Monday, 19 March 2018

Value Your Life : Seberapa Besar Hidupmu Mampu Menginspirasi Orang Lain


Value Your Life : Seberapa besar hidupmu mampu menginspirasi orang, kata-kata yang dikeluarkan oleh Pak Onggy Hianata seolah membuat saya berpikir. Ternyata tidak cukup menjadi orang baik ataupun berusaha baik, tetapi apakah selama kamu hidup apa yang kita lakukan mampu membuat orang berubah menjadi baik karena apa yang kita lakukan, bukan semata-mata untuk diri sendiri. 


Ada lagi satu kata ajaib darinya semua orang punya impian tetapi yang lebih penting seberapa butuhnya kita pada impian, hingga impian itu menjadi sebuah kebutuhan dan cepat diwujudkan oleh diri sendiri. Yap,,, itulah kata-kata yang mampu membuat saya terhenyak, mungkin juga teman-teman blogger yang hadir pada tanggal 14 Maret 2018, di kafe EH Cikini Jakarta Pusat. Pak Onggy Hianata tidak mau disebut motivator, karena memang dari pertama beliau berbicara bukan seperti motivator yang pernah saya hadiri kata-kata tidak membius tetapi setiap kata-kata yang diucapkannya mempunyai makna yang sangat besar.


Setiap orang pasti punya cita-cita, impian dan keinginan ada yang diberi kemudahan dengan jalan yang mulus tanpa hambatan bisa karena fasilitas orang tua yang cukup akan tetapi ada juga yang harus berjuang penuh liku, jatuh, bangkit, jatuh lagi kemudian bangkit itulah yang dialami oleh Pak Onggy Hianata.

Pak Onggy Hianata
Riwayat Pak Onggy Hianata

Onggy Hianata kelahiran, Tarakan Kalimantan Timur, pada tanggal 6 Maret 1962. Ayahnya, Ong Tjoi Moi adalah seorang pegawai toko kelontong. Mereka tinggal di rumah sederhana di kawasan Kampung Bugis, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat. Dibesarkan dengan  serba kekurangan anak ke 8 dari 9 bersaudara. Agar bisa memenuhi kebetuhan sehari-hari, dia kerap membantu orangtua. Tak heran jika Onggy harus keluar masuk hutan mencari kayu bakar, berkebun, beternak hingga berdagang di pasar pun dilakoni. Dan karena sibuknya membantu orangtua hingga dia telat masuk Sekolah Dasar bersekolah di SD Kampung Bugis dan dilanjutkan masuk SMP  dan SMA Tunas Kasih.

Setamat SMA Bpk Onggy merantau ke Surabaya untuk melanjutkan kuliah. Sambil kuliah, Onggy menutup biaya hidup menjadi pedagang keliling buku sampai membuat  kerupuk ubi. hingga berjualan jagung bakar di depan kampus, serta ikut bisnis MLM, katanya lagi . Akhirnya,  sukses meraih gelar sarjana strata 1 di Universitas Satya Widya Surabaya pada 1989.

Kemudian untuk bertahan hidup Pak Onggy memulai bisnis walaupun banyak gagalnya, ditipu berkali-kali terus mencoba bangkit dan mengejar impiannya hingga hidupnya sekarang berbalik 180 derajat, pencapaian beliau bukan hanya kebebasan waktu dan finansial, tetapi banyak nilai kehidupan. 



Berkaca dari masa lalunya itulah Pak Onggy ingin membagi pengalaman hidupnya agar semua orang bisa sukses, saya bisa sukses tentu orang lain juga bisa. Karena sesungguhnya kunci menuju sukses itu terletak pada pola pokir yang kemudian membangkitkan motivasi dan membangun karakter pribadi. 


Bootcamp Value Your Life

Lewat EDUNET Global, yang didirikannya sebagai wadah untuk menyentuh lebih banyak kehidupan orang lain dengan pembinaan mental Value Your Life – A Life Changing Bootcamp dengan program menggali dan membangkitkan kembali potensi terbaik dari setiap orang yang hadir. 


Melalui program-program pembinaan dan pengembangan mental yang di selenggarakan, diharapkan setiap pribadi akan sanggup mengaktualisasikan potensi terbaiknya agar dapat memberikan kehidupan yang lebih baik, lebih bernilai dan lebih berkualitas bagi dirinya, keluarga ,masyarakat ,negara maupun dunia dan berharap dari apa yang dilakukan tersebut dapat membuat hidup seseorang berubah lebih baik dari sebelumnya. Karena hanya dengan keyakinan dengan kemauan yang kuat dan pola pikir yang tepat, kesuksesan hidup yang kita idam-idamkan pasti dalam genggaman.

Adapun misinya adalah
  • untuk membentuk individu menjadi pribadi yang memiliki karakter dan jati diri yang sejati serta siap memberikan hal yang terbaik dari dirinya. Setiap orang yang selalu antusias dan punya kemauan keras untuk mencapai kesuksesan hidup walaupun berkali-kali mengalami kegagalan.
  • Memberikan konstribusi kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan karakter, pola pikir dan sikap mental individu yang kuat dan positif
Bootcamp Value Your Life dimulai pada tahun 2003 dan hanya 35 peserta yang turut serta tetapi sekarang pesertanya berasal lebih dari 75 negara ikut bagian dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pembinaan mental bagi ribuan orang. Kelebihan dari boothcamp ini berbahasa Indonesia dan waktunya selama 2 hari 3 malam. Tidak ada sharing personal didalamnya hanya menggunakan tehnik mendengarkan pengalaman dari Pak Onggy Hianata. Tetapi mampu merubahah kebiasaan buruk ribuan orang dari pecandu rokok, narkoba atau alkohol  dan kebiasaan buruk lainnya  menjadi orang yang lebih baik.
Pak Onggy Hianata bersama testimonial perserta bootcamp 
Kemarin hadir juga beberapa testimonial bootcamp pasangan suami istri Dra Ary Hellya Kuniati, Apt dan Ir Sudarmono Djoko Nugroho, yang mengatakan setelah ikut Bootcamp Value Your Life, sifatnya berubah drastis dari seorang Ibu yang sangat keras dan ditaktor terhadap anak-anaknya kini berubah menjadi lembut dan penyayang juga hubungan dengan suaminya menjadi bertambah mesra ketimbang sebelumnya, karena merasa mempunyai power dengan penghasilan dari pekerjaannya sekarang  lebih menghormati suami sebagai kepala keluarga.

Hadir juga  Yulianto, SE yang hampir bunuh diri karena punya hutang dan usahanya bangkrut tetapi bisa bangkit dan kini sukses mempunyai bisnis  di negara Taiwan. Menjadi penasarankan apa yang Pak Onggy lakukan bisa mampu merubah seseorang menjadi lebih baik karakternya, tehnik apa yang beliau gunakan hingga mampu merubahnya?. Untuk lebih lanjut bisa mendapatkan informasi di https://www.bootcampdahsyat.com

Pak Onggy Hianatapun banyak meraih penghargaan dari dunia international, organisasinya telah meraih 5 Guiness World Record, menjadi pembicara dalam beberapa forum di kelas dunia, dan menjadi salah satu pembicara dari Asia dalam program John C. Maxwell di Amerika Serikat.

Karena kesuksesan inilah akhirnya kisah dari Pak Onggy diangkat ke layar film dengan judul “Terbang Menembus Langit” yang disutradarai oleh Fajar Nugros. Film yang dibintangi oleh Dion Wayoko ( Onggy Hianata) dan Laura Basuki (istri Onggy Hianata) diproduksi oleh  Demi Istri Production. Film Terbang Menembus Langit ini, menceritakan bagaimana jatuh bangunnya Pak Onggy Hianata kemudian sukses,  menonton film ini banyak nilai kehidupan yang kita ambil sebagai hikmah, kita bisa berkaca bahwa untuk sukses itu tidak bisa kilat tetapi harus diperjuangkan dan itu akan tercapai dengan tekat yang gigih, dan keluarga juga ikut berperan serta dalam mendukung upaya tersebut. Film ini akan release di seluruh layar bioskop Indonesia pada bulan April.

Semoga dari kisah Pak Onggy Hianata bisa kita ambil hikmahnya dari seorang yang bukan apa-apa, menjadi seorang yang dapat menginspirasi karena kesuksesannya yang diraih berkat keuletan dan kegigihan yang terus dikejar untuk mewujudkan impiannya menjadi nyata. Dan apa yang sekarang diraihnya beliau masih mau berbagi  memberikan pengalamannya lewat Bootcamp Value Your Life.
















7 comments :

  1. keren ya da aku juga ingin bisa berbuat untuk abnyak anak2 di desa

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran Ama apa yang dibagiin di boothcampnya mbak... Hehehe... Kok bisa begitu menginspirasi para pesertanya...

    ReplyDelete
  3. Berarti siapa saja bisa ikut Bootcamp, ya? Ada batasan umur gitu mbak?

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama boothcamp nya, terbuka umum atau cuma orang spesial aja yg bisa ikutan ya?

    ReplyDelete
  5. Gak sabar mau ikutan bootcamp kayak apa ya inspirasinya.

    ReplyDelete
  6. Penasaran sama Bootcamp ini. Inspiring banget kisahnya.

    ReplyDelete
  7. Kisahnya sungguh inspirasional ya..saya udah liat traillernya cukup mengharukan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,