Sunday, 19 May 2019

Tips Menumbuhkan Rasa Empati pada Anak

Tips Menumbuhkan rasa empati pada anak bersama Bebelac
Setiap orangtua tentunya mengingankan anak-anak tumbuh sehat, cerdas dan juga menjadi anak yang empati peduli pada orang lain. Dan ternyata itu bisa ditanamkan empati pada anak sejak dini, untuk memastikan bahwa anak tumbuh menjadi pribadi yang peduli pada orang lain. 

Empati adalah salah satu sifat baik yang bisa menjamin bahwa anak akan menjadi pribadi yang disukai orang disekelilingnya. Terlebih bisa menempatkan diri pada posisi orang lain yang merupakan dasar utama dalam membangun kepedulian anak-anak terhadap orang lain.




Untuk semua itu ditentukan peran orang tua yang bisa menjadi rolemodel dan memberikan asupan nutrisi yang lengkap. Dan dibulan Ramadhan ini adalah moment yang tepat untuk kita mengajarkan si kecil lebih berempati. Bebelac mengajak kita orang tua untuk mengasah kebesaran hati dan daya pikir dengan stimulus yang tepat sesuai tahapan usia mereka. 

Dan Bebeblac berkomitmen untuk mendukung ibu dalam menyediakan nutrisi yang tepat agar kebesaran hati sikecil berkembang seiring kemampuan berpikirnya. Hal tersebut diutarakan oleh Ibu Deska Hapsari Nugrahaini, selaku Marketing Manager Bebelac, di acara Aksi Hebat Ramadhan Bersama Bebelac di Hotel Four Points Jakarta pada tanggal 16 Mei 2019. Selain Ibu Deska, hadir juga 

  • Roslina Verauli, M. Psi sebagai Psikolog
  • Prof. Dr. dr Saptawati Bardasono , M.Sc sebagai Dokter Pakar Nutrisi.
  • Shireen Sungkar, Brand Ambasador Bebelac juga seorang Ibu dari 3 orang anak.

tips menumbuhkan rasa empati pada anak
Ibu Roslina Verauli, M.Psi
Kata Ibu Verauli ada beberapan tahapan perkembangan empati pada anak, seperti secara refleks ikut menangis ketika mendengar anak lain menangis, berempati tanpa batas,  berempati namun masih bahwa dalam sudut pandangnya, kemudian semakin berempati dalam cara yang tepat dan terakhir. Dan pada usia 3 tahun, anak berubah dari membuat gerakan fisik yang menandakan mereka peduli, dan mulai berpikir tentang perasaan orang lain yang terhubung dengan perasaan mereka sendiri.



Ada banyak tips menumbuhkan rasa empati pada anak yang dapat kita lakukan yaitu: 


Orangtua memberi contoh empati (rolemodel)
Orangtua adalah tempat pertama anak mempelajari segalanya, Oleh sebab itu, demi menanamkan sikap baik pada anak, orangtuapun harus memberi teladan yang baik. 

Mengenali kebaikan
Saat anak berbuat kebaikan, ada baiknya kita memujinya dan mengatakan bahwa itu adalah hal yang baik. Seperti berbagi mainan dan makanan saat sedang berkumpul bersama teman

Membantu memahami kosa kata emosi
Anak kecil belum memiliki banyak kosa kata pada apa yang ia rasakan, bantulah anak untuk menamai berbagai emosi yang ia miliki, untuk mempermudah anak memahami perasaannya sendiri.

Cobalah membuat semacam kartu emosi, yang berisi gambar ekspresi wajah orang dengan nama emosi yang tergambar dalam eskpresi tersebut. Seperti sedih, marah, bahagia dan sebagainya, kita juga bisa menambahkan dengan gerakan tubuh, atau ekpresi wajah kita sendiri untuk memberi gambaran yang lebih jelas pada anak.

Memberikan pujian atas perbuatan baik 
Memuji atas kebaikan yang dilakukan anak memang penting. Namun jangan sampai berlebihan, karena bisa mengalihkan perhatian anak dari tujuan kita untuk menanamkan empati padanya.

Memahami apa yang dirasakan anak
Saat tengah hari, dan anak merasa kelelahan. Ada baiknya orangtua mengatakan bahwa anak kita butuh istirahat, katakan bahwa ia juga pasti akan merasa lelah dan ingin tidur setelah beraktifitas seharian.

Mengucapkan terima kasih
Ajaran sederhana untuk mengucapkan terima kasih pada seseorang saat diberi sesuatu, juga bisa mendidik anak untuk bersikap empati. Dia akan mensyukuri setiap hal kecil yang ia terima dari orang lain.

Ajari anak untuk menghargai perbedaan
Ada baiknya untuk mengajari anak untuk menghargai berbagai perbedaan ini sejak dini. Sebelum memasuki usia sekolah, ajari dia bahwa dia nanti akan bertemu dengan berbagai macam orang dan latar belakang.

tips menumbuhkan rasa empati pada anak
Fashcard Bebelac
Ada tahapan tumbuh kembang sikecil yang bisa kita terapkan juga sesuai tahapan usia sikecil di flashcard Bebelac yang ditulis langsung oleh Ibu Verauli, berisikan materi yang dapat digunakan untuk orangtua dalam memberikan stimulus seimbang dari aspek IQ (intelectual Quotient), EQ(Emotional Quotient) dan SQ (Spritual Quotient). Didalamya terdapat juga ada tips menumbuhkan rasa empati pada anak.  Untuk materi ini kita bisa juga unduh di laman bebeclub.co.id.

Kemudian kata Ibu dr Sapta, menjelaskan bahwa usia diatas setahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi dan sosial berkembang sangat pesat. Untuk dibutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Seperti gambar dibawah ini untuk usia anak lebih dari 1 tahun.

tips menumbuhkan rasa empati pada anak

Selain itu juga menjaga saluran pencernaan sama pentingnya karena mampu mempengaruhi kemampuan daya pikir dan emosi sikecil, karena usus adalah organ kompleks dan penting. Organ ini katanya memiliki 60 - 70% sel imun, 100 juta neuron dan menghasilkan 95% serotonin tubuh untuk mempengaruhi mood atau emosi sikecil. Oleh karena itu harus dipenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien , termasuk asam lemak esensial (AA, DHA) , asam amino esensial, tambahan vitamin , mineral dan prebiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Kata Shireen dalam mengasuh 3 anaknya berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, agar menjadi anak-anak yang cepat tanggap dan cerdas tentunya. Dalam kehidupan sehari-hari saya berusaha memberikan contoh yang baik bagi anak-anak menjelaskan kepada mereka rasa empati dan peduli terhadap sesama. Terlebih kepada saudara yang tinggal dirumah.
tips memberikan rasa empati pada anak
(ki-ka) : Shireen Sungkar, Ibu Verauli, Ibu Prof Sapta dan Ibu Deska
Nah terkait nutrisi, susu Bebelac yang dilengkapi fish oil serta omega 3 & omega 6 yang ditingkatkan , FOS : GOS 1:9 yang dipatenkan serta vitamin dan mineral yang merupakan sumber nutrisi sikecil. ada tahapan susu pertumbuhan Bebelac .

Susu pertumbuhan Bebelac terbagi :
Bebelac 3
Susu pertumbuhan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan mendukung tumbuh kembangnya di usia 1-3 tahun. Tersedia dalam rasa vanilla dan madu.

tips memberikan rasa empati pada anak

Bebelac 4
Susu bubuk untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan mendukung tumbuh kembangnya di usia 3-6 tahun. Tersedia dalam rasa vanilla dan madu.

tips memberikan rasa empati pada anak
Bebelac 5
Susu bubuk Bebelac 5 diperuntukkan untuk usia sekolah dengan lebih tinggi zat kalsiumnya dibandingkan dengan Bebelac 4

tips memberikan rasa empati pada anak

Bebelac Gold
Bebelac Gold Baru diperkaya dengan Advansfiber, membantu mengurangi risiko konstipasi, membantu memenuhi kebutuhan serat, serta mendukung perkembangan otak agar Si Kecil menjadi anak hebat.

tips memberikan rasa empati pada anak

Bebelac GO!
Susu UHT diformulasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil yang sudah memiliki berbagai aktivitas, dalam format siap minum yang praktis untuk bepergian atau untuk bekal di sekolah.

tips memberikan rasa empati pada anak

Melalui kegiatan Bebelac Ramadhan Campaign yang sudah dilakukan sejak tahun 2016 kata Ibu Deska menutup pembicaraannya berharap semakin banyak orang tua yang memahami cara mengasah kemampuan daya pikir sikecil seiring dengan aspek kebesaran hati, sehingga semakin banyak anak Indonesia tumbuh menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap
tips memberikan rasa empati pada anak
Ibu Deska Hapsari Nugrahaini
tips memberikan rasa empati pada anak

Semoga tips menumbuh empati pada anak dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai orangtua, jangan lupa juga memberikan asupan nutrisi sehari-hari yang lengkap dan menambahkan asupan seperti susu pertumbuhan Bebelac.

23 comments :

  1. Bener banget ini Mak.
    Empati emang kudu ditumbuhkan sedari dini.
    Parents wajib jadi role model buat anak yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. setuju banget sama point2 dalam membentuk empati pada anak.. karena jaman sekarang gitu ya. Anak bisa gampang sekali terpengaruh lingkungan teman2nya kalao gak kita ajak share.. ttg berbagai hal.. dan bisa mengantisipasinya.

    ReplyDelete
  3. Menumbuhkan empati yg tinggi ini sama saja dengan mengasah kecerdasan emosi anak ya. Terima kasih sharing ilmunya. Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  4. Setuju mba.. salah satu yang srkarang digalakan adalah kecerdasan emosional yang salah satunya menyangkut empati. Memang anak perlu dilatih kepekaan sosialnya, tidak hanya nilai raport yang dipikirkan ya

    ReplyDelete
  5. Wahh makasih referensinya. Aku jg sampai skrg masih belajar bagaimana mengajarkan empati sama Narend. Kadang masih satu atau 2 hal yg terlupa dr list diatas

    ReplyDelete
  6. bener banget. peran orangtua penting untuk menumbuhkan empati. aku termasuk yg salah asuhan, dibesarkan tanpa empati. beruntung ketemu jodoh yg tepat dan disadarkan, kembali ke jalan yg benar :D

    ReplyDelete
  7. Itulah kenapa orang tua terutama ibu harus banyak membaca dan belajar tentang gaya pengasuhan ya, agar lebih banyak lagi anak Indonesia yang tumbuh hebat sekaligus berbudi luhur

    ReplyDelete
  8. Wah empati memang harus ditanamkan sejak kecil pada anak ya? Tugas ortu itu berat

    ReplyDelete
  9. Mau flashcard Bebelac dong. Bisa didapat di mana ya?
    Btw, orang tua menjadi role model anak ini penting supaya si anak mudah menerapkan empati dalam kesehariannya.

    ReplyDelete
  10. Menumbuhkan rasa empati pada anak ini memang sangat diperlukan ya mbak Uti, supaya anak juga peka dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  11. Noted mba. Sebagai calon ibu penting banget tahu produk susu yg mana yang paling berkualitas dan dipercaya para bunda Indonesia ��

    ReplyDelete
  12. Mengucapkan terima kasih kepada anak itu mneurutku memang penting banget, mba. Anak juga semakin belajr menghargai :)

    ReplyDelete
  13. Kadang anak-anak tuh peniru yang cerdas, dari orang terdekat seperti orang tua atau yang menemaninya sehari-hari. Seperti mengucapkan terima kasih, minta tolong, trus meminjamkan mainan pada temannya. Mereka belajar dari orang terdekat

    ReplyDelete
  14. Aku jadi inget 3 kata ajaib, "maaf, tolong sama terimakasih" ini juga buat ngajarin anak-anak untuk punya empati yang tinggi. Suka amaze aja kalau liat anak-anak udah bisa ngomong gini. Ortu yang bisa ngajarin empati sejak dini ini luar biasa

    ReplyDelete
  15. Peran serta orang tua dalam mencontohkan berbagai kebaikan amat berpengaruh ya ternyata bagi pertumbuhan empati anak. Mereka akan mencontoh hal2 baik dari orang tuanya dan belajar mengelola emosi sesuai dengan yang diajarkan sejak kecil.

    ReplyDelete
  16. Anak cerdas memang tanggapnya lengkap ya. Gak cuma otaknya, tetapi juga empati dari hati.

    ReplyDelete
  17. Menumbuhkan empati pada anak itu sangat penting ya mba. Anak jadi lebih sensitif dan tanggap

    ReplyDelete
  18. Iya banget...
    Sebenarnya kita orangtua ini gak perlu kebanyakan ngomong ya...
    Cukup memberi contoh melalui perbuatan...dan itu langsung terekam kuat di benak anak-anak.

    ReplyDelete
  19. Salah satu cara yang ampuh menumbuhkan rasa empati pada anak adalah dengan mencontohkannya ya...
    Karena anak itu peniru ulung hehehe

    ReplyDelete
  20. Iya,,empati memang harus ditumbuhkan sejak dini, orang tua dan orang-orang di sekitar si kecil yang harus mencontohkannya.

    ReplyDelete
  21. Anakku sudah pernah pake bebelac cocok pencernaannya lancar... Enak juga kata anakku

    ReplyDelete
  22. Ngomongin Bebelacjadi ingat ini susu kesukaan anak saya pas usia-usia 4 tahun. Setiap bulan saya ngeborong berkaleng-kaleng besar tapi ya habis terus karena emang kesukaannya.

    ReplyDelete
  23. Empati pada anak ini memang harus dilatih dan ditumbuhkan sejak kecil ya, Kak. Terima kasih banyak informasinya yang lengkap banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ