Sunday, 20 January 2019

Tips Lengkap Ketika Travelling Sendirian


Assalamualaikum..

Travelling sendirian  kenapa tidak? Jadi ingat dulu semasa masih kuliah sering banget melakukan travelling sendiri, selain lebih praktis dan bisa menentukan kapan waktunya jalan. Nah, saya mempunyai tips lengkap ketika travelling sendirian. Awalnya memang tidak percaya diri takut kejadian yang akan membahayakan diri, tapi karena modal nekat akhirnya mencoba juga.

Walaupun pergi sendiri tetap saja kita harus melakukan cek dan ricek/riset yang detail. Mendadak ataupun tidak harus tetap cari informasi.  Biasanya yang saya lakukan  googling seharian mencari informasi terlebih dulu atau membaca blog-blog traveler yang sudah pernah pergi ke daerah  yang akan dikunjungi. Kemudian strategi kedua mempersiapkan budget yang akan kita keluarkan, untuk naik tranportasi selama travelling cari tahu kita harus naik apa dan jam berapa, kemudan mencari penginapan yang low budget tentunya.

Terus bagaimana nih kalau sudah berkeluarga bisa tidak kita travelling sendirian karena ibu-ibu macam saya kan kepingin banget me-time. Bebas sebentar dari kegiatan rutin sebagai ibu ramah tangga yang berputar terus setap harinyan juga  karena hobi travelling sebenarnya masih mengalir biarpun sudah punya anak dua, seperti kemarin saya berangkat ke Jogjakarta dan Bandung sendirian kunci utamanya sih komunikasi  yang penting dengan suami, kebetulan anak-anak sudah cukup besar dan bisa mandiri. Nah kalau pergi beberapa hari biasanya saya mempersiapakn kebutuhan untuk makan, jadi suami atau anak-anak tinggal goreng atau rebus, intinya persiapakan menu yang praktis. Jadi saya pergi bisa lebih leluasa walaupun saya jauh mereka tetap bisa makan rumahan, kerana anak-anak saya tidak terbiasa makan diluar.

Dan ini Tips lengkap ketika travelling sendirian,
Setelah googling tentunya, pastikan semua barang sudah masuk ke dalam tas  nah biasanya saya kalau travelling saya membawa 2 tas. satu koper berisikan pakaian lengkap satunya lagi tas ransel/backpack kecil yang  bisa muat beberapa barang agar lebih mudah ketika mulai explore. Atau kalau pergi ke daerah yang dekat dan hanya 2- 3 hari  saya cukup membawa backpack

Pelajari atau kuasai bahasa lokal,
Ini penting banget sih menurut saya, karena dengan bahasa lokal basanya kita lebih mudah untuk berkomunikasi minimal kuasai kosa kota yang umum.

Jangan pernah memberikan tahukan kepada siapapun jika berpergian
Ketika kita travelling tentunya kita akan bertemu dengan orang baru nah, jangan sesekali memberi tahu bahwa kita sedang travelling sediri. Walapun tidak semua orang jahat tapi tetap saja harus hati-hati.

Tetap Komunikasi dengan Orang Rumah
Memberi kabar adalah kewajiban bagi saya ketika travelling sendiri, hal ini dilakukan biar orang rumah tidak khawatir dan kalau terjadi apa-apa paling tidak mereka tahu posisi kita berada dimana.

Memiliki asuransi perjalanan
Selama berpergian kitapun berharap akan baik-baik saja, akan tetapi untuk kehati-hatian yang lebih ada baiknya kita sudah mempunyai proteksi salah satunya dari HappyOne.Id yaitu HappyTrip yang melindungi perjalanan domestik maupun international, cara menda myftarnya mudah dan praktis serta premi yang ramah kantong banget dan untuk polisnya sendiri bisa diterima dengan email yang didaftar.


Ada beberapa manfaat sari HapyTrip Domestik  yaitu :
  • Perlindungan Pembatalan Perjalanan Penggantian biaya perjalanan yang telah dibayar di muka bila adanya pembatalan perjalanan karena hal-hal di luar kuasa tertanggung.
  • Perlindungan terhadap Bagasi dan Barang Pribadi. Perlindungan atas kehilangan dan kerusakan bagasi termasuk barang-barang di dalamnya serta barang yang dipakai atau dibawa selama melakukan perjalanan
  • Biaya Medis Akibat Kecelakaan, Penggantian biaya medis yang diperlukan akibat kecelakaan selama perjalanan Anda.
  • Perlindungan Keterlambatan Penerbangan Santunan untuk setiap 8 jam keterlambatan pada pesawat, kereta api atau kapal laut (sampai batas maksimum yang tertera dalam sertifikat polis) akibat kejadian di luar kuasa tertanggung serta pertanggungan atas biaya pembatalan, biaya akomodasi, dan biaya tambahan lainnya yang muncul akibat adanya perubahan jadwal.
  • Evakuasi Medis Darurat dan Repatriasi
  • Pengaturan dan pembiayaan evakuasi dan repatriasi apabila Tertanggung mengalami keadaan darurat medis akibat sakit ataupun kecelakaan yang dijamin dalam polis.
Kemudian Manfaat Perlindungan HappyTrip Internasional
Memberikan keamanan dan perlindungan atas resiko sebelum dan selama perjalanan luar negeri.
  • Perlindungan Pembatalan Perjalanan. Penggantian biaya perjalanan yang telah dibayar di muka bila adanya pembatalan perjalanan karena hal-hal di luar kuasa tertanggung.
  • Perlindungan Terhadap Bagasi dan Barang Pribadi. Perlindungan atas kehilangan dan kerusakan bagasi termasuk barang-barang di dalamnya serta barang yang dipakai atau dibawa selama melakukan perjalanan
  • Biaya Medis Akibat Kecelakaan dan Sakit. Penggantian biaya medis yang diperlukan akibat kecelakaan atau sakit selama perjalanan Anda.
  • Perlindungan Keterlambatan Penerbangan Santunan untuk setiap 6 jam keterlambatan pada pesawat, kereta api atau kapal laut (sampai batas maksimum yang tertera dalam sertifikat polis) akibat kejadian di luar kuasa tertanggung serta pertanggungan atas biaya pembatalan, biaya akomodasi, dan biaya tambahan lainnya yang muncul akibat adanya perubahan jadwal.
Untuk lebih jelas masalah proteksi dari HappyTrip, bisa langsung mengunjungi www.happyone.id .  Mudah-mudahan setelah membaca ini, kamu yang belum berani untuk travelling sendirian jadi makin berani, kemungkian hanya satu minusnya kita jadi susah untuk foto sendiri di tempat travelling yang kita tuju, Jika keadaan memaksa kita biasa pilih-pilih orang untuk meminta bantuan foto kepada orang disana, atau bisa juga membawa tongsis dan tripod itupun mesti sabar agar hasilnya maksimal.

Selamat berpuatalangan seorang diri, semoga bermanfaat ya

No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏