Tips Buat Konten Tentang Edukasi Lingkungan dan Keberlanjutan

Tips Buat Konten Tentang Edukasi  Lingkungan dan Keberlanjutan, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?
Halo semua semoga selalu sehat-sehat ya, seperti yang kita ketahui nih bahwa masalah lingkungan dan masyarakat masih menjadi rekan kita semua.

Dalam upaya kita untuk membuat bumi menjadi lebih baik serta upaya untuk mencegah bencana iklim, saat ini kita harus mulai menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Gaya hidup berkelanjutan dapat diartikan bahwa kita memprioritaskan penggunaan sumber daya alam yang terbaru daripada menggunakan sumber daya yang tidak dapat dilakukan.

buat-konten-tentang-edukasi-lingkungan-dan-keberlanjutan


Pada dasarnya, gaya hidup berkelanjutan pada produk, perilaku, dan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan kita tanpa mengurangi dan mengubah akses sumber daya untuk menciptakan masa depan. Gaya hidup berkelanjutan merupakan gaya hidup ramah lingkungan.

Mungkin kita tahu kalau dikota-kota besar hanya polusi dan sampah, tapi sebenarnya ada banyak hal yang harus dibenahi. mulai yang ramah lingkungan karena tanah kita termasuk tanah agraris dan juga tentang Circular Packaging beserta tips penerapan pertanian yang berkelanjutan. Juga bagaimana kita sebagai jembatan untuk memberikan informasi yang edukatif Lebih Sulit dengan bahasa kita sehari-hari.

Untuk itu Danone Indonesia mengadakan program Danone Community Engagement Day 2022 yang bertajuk KIAT (Kelas Intensif Membuat Konten) bagi para konten kreator (Bloggers dan Vloggers) untuk meningkatkan kemampuan dalam pembuatan konten terkait lingkungan & masyarakat. Kegiatan yang Mengusung tema “Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari”, menghadirkan beberapa pembicara seperti :
  • Pembuat Konten Gerald Vincent
  • Budi Rahardjo Manajer Pertanian Danone Indonesia,
  • Ani Wahyuni. Manajer Kemasan Hilir Danone Indonesia,
konten-edukasi-lingkungan-dan-betrelanjutan
Para nara sumber

Pertanian yang ramah lingkungan
Menurut Bpk Budi Karena populasi dunia terus bertambah, lebih banyak upaya dan inovasi akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan, memperbaiki rantai pasokan global, mengurangi kehilangan dan pemborosan pangan. Melalui penerapan pertanian berkelanjutan tersebut kita dapat melakukan transformasi dan menjaga food system atau rantai makanan dengan baik.

Misalnya dengan pengolahan lahan yang dilakukan seperlunya. Menggunakan prinsip-prinsip pertanian regeneratif, seperti jangan biarkan dengan keadaan kosong ada perlindungan tanah bisa dengan sistem rorak dll. Dan juga kawasan pertanian menjadi recharge area atau kawasan resapan air. Kemudian budidayakan berbagai tanaman pada satu kawasan pertanian dan pertanian keterpaduan terakhir pertanian dan peternakan, seperti menggunakan pupuk organik.

Ciptakan Ekonomi dengan Kemasan Sirkular
Kemudian Ibu Annie mengatakan bahwa Danone - Aqua sudah bisa menjadi contoh yang terbaik tentang masalah kemasan. Satu-satunya perusahaan minuman yang menggunakan bahan daur ulang hingga 25% karena nih sektor lingkungan masyarakat tidak terlalu peduli adalah tentang pengelolaan sampah.

konten-edukasi-tentang-lingkungan-berkelanjutan
Kemasan sirkular AQUA galon

AQUA galon dapat digunakan kembali sebagai kemasan sirkular artinya dapat sangat mengurangi penggunaan kemasan plastik menjadi sampah, dapat didaur ulang menjadi kemasan baru, dengan jejak karbon dan udara yang lebih rendah.

Tips Konten yang Menarik
Dan sesi terakhir diisi oleh Gerald Vincent yang menjadi tips bagaimana agar konten kita bisa viral atau istilah aplikasi tiktok “fyp” Konten yang baik dan digemari oleh masyarakat adalah konten yang memiliki nilai di kalangan audiens.

Adapun nilai tersebut bisa dibentuk dari seorang konten dengan beberapa aspek seperti bagaimana kita bisa menilai konten tersebut layak untuk dibagikan, bagaimana kita terlihat bersemangat dalam menyampaikannya hingga bagaimana kita menyukai materi atau topik yang kita bagikan.

konten-edukasi-lingkungan-ala-gerald-vincent
 Tips konten yang menarik

Tipsnya ada 6 hal yang harus kita kuasai
  • Idea harus punya konsep, dan buat yang beda
  • Goal, apa sih tujuan kita buat konten
  • Value ada nilainya gak dari konten yang kita buat
  • Passion tentukan konten berdasarkan apa yang kita suka
  • Confident buat diri kita senyaman mungkin, jangan malu untuk mulai
  • Learn harus terus belajar untuk selalu berkembang.
Dan yang terakhir katanya jangan pikirin berapa banyak viewer, likes dsbnya, tapi pikirkan berapa banyak orang yang hidupnya menjadi lebih baik karena konten yang kita buat. Jangan biarkan trend membatasi kreatifitas kita. Gunakan semaksimal mungkin aplikasi yang ada di handphone untuk edit konten yang kita buat,

Kesimpulannya, banyak hal yang positif yang bisa kita jadikan value buat konten tentang edukasi lingkungan dan isu keberlanjutan ini yang mungkin masih jarang dan ini bisa jadi pilihan untuk kita mulai belajar. Jangan ragu terus berkarya karena viewer yang sedikit apabila kita konsinten bukan tidak mungkin kita bisa menjadi next Gerald Vincent. Yuks mulai peduli dengan  lingkungan sekitar.

semoga bermanfaat
utieadnu

17 comments

  1. Kombinasi keenam tips itu kalau masing-masing dimaksimalkan, maka sinerginya luar bias dan hasilnya juga pasti jempolan. Lumayan ya, itu cara para konten kreator untuk menyampaikan pesan terutama jika topiknya tentang lingkungan sehingga semoga saja bisa berefek jangka panjang.

    ReplyDelete
  2. Beragam cara untuk mengedukasi perihal lingkungan. Terlebih lingkungan saat ini jadi isu yang paling sering dibicarakan. Salah satu caranya dari sebuah konten. Memang garus kreatif buat konten yang menarik dan luas jangkauan. Tapi kalo niatnya mengedukasi ya mulai aja dulu ya...
    Sejauh kontennya bermanfaat untuk masyarakat luas.

    ReplyDelete
  3. Kalau semua bersinergi, maka bisa terwujud kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan ini.
    Semua bisa kok berkontribusi dari hal terdekat dan konten yang positif

    ReplyDelete
  4. Nah.. Betul banget nih buat lah konten yg bermanfaat seperti bagaimana menjaga bumi ini dgn begitu secara tidak langsung kita telah memberikan informasi sekaigus menyadarkan seorang untuk menjaga lingkungan

    ReplyDelete
  5. Sampah masih menjadi issue ya terhadap lingkungan, alangkah baiknya kita bisa memilah sampah dengan baik. Btw, tips dari Kak Gerald Vincent mengenai konten, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Sepertinya semua tipsnya bisa saya pakai juga untuk menulis konten dengan tema lain. Khusus ttg confident memang harus diusahakan paham dulu dengan tema yang akan ditulis. Kalau enggak, suka bikin saya gak percaya diri

    ReplyDelete
  7. Setuju banget, Mba. Paling utama bagaimana konten kita bermanfaat terlebih bisa mengedukasi. Noted bangetlah ini :) Semangat melahirkan karya yang bermanfaat ya Mba..

    ReplyDelete
  8. Wah mantap 6 tips diatas, emang kita pede aja dulu ya mba, masalah bener nanti learning by doing yang penting konsisten berbagi untuk kebaikan

    ReplyDelete
  9. keren ya Danone?

    selalu terdepan dalam setiap hal, sangat sesuai dengan slogannya: one planet one health


    sehingga tidak saja menginspirasi perusahaan lain, juga mengedukasi masyarakat tentang kehidupan berkelanjutan

    ReplyDelete
  10. Edukasi lingkungan berkelanjutan perlu ya karena tempat tinggal akan dipengaruhi oleh lifestyle terhadap ekosistem alam

    ReplyDelete
  11. Memang benar ya kalau bikin konten jangan asal bikin. Kalau bisa konten juga memberikan wawasan dan manfaat bagi masyarakat di dunia maya.

    ReplyDelete
  12. Wow, kece nih Utie tips konten menarik dari Gerald Vincent dalam pembuatan content agar menarik dan banyak pengunjung.Aku mau coba deh tipsnya
    Salam:Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  13. Setuju dengan ngeblog kita juga bisa tebar kebaikan untuk menjaga alam dengan konten-konten positif

    ReplyDelete
  14. Keenam tipsnya mantap nih. Memang untuk membuat konten terutama yang berhubungan dengan lingkungan harus bisa menarik dan akhirnya bisa mengajak masyarakat untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.

    ReplyDelete
  15. Salut banget sama Danone bener-bener intens peduli lingkungan, sampai bisa membuat produknya pun ramah lingkungan. Asiknya lagi ngajarin Blogger dan Vlogger bikin konten yang baik

    ReplyDelete
  16. Makasih tipsnya untuk bisa berkonten dengan riang gembira ya Mba..dan Danone memang keren karena peduli dengan lingkungan ya mba..produk produknya pun ramah lingkungan. Yuk beralih ke danone!

    ReplyDelete
  17. saat ingin membuat konten, ada baiknya konten yang dibuat memang yang dipahami yaa agar pesan yang ingin disampaikan bisa dengan mudah diterima audiense atau pembaca

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasihšŸ™