Saturday, 19 January 2019

Beberapa Manfaat Naik Transportasi Umum



Assalamualaikum,,,,

Menemui jalan-jalan macet sepertinya sudah merupakan hal yang biasa dan itu terjadi biasanya pada jam-jam berangkat kerja, makan siang hingga pulang kerja dan itu berputar setiap harinya. Bisa kita lihat kenyataan banyak sekali kendaraan pribadi yang memenuhi jalan raya bahkan mirisnya satu mobil hanya berisikan satu sampai dua orang saja. Kemudian apa yang sebenarnya bisa mengurai kemacetan ini, salah satunya mencoba fasilitas  transportasi umum yang telah diberikan oleh pemerintah.

Akan tetapi transportasi umum ini belum cukup bisa membuat masyarakat mau menggunakannya. Masih banyak orang-orang yang lebih suka menggunakan transportasi pribadi. Padahal, mereka yang menggunakan transportasi pribadi lebih banyak mengeluh soal kemacetan, harga bahan bakar naik, boros bayar tol, lelah mengemudi, dan masih banyak lagi. Tapi, tetap saja tidak mau menggunakan transportasi umum yang sudah pasti tidak akan lelah menyetir, boros bayar tol, atau lainnya.

Beberapa Manfaat Naik Transportasi Umum

Kondisi ini memang berbanding terbalik dari beberapa daerah di negara maju diluar sana. Disana mereka sudah dapat mengandalkan transportasi publik dengan mobilitas yang tinggi. Biasanya, efisiensi waktu menjadi alasan utama. Kondisi macetnya Jakarta membuat masyarakat berpikir dua kali dalam memilih angkutan umum sebagai jasa transportasi mereka.

Saya di Bus Transjakarta
Bus TansJakarta misalnya yang mempunya slogan Ayo Naik Bus Biar Nggak Bikin Macet yang ikut mengimbangi perkembangannya demi kelangsungan hidup orang banyak. Pasalnya, transportasi di Indonesia terus bertransformasi dengan cepat. Pun dengan transformasi umumnya yang semakin baik. Mulai dari fasilitas, pelayanan, transportasi rute, dan lain sebagainya yang membantu kenyamanan para penggunanya.

Coba lihat, hampir semua sistem pembayaran sudah cashless, jumlah unit pun ditambah. Dulu busway mungkin tidak sebanyak sekarang, jalurnya pun terbatas. Kini, hampir seluruh pelosok Jakarta telah terhubung dengan moda ini. Begitu juga dengan Commuter Line, kini telah menjadi salah satu kendaraan idola kaum urban apalagi yang rumahnya di daerah-daerah satelit seperti Bogor, Depok dan Tangerang. Ada pun bus Trans jabodetabek, yang menjangkau bahkan ke daerah-daerah yang biasanya minim transportasi. Sekarang sudah menggunakan sistem BRT (Bus Rapid Transit), yaitu sebuah sistem bus yang cepat, nyaman, aman, dan tepat waktu dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal.
 
Bus TransJakarta
Tempat duduk yang nyaman juga berAC
Memang mungkin disana-sini banyak yang belum sempurna akan tetapi jangan khawatir Pemerintah terutama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan terus berbenah demi kenyamanan masyarakat. Lama-kelamaan kita akan merasakan "asiknya" menjadi bagian pengguna transportasi umum. Sejak tahun 2017 akhir, transformasi transportasi semakin baik hingga membuat angka pengguna transportasi umum meningkat.

Yang dulu malas naik transportasi umum karena merasa lebih nyaman naik kendaran pribadi, kini mulai cinta dengan transportasi umum. Yang dulu takut-takut kalau naik bis karena rawan pencopetan, sekarang berkampanye mengajak teman-temannya naik bis karena sudah banyak petugas di dalamnya. Yang dulu malas harus berlari-lari mengejar bis, hari ini rela menunggu bis karena sudah banyak halte dengan kuantitas bus yg berangkat cukup sering. Jadi, apa lagi alasan kamu tidak naik bis?

Pembayaran Bus

Manfaat yang akan kita rasakan jika menggunakan bus yaitu:

Hemat Pengeluaran, dibandingkang dengan mengisi bensin, bayar tol naik bus biaya lebih murah hanya Rp 3.500,- dan dibeberapa titik tertentu disediakan bus TransJakarta gratis ke beberapa rute.

Dapat Bersosialisasi
Manfaat naik transportasi umum ternyata dapat membantu melatih diri kita  untuk lebih bersosialisasi dengan orang lain. Sebabnya kita akan bertemu banyak orang dengan sifat, cara berbicara, gaya, hingga topik pembahasan yang berbeda. Dengan begitu, tentunya kita akan belajar cara bersosialisasi dengan berbagai tipe orang. Bahkan teman saya ada yang dapat jodoh ketika di bus loh, karena selalu bertemu pada jam-jamnya yang sama ketika naik bus pada saat berangkat kerja.

Menurunkan Berat Badan
Manfaat lain dari naik transportasi umum, yaitu dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh. Ketika kita telah rutin naik bus, biasanya kita harus berjalan dulu ke halte atau naik JPO (Jembatan penyebrangan orang) . Tanpa kita sadari kita telah melakukan aktivitas rutin bagi tubuh, bisa jadi karena seringnya berjalan atau turun naik berat badan kita berkurang, iyakan…

Memaksimalkan Bahan Bakar Bersubsidi
Jika kita naik kendaran pribadi, tanpa sadar kita menggunakan bahan bakar bersubsidi, karena terbilang lebih murah. Namun sebenarnya, bahan bakar bersubsidi adalah bahan bakar milik negara yang diberikan oleh pemerintah dan digunakan untuk kepentingan publik. Jadi jika kita memiliki kendaraan pribadi, sebaiknya tidak menyalahgunakan apa yang sudah diberikan oleh pemerintah.

Mendukung Langkah Go-Green
Dengan kebiasaan naik angkutan umum, tentunya jumlah pemakaian kendaraan pribadi otomatis akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi udara yang disebabkan asap yang dikeluarkan oleh kendaraan. Secara tak langsung, mencegah terjadinya global warming adalah salah satu manfaat naik transportasi umum dalam jangka panjang.



Bayak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan menggunakan transportasi umumkan. Ayo naik bus tunggu apalagi, biar nggak bikin macet.

Semoga bermanfaat ya,

29 comments :

  1. udah lama gak naik transportasi umum, emang jarang keluar rumah sih hehe. Tapi bus sekarang sudah bagus ya, di Bandung juga bus dari sudah sama kayak trans jakarta nyaman.

    ReplyDelete
  2. Aku naik transportasi umum biar bisa tidur :-D daripada bawa kendaraan sendiri hihihi. jenis kendaraan umumnya tergantung lokasi yang dituju dulu

    ReplyDelete
  3. Waalaikumsalam mbak, aku juga udah lama banget nih ngga naik transportasi umum. Abis gimana ya kalau bawa bayi lebih enak dan nyaman pesan online sih mbak. Pernah naik KRL tapi harus di jam yang pas, ngga berdesakan :D

    ReplyDelete
  4. Commuter line dan transjakarta idola aku banget, sih. Dari semua moda transportasi massal darat, memang kerasa yang paling aman ya 2 itu.

    ReplyDelete
  5. Manfaat lain naik transportasi umum bisa mengenal siapa orang tersebut. Santun dengan memberikan tempat duduk atau penjahat dengan mencopet

    ReplyDelete
  6. Ya ampun Mbak... cita-citaku banget ni naik moda transportasi umum Trans Jakarta. Belum pernah euy sampai sekarang. Termasuk sejenis di Surabaya pun aku belum pernah. Padahal ngakunya busmania! Hahaha...

    ReplyDelete
  7. Jilbabnya samaan euy. Enak ya naik bus transjakarta gratis. Aku juga nagih euy. Tapi kalo bareng mba Utie aja dah.

    ReplyDelete
  8. mendukung langkah gogreen sih mbak, tapi kemacetan dan egoisnya pengendara akhirnya memilih aku tetap naik kendaraan pribadi. Kalau naik transjak bisa 2 jam lebih lama euy..
    alhasil ya setiap sabtu minggu aku memaksimalkan naik kendaraan umum hihi

    ReplyDelete
  9. Maksudnya daerah satelit apa ya mbak? haha kudet. Semoga makin baik ya transportasi umum kita ke depannya. Makin nyaman dan memanjakan masyarakat. Agar yang naik kendaraan pribadi makin berkurang juga hehe.

    ReplyDelete
  10. saya klo ke Jakarta rasanya ada yang kurang klo gak naik Trans Jakarta Mbak, hihihhih. secara di Kendari ada bus gede gini juga namanya Trans Lulo, tapi rutenya cuma tempat tertentu aja, gak lewat jalan umum gitu :)
    tapi bulan kemarin gak sempat siih cuma naik metro mini doang, gpp deh masih sama aja dengan transportasi umum :D

    ReplyDelete
  11. Sudah hampir satu setengah tahun ini, saya juga beralih memakai transportasi bus. Apalagi transportasi yang satu ini sekarang tambah nyaman aja. Gak ada ngetem sembarangan dan yang pasti sudah ber-AC, jadi berasa adeem

    ReplyDelete
  12. Ya. Memang banyak manfaatnya naik transportasi umum, semoga saja transportasi umum kita semakin baik kualitasnya ya mba..

    ReplyDelete
  13. Aku kalo gak buru buru malah naik angkutan umum Mba. Soalnya pernah trauma, kena macet berjam jam pas naik angkutan umum. Waktu itu jalur tj juga masih gabung dengan jalur umum. Sekarang keknya udah nggak ya :)

    ReplyDelete
  14. Hahaha JPO apalagi di Jkt emang luar biasa, ampun deh, bikin langsing sih, tapi pegel jg hehe. Tapi aku setuju nih sama pemanfaatan transportasi umum. Mamin banyak yg pakai maka kemacetan akan terurai. Tapi sebaiknya diimbangi dengan penyediaan transportasi umum yg layak dan pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi dr pemerintah.

    ReplyDelete
  15. Aku pernah naik Trans Jakarta sekali aja seumur hidup. Itupun saat akan ke Tangerang. Entah kapan bisa naik lagi.

    ReplyDelete
  16. aku seneng dengan adanya busway. keliling jakarta cuma bayar 3500. haha...apalagi kalau aku lagi galau. haahaha...

    ReplyDelete
  17. Kalau di Bandung atau di Cimahi hrs dibenahi dulu transportasi umumnya. Karena kenyataannya naik ankutan umum di kota ini terutamab angkot butuh kesabaran yg haqiqi.
    hahaha..buang waktu krn macet, ngetem dan muter.

    ReplyDelete
  18. Transportasi umum memang solusi utk mengatasi kemacetan ya. Apa lagi dgn fasilitas nyaman begini.

    ReplyDelete
  19. Kalau di kota besar naik angkutan / transportasi umum emang baik mba. Malah dianjurkan.. tapi kalo di pekalongan agak susah diterapkan mba. Bisa2 teelambat sampai tempat kerja

    ReplyDelete
  20. Aku sejujurnya jarang banget naik trans jakarta klo di jakarta tapi baca tulisan ini jadi pengen deh naik bus trans jakarta lagi hehe di kota ku angkutan umum jarang banget dipakai

    ReplyDelete
  21. Dua minggu lalu saat naik bus bersama anakku, kulihat ada seornag ibu2 yg rela berbagi tempat duduk dengam ibu2 lainnya. Padahal di sana ada laki2 banyak lho. Dengan naik kendaraan umum aku dapat pelajaran hidup yang sangat berharga.

    ReplyDelete
  22. Pas masih di Bandung, sering ajak anak naik damri/TSB, anak-anak seneng banget, dan memang banyak hal positif, dan sekarang naik bis dalam kota itu menyenangkan karena lebih nyaman dan aman

    ReplyDelete
  23. pernah liat bus ini di Makassar juga kalau nda salah, suka banget dengan slogannya, "ayo naik bus biar gak macet"

    ReplyDelete
  24. Kalau ke jakarta, aku juga selalu naik trans jakarta atau KRL mba. Sangat membantu untuk bepergian jarak jauh :)

    ReplyDelete
  25. Manfaatnya sih banyak banget terutama KRL yang sering aku naikin meski selalu penuh ketepatan waktu dan bebas macet itu lah makanya saya setia sama KRL hehe.

    ReplyDelete
  26. Aku suka naik trans Jakarta terutama pas tinggal di belakang ragunan yang kalau mau ke busway jalan aja bisa. Cuma pas ke Depok terus kenalan sama KRL wah..aku jatuh cinta sama KRL karena anti macet heheheh

    ReplyDelete
  27. Kalau sama suami selain naik Commuter Line kami juga beberapa kali naik Transjakarta mbak tapi kalau sendiri aku masih suka bingung naik Transjakarta nggak ngerti pemberhentiannya :)

    ReplyDelete
  28. In syaa Allah naik bus.
    Penasaran banget sama School Bus yang disediakan (banyak) di Bandung.
    Belum untuk sekarang-sekarang ini karena masih punya anak kecil, yang kalo naik kendaraan umum, langsung seek (bobok).

    Fyuuuh~

    ReplyDelete
  29. Aku juga di Jakarta lebih nyaman naik KRL atau TransJakarta.
    Gak yakin deh kalau bawa kendaraan pribadi di Jakarta, stock sabar aku cuma ada sedikit soalnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,