Tuesday, 28 May 2019

Memasak Jadi Mudah dengan Rice Cooker Cosmos Harmond

Bulan ramadhan pastinya identik dengan memberikan masakan special bagi keluarga apalagi anak-anak agar tambah semangat puasanya. Dan ramadhan kini  sudah memasuki hari ke 20, biasanya memasak mulai kendor karena sibuk membuat kue untuk hari raya. Nah saya akan memberikan tips jitu bagaimana mesak jadi mudah dengan rice cooker  cosmos harmond, cepat dan hemat listrik?
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Kali ini saya akan mencoba memberikan resep memasak nasi uduk yang merupakan favorit keluarga dengan menggunakan rice cooker Cosmos karena terbukti cepat dan praktis. Nasi uduk   adalah favorit keluarga kebetulan karena suami berasal dari Betawi asli, Nasi uduk merupakan menu yang ada setiap minggunya. Bahkan kalau bukan bulan puasa Nasi uduk dibuat untuk sarapan. Jadilan Nasi uduk ini jadi favorit keluarga saya terutama anak-anak.



Lain halnya dengan Ibu saya yang tinggal di Kuningan, Jawa Barat, biasanya membuat nasi uduk dibulan Ramadhan ini dibagikan untuk orang-orang yang membangunkan sahur. Setiap 10 hari pertama, kedua dan ketiga. Dan itu selalu rutin dilakukan setiap tahunnya. katanya sebagai bentuk rasa terimakasih dan rasa syukur.


memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond


Memasak Jadi Mudah dengan rice cooker Cosmos Harmond



Teman pernah mendengan slogan “ingat beras ingat Cosmos”. Slogan itu melekat dari saya kecil hingga saya berkeluarga. Ibu saya mempunyai tempat beras cosmos dan sampai sekarang tempat beras itu masih ada, walapun usianya sudah puluhan tahun. Itu juga nih  yg jadi alasan kenapa saya memilih Rice Cooker Cosmos Harmond variant Cosmos CRJ-6288?



Cosmos CRJ-6288 merupakan rice cooker cosmos yang menggunakan  teknologi Harmond yang artinya rice cooker  tidak menggunakan bahan non stick / anti lengket untuk panci masaknya. Jadi panci Harmond itu dapat disebut sebagai “Panci Sehat” karena tidak menggunakan PFOA – aman bagi kesehatan. 

Apa itu PFOA adalah bahan kimia yang tidak bisa di urai didalam tubuh. PFOA termasuk sangat berbahaya karena bisa mentransfer bahan kimia ke janin. Selama bahan PFOA masih tetap dipakai sebagai bahan baku utama anti lengket, karena hampir semua bahan anti lengket bisa dipastikan menggunakan PFOA.

Nah dengan teknologi Harmond juga anti gores diproses dengan teknologi tinggi dengan pori-pori yang hampir tertutup rapat sehingga sekeras berlian dan tidak dapat tergores. Panci dengan teknologi Harmond ini terbuat dari bahan food grade yang tidak menimbulkan teaksi kimia/racun bagi makanan dan teknologi menjadikan panci dapat menghantarkan panas dengan lebih baik sempurna, merata sehingga lebih menghemat listrik 
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Kelebihan lain dari Cosmos CRJ 6288 ini
  • Tongolan yang mengatur sirkulasi panas untuk nasi yang lebih pulen.
  • Pada tutup ada steam hole lubang luar
  • Dew Collector penampung uap air yang menjaga panci agar tetap bersih
  • Dilengkapi dengan gelas ukur, pengukus dan sendok nasi
  • Daya masukan listrik yang hemat 400 watt
  • Selain memasak nasi Rice Cooker CRJ 6288 ini multifungi, memasak, mengukus, menghangatkan dan menggoreng
Nah kemarin saya membuat Nasi uduk lengkap dengan lauhnya untuk buka dan sahur juga tidak lupa berbagi dengan tetangga.
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Resep Nasi Uduk Betawi
Bahan-bahannya
  • Beras 1 liter
  • Santan kental dari 1/2 kelapa atau 2 buah santan siap jadi
  • Jahe
  • Salam
  • Sereh
  • Garam secukupnya
Cara membuatnya
  • Rendam beras terlebih dulu diwadah terpisah selama kurang lebih 1 jam, kemudian cuci bersih. Sisihkan
  • Masak santan kental tambahkan 2 gelas air belimbing masukkan sereh, jahe yang sudah digeprek, kemudian daun salam tambah garam sedkit, aduk terus jangan sampai santan pecah. Dan ini dilakukan di panci cosmos setelah panas masukkan beras, koreksi air jika, biasanya 2 ruas jari dari permukaan nasi. 
  • Kemudian tekan tombol ke arah cook, tunggu sampai 20 menit Nasi uduk siap dihidangkan. 
  • Atau ada juga cara lain yang santannya tidak dimasak terlebih dulu, kalau saya kenapa santan saya masak? ini dilakukan agar nasi uduk terasa lebih gurih. Bisa juga dengan cara lain yaitu setelah beras dicuci langsung dimasukan ke dalam panci cosmos kemudian tambahkan santan, jahe, sereh, daun salam dan sedikit garam. aduk didalam panci kemudian tekan tombol cook.
Biasanya nasi uduk selalu saya campur degan irisin dadar telur, ayam goreng, bihun goreng dan tempe orek kering, ditambah sambal kacang. Kalau makan ini anak-anak selalu lahab makannya.
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Oh iya 1 liter nasi uduk ini bisa untuk porsi 4 orang untuk buka dan sahur. Selamat mencoba. Dan jangan lupa jika ingin membeli produk Cosmos bisa dibeli toko elektronik terdekat, supermarket, atau e-comerce seperti lazada, tokopedia, bukalapak, shopee (Official Store Cosmos), kisaran harganya kira Rp 410.000,-

Untuk keluarga tercinta tentunya dapur menjadi jantung didalam rumah karena semua sumber yang masuk kedalam tubuh kita olah disana untuk itu sebagai ibu yang peduli dengan keshatan, tentunya harus memilih peralatan memasak yang aman dan sehat untuk keluar seperti Rice Cooker Cosmos CRJ-6288 ini. Yang membuat kita memasak jadi lebih mudah dengan rice cooker cosmos harmond dan hemat listrik lagi.






32 comments :

  1. Ulalaaaaa, rice cooker Cosmos ini udah modelnya cantik banget, dan handal buat perdapuran ya Maaak.
    Aku juga pengin masak nasi uduk, nyam nyam nyaaammm
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Aku juga pakai Cosmos nih di rumah. Awet banget memang. Tapi belum pernah coba bikin nasi uduk pakai magic com. Kayaknya seru deh

    ReplyDelete
  3. Saya tuh suka bikin nasi uduk, nasi kuning pakai rice cooker, praktis! Hehehe reviewnya rice cooker Cosmos menariik banget, masukin list kalau di rumah udah rusak. ^^

    ReplyDelete
  4. Keknya resep bikin nasi uduknya perlu diterapin deh di rumah
    Dari dulu pengen aja nyobain bikin nasi uduk, tapi ga berani, hhaaa. Skrg ada rice cooker sendiri dari Cosmos jadi pengen bikin nasi uduk deh ini hheheee

    ReplyDelete
  5. wah asyik nih ada resep nasi uduk praktis. Masaknya juga cuma pakai rice cooker. Makasih info dan resepnya ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah bikin nasi uduk karena ribetnya itu yang bikin saya malas buat. Tapi setelah baca resep dan cara pembuatan nasi uduk di sini, saya jadi pengen buat juga. Ternyata praktis.

    Sloga Cosmos itu memang melekat banget. Dari kecil masih terngiang sampai sekarang ini.

    ReplyDelete
  7. Jadi inget dulu bikin nasi uduk ribet, hihi. Bikin buat selamatan si dedek. Tahu gitu saya juga bikin pakai cosmos, segampil ini ternyata

    Salam manis,
    Artha

    ReplyDelete
  8. Seriusan ini mbak Uti bisa langsung masak nasi uduk? Kapan lagi dong masak nasi uduk pakai Cosmos, nanti aku dateng kerumah deh. Tapi aku malahan pengen beli si Cosmos buat dirumah, ketauan dah anaknya males banget maunya yang serba cepat.

    ReplyDelete
  9. Aku mau dong dikirimin nasi uduk, mbaa. Jadi nggak hanya dapat gambarnya saja. Hehhe. Rice cooker ini pilihan banget mba karena produk Cosmos itu emang bagus bagus

    ReplyDelete
  10. Cosmos emang awet ya mba.. mamaku dari jaman aku kecil pake cosmos masih awet sampe sekarang

    ReplyDelete
  11. Thanks mba utie resep nasi uduk nya, nanti ku coba bikin nasi uduk di rice cooker cosmos ku. Baru tau kalau nasi uduk bisa dibikin pakai rice cooker. Lebih efisien

    ReplyDelete
  12. Wuaah, rice cookernya bisa untuk goreng juga? keren bangettt...

    ReplyDelete
  13. Aku ingat banget tagline itu, "Ingat beras, ingat Cosmos"

    Cosmos, bahkan jadi rice cooker pertama aku, beberapa tahun lalu, yang masih hanya ada satu tombol 'cook', tanpa tombol 'warm'

    Sekarang pun masih pakai Cosmos, namun yang ukuran mini dan cuma bisa memasak dan menghangatkan ^^

    ... baru tahu kalau Cosmos CRJ 6288 bisa juga untuk mengukus dan menggoreng.

    Keren kali!




    ReplyDelete
  14. It must be fun to have this new appliance in your kitchen so that you can create so many recipes that your love

    ReplyDelete
  15. Dulu Mamahku jualan nasi uduk Betawi di depan rumah buat biayain aku sekolah. Tapi aku sendiri ga bisa bikin nasi uduk. Sekarang tinggal di Solo, jarang yang jual nasi uduk betawi. Suka kangen dan baper pengen makan nasi uduk. Resepnya ku simpan yaa nanti coba ku bikin sendiri

    ReplyDelete
  16. Jadi praktis banget nih masak nasi uduknya pake rice cooker Cosmos. Nggak takut gosong dan kurang airnya. Bisa ditinggal mengerjakan pekerjaan rumah yang lain juga.

    ReplyDelete
  17. Way bisa bikin apa aja ya dengan Cosmos Rice Cooker ini. Awet pulak

    ReplyDelete
  18. Aaaakkk ngiler. Enak ya pakai inu secara rice cookerku dah rusak dan perlu diganti huhuhu

    ReplyDelete
  19. Ya ampun aku typo mba. Ini maksudnya 😂😂
    Fixlah aku ganti rice cooker cosmos
    Komen bersambung xD

    ReplyDelete
  20. Nyaamm nasi uduknya menggoda. Apalagi kalau lauknya bisa lengkap gtu. Oh bisa beda gtu ya santan yang dimasak bisa bikin gurih? Kirain cuma biar cepet matangnya aja.

    ReplyDelete
  21. Mantap ini menu berbukanya, kak Utie...
    Aku jadi keidean bikin...tapi belum punya Rice Cooker cakep macam ini...
    Cosmos CRJ 6288.

    ReplyDelete
  22. Aku juga bikin nasi uduk pakai Cosmos, tapi beda seri kayaknya. BEntuknya beda soalnya mbak.Yang penting sih tetap masak sempurna, kayak orang jual di luar itu. Rasanya juga enak, hihiii

    ReplyDelete
  23. Cakep banget warna rice cooker cosmosnya mba, jadinya bisa masak menu kesukaan ya. Dan ini nasi uduknya bikin ngiler nih

    ReplyDelete
  24. Cakep banget warna rice cooker cosmosnya mba, jadinya bisa masak menu kesukaan ya. Dan ini nasi uduknya bikin ngiler nih

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Sebagai seorang ibu, selain harus menyediakan makanan yang sehat, juga harus bisa menggunakan perlengkapan yang sehat dan aman seperti cosmos ya...

    ReplyDelete
  27. Oh harganya under 500 rebu yak Mak ? Terjangkau sih apalagi model rice cookernya cute ! Kebetulan punyaku juga Cosmos. Mau ganti yg literannya lebih besar karena mulai berasa anakku makannya uakeeeh.

    ReplyDelete
  28. Aduh lezatnya mbaa Utie
    Pengen juga hahahha bikin menu itu dwngan cosmos pupa
    Jadinya jadimlwbih cepat dan naainya pasti lembut banget

    ReplyDelete
  29. Warnanya imut banget...girly. sy juga d rmh pake rice cooker cosmos tp model lama warnanya abu2 putih heheh

    ReplyDelete
  30. Girly banget yah, lucu. Di rumah saya pakai merk Cosmos juga udah 11 tahun masih awet, alhamdulillah

    ReplyDelete
  31. Baru tahu bisa masak nasi uduk di rice cooker.
    keren ya cosmos, nanti mau coba juga masak nasi uduk.

    ReplyDelete
  32. terima kasih atas resepnya min.... ijin share min

    ceme online

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏