PJJ Makin Kreatif dengan Advan Tab Sketsa2

PJJ Makin Kreatif dengan Advan Tab Sketsa2
Hai semua semoga selalu sehat-sehat ya,, kemarin kita sudah hampir mau bernafas lega ya karena kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dimulai, baru berjalan 2 minggu tiba-tiba ada pengumuman lagi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan diberlakukan lagi.

Sedih memang ya, baru melihat semburat bahagia anak-anak bertemu dengan teman-teman dan gurunya ternyata harus kembali belajar di rumah. Sambil menunggu kebijakan yang baru lagi.
advan-tab-sketsa-2

Seperti yang kita ketahui PJJ itu tidak mudah baik bagi anak-anak, orangtua bahkan juga gurunya semua merasakan kesulitan. Rasa jenuh, dan sulit konsentrasi pasti mendominasi ya.

Walaupun hal ini sudah berlangsung hampir 2 tahun ada baiknya nih kita bisa hidupkan lagi PJJ yang nyaman juga kondusif bagi anak-anak agar mereka lebih nyaman dan tentunya juga orang tua jadi tidak terlalu repot.

Harus banget memang ada kerjasama seisi rumah bukan hanya anaknya tetapi saudara misalkan kakak dan adik juga orang tua harus membuat suasana yang nyaman.

Tips Mendampingi Anak Belajar Online
Nah, agar semua proses belajar tetap efektif meskipun dilakukan di rumah, perlu mengetahui tentang tips mendampingi anak belajar online

Ciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Tips mendampingi anak belajar online yang pertama adalah dengan mempersiapkan suasana belajar yang kondusif, nyaman, dan aman. Karena terkadang, anak mungkin akan merasa cepat bosan ketika terpaksa harus berdiam diri di rumah.

advan-tab-sketsa-2-tablet-murah
Sediakan cemilan kesukaan saat PJJ

Oleh karena itu, persiapkan ruangan khusus yang membuat anak menjadi lebih semangat untuk belajar. Seperti menyediakan meja belajar khusus, tidak ada suara televisi, musik keras, ketika anak sedang bersiap untuk belajar atau sedang belajar. Selain itu, izinkan anak untuk istirahat sejenak sambil menyiapkan camilan atau minuman favoritnya.

Membuat Jadwal Belajar Harian

Pastikan bahwa jadwal belajar anak tersusun dengan rapi, mulai dari bangun pagi di jam tertentu, sarapan, kapan mulai belajar, waktu istirahat, hingga berakhirnya sesi belajar.

Berapapun usia anak, mengajarkan mereka untuk selalu menepati jadwal harian yang sudah ditetapkan bisa menjadi pelajaran hidup tersendiri. Anak lebih disiplin

Atur sedini mungkin jam tidurnya ini point yang utama terlalu banyak tidur dan kurang tidur akan mengakibatkan kesulitan menerima pelajaran, belajar di rumah nyatanya bisa membuat anak belajar untuk mengatur dirinya agar lebih disiplin.

Tidak hanya itu, membuat jadwal belajar harian untuk anak juga bisa membantu mereka agar lebih terencana, sehingga proses belajar mengajar di rumah menjadi lebih efektif.

Gunakan Cara Belajar yang Menyenangkan

Walaupun belajar di rumah, bukan berarti  harus memberlakukan cara belajar yang sama ketika belajar di sekolah. Perlu menyesuaikannya dengan kondisi anak, orang tua, serta lingkungan di rumah. 

Jangan pernah menargetkan anak untuk bisa menyelesaikan tugas dalam satu waktu sementara orang tua juga memiliki tugas lain yang harus dikerjakan.

Sebaliknya, bisa menetapkan target yang harus dicapai oleh anak per harinya, sehingga anak akan terbebas dari stress dan irama belajar mengajar di rumah juga menjadi lebih efektif.
advan-tab-sketsa-2-dengan-stylus-pen
Advan Tab Sketsa2 dengan Stylus Pen

Gunakan Peralatan Belajar Online yang Nyaman dan Kreatif.

Proses belajar mengajar di rumah tentunya akan beda , nah perlu banget kita sebagai orang menyediakan peralatan PJJ yang membuat anak nyaman dan juga tidak bosan tapi justru menjadi kreatif. Juga bisa melatih kemampuan sensorik maupun motorik anak.

Salah satunya perangkat belajar dari yaitu ADVAN Tab Sketsa2, ini beneran deh layarnya yang 10,1 inc Layar ekstra besar ini membuat anak-anak bisa bebas berkreasi, tanpa harus memicingkan mata atau menzoom tulisan yang biasa seperti dilakukan.

Selain dengan keunggulan stylus pen, anak-anak juga dapat menggunakan layaknya pulpen atau pensil yang bisa dipakai langsung di atas layar. Jadi anak akan mudah terbiasa belajar menggambar secara digital.

advan-tab-sketsa-2-murah
Advan Tab Sketsa2

Untuk aspek performa, tablet terbaru Advan ini mengandalkan chipset Unisoc Tiger 310 yang memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) berkecepatan hingga 2,0 GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB, media penyimpanan 64 GB, serta baterai berkapasitas besar 6.000 mAh.*

Pada sisi camera, Advan Sketsa 2 dibekali satu kamera belakang beresolusi 8 MP, serta satu kamera depan resolusi 5 MP untuk kebutuhan swafoto, video conference Zoom, belajar online, dan lain sebagainya.*

Advan Sketsa 2 menggunakan sistem operasi (OS) Android 11, serta memiliki dukungan konektivitas mulai dari slot SIM card 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/ac, Bluetooth 4.2, dan konektor USB type-C.*

Selain anak-anak kita bisa juga nih menggunakannya untuk keperluan pekerjaan kayak aku seperti ngeblog atau kadang suka membuat info graphis.

Walaupun kita sudah menyediakan peralatan yang tepat tetap tips terakhir adalah

Terapkan Kedisiplinan

Disiplin juga merupakan salah satu tips mendampingi anak belajar online agar bisa lebih efektif selama melakukan belajar mengajar di rumah.

Sejak awal, harus bisa memperkenalkan kepada anak mengenai “aturan main” selama proses belajar di rumah, yaitu dengan membiasakan anak untuk disiplin mengikuti jadwal yang telah dibuat bersama.

Berapa lama dia harus memegang tablet tentunya anak-anak bakalan happy disediakan peralatan yang bisa menulis langsung atau menggambar di layar tablet. Merupakan pengalam pertama bisa melukis atau mengambar di layar. Tapi tentu saja tetap harus ada pembatasan waktu yang telah disepakati.

Demikian tips belajar selama di rumah walaupun memang bukan hal yang baru tetapi kita bisa ciptakan suasana yang belajar yang nyaman dan kondusif semoga tips-tips yang diatas bermanfaat ya.

Kita sama-sama berdoa ini agar virus ini segera pergi selama-lamanya. Jenuh dengan keadaan boleh tapi ada baiknya kita membuat anggota keluarga tidak merasakan kejenuhan, tetap mengikuti protokol kesehatan jaga pola hidup sehat semuanya. Semoga PJJ makin kreatif dengan Advan Tab Skestsa2


utieadnu

*source advan.digital.com/advantabsekesa2

23 comments

lianny said...

amin, semoga segera berlalu si covid ini. Kasihan ya anak-anak ini sudah PJJ sampai 2 th, gak ketemu guru dan teman-teman sekolahnya. Anakku sempat masuk pertemuan tatap muka, cuma 2 minggu akhirnya online lagi sekarang.
Nah, Advan Tab Sketsa 2 ini cocok banget deh menemani anak-anak PJJ ya, apalagi bagi anak-anak yang hobi gambar.

www.kisahsejati.com said...

Hai mom, aku Dennise.Komplit sekali ya kegunaan dan benefit dari Advan Tab Sketsa 2 ini.Cocok untuk menemani anak-anak selama PJJ.Anak jadi kreatif menggambar dan tentunya tidak bete di rumah

Indah Nuria Savitri said...

sepakat banget mba.. saat PJJ dan banyak waktu di rumah, semoga energi kreatif anak - anak makin keluar dengan dukungangawai yang oke

Eni Rahayu said...

advan tab sketsa 2 ini emang cocok banget deh buat menemani anak-anak kita dirumah. selain bisa digunakan saat PJJ juga bisa untuk mengolah dan mengembangkan produktivitas dan kreativitas anak. jadi anak-anak nggak akan bosen dan suntuk karna dirumah terus

Dian Restu Agustina said...

Cemilannya sungguh menggoda. Aamiin semoag segera berlalu sehingga PJJ lekas berlalu, Emaknya dah pasrah nih. Tapi sungguh aklau difasilitasi dengan tablet seperti Advan Tab Sketsa begini bakal kreatif anak ya. Dengan spesifikasi yang ada harganya terjangkau sekali!

Eviindrawanto.Com said...

Kemarin anak-anak sudah mulai senang ya karena mulai belajar tatap muka. Sekarang PJJ lagi. Duh semoga gelombang ke-3 ini yang terakhir ya. Jangankan anak-anak yang butuh ruang luas untuk menyalur energi mereka, saya yang sudah tua ini saja sebel banget di rumah mulu. Semoga dengan tablet baru mereka terhibur dan bisa belajar lebih konsentrasi

Nurul Sufitri said...

Iya nih anak2ku juga ada yang PJJ lagi. Oh ya, senang ya kini ada tablet rasa laptop yang memudahkan kita melakukan banyak aktivitas, seperti menggambar, membuat sketsa dll. Tablet Advan Sketsa 2 ini mendukung banget dengan spek oke dan harga terjangkau. Penyimpanan internalnya mayan 64 GB bisa ditambah dengan Micro SD juga, mantap. Ada bonusnya juga, mauuuu!

Ugik Madyo said...

Wah pas nih anak-anak mulai PJJ lagi. Sudah tak bisa lagi pinjem gadget Emak. Mau bagaimana lagi pekerjaan Emak sudah mulai normal. Sudah mulai ada kerjaan dengan deadline Ketat. Bisa nih beli Advance tablet. Daripada Emak ketar-ketir lewat deadline kalau harus nunggu anak selesaikan tugasnya dahulu.

Ophi Ziadah said...

Dulu pernah aku belikan tab advan gini waktu anak2 masih kecil...
tapi emmang bukan dengan spesifikasi sekece skesta ini ssih.
layarnya aja 10 inchi yaa pastinya lebih puas untuk bekreasi

Lidya Fitrian said...

Selama PJJ memangguru &pihal sekolah harus bikin suasana belajar yang aktaktif biar ga bosen ya menghadap layar trus. Asyik nih kalau PJJ pakai tablet apalagi ada keyboard & stylusnya sekalian buat gambar-gambar

lendyagassi said...

Dengan tablet Advan terbaru, maka belajar bisa lebih puas karena layarnya lebar dan senang sekali sudah termasuk pensil dan beberapa kelengkapan wajib lainnya.

gustiyeni said...

Tablet advance ini memang jadi incaran akuu sejak awal ada yang membahas di blog. Cocok buat anakku yang suka gambar maak. Secara harga juga masih standart.

Rach Alida Bahaweres said...

Jika dengan adanya advan ini bisa jadi pilihan banget mba buat anak makin buat menjalankan diri selama PJJ ini. Harganya juga terjangkau sekali menuruku tapi kualitasnya emang juga bagus

Katerina said...

Belajar di rumah jadi lancar dengan Advan Sketsa 2 ya Utie, dipakai oleh anak yang hobi gambar juga cocok karena dilengkapi stylus, harga juga terjangkau. Mantap Advan.

Sapamama said...

Jaman sekarang memang peelu banget gawai yang bisa fleksibel. Ya buat ngetik, buat gambar, buat video conference. Semua ada di advance ya mba.

Witri Prasetyo Aji said...

Naksir sama Advan Tab Sketsa 2 nya aku. Buka cuma cocok buat anak PJJ aja sih, ini juga cocok buat emaknya kalau ngeblog.

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak said...

Tablet sebenarnya pilihan yang pas lo menurutku untuk pjj anak-anak. Soalnya kalo pake hape itu layarnya masih terlalu kecil

Dee_Arif said...

Iya nih
Anakku yang TK juga masih PJJ
kayaknya perlu deh lunya Advan Tab ini
Biar ebih asik PJJ nya

Milda Ini said...

Saya suka jadinya tab ini sebab baca banyak review nya, hehehe. kebetulan si Athifah sedang pengen tab buat dukung dia belajar dan ngerjain hobbinya, moga bisa beli deh di bulan Juni pasdia ultah nanti

Naqiyyah Syam said...

menarik sekali membuat kesepakatan dengan anak, emang ya sejak pandemi ini anak jadi lebih banyak di rumah dan godaan gadget itu lebih besar.

Nathalia DP said...

Wah kalau pakai advan tablet, semoga anak-anak semakin semangat ya PJJnya...

Sri Widiyastuti said...

Iya mbak, pjj mulai lagi dan memang harus bisa membuat anak anak betah belajar ya, salah satunya siapkan cemilan dan perangkat online yang memadai. Salah satu nya tablet advan ini ya. Keren deh, pengen beliin juga buat anakku nih.

Hikmah Khaerunnisa said...

Hai mba Utie.. seru ya bikin sketsa di tab lebih leluasa juga dan fiturnya juga lebih mendukung seperti ya dengan advan ini