa mengganggu tumbuh kembang mereka dan berdampak sangat buruk untuk masa depan. Untuk itulah harus segera diatasi, pada orang tua bisa konsultasi atau tanya jawab dengan dokter spesialis anak untuk membantu mengatasi stres yang terjadi pada anak-anak tersebut.

Banyak anak yang mengalami stres namun memilih untuk memendam sendiri masalah mereka tanpa membagikan dengan orang tua. Seperti diantaranya adalah masalah pembulian yang terjadi di sekolah dan mereka tidak mau melapor, akibatnya bisa fatal karena tak jarang anak-anak yang kemudian memutuskan mengambil jalan pintas yaitu dengan mengakhiri hidupnya. Kemudian juga ada masalah yang kerap kali terjadi adalah stres karena beban yang ada di sekolah mereka. Sehingga membuat anak-anak menjadi terganggu nafsu makannya, bahkan menjadi mudah sakit.
Memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya beban atau masalah pikiran juga bisa memicu penyakit dalam yang lebih serius lagi, sehingga harus segera diatasi. Berikut ini diantaranya cara yang bisa Anda terapkan untuk membantu dalam mengatasi stres yang dialami oleh anak-anak akibat masalah yang ada di sekolah, yaitu:
  • Mengenai gejalanya terlebih dulu 
Guna mengatasi sumber stres, maka yang paling penting adalah mengetahui gejala dan juga faktor penyebabnya. sehingga nantinya pengobatan yang dilakukan bisa tepat sasaran pada sumber masalah tersebut. Karena terkadang ada beberapa anak yang memang cenderung akan menunjukkan gejala secara langsung kala sedang stres, namun juga ada yang memilih untuk memendam masalah mereka sendiri, inilah yang paling sulit untuk dideteksi.


  • Mengajari mereka cara mengelola waktu
Jika permasalah utama ada pada cara mengelola waktu, apalagi mereka terkadang tak bisa menjaga fokus dengan tepat kapan waktunya untuk belajar, mengerjakan tugas rumah dan kegiatan lainnya. untuk itu kuncinya disini adalah dengan mengajari mereka cara untuk mengelola waktu dengan benar. Sehingga nantinya bisa membantunya dalam menghadapi stres.
  • Membantu mereka untuk menjalani hidup sehat.
Diantaranya adalah dengan membiasakan mereka konsumsi buah dan juga sayur. Karena memang dengan pola hidup sehat semacam ini juga sangat berdampak besar kepada kesehatan pikiran atau mental, jadi membuat mereka juga tidak akan mudah untuk stres atau terkena gangguan pikiran.
  • Batasilah tekanan yang diberikan kepada buah hati Anda
Banyak diantara orang tua yang tidak sadar bahwa mereka juga berkontribusi menyebabkan buah hati stres. Misalnya adalah dengan memaksanya harus mendapatkan peringkat 1, padahal tidak disertai dengan kemampuannya. Secara tidak langsung hal ini akan membuat buah hati bertambah stres bukan, dampaknya juga berbahaya bagi mereka.
  • Ajaklah mereka untuk refreshing
Biasanya adalah dengan jalan-jalan atau liburan, sepele, namun ternyata juga sangat efektif dalam menghilangkan stres, khususnya adalah beban pikiran yang selama ini ditanggung. Apalagi memang pada anak-anak tertentu yang sulit mendapatkan waktu bersama berkumpul dengan orang tuanya yang terlalu sibuk. Hal semacam ini akan jadi sangat berguna bagi mereka.

Jika ternyata cara tersebut kurang efektif, maka bisa konsultasikan atau tanya jawab dengan dokter spesialis anak langsung mengandalkan aplikasi Halodoc. Ada banyak sekali dokter ahli yang siap untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, lebih mudah dengan download aplikasi Halodoc.

Semoga Bermanfaat
Utieadnu

15 comments :

  1. Aku kemarin baru nyobain fitur beli obatnya dari halodoc. Ternyata membantu banget. Maklum mau keluar masih takut.

    ReplyDelete
  2. banyak ortu ingin anaknya "sukses " padahal suksesnya standar ortu, bukan karena mendorong si anak meraih cita citanya dan passionnya

    ReplyDelete
  3. thanks for sharing, kami juga udah mulai belajar tdk terlalu memberi beban/ menambah beban, hanya mengarahkan tapi tidak memaksakan

    ReplyDelete
  4. HaloDoc ini keren buangeettt!
    Kasih solusi jitu di tengah situasi tidak menentu seperti sekarang ya Mba.
    Kita bisa dapat layanan konsultasi dll dari gadget ajaaa

    ReplyDelete
  5. Daku nda tau kalau ternyata aplikasi HaloDoc juga bisa untuk konsultasi hal-hal seperti ini mbak, daku kirain cuma untuk konsul penyakit2 kaya demam, pilek dan yang fisik-fisik aja.

    Keren yaa

    ReplyDelete
  6. Saya dulu sering banget konsultasi pakai halodoc, tapi masalah baby newborn sih 😊
    Belum pernah nyobain konsultasi mengenai psikolog atau semacamnya.

    Pernah coba, tapi kayaknya psikolog lebih terbatas jamnya 😊

    ReplyDelete
  7. Sekarang untuk berkonsultasi dengan dokter, tidak harus bertatap langsung ya. Banyak aplikasi yang bisa membantu, salah satunya HaloDoc ini.
    Semoga anak-anak dijauhkan dari stress.

    ReplyDelete
  8. Alhamdullilah ya kemajuan teknologi mempermudah banyak hal
    Dulu jika anak sembelit saya bingung, mau dibawa ke dokter kok nampak remeh
    Sekarang buka aja halodoc, semua masalah bisa ditanyakan

    ReplyDelete
  9. Awal school from home anakku belum begitu paham kenapa dirumah. Makin kesini dia tau kalo sekolahnya dari rumah. Masuk minggu ke 4 sekarang mulai keliatan jenuh, kadang gak mau ngerjain dan bolak balik bilang pengen ke sekolah.. aku mulai kepikiran mungkin dia stres diem teruz drumah. Nice share kak. Aku terbantu nih. Nyoba halodoc kayanya perlu

    ReplyDelete
  10. Iya mba aku itu suka baca curhatannya emak-emak kalau anaknya di kasih banyak tugas di sekolah. Padahal sebenernya anak di rumah aja, ga ketemu temennya udah stres ditambah kalau di kasih banyak tugas. Anak jadi makin stres. Pihak guru juga ga bisa disalahkan juga karena mereka beban juga harus ngejar target kurikulum. Bingung sendiri kan jadinya. Allhamdulillahnya katanya dari mentri pendidikan ada aturan untuk tugas dikurangi

    ReplyDelete
  11. Saya baru saja kemarin pakai aplikasi Halodoc untuk konsultasi ke dokter spesialis anak. Kebetulan si bungsu pipinya merah-merah dan gatal. Konsultasi via Halodoc memudahkan banget saat kita butuh advice dokter ahli di tengah kondisi seperti ini. Mudah dan reliable. Saya chat, didiagnosa, diresepkan obat dan obat bisa dibeli via gosend. Kita jadi dimudahkan banget.

    ReplyDelete
  12. aku juga kadang pakai halo doc, simpel dan memudahkan banget anti panik pokok e

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk yang sering buka situs halodoc.
    Suka gaya literasinya.
    Membantu mencerdaskan, menambah wawasan tentang penyakit.

    ReplyDelete
  14. Aku sudah pernah konsultasi mengenai masalah kesehatan fisik ke Halodoc. Asyik banget. Responnya cepat dan dijawab dengan sangat detil.

    Tapi baru tahu nih, kalau Halodoc juga bisa menerima konsultasi kesehatan mental seperti stress pada anak. Ini keren banget, lho. Apalagi ya, anak-anak bisa mengetik sendiri. Bisa bebas dari rasa malu karena nggak berhadapan langsung dengan dokternya.

    ReplyDelete
  15. Di era teknologi kaya sekarang apapun jadi lebih mudah ya..kaya halodoc platform kesehatan digital yang memberi kemudahan masyarakat untuk mengakses dan interaksi dengan secara cepat. Disamping itu juga terdapat berbagai penjelasan seputar kesehatan yang informatif

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏