Program CSR JNE dan TIKI Merayakan Idul Adha Bersama

Program CSR JNE dan TIKI Merayaka Idul Adha Bersama dengan Membagikan Hewan Kurban
Hai semua selalu sehat-sehat ya, tanggal 10 Dzulhijjah kemarin kita semua umat muslim merayakan merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Seperti yang kita ketahui berkurban merupakan salah satu amalan paling dianjurkan pada perayaan Idul Adha yang hukumnya adalah sunnah muakkad. Hal itu didasarkan pada firman, Surah Al Kautsar ayat 2.

Artinya: "Maka laksanakanlan Sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)

jne tiki bareng merayakan idul adha

Adapun hikmah di balik Ibadah kuban adalah

Bersyukur atas nikmat yang diberikan dan juga bukti ketaatan terhadap Allah SWT.

Menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim yang ketika itu Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Ismail ketika hari an nahr (Idul Adha).

Mengingat kesabaran Nabi Ibrahim dan Ismail, yang ini membuahkan ketaatan pada Allah dan kecintaan pada-Nya lebih dari diri sendiri dan anak. Pengorbanan seperti inilah yang menyebabkan lepasnya cobaan sehingga Ismail pun berubah menjadi seekor domba. Jika setiap mukmin mengingat kisah ini, seharusnya mereka mencontoh dalam bersabar ketika melakukan ketaatan pada Allah.

Serta wujud solidaritas antar manusia khususnya umat muslim. Kurban merupakan amalan yang juga mengandung aspek sosial hubungan antar sesama manusia (hablumminannas).

Merayakan Idul Adha dengan berkurban juga menjadi sarana meningkatkan empati dan solidaritas sesama umat islam. Hal itu diwujudkan dengan aksi dibagikannya daging kurban secara merata kepada kaum muslim.

JNE dan TIKI Idul Adha Bareng

Begitu yang dilakukan setiap tahunnya oleh PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Tahun ini, JNE bersama Tiki membagikan 4.000 paket daging hewan kurban. Sebagian diantaranya dikurbankan dalam acara #TikijneIdulAdhaBareng di Yayasan Taman Yatim Piatu & Tuna Netra Suprapto Suparno, Jakarta Timur yang didirikan oleh Pendiri JNE Alm H. Soeprapto Suparno.

Daging kurbanpun dikemas dalam besek sebagai bukti kepedulian juga terhadap bumi, ramah lingkungan dan tentunya memberdayakan pengrajin besek lokal.

idul adha tiki dan jne bagi hewan kuban

M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE mengatakan, "Semangat mengantarkan kebahagiaan sesuai tagline Connecting Happiness harus terus diwujudkan dan Iduladha merupakan momentum yang sangat baik untuk berbagi serta membantu sesama, apalagi di saat pandemi. 

Dengan semangat berkurban dan doa dari seluruh masyarakat, kita semua berharap kondisi pandemi ini dapat segera berakhir serta kita dapat kembali berkumpul merayakan Idul Adha selanjutnya dalam kondisi yang lebih baik,”

Pembagian daging hewan kurban telah menjadi tradisi tahunan bagi kedua perusahaan ini untuk menebar kebahagiaan, berbagi rezeki sekaligus mempererat tali silaturahmi dengan sesama.  TIKI dan JNE menyiapkan 28 ekor sapi untuk dikurbankan dan dagingnya dibagikan kepada sekitar 4.000 orang dengan mengikuti protokol kesehatan dan aturan dari pemerintah daerah.

program csr jne dan tiki merayakan idhul ada bareng
Daging Kurban dikemas dalam besek

Sedangkan Ibu Yulina Hastuti selaku, Direktur Utama TIKI mengatakan, "Pembagian daging hewan kurban di Hari Raya Idul Adha ini merupakan bagian dari payung CSR kami, TIKI Budaya Berbagi, yang merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan sejak didirikannya TIKI tahun 1970 oleh Alm. Bapak Soeprapto Soeparno. 

Tidak hanya berbagi daging kurban, kami juga rutin memberikan santunan kepada anak yatim, ibu janda dan tunanetra. Budaya ini akan terus kami jaga dan laksanakan sebagai Amanah, seperti halnya amanah dalam pengiriman paket pelanggan kami.”

jne dan tiki bagi 4000 hewan kurban
JNE dan TIKI Idul Adha bareng

Nah semangat berkurban dari kedua perusahaan jasa pengiriman ternama ini juga bisa kita tanamkan di diri kita semua. Semoga mulai tahun depan kita punya semangat juga untuk melakukan ibadah kurban.

Sedikit berbagi tips bagaimana agar kita bisa berkurban setiap tahunnya. Kebetulan dirumah aku 7 bersaudara, jadi setiap bulannya ada iuran khusus untuk tabungan kurban dan di pegang oleh kakak kedua aku. Dan alhamdulillah setiap tahunnya bisa ikut ibadah kurban. Aku yakin di antara teman-teman pembaca blog setia aku. Yang memang belum pernah berkurban coba ikuti tips ini.

Bentuk syukur dan taat kita bisa dengan melakukan ibadah satu ini yaitu berkurban saat hari raya Idul adha, Seperti program CSR, JNE dan TIKI merayakan Idul Adha bersama dengan membagikan hewan kurban. Semoga program terus berlanjut dan kedepannya selalu diteruskan. 


utieadnu

7 comments

auqri said...

Wahhh keren banget, walaupun 2 perusahaan yang berbeda dengan pelayanan yang sama juga bisa saling berbagi dalam 1 acara yang sama. Keren nih, patut ditiru untuk lainnya. Soal berbagi tidak ada pilih kasih..

Dian Restu Agustina said...

Wah ada 4000 daging kurban dibagikan oleh JNE dan TIKI, Alhamdulilah, berkah untuk semua. Beneran berbagi kebahagian di Iduladha yang menjadi wujud relisasi makna hari raya kurban ini. Salu dan sukses untuk JNE dan TIKI!

Alienda Sophia said...

JNE dan TIKI acara CSR nya makin hari makin keren! Merayakan Idul adha penuh keberkahan dan merasakan kembali berbagai nuansa seperti sebelum pandemi.

Nurul Sufitri said...

Wow, ternyata dua perusahaan jasa ekspedisi andal ini berkolaborasi dalam CSR memperingati Iduladha. Pembagian hewan kurban sebanyak 4.000 daging kurban diberikan kepada mereka yang membutuhkannya. Ada hikmah terbaik di setiap acara seperti ini ya, solidaritas terhadap sesama manusia :D

Tukang Jalan Jajan said...

kolaborasi yang cakep banget dengan kolaborasi iduladhanya. pasti kalau bekerja sama seperti ini semakin banyak yang terbantu dan banyak pula daging yang didapat. Semoga dapat berlanjut ditahun tahun berikutnya

Nabilla DP said...

alhamdulillah ya mba, jadi besar kesemptan untuk berbagi.. berkat kolaborasi jne dan tiki. memang sebaiknya iduladha juga kita isi dengan berbagi pada sesama, mulai dari bagi2 daging qurban dan sedekah

Listiorini Ajeng Purvashti said...

Wah keren banget nih Jne sama tiki, kolaborasi yang sangat bagus untuk membantu sesama ya