Wednesday, 14 March 2018

Tips dan Triks Foto Keren Pakai Handphone Ala Ariana



Untuk menghasilkan gambar bagus dan enak dilhat ternyata kuncinya ada di smartphone kita masing-masing, dan ada tips dan triksnya yang harus kita pelajari dengan seksama, pada tanggal 11 Maret 2018 saya berkesempatan ikut workshop smartphone photography bersama Mba Ariana dan Beauty Picnic ID  katanya foto yang bagus itu berasal dari smartphone yang kita miliki, terus ketika di tanya merk Handphone apa?  ‘Yah merk handphonenya yang ada ditangan kita”

Lalu apa tips dan triknya biar gambar yang dihasilkan itu bagus, selain latihan, keteletian ada juga beberapa tips yang harus diketahui, 

Perhatikan arah datangnya cahaya,

karena cahaya kamera itu terbatas dan tidak terlalu luas jangkauannya, pastikan untuk mendapatkan sinar di luar/outdoor dengan bantuan sinar matahari. Tetapi ingat ada jam-jam tertentu yang harus diperhatikan ketika kita foto, yaitu antara jam 7 pagi sampai jam 10 dan pukul 3 sore sampai jam 5 sore. Itulah waktu dan cahaya terbaik, akan tetapi jika cahaya matahari tidak bisa dihindari kita bisa menggunakan bantuan reflector, bisa menggunakan bantuan barang-barang yang ada drumah seperti tutup panci atau alumuniun foil yang biasa digunkan untuk tempt kue/cake

artinya pastikan pencahayaan cukup, jangan berlebihan apalagi kekurangan cahaya. Dalam teknik fotografi apapun, baik itu “Food Photography” ataupun teknik lain tentunya sangat membutuhkan peran cahaya (Cahaya Natural). Begitupula dengan teknik memotret menggunakan kamera smartphone, kita harus memastikan intensitas cahaya yang menerangi objek cukup. Tidak kurang dan tidak lebih, yang terbaik adalah  pencahayaan yang pas dan tidak berlebihan..

Waktu terbaik untuk memotret menggunakan kamera smartphone biasanya di pagi dan sore hari, hindari memotret ketika siang hari,  selain cahaya yang berlebih, seperti yang dikatakan di atas ada jam-jam tertentu yang bagus untuk kita foto. Apabila kita terpaksa memotret pada malam hari tanpa bantuan pencahayaan lain, jika ditingkatkan kecerahannya malah akan muncul “noise” yang mengganggu. Terus apa yang bisa kita lakukan untuk memotret di malam hari? Cari pencahayaan lain yang membantu meneranagi objek, jika terpaksa (tidak ada lagi pencahayaan lain) maka kita bisa menggunakan flash.


Jangan pernah menggunakan aplikasi Zoom In

Fungsi zoom pada kamera handphone akan menurunkan resolusi foto dan membuat hasil foto menjadi tidak tajam atau destorsi,  langkah yang diambil biasanya perdekatlah jarak. Dengan kata lain Mengapa kita harus menghindari zoom in? Alasannya sederhana, jika kita zoom in gambar akan terlihat pecah dan kurang menarik dilihat. Akan lebih baik jika kita mendekat saja ke objek daripada menggunakan zoom in. 

Styling

Nah,, ini perlu latihan banyak kata Mba Ariana, sering mengikuti tema-tema yang diberikan di kelompok foto di Instagram, karena dengan sering latihan styling kita akan terus terasah, kemudian tentukan props yang akan digunakan harus sesuai dan jangan sampai berlebihan jika bisa satu warna atau senada, Dan tentukan arah pengambilan foto atau yang biasa disebut dengan angle, apakah eye level, flat lay, atau sudut 45 derajat. Dan terakhir ikuti aturan Rule of Thrid.

foto sebelum di edit

Foto Setelah di Edit
Pegang Handphone dengan stabil

Untuk menghindari resiko blur /  gambar menjadi buram, kabur, dan tidak jelas maka teknik kita dalam menggenggam smartphone haruslah benar. Seperti apa teknik yang benar itu ? Pastikan menggenggam smartphone menggunakan 2 tangan! Hindari menggenggam ponsel hanya menggunakan 1 tangan saja, selain beresiko blur gadget kita juga bisa saja jatuh. jempol kita yang bergerak untuk memoto ya.

Dan tips yang terakhir Gunakan aplikasi edit di Smartphone dang yang direkomendasikan oleh mba Ariana ada 2 yaitu Snapseed dan VCSO

Ada aplikasi di snapseed yang bisa kita gunakan untuk mengedit gambar apabila cahaya teralu terang atau ingin  mengcroping foto, ada pilihan
  • Tune Image berfungsi unutk menambah  atau mengurangi cahaya bisa dilakukan dengan mnyeimbangkan pilihan warna
  • Selective, Fungsinya hampir sama hanya kalau memakai selectic bisa dipilih area mana yang cahayanya akan dikurangi atau ditambah.
  • Brush Funsinya hampir sama dengan selective tetapi digunakan dengan cara mengusap dibagan yang akan diedit
  • Healing, berfungsi untuk menghilangkan spot-spot tertentu.

Sedangkan VSCO  fungsinya hampir sama dengan Snapseed hanya ada 2  yang digunakan untuk mengedit foto yaitu Sharpen berfungsi untuk menambah ketajaman sebuah foto dan Vignette berfungsi  unutuk membuat efek gelap atau terang dipinngir/tepi foto sehingga memberikanpenekanan pada obyek utama.kentungan pada VSCO kita bisa menyimpan foto kita disana tanpa berpengaruh pada memory handphone.

mba Ariana Jilbab Merah diantara peserta workshop
Jadi intinya ketika kita belajar menggunakan handphone agar foto kita menjadi bagus dan enak dilihat harus terus banyak berlatih, dan terakhir jaga lensa kamera selalu bersih usahakan setiap habis foto, bawa hasil ke aplikasi Instagram jika belum cocok atau terlalu besar bisa kita ulangi lagi pengambilan gambar.

Semoga bermanfaat ya.

2 comments :

  1. Kuncinya harus sering berlatih ya, Mbak. PR banget nih buat saya untuk lebih mempelajari cahaya

    ReplyDelete
  2. wah memang kalau sdh lancar hasil foto akan bagus dan artistik ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,