Jalani Hidup Apa Adanya untuk Meraih Impian

Jalani Hidup Apa adanya Untuk Meraih Impian
Haii.. semua, saya mau berbagi pengalaman yang membuat sangat bersyukur dikelilingi keluarga yang menyayangi terlebih teman-teman yang baik hati. Dulu sewaktu kuliah saya memiliki soarang teman bahkan lebih dari sekedar teman. Teman rasa saudara, darinya saya mendapatkan banyak pelajaran. 

Dia jauh dari orangtua anak rantau, bekerja siang hari dan malamnya melanjutkan kuliah. Punya moto hidup Jalani hidup apa adanya. Dari gaji yang tidak terlalu besar tetapi bisa hemat, bisa bayar kuliah, bayar kost bahkan mampu mengirimi setiap bulan untuk orangtuanya di Jogja. Orangnya enak sekali diajak bicara selalu ngalir, berteman dengannya tanpa syarat ketetentuan apapun sudah seperti saudara kandung.
Jalani hidup APA adanya untuk meraih impian im3oredooo

Waktu itu sempat berpikir kok bisa, karena saya yang tinggal di rumah kakak saja kadang masih minta ongkos untuk berangkat kerja, kalau pas bayar semesteran. Saya dan Zee jadi akrab karena satu jurusan, dan beberapa kali bermalam di kost-an ketika pulang kuliah larut malam. Sampai akhirnya saya tahu kunci keberhasilannya.

Dia pernah bilang dan itu akan saya  ingat sampai sekarang “Ngejalanin hidup apa adanya ini seperti yang sudah ditentukan sama yang diatas bukan berarti kita berleha-leha, terus tanpa tedeng aling-aling menghalalkan segala cara yang terpenting harus menjadi diri sendiri tanpa kepura-puraan untuk memaksakan mengikuti gaya hidup yang saat ini. Aku lahir dari keluarga sederhana, sebisa mungkin aku harus menahan keinginan yang tidak perlu. Kadang kita memenuhi yang kita inginkan, bukan yang kita butuhkan.”

Iya juga sih kadang dulu saya masih, belum bisa ngerem kalau ada sale di mall, lebih sering nongkrong di cafĂ©. Tapi setelah mengenal Zee lambat laun kebiasaan itu terhenti. Ternyata selain bekerja, Zee sering mengikuti kompetesi design busana. Sampai pada suatu saat karyanya menjadi yang terbaik dan mendapatkan beasiswa sekolah di Perancis selama 2 tahun. Dan Zee memilih pergi, keluar dari tempat kerja cuti kuliah dan pergi ke Perancis. “Ini impian aku Tie, menjadi designer, aku ingin orang-orang nanti memakai lebel aku, atau paling tidak nanti aku punya butik.”

Pasti cerita seakan seperti sempurna, tapi sebetulnya ada kegigihan, perjuangan dan kesabaran. Disaat menerima gaji dia harus menghitung beberapa persen untuk kepentingan yang lain, bukan untuk dirinya sendiri. Selalu baik hati terhadap siapapun, tidak pernah iri. Sampai pada akhirnya membuahkan hasil Juli tiga tahun yang lalu saya diundang ke Jogja dan untuk menghadiri pembukaan butiknya. Sedih, haru dan bangga menjadi teman terbaiknya.

Dari cerita diatas saya mencoba merangkum dan membagi tips agar kita bisa jalani hidup apa adanya, yang mungkin nanti bisa bermanfaat bagi yang membaca blog saya.

Tips Jalani Hidup Apa Adanya untuk Meraih Impian

Terima diri sendiri apa adanya
Ini point terpenting, Jika kita selama ini berpura-pura menjadi orang lain karena menganggap diri banyak kekurangan, hentikan sekarang juga. Karena pastii makan waktu dan butuh biaya besar. Jangan mengeluh. Jangan marah. Jangan malu. Dengan menerima semua kekurangan yang dimiliki, jujur dan mempercayai diri sendiri untuk bahagia. Kalau bukan kita, siapa yang akan menerima diri sendiri selain kita. Hidup dalam topeng itu pasti letih.

Jangan pernah merasa iri.
Hampir setiap orang pernah merasa iri terhadap apa yang terjadi pada orang lain. Namun, jika kita cerdas akan mengubahnya menjadi motivasi. Bagaimana cara menghilangkan rasa isi dan memotivasi diri?. Rasa iri sangat wajar dimiliki oleh setiap orang. Sebenarnya rasa itu tidak selalu diartikan negatif, sebab rasa iri dapat memberikan informasi berharga bagi kita dan memberikan petunjuk apa yang kita inginkan sebenarnya,

jalani hidup apa adanya untuk meraih impian im3 ooredoo

Selalu Berpikir postif
Selalu berpikir positif memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama ketika sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit memaksa kita cenderung berpikiran negatif. Hal tersebut berpotensi membuat diri menjadi mudah cemas, khawatir, dan tertekan. Padahal, berpikir positif dapat memberi pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis kita. Pola pikir ini juga bisa membuat kita lebih menikmati hidup.

Selalu Bersyukur.
Terkadang kita sering lupa untuk sekadar bersyukur, padahal apa yang kita dapatkan sekarang itu pasti sudah kehendak yang diatas, dan jika kita menerimanya nikmat itu akan bertambah setiap harinya.

Ketika kita bisa menjalani itu semua sudah pasti kita bisa jalani hidup dengan bahagia memang tidak mudah tetapi kalau berusaha pasti bisa. Seperti saat ini ketika saya memutuskan berhenti bekerja setelah punya anak. Awalnya bingung, apakah bisa? Dan bagaimana nanti hidup hanya mengandalkan uang suami?

Tetapi berusaha untuk tidak membuat rumit, menjalani hidup apa adanya, pada akhirnya rezeki datang sendiri, betemu teman SMA, mendapatkan tawaran menjadi freelance script writer di sebuah perusahaan agency dan bisa menyalurkan tulisan lewat blog. Dan juga Zee teman saya yang pada akhirnya bisa mewujudkan impiannya membuka butik sendiri. 

Intinya hidup harus kita buat sesimple mungkin, mencoba menjalani dengan apa adanya. Pasti ada jalan keluar dan kita bisa menikmati apa arti hidup itu sendiri, merasakan kebahagian yang telah diberikan, seperti halnya IM3 Ooredoo yang melengkapi dan menghadirkan produk telekomunikasi yang simple, bebas syarat ketentuan seperti freedom internet, dan selama ini mendukung kegiatan saya selama bekerja di kantor maupun dirumah.

27 comments

Lidya Fitrian said...

Kalau udah baca ada syarat dan ketentuan males banget deh ya apalagi sama kuota jatuhnya kaya boong2an. Di jaman WFH kaya gini butuh banget kuota yang jujur tanpa pura-pura

Yeni Sovia said...

Bener mba berpikir positif itu penting untuk kita meraih mimpi kita ya dan aku suka banget ikh ama indosat im3 ooredoo yang ngajak kita berani jalanin hidup adanya tanpa kepura-puraan. Karena kepura-puraan itu melelahkan ya

nurul rahma said...

Yap! Jalani hidup apa adanya.
Berupaya maksimal emang penting, tapi kata kuncinya adalah:
Just be the best version of yourself!

Lianny said...

Hidup harus disyukuri ya dan tetap berpikir positif tiap hari.
Btw freedom internet memang sangat mendukung kegiatan anak-anak belajar di rumah saat pandemi covid-19 sekarang ini.

Mugniar said...

Ah, setuju sama semua hal di atas, Mbak Utie. Itu pun kunci kesuksesan temannya ya Mbak, masya Allah beliau sudah punya butik m

Keke Naima said...

Iri hanya menguras hati ya, Mbak. Mendingna jadi apa adanya kita aja, deh

Sapa Dunia said...

Saya ga nyesel jd pelanggan Indosat Ooredoo, smp skrg blm ada rencana pindah

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Emang udah paling bener deh kita tuh menjalani hidup apa adanya saja, karena bisa bikin lebih happy kalau kataku. Aku selalu mencoba membuat instagramku sama persih dengan kehidupanku, jadi orang kalau tau aslinya ya sama dengan medsosnya.

Eviindrawanto.Com said...

Ada jalan khusus dan unik dan harus kita lewat dalam meraih impian. Kadang sukar dan berliku. Yang ngotot pada mimpinya jalan-jalan tak mudah itu bukan apa-apa ya Mbak

Andiyani Achmad said...

ini bener banget sih mba tips menjalani hidup apa adanya biar cita-citanya terwujud ya

Lina W. Sasmita said...

Alhamdulillah selalu bersyukur dan positif menerima apapun yang telah ditakdirkan oleh Allah SWT akan membuat seseorang semakin membaik.

Ade UFi said...

Suka dengan tips keduanya, Mba. Bener banget jalani hidup apa adanya itu yaaa ga boleh iri dengan kehidupan orang lain. dia ya dia.. kita ya kita.. beda.

Indah Nuria Savitri said...

Never ever forget to be grateful for every single thing in life...semangaaat selaluuu

Neti Suriana said...

Jalani hidup apa adanya, ih suka banget dengan kalimat ini. Intinya ngak perlu memaksakan kehendak, tapi tetap harus bersungguh-sungguh menjalani hidup. Krn hidup apa adanya bukan berarti pasrah gitu aja pada keadaan.

Jiah Al Jafara said...

Selalu bersyukur itu wajib
Sejauh ini aku menjalani hidup apa adanya. Pernah merasa iri pada kehidupan orang lain. Tapi akhirnya sadar bahwa itu racun. Jadi ambil positifnya saja

Rachmanita AdindaRara said...

Yap bener banget jalani hidup harus dengan penuh syukur dan apa adanya ya mbak karena emang ya harus seperti itu

Lina sophy said...

Hidup apa adanya, tanpa pura-pura. Ini kebahagiaan yang hakiki mbak. Ehehe. Btw, saya juga setia nih sama indosat, sinyal paling stabil dan harga masih bersahabat ��

echaimutenan said...

Lanang mau posting thinking terus rang Rada Susah ya mak. Tapi tetep kudu dicoba.
Soale jadi diri sendiri yang hepi pasti menyenangkan

Dian Restu Agustina said...

Hidup dibuat sesimple mungkin, jalani dan syukuri, berpikir positif hingga teraih mimpi. Reminder ini:)

Damar Aisyah said...

Menerima diri apa adanya itu memang tidak mudah tapi membawa kenyamanan. Coba saja kalau kita tidak tampil sebagai diri sendiri, tidak menerima kodrat diri, mesti malah gak tenang karena main pencitraan terus.

April Hamsa said...

Kunci hidup damai emang ya itu ya selalu bersyukur dan gak halu sama kondisi.
Btw mbak aku penasran produknya IM3 Oreedoo ini apa semua unlimited atau paketnya harganya miring gtu kah? Kok dibilang tanpa S dan K?

Naqiyyah Syam said...

Ya Allah benar banget rasa bersyukur itu membuat menjalani hidup ini lebih berarti dan semangat soalnya kalau terlalu melihat ke atas, hidup akan semakin sulit.

Dzulkhulaifah said...

Kalau lihat medsos kadang suka ngerasa iri sih Mba Utie sama milik orang lain, karir orang lain, pencapaian orang lain. Hahaha. Tapi semua harus balik ke diri kita sendiri sih, ya. Mau sampai kapan kita terus-terusan nggak bersyukur seperti itu. Dan pada akhirnya 'merasa cukup' serta bersyukur adalah yang terbaik. Mari kita bahagia menjadi diri sendiri.

Milda Ini said...

Berpikir positif itu penting sekali ya Mbak karena dia akan memberikan imun yang baik untuk diri kita sendiri Ini bukan saja baik untuk kita tapi juga bisa menimbulkan kebaikan untuk orang lain

Utie Adnu said...

Iya bnget mba....mau nya free yaa

khairiah said...

untung ada IM3 yang bikin kita hidup apa adanya bukan ada apanya, apalagi masa dirumah aja yang perlu banget paket internet yang gede tapi harganya murah

Ade Naro said...

pentingnya berpikir positif demi ketenangan pikiran kita, lebih banyak bersyukur terhadap keadaan hidup