Wednesday, 21 March 2018

Bank Mandiri Kenalkan Chatbot MITA untuk Tingkatkan Pelayanan



Sewaktu masih bekerja di salah satu universits swasta di Jakarta kebetulan sayalah yang mengurus gaji dosen dan karyawan, juga menerima pembayaran mahasiswa on the spot, sudah kebayang dong uang saya yang pegang berapa, meskipun hanya beberapa jam karena harus disetorkan ke Bank, Nah, kebetulan Bank Mandirilah yang menjadi rekan kerja, Dari segi pelayanan serta staf karyawan sangat ramah. dan itu dipertahankan sampai sekarang.

#SaatnyaTanyaMITA

Bank Mandiri merupakan salah satu bank ternama di Indonesia, kantor cabangnyapun sudah tersebar hampir keseluruh wilayah yang ada di Indonesia.ada sekitar 2.631 kantor cabang dan 7 kantor cabang perwakilan anak di luar negeri.  Setiap harinya selalu mencoba melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada nasabah setianya, seperti memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dengan membuka Layanan 24 Jam. Demi kenyamanan pelanggan, Layanan 24 Jam Bank Mandiri didukung sistem yang bisa diakses kapan saja di mana pun Anda berada. Layanan tersebut meliputi Mandiri ATMMandiri SMSMandiri Call 14000Mandiri MobileMandiri Internet, dan Mandiri Internet Bisnis.

Kini Bank Mandiri menggandeng perusahaan rintisan (startup) di bidang teknologi finansial untuk meluncurkan layanan chatbot Mandiri Intelligence Assistant (MITA). Chatbot yang berfungsi sebagai customer service 24 jam ini memanfaatkan teknologi artificial intelligence dan machine learning dengan metode natural language processing untuk mempercepat dan memudahkan interaksi nasabah dengan bank.

Pak Ogi Prastomiyono, Pak Rico dan Pak Rohan
Direktur Operasional Bank Mandiri Pak Ogi Prastomiyono mengatakan, Bank Mandiri mengembangkan chatbot MITA bersama startup binaan Mandiri Capital Indonesia (MCI) dan tim teknologi informasi internal perusahaan. Investasi untuk mengembangkan chatbot MITA sekitar Rp 2 miliar.Hal ini dilakukan karena dari 43% nasabah Bank Mandiri adalah kaum milineals yang terbiasa mengakses media sosial dan internet untuk  beberapa kemudahan di segala aktivitas. di sela-sela  press conference pada tanggal 19 Maret 2018 di Plaza Mandiri.

Penambahan layanan chatbot dan perwajahan baru situs Bank Mandiri akan meningkatkan efisiensi. Nasabah dapat menghemat biaya pulsa yang biasanya digunakan untuk menghubungi call center 14000. Dan dari  sisi bank sendiri , beban call center akan sedikit berkurang sehingga pengaduan dari nasabah bisa cepat ditindaklanjuti, yang biasanya kita antri jika Bank Mandiri memiliki 21,9 juta nasabah tabungan dan 1,8 juta nasabah kredit per 31 Desember 2017. Dari  rata-rata kunjungan di situs Bank Mandiri mencapai 155.000 perharinya.

Dan hadirnya MITA ini menurut ibu Lila Noya, selaku Group Head Customer Care Bank Mandiri akan diminiati oleh nasabah dan non-nasabah, melalui chatbot selain bisa melakukan pemblokiran kartus bisa juga melayani informasi tentang apapun melalaui selulernya. Layanan MITA  juga bisa diakses seluruh masyarakat melalui aplikasi chat seperti LINE @bankmandiri, Fasebook Massenger @bankmandiri dan telegram @bankmandri_officialbot

Wajah Baru Website

Menurut Pak Rico Usthavia Frans selaku Direktur Direktur Digital Banking & Technology selain layanan  chatbot MITA kita bisa juga melihat wajah baru website mandiri www.bankmandiri.co.id, kini direfresh tampilan agak lebih ramah/user friendly.hal itu bertujuan agar masyarakat lebih mudah berinteraksi dan mencari informasi mengenai produk, layanan maupun informasi lainnya.

Banyak fitur-fitur aplikasi yang bisa digunakan yang salah satunya menu emergency button  untuk memblokir kartu debit atau kartu kredit. Nasabah tinggal mengisi formulir yang ada di situs bank mandiri tanpa harus menghubungi call center. Menu-menu yang tampil di website baru tentunya juga memudahkan kita semua dalam melakukan berbagai macam transaksi perbankan ataupun sekedar memperoleh informasi tentang semua layanan yang dimiliki Bank Mandiri. dan bisa menikmati berbagai fitur dan layanan tersebut dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan Bank Mandiri.

Melaui pembaharuan  ini  selain meningkatkan kualitas dan pola komunikasi perusahaan dan seluruh stakeholder,juga terbuka ruang-ruang perbaikan untuk layanan MITA kedepannya nanti akan dikembangkan bisa melayani transaksional.

Inovasi ini tentunya memudahkan kita sebagai nasabah setia Bank Mandiri, mudah, hemat dan praktis apalagi kalau layanan MITA nanti sudah ada layanan transaksi, tidak perlu lama antri lagi sepertinya Nah, jangan lupa #SaatnyaTanyaMita bisa di add melalui seluler kita seperti yang telah saya sebutkan diatas, melaui LINE, Facebook Messenger dan Telegram












21 comments :

  1. Sampai detik ini saya tidak mempunyai Rekening, karna males antri ke bank utk nabung dll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mudah2an MITA bisa trnsaksai ke depannya mba echi

      Delete
  2. Ahhh ini memudahkan banget nih. Harusnya mah bank mandiri begini dari dulu *ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bertahap mba, kemarin2 karena customer service agak sulit masuk jadi di buat versi MITA agar memudahkan^^

      Delete
  3. Asyikk bangeeet customer service Bank Mandiri sekarang bisa lewat line ... jadi semakin mudaah dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semakin mudah ya, keren banget ini inovasi Bank Mandiri

      Delete
  4. Cantik yaa Mbak Mitaa.. Semoga layanan Bank Mandiri semakin memuaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya tokohnya cantik semoga pelayanan Bank Mandiri juga jadi cantik

      Delete
  5. Wuah..ini maki efisien. Chit chat perihal beberapa aduan jd kian praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba praktis dan memudahkan layanan MITA ini

      Delete
  6. nah ini penting nih bisa langsung blokir kartu tanpa perlu telepon ke call center. Thank you infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi ngga worry sekarang klo kejadian yg tidak diinginkan MITA bisa utk pmbokliran kartu

      Delete
  7. Mendingan ga bermasalah :) bertatap muka dengan CS aja suka ga beres urusan yg dialami apalagi dg Chatbot

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini bukan buat masalah aja mba, MITA ini bisa tanya apapun tentang produk Bank Mandiri

      Delete
  8. Aku pakai mandiri juga tapi baru denger ada si mita dan chatbot ini, hhmmm apa sama kayak vira nya bca ya mba? Hhmm siapa lagi itu mita? Mita mana lagi? *versi istri cemburuan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama dengat bank tetangga, cuma MITA ini bisa chat di akun medsos kita juga

      Delete
  9. Kece nih kaka, makin dimudahkan ya kita. Mudah mudhaan kedepannya fiturnya makin canggih lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kaka layanan MITA memudahkan nasabah dan calon nasabah

      Delete
  10. Sekarang bisa tanya informasi.seputar produk Mandiri melalui chat dg MITA. Mempermudah nasabah pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba,,, memudah MITA layanan dari bank Mandiri

      Delete
    2. bener mba layanan chatbot MITA semakin memudahkan

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,