Sunday, 5 May 2019

Tips Sehat Berpuasa

Tips Sehat Berpuasa Bersama Halodoc
Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang ditunggu umat islam, bulan yang penuh berkah karena setiap kebaikan yang kita lakukan mendapatkan balasan yang berlipat ganda, bukan hanya kebaikan tidur pun dinilai ibadah. Nah,, saat bulan puasa ada saat yang paling penting yang menentukan aktivitas keseharian kita yaitu moment berbuka puasa atau biasa disebut ifthar dan sahur. Kadang disaat inilah ada sebagian orang berpuasa tidak bisa mengontrol makanan yang masuk, ada tips yang akan saya berikan tips sehat berpuasa bersama Halodoc.

tips sehat berpuasa bersama halodoc

Saat berbuka puasa kadang kita sendiri sebagai ibu rumah tangga ingin menyediakan semua kesukaan keluarga, kesukaan suami, anak-anak tersaji diatas meja, hanya cenderung memberikan reward karena mereka telah berpuasa penuh seharian. Dan saat sahur belum bisa memilih apa makanan yang cocok yang bisa menunjang aktivitas keseharian mereka nanti



Hal sama dikatakan Ibu Felicia Kawilarang selaku Vice President Marketing Communications Halodoc diacara gathering media dan blogger di sebuah Resto dibilangan Jakarta Selatan, katanya Halodoc sebagai aplikasi berbasis online sering mendapat keluhan masalah pencernaan, konstipas/sembelit dan sakit kepala. Semua itu tentu saja berhubungan dengan apa yang dikonsumsi saat buka dan sahur.


tips sehat berpuasa bersama halodoc
(Ki-Ka) Dr. Jovitta Amelia, Ibu Felicia Kawilaran dan Zivanna Letisha
Dan keluhan itu semua terjadi karena kebiasaan cenderung kita kurang memperhatikan pola konsumsi makanan saat buka ataupun sahur misalakan makanan dengan porsi lebih berlebih saat sahur agar kenyang seharian, tidak memperhatikan komposisi dan nutrisi, kadang ada juga yang melewatkan sahur. Aplikasi Halodoc dalam menyambut bulan Ramadhan menyediakan 150 dokter umum, 50 dokter spasialis dan 15 dokter gizi yang siap selama 24 jam untuk menjawab keluhan seputar Ramadhan. Selain Ibu Felicia hadir juga 
  • Dr. Jovita Amelia MSc, SpGK, Dokter Ahli Gizi dari Haladoc
  • Zivanna Letisha Siregar Selebriti dan Ibu dari seorang putra. 
Menurut Dr. Jovita mungkin karena habis berpuasa seharian, banyak orang mengakhiri puasanya dengan makan yang banyak pada saat berbuka puasa, baik itu makanan berat maupun makanan ringan. Tapi makan yang berlebihan saat berbuka bisa membuat perut terasa sesak, maka dari itu pada saat berbuka cukup makan dengan porsi seperti biasa saja. Makan dengan porsi normal

Ada tips sehat berpuasa yang bisa kita jalankan. 
Pilih hidangan sahur dan buka dengan gizi seimbang 
Untuk memenuhi kalori harian, makanan yang lengkap dan berenergi, kemudian batasi makanan manis. Pada saat puasa disarankan untuk membatasi makanan manis, selain karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan, mengkonsumsi makanan manis pada saat berpuasa bisa membuat tubuh lemas di siang hari. Konsumsi makan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana terlebih saat sahur akan lebih mudah diserap tubuh dan dicerna sehingga mudah menyebabkan rasa lapar. Ketika buka puasa disarakan cukup dengan memakan buah kurma karna kandungan gula pada kurma sangat tepat dibutuhkan tubuh. 

Perbanyak minum air putih
Minum air putih yang cukup dan teratur bisa membantu kita menjalan puasa dengan tenang karena bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Kemudian biasanih kalau saat berbuka puasa orang Indonesia tidak kecuali saya dulu selalu makan gorengan, padahal gorengan yang mengandung banyak minyak dan garam akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung. Penuhi cairan 2 liter perharinya 2 gelas saat buka 4 gelas sepanjang mlam dan 2 gelas saat sahur.

Makan buah dan sayur yang banyak
Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat bisa membantu dalam menjalankan ibadah puasa, karena dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak bisa membuat kenyang lebih lama dan membantu menjaga stamina. Memakan yang mengandung serat tentu akan terhindar dari masalah konstepsi.

Lakukan olahraga kecil
Agar menjaga kondisi tubuh tetap fit, mungkin melakukan olahraga bisa menjadi pilihan. Biasanya lakukan sebelum buka dengan durasi pendek dan intensitas yang lebih rendah

Istirahat yang cukup
Walau tidur merupakan suatu ibadah dibulan puasa tentunya jangan tidur dengan porsi yang lebih, justru akan mnegakibatkan tubuh kita menjadi lemas, alangkah baiknya diisi dengan istirahat yang cukup 6 jam tidur perharinya.

Kemudian menurut Zivanna dulu katanya saat buka dan sahur cenderung memilih makanan yang instan dan kurang nutrisi, karena lelahnya aktivitas seharian jadi berat badan bertabah tapi tubuh kurang fit. Setelah adanya aplikasi Halodoc jadi mengerti nih bahwa pola makan selama Ramdahan kemarin salah, terlebih tahun ini sudah ada anak jadi pola makan lebih teratur yang lengkap nutrisi dan seratnya. Dan mudah-mudahan bisa berpuasa dengan full.

Aplikasi Halodoc layanan Kesehatan Selama Ramadhan
MHealth Tech meluncurkan aplikasi Halooc. Aplikasi yang menjadi fasilitas interaksi antara dokter dengan pasien dan calon pasien. Ada fitur unggulan yang disediakan Halodoc yang bisa kita unduh melalui playstore secara gratis.

tips sehat berpuasa bersama halodoc

Bicara Dengan Dokter/ talk to a doctor. 
Halaodoc mempermudah kita membicarakan kondisi kesehatan dengan menghubungi dokter berpengalaman dan terpercaya secara gratis, ada 150 dokter umum, 50 dokter spesialais dan 15 dokter ahli gizi. Disini kita bisa memilih berbagai metode komunikasi seperti Chat dan Voice/Video Call dari smartphone kapan saja, di mana saja, dan dokter umum dan dokter spesialis berpengalaman dan terdaftar di IDI.
  • Gratis tanya jawab dengan dokter langsung terhubung dengan dokter kurang dari 3 menit
  • Dokter siaga 24 jam
tips sehat berpuasa bersama halodoc

Beli Obat/Buy Medicine 
Apabila kita sedang berpuasa kadang melakukan aktivitas diluar rumah jadi berkurng nah jika ada anggota keluarga kita sakit, kita bisa andaikan fitur buy medicine, tentu saja lebih praktis bahkan tidak terjebak macet apalagi jika obat dibutuhkan saat mendesak
  • Pengiriman cepat kurang dari 1 jam
  • Gratis pengiriman
  • Layanan 24 jam
  • Obat tersegel rapi demi keamanan
Halodoc berkolaborasi dengan Go-Jek untuk memenuhi kebutuhan medis masyarakat. Layanan yang diberikan berupa pesanan kebutuhan medis yang bisa diantarkan dengan cepat ke pengguna. Kolaborasi tersebut juga untuk mendukung Go-Med layanan pesan antar-kebutuhan medis yang ada di aplikasi Go-Jek.

Dengan kolaborasi Go-Jek dan Halodoc, kata Ibu Felicia agar pelanggan kami bisa menemukan berbagai kebutuhan medisnya dengan cepat dan mudah, Untuk memanfaatkan layanan Go-Med, kita cukup menge-klik layanan Go-Med yang ada di aplikasi Go-Jek. Kemudian akan diarahkan secara otomatis ke layanan pharmacy delivery yang ada di aplikasi Halodoc.

Go-Med yang menghubungkan pelanggan dengan apotek terpercaya yang ada dalam jaringan Halodoc, kita akan mendapatkan kebutuhan medis yang disiapkan secara profesional dan sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku. Dan guna menjamin produk medis yang dipesan, setiap order yang dipesan akan dicarikan secara otomatis oleh sistem ke apotek terdekat yang terdaftar dalam platform Halodoc di mana setiap apotek tersebut telah memiliki Surat Izin Apotek dan Surat Izin Praktik Apoteker .

Walupun demikian kita berharap menjalankan ibadah puasa ini dalam keadaan sehat selama kita bisa menjalani tips sehat berpuasa yang telah diberikan diatas. Dan gunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan ketika sebelum pergi ke Rumah Sakit atau apabila ada keluhan, selamat menjalan ibadah puasa semuanya.


No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ