Tips Pentingnya Self Love Tanpa Harus Boros

Tips Pentingnya Sefl-Love Tanpa Harus Boros
Kenapa Self Love sangat penting? Self love merupakan sebuah pondasi yang memungkinkan kita untuk bersikap tegas, mengejar mimpi, merasa bangga terhadap apa yang dicapai, dan menjalin hubungan sehat dengan orang lain. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk mampu mengelola self-love secara baik.

tips-pentingnya-self-love-tanpa-harus-boros


Contoh misalnya seorang yang mempunyai self love dan confident yaitu Michelle Obama sebelum menjadi istri dari presiden Amerika Serikat ke-44, yaitu Barack Obama. Dia seorang minoritas. Dan seorang minoritas kulit hitam di Amerika dianggap sebelah mata tapi, Dia adalah salah satu dari beberapa siswa kulit hitam bersekolah di Princeton kemudian lulus dari Harvard Law School, Michelle bergabung dengan firma hukum Sidley Austin sebagai rekan yang mengkhususkan diri dalam pemasaran dan kekayaan intelektual, pengacara dan seorang penulis.

Menjadi seorang wanita kulit hitam yang kaya raya, first lady dan dikenal banyak orang. Nah ini merupakan contoh dari self love dan confidence yang benar istilahnya

Hal ini dikatakan oleh Muara Makarim selaku Sel-Love & Purpose Life Cooch di acara Penting Self love, Self care Tanpa Harus Boros Bersama FWD Insurance pada tanggal 21 April 2022.

Selanjutnya Mba Muara mengatakan self love Confidence itu sebenarnya ada pada diri kita yang besar seberat masalah apapun akan kembali kepada diri kita sendiri. Diri sendiri yang bisa meng create kita bisa, kita sanggup yang diri kita sendiri. Dan yakin kita tau bahwa kebahagian diri kita tidak tergantung pada faktor eksternal seperti keuangan, pasangan, kecantikan, karir.

Dan harus tau bahwa self love dan confidence itu datang dari aksi, bukan dari pikiran saja. Caranya bisa dengan melakukan aktivitas sebagai berikut :

self-love-tanpa-harus-boros
Muara Makarim

Mengenali diri sendiri
Cara pertama untuk bisa self-love adalah dengan mengenali diri sendiri. Terkadang, orang lupa dengan dirinya sendiri akibat tuntutan orang tua, tekanan pekerjaan, atau kondisi lingkungan yang toxic. Untuk mengenali diri sendiri, salah satu cara kita perlu meluangkan waktu untuk melihat dan memahami segala sesuatu yang telah dimiliki, perhatikan kelebihan dan kekurangan, kemudian sesuaikan antara keinginan dengan realita.

Mensyukuri yang telah dimiliki
Mensyukuri apa yang telah dimiliki adalah kunci penting self love. Jangan terlalu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuat kepercayaan diri berkurang, sehingga kamu akan merasa menjadi orang yang tidak berguna. Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Meluangkan waktu untuk kebahagiaan sendiri
Meluangkan waktu khusus untuk kegiatan yang disukai penting untuk kesehatan mental, emosional, dan fisik. Kita bisa menggunakan sedikit waktu secara rutin untuk hal-hal yang disukai, yang membuat nyaman, rileks dan tersenyum, misalnya dengan perawatan diri, menonton film atau tv, jalan-jalan, atau olahraga.

Merayakan kesuksesan sekecil apapun
Salah satu bentuk mencintai diri sendiri juga bisa berasal dari mengapresiasi diri atas pencapaian yang telah diraih. Sekecil apapun itu, prestasi merupakan sebuah pencapaian yang butuh perjuangan dan layak dinikmati. Mengapresiasi diri sendiri dapat menambah motivasi untuk terus menjadi lebih baik.

Berpikir positif
Mencintai diri sendiri akan lebih mudah jika kamu selalu memiliki pola berpikir positif. Berpikiran negatif hanya akan memperkeruh suasana hati dan pikiran, menciptakan rasa bersalah, cemas hingga insecure.

Menjaga diri
Self love bukan hanya sekedar menerima diri sendiri, tapi juga menjaga apa yang sudah dimiliki dan memberikan yang terbaik. Menjaga kesehatan tubuh adalah bentuk self love. Orang yang mencintai diri sendiri tidak akan membiarkan tubuhnya mengkonsumsi makanan tidak sehat. Dengan self-love, orang akan berusaha memberikan hal terbaik untuk kesehatan tubuh seperti makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan memiliki asuransi kesehatan terbaik bagi dirinya.

Memberi Reward Sebagai Bentukan Self Love Tanpa Harus Boros

Acara kemarin juga dihadiri oleh Mada Aryanugraha selaku Financial Co-Founder & CEO @Sipundi.id mengatakan Self love perlu diprioritaskan karena bisa menjadi kebahagiaan dan kepuasan tersendiri terhadap diri. Sayangnya seiring bertambahnya kepekaan terhadap self love muncul ketidakseimbangan saat berusaha memenuhi bentuk apresiasi dan penghargaan tersebut. Seperti pemborosan karena terlalu banyak menghabiskan dana dengan embel-embel "self love", kalau terus dibiarkan lama-lama makna ini bisa berubah jadi ancaman. Dan jadi stress

tips-self-love-tanpa-harus-boros
Pendapatan Vs Pengeluaran

Menentukan apa yang dibutuhkan bukan sekadar keinginan

Hal pertama yang harus diingat adalah pandai menentukan apa yang dibutuhkan, sesuatu yang bukan sekadar keinginan tapi juga kepentingan.

Mengalokasikan dana khusus yang tidak mengganggu pengeluaran

Jangan mengganggu dana bulanan gara-gara ada self love yang menyedot biaya. Kamu boleh banget memakai uang selama masih dalam batasan wajar dan pastikan untuk membedakan dana self love secara khusus. Sehingga setelah hati puas gak ada pikiran atau beban yang menumpuk karena memikirkan kekurangan uang.

tips-self-love-tanpa-harus-boros
Mada Aryanugraha dan
segitiga piramida keuangan pribadi

Nah bagaimana nih mengelola keuangan?, kita harus mempunyai perencana keuangan seperti segitiga piramida keuangan artinya kita harus mengatur keuangan secara bertahap.
  • Tangga pertama kita bisa mengamankan keuangan kita, harus aman artinya punya arus kas yang positif. Artinya pendapatan yang kita punya jangan lebih besar dari yang dikeluarkan harus ada selisih. Untuk kebutuhan masa depan misalnya punya dana darurat.
  • Nah tangga kedua kita harus mempunya proteksi/ perlindungan asuransi kesehatan. Karena suatu saat kita pasti sakit dan itu tidak tau kapan terjadi. Nah setelah berkeluarga tambah dengan mempunyai asuransi jiwa. Ketika tangga 1 dan 2 aman maka seterusnya akan aman.
Kalau memang ingin self reward kepada diri kita sendiri, besarnya self reward harus sesuai dengan tabungan kita, Cobalah mencatat pengeluaran dalam 1 bulan.

Nah itu semua tips pentingnya self love tanpa harus boros semoga bermanfaat ya, selalu jaga kesehatan semua.


utieadnu

14 comments

  1. Menarik banget materinya mbak, jadi sebenarnya self love itu balik ke diri sendiri ya, yakin dan percaya bahwa dirinya mampu dan bisa, tanpa tergantung pada pendapat orang lain.

    Ini yang masih susah dilakukan oleh banyak wanita, yang mudah goyah karena komentar orang lain tentang dirinya

    ReplyDelete
  2. Self Love dengan menjaga diri...peduli kesehatan dengan makan bernutrisi, berolahraga, juga memiliki asuransi untuk proteksi. Keren banget ini, jadi self love bisa ya tanpa boros, bukan hanya dengan healing ke sana-sini yang malah bikin boncos!

    ReplyDelete
  3. Self love beberapa hal yang menarik dan pas dilaksanakan seperti mensyukuri keadaan sampai menjaga diri dengan asuransi jiwa

    ReplyDelete
  4. Kalau self love buat saya yang paling muda adalah selalu berpikir positif.
    Biar apapun yang terjadi, selalu bisa lebih tenang menghadapinya, dan jadinya nggak malah tambah kacau.

    ReplyDelete
  5. seneng banget ikut webinar ini ya Mbak?

    materinya berdaging semua, bikin peserta bersemangat menata hidup

    karena ternyata bisa self care tanpa boros

    ReplyDelete
  6. Aku pun senang bisa ikutan acara FWD ini
    Jadi tahu bagaimana caranya biar bisa self love tanpa harus boros
    Mencintai diri sendiri nggak harus mengabaikan finansial

    ReplyDelete
  7. Judulnya sangat menarik, eye cachting banget. Pas dibaca, isinya sangat bermanfaat. Relate banget sama saya... Makasih ya kak, sudah berbagi hal-hal positif yang kadang gak kepikiran oleh orang lain....

    ReplyDelete
  8. Self love ini banyak yang salah kaprah ya. Kadang dengan dalih self love, kita ingin memanjakan diri. Sehingga menghabiskan uang pun jadi nggak masalah. Akibatnya, kalau ada kebutuhan yang sifatnya mendadak jadi repot sendiri.

    ReplyDelete
  9. Dalem banget makna self love nya, aku suka deh dan menurutku kebahagiaan keuangan juga dimulai daei menabung, investasi dan ga punya utang

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, self love ku simple banget.
    Cukup ngopi, nonton movie dan rebahan udah nikmat tiada tara.

    ReplyDelete
  11. Aku setuju dengan pemaparan diatas tentang self love dan macam-macam bentuk self love. Salah satu yang paling penting untuk self love adalah melindungi diri dari berbagai ancaman, salah satunya memiliki asuransi, bentuk self love antisipasi agar kita selalu terlindungi ❤️

    ReplyDelete
  12. sekarang banyak sekali self love kedok pemborosan ya, apap2 nanti dibilang buat selflove. padahal itu tidak dibutuhkan.

    menurutku sendiri self love sendiri emang kita belajar buat menghargai diri dan mencintai diri kita dulu ya.

    ReplyDelete
  13. Beli asuransi untuk proteksi kesehatan dan jiwa itu merupakan self love yang ga boros, ya Utie. Malahan memberi manfaat dari segi keuangan, karena kalau suatu waktu terjadi sesuatu tak terduga terkait kesehatan, keuangan kita terlindungi.

    ReplyDelete
  14. Memang yang namanya self love bisa diwujudkan dengan berbagai bentuk. Kadang aku bongkar barang lawas, ternyata masih banyak yang bagus, happy kaya pakai barang baru lagi hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏