Penanganan Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro Tanpa Operasi

Penanganan Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro Tanpa Operasi
Hai semua semoga selalu sehat-sehat ya.. Eh iya kalau bicara soal rumah sakit yang pastinya kita memilih rumah sakit yang pelayanan nyaman didukung juga oleh dokter-dokter yang berpengalaman. Juga jadi tambahan kalau letak rumah sakitnya strategis dan mudah dijangkau dari manapun. Nah tanggal 19 Juli 2022, aku berkesempatan untuk mengunjungi RS Premier Bintaro. Dan baru tau nih ternyata penanganan untuk penderita saraf kejepit tidak perlu operasi lho…
penanganan saraf kejepit tanpa operasi

Sebelum membahas syaraf kejepit, FYI RS Premier Bintaro ini merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia, dan Indonesia.

RS Premier Bintaro adalah rumah sakit pertama di Indonesia yang terakreditasi menggunakan standar Joint Commission International (JCI). JCI adalah organisasi akreditasi internasional, bagian dari Akreditasi Komisi Gabungan Organisasi Perawatan Kesehatan (JCAHO-USA).

Mempunyai filosofi, “People Caring for People”, artinya mencerminkan komitmen terhadap peningkatan kualitas berkelanjutan, tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar internasional, juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten.

Berbagai Layanan di RS Premier Bintaro Menghadirkan Teknologi Terkini MRI 3 Tesla

Kemarin sempat juga mengunjungi beberapa layanan yang ada di RS Premier Bintaro yaitu Ruang Radiologi nah disini salah satunya adalah 

Magnetic Resonance Imaging (MRI).
MRI merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya.Tesla merupakan besaran intensitas medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan.

saraf kejepit di rs premier bintaro
MRI 3 Tesla

Gambar pencitraan yang semakin jelas dan detail, akan memudahkan dokter mendiagnosis penyakit lebih cepat, dimana proses penanganan dapat dilakukan dengan lebih tepat

MRI 3 Tesla diklaim aman, karena hanya menggunakan medan magnet, sehingga pasien tidak perlu kuatir terkena paparan radiasi. Selain itu, ketika pasien menjalani pemeriksaan MRI akan menimbulkan suara bising, dikarenakan resonansi suara yang semakin besar.

Selama pemeriksaan MRI. menyediakan headset untuk memutar musik dan menyediakan kacamata 3D untuk menonton film sesuai keinginan pasien selama pemeriksaan berlangsung.

Ruangan MRI pun didesain dengan elegan, dilengkapi dengan mood light, sehingga menambah kenyamanan dan memberikan ketenangan kepada pasien selama pemeriksaan dilakukan.

saraf kejepit tanpa operasi di rs premier bintaro
General X-Ray

Ada juga Radiologi umum, alat USG ,(bisa USG Jantung bayi dan dewasa) Screening Payudara (momo grafi) , CT Scan dan alat Deteksi Osteoporosis. Ada juga General X-ray untuk screening foto paru-paru.

Kemudian lanjut ke ruangan Medical Check Up Visa.

RS Premier Bintaro merupakan satu-satunya yang melayani Medical Check Up (MCU) untuk keperluan visa ke Inggris, Australia, Kanada, New Zeland dan Amerika Serikat. Setelah itu kita naik ke lantai 2 menuju ruang Lotus Clinic

saraf kejepit di rs premier bintaro
Ruangan dr orthopedi

Disini ada ruangan Sport Clinic salah satu layanan unggulan RS Premier Bintaro. Merupakan klinik yang melayani berbagai aspek yang berkaitan dengan olahraga. Mulai dari pencegahan hingga pemulihan.

Di samping untuk melayani masyarakat umum, klinik ini juga punya andil terhadap prestasi para atlet. Sport Clinic juga ditujukan bagi kepentingan para atlet profesional yang ingin berkonsultasi perihal kebugaran dan kesiapan mereka dalam menjalankan kompetisi. Dan sudah banyak bekerjasama dengan klub-klub olahraga ternama seperti Klub Liga FC , RANS FC dll.

Penanganan Terkini Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro 

Setelah Hospital Tour lanjut nih Health talk tentang penanganan terkini saraf kejepit di RS Premier Bintaro bersama dr Ajiantoro, Sp. OT salah satu dokter orthopedi

Penanganan saraf kejepit di rs premier bintaro
dr Ajiantoro Sp. OT

Kata dr Ajiantoro sebenarnya semua bisa terkena saraf kejepit, istilah kedokterannya Low Back Pain. tanpa disadari ataupun tidak. contohnya mungkin kita pas bangun tidur sakit punggung bawah. Salah posisi atau salah duduk. Dan Saraf kejepit ini merupakan angka tertinggi kedua keluhan ke dokter dan ketiga di dunia yang harus serius ditangani.

Anatomi punggung bawah bukan hanya tulang saja tapi ada bantalan (disc), sendi, saraf dan otot (ligamen). Paling sering saraf kejepit terjadi karena tulang bergeser, bantalan punggung yang robek nah ini sering terjadi pada usia produktif yaitu 20 - 50 tahun. Ada juga karena penuaan, nyeri neurogenik yang menjalar ke kaki.

Apa saja yang harus diwaspadai jika termasuk progresif yaitu nyeri yang tidak hilang oleh istirahat maupun obat?

Nyeri yang menjalar ke kaki padahal problemnya di punggung, seperti kesemutan, baal. Bahkan ada beberapa lansia yang tidak bisa sama sekali melakukan aktivitas, oleh karena itu pemeriksaan harus lebih lengkap yang pertama yaitu diagnosis

Penunjang diagnosis di RS Premier Bintaro banyak sekali seperti yang sudah disebutkan pada ruang Radiologi

Setelah diagnosis pilihan tindakan hanya 2 yaitu operasi atau tanpa operasi. Jadi jangan takut dulu apabila mendengar kata operasi karena ada pilihan tindakan tanpa operasi.

Tindakan tanpa operasi (Non operative) yang harus dilakukan ada beberapa yaitu :
  • Mengatur pola makan sehingga normal
  • Perbaiki pola hidup dan aktivitas harian
  • istirahat/bedrest saat nyeri timbul
  • Menghindari gerakan pencetus nyeri seperti jongkok, mengangkat beban, dengan posisi sujud atau rukuk
  • Bisa memberikan obat-obatan anti nyeri, anti radang juga ada rehabilitasi medis seperti fisioterapi , pemberian ultrasound, latihan fisik menggunakan korset dan banyak terapi kepada pasien dengan resiko minimal atau tanpa tindakan pembedahan.

Nah jika ada pasien datang lagi dan masih mengeluh nyeri. Apa ada treatment lain tetapi tidak operasi? Jawabanya  ada beberapa tindakan yang dianjurkan seperti:

Ipm saraf kejepit di rs premier bintaro
IPM

Interventional Pain Management (IPM)
IPM ini seperti adalah metode dengan menggunakan suntikan, tanpa pembiusan, tanpa rawat inap dan setelah pulang bisa melakukan aktivitas harian antara lain:

Penyuntikan dari saraf tulang belakang untuk meredakan gejala, meringankan efek nyeri yang berkurang. Prosedur ini dilakukan untuk menegakkan diagnosa biasanya bersifat temporer sementara

Radiofrequency ablation (RFA SPINE) 
RFA Spine ini seperti jarum akupuntur yg kecil kita masukan ke punggung menggunakan alat , kemudian dipancarkan gelombang frequency ini prosesnya cukup cepat hanya 2 menit kemudian pasien bisa melakukan aktivitas dengan nyeri yang berkurang.

Laser Disc Decompression (PLDD)
PLDD  ini biasanya pada penderita Hernia Nucleus Pulposus (HNP) ada robekan bantalan yang keluar. Kita masukkan jarum. Jarum ini dilakukan laser diharapkan bantalan mengecil, mengkerut masuk kembali atau tekanannya berkurang kepada saraf tulang belakang.

Kuncinya hanya satu ini harus dilakukan dengan diagnosa yang tepat, indikasi yang tepat baru melakukan tindakan IPM. Karena belum tentu semua problem dari tulang belakang bisa kita lakukan tindakan IPM

Tindakan Operasi di RS Premier Bintaro dengan Minimal Sayatan.

Tindakan operasi di RS Premier Bintaro Ini mempunyai alat-alat yang lengkap seperti C-arm, alat endoscopy, sterilisasi yang terjaga, kamar operasi , dan tentunya ada tim dokter dan perawat yang profesional, dan kesiapan kamar operasi 24 jam.

Penanganan Terkini Tindakan Operasi terbagi beberapa:

Tindakan Minimal Invasif yaitu Tindakan operasi dengan sayatan minimal sehingga resikonya semakin minimal, resiko infeksi, pendarahan juga minimal dan nyeri pasca operasi pun akan minimal sehingga dengan harapan pasien bisa beraktivitas lebih cepat dan mudah tanpa perawatan yang cukup lama di rumah sakit kadang hanya satu hari.

Atau definisi lebih lengkap dari Minimally Invasive Spine Surgery (MISS) ini adalah teknologi terbaru, tindakan tulang belakang yang dapat mengurangi kerusakan jaringan dan stress pada tubuh sehingga pasien dapat beraktivitas kembali lebih cepat dengan hasil yang lebih baik.

Tujuan dari MISS ini :
  • Mengurangi kerusakan otot
  • Meminimalisir kerusakan jaringan
  • Mempertahankan dari anatomi tulang belakang
Tindakan operasi apakah harus pasang pen? Tidak selalu, pen hanya digunakan jika kondisi tulang belakang tidak stabil jadi jika hanya saraf kejepit tidak perlu pen

Tindakan Endoskopi dimana endoskopi sangat minimal operasi merusak jaringan, menggunakan 2 akses satunya lensa satunya akses untuk tindakan jadi tidak membuka sayatan tulang belakang. Nanti benjolannya itu ditarik. Nah tindakan ini biasanya untuk pasien lanjut usia. Ada juga endoskopi pemasangan pen itu cukup dengan sayatan yang minimal.

operasi saraf kejepit di rs premier bintaro
Endoskopi tulang belakang

Jadi Kesimpulannya nih..
  • Low Back Pain / Saraf Kejepit adalah keluhan yang sering ditemui dalam bidang orthopedi. Dimana 80% populasi sering mengalaminya.
  • Kita harus mengetahui tanda bahaya saraf kejepit , dengan rasa nyeri yang menjalar pada satu kaki atau 2 kaki, dengan kesemutan, atau baal , dengan kelemahan kedua kaki ini jadi tanda bahaya yang refleks
  • Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan terlebih dulu karena diagnosis, diagnosis dan diagnosis adalah hal yang paling utama karena dokter akan memilih treatment apa yang cocok untuk pasien tidak selalu operasi. Seperti keterangan diatas.
  • Jadi bila terjadi masalah pada tulang belakang jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan.
Ok!,, semua  jangan lupa jaga pola hidup sehat, makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin…. Jadi sekarang sudah tahukan Penanganan Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro Tanpa Operasi.

utieadnu😊

21 comments

  1. Sekarang udah makin canggih yah, udah bisa perawatan tanpa operasi. Bahkan kalo perlu dibedah pun sayatannya juga kecil jadi perawatan pasca operasi gak terlalu berat yaah

    ReplyDelete
  2. Wah RS Premier Bintaro menggunakan teknologi terkini untuk MRI 3 Tesla, pasti pasien akan lebih nyaman selama pemeriksaan.

    Makasih buat postingannya, jadi nambah pengetahuan lagi nih tentang saraf kejepit. Ternyata tidak semua pasien yang mengalami saraf kejepit harus operasi. Pokoknya konsultasi ke dokter dulu ya biar tau penanganan selanjutnya.

    ReplyDelete
  3. RS premier Bintaro ini dari dulu memang terkenal bagus, lengkap dan elegan ya. Deket ama rumahku dulu. Cuma aku belum pernah ke sana hihihi 😂.

    Baca ini aku jadi tahu apa itu saraf kejepit dan penyebabnya. Ahhh emang menjaga pola hidup sehat itu penting banget ya buat menjaga kita sehat dalam waktu yang lebih lama

    ReplyDelete
  4. Wow luar biasa ya Utie pelayanan yang diberikan RS Premier Bintaro,alatnya lengkap dan canggih-canggih.Sekarang ternyata saraf kejepit bisa diatasi tanpa operasi ya

    Salam:Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  5. Pelayanan dan fasilitas di RS Premier Bintaro memang jempolan sejak dulu, ya. Pengennya sih sehat terus. Tetapi, kalau harus berobat, tentunya memilih ke RS yang seperti ini. Biar nyaman juga berobatnya

    ReplyDelete
  6. Suka banget lihat fasilitas di RS. Premier Bintaro ini, lenngkap dan canggih ya. Aku jadi ingat Drama Seri Grey's Anatomy deh, haha. Selain itu, pelayanannya juga bagus, ini penting supaya setiap Pasien (dan juga Keluarganya) merasa nyaman selama masa pengobatan.

    ReplyDelete
  7. Wow, kualitas layanan kesehatan di Rs. Premier Bintaro ini hebat sekali ya. Penanganan saraf lejepit ternyata bisa dilakukan dengan berbagai opsi. Peralatan MRI di sana canggih sekali dan terkini. Pasien bisa lekas sembuh sesegera mungkin nih :) Nyaman juga selama perawatan maupun pengobatan ya.

    ReplyDelete
  8. Mendengar saraf kejepit seperti ngeriii. Syukurnya di RS Premier Bintaro bisa ditangani tanpa operasi. Dengan fasilitas yang nyaman dan pelayanan terbaik akan menunjang kesembuhan pasien pastinya.

    ReplyDelete
  9. wah di RS premiere bintaro bisa menangani syaraf kejepit tanpa operasi. Saya simpan ah informasinya, siapa tahu suatu saat ada yang membutuhkan.

    Ibu saya dulu juga pernah kena syaraf kejepit mbak, sampai operasi, tapi juga nggak bisa pulih seperti sedia kala.

    ReplyDelete
  10. Wah pelayanan RS Premiere Bintaro juara ya alatnya juga canggih banget syaraf kejepit pun ga harus operasi dimana2 kan klo syqraf kejepit pasti operasi. Aku bakalan kasih tau sodara yg di jakarta utk berobat ke sini

    ReplyDelete
  11. Keren sekali RS Premier Bintaro ini ya mbak
    Dengan dukungan fasilitas alat kesehatan yang canggih dan tenaga medis yang berkompeten, maka saraf kejepit nggak harus dioperasi

    ReplyDelete
  12. ngga nyangka di Indonesia rumah sakitnya juga sudah secanggih itu!

    Saya pertama diajak hospital tour - berasa seperti di mall dan bukan di Rumah Sakit. Paasti pasien senang dan cepet sembuh

    ReplyDelete
  13. Ternyata lengkap banget ya maak fasilitas RS premier bintaro. Rumah sakitnya juga kereeen mewah komplit untuk biasa gimana maak?

    Wajib waspada ya kalau ada nyeri2, apalagi usia sudah 40 up ��

    ReplyDelete
  14. Wow MRI 3 Tesla nya mantap. Wah ternyata penangan saraf kejepit banyak ya. Mulai dari non invasif sampai yang operasi pun dengan alat dan prosedur yang canggih. Ga heran sih dengan RS premier Bintaro sejak dulu setahuku RS dengan sertifikasi JCI pertama. Keren!

    ReplyDelete
  15. Rs Premier Bintaro ini lengkap banget ya fasilitasnya. RSnya modern dan canggih. Rekomended nih buat penanganan saraf kejepit.

    ReplyDelete
  16. Bisa diobati dengan berbagai opsi, termasuk mengubah gaya hidup, harus istirahat juga ya mba Utie.
    RS Premier Bintaro lengkap juga fasilitas nya, jadi pasien bisa datang berobat di sini. Nggak usah lah keluar negeri ya

    ReplyDelete
  17. ini keren banget ya teknologinya, bisa operasi tanpa harus membuat luka panjang di punggung. RS Premier emang qualified banget ya. fasilitasnya bagus, orang sakit jadi ga berasa makin sakit karena fasilitas yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  18. Keren ya RS Premiere Bintaro ini. Fasilitasnya canggih dan lengkap. Bisa jadi referensi nih buat berobat. Terutama kalo yang sakit saraf kejepit ini ya. Tak perlu operasi gitu.

    ReplyDelete
  19. Sakitnya syaraf kejepit ini pasti luar biasa yaa..
    Semoga dengan memilih dan memercayakan pada tenaga medis spesialis dari RS Premier Bintaro, masalah kesehatan bisa teratasi dengan cepat dan tepat.
    Sehingga bisa kembali jalani aktivitas dengan nyaman.

    ReplyDelete
  20. Ternyata saraf kejepit bisa ditangani tanpa operasi ya, andai saja adik ipar saya juga tahu info ini. Tapi sudah terlanjur operasi sih. Alhamdulillah sekarang sehat. Pelayanan di RS Premier Bintaro udah setara dengan RS Internasional rujukan pasien medical tourism dr Indonesia. Next, Indonesia yang akan segera jadi destinasi berobat.

    ReplyDelete
  21. Aku cukup kaget sih pas dokter Aji bilang kalau semua orang pernah menderita saraf kejepit atau low backpain.

    Tapi makin kesini, penanganannya makin maju. Kece ya. Btw, rumah sakitnya emang mirip sama mall, bagus dan nyaman, haha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏