Friday, 18 January 2019

Sun Life Resolution Run 2019



Assalammualaikum,,,

Setuju engak kalau hidup sehat itu harus dimulai saat ini juga, karena pola hidup yang sehat merupakan investasi yang penting untuk hari tua. Banyak banget  kegiatan positif yang mengarah untuk hidup sehat apalagi jika usia kita masih tergolong muda seperti aktif bergerak artinya luangkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit saja setiap hari untuk beraktivitas fisik. Jalan kaki, naik sepeda, lari, apapun pilihannya selama fisik aktif. Cintai pekerjaan artinya bekerjalah ditempat yang benar-benar kita cintai karena kalau terpaksa melakukannya akan merusak kesehatan.

Konsumsi sayur mayur, buah-buahan kemudian kontrol porsi makan tidak perlu menghilangkan satu jenis makanan tertentu, perbanyak di satu piring itu sayur, kemudian kurangi gula, caranya mudah banget kok, setop minuman bersoda, makan sereal dengan tambahan gula, dan menambahkan gula ke dalam masakan. Asupan gula berlebih terbukti berhubungan dengan obesitas dan diabetes.

Sun Life Resolution Run 2019 sebagai Langkah Awal untuk Peduli Hidup Sehat

Begitu juga yang diutarakan ole Ibu Elin Waty selaku Presiden Direktur Sun Life yang menyatakan angka obesitas tinggi dikalangan anak-anak muda dikarenakan  bekerja terlalu over dan kurang memperhatikan asupan sehat sehari-hari juga Indonesia termasuk urutan ke-3 di dunia untuk penyakit diabetes. di acara Press Conference Sun Life Resolution 2019 yang di gelar di  Fx Sudirman Jakarta 

Sebagai bentuk kepedulian ini Sun Life mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk memberikan perhatian lebih pada kondisi kesehatan melalui kampanye Live Healthier Lives. Pasalnya, generasi muda Indonesia memilik potensi yang besar untuk bisa berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Sebagai bukti apresiasi  Live Healthier Lives, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk mengikuti aktivitas ‘Sun Life Resolution Run 2019’ yang akan digelar pada tangga; 20 Januari 2019 mendatang di ICE BSD. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah pertama bagi masyarakat untuk mewujudkan resolusi hidup sehat.
(ki-ka) Kelly Tandiono, Dr. Grace, Ibu Elin Wati, Ibu Shierly Ge dan Ibnu Jamil
Kenapa Sun Life Memilih Ajang Sun Life Resolution Run 2019?

Selain alasan untuk mengajak langkah awal peduli hidup sehat juga menurut Ibu Shierly Ge, sebagai Chief Marketing Officer Sun Life, menyatakankan, bahwa kampanye yang dilakukan Sun Life akan meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk asuransi, terutama brand Sun Life sebagai perusahaan asuransi. Kami ingin menawarkan solusi hidup sehat, sejalan dengan visi Sun Life untuk terus mendampingi masyarakat meraih masa depan yang sehat dan sejahtera. Dan ajang Sun Life Resolution 2019 ini diadakan di lima negara sekaligus, yaitu di Hong Kong, Filipina, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Di Indonesia, ini adalah kali pertama Sun Life Resolution Run 2019 digelar, dan akan hadir dalam 3 kategori lomba: 5K, 10K dan Family Run 1.5K. 

Kegiatan ini juga  merupakan langkah pertama bagi masyarakat untuk mewujudkan resolusi hidup sehat sekaligus bisa berdonasi karena seluruh biaya pendaftaran yang dibayarkan peserta, akan diberikan ke RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia

Kemudian hadir Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 menjelaskan, Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh. Sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karena jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi (3-5 kali per minggu), olahraga lari dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas. Ada istilah menarik dari Dr. Grace bahwa olah raga itu seperti obat, jika kurang dan berlebih akan tidak baik, maka olah raga harus teratur dan sesuai dengan kemampuan tubuh.

Ketika berlari ada yang harus benar-benar diperhatikan dan jika kita mengalami cedera ada hal-hal yang harus dilakukan 

  • Cukupi kebutuhan air jangan sampai dehidrasi.
  • Lakukan pemanasan dan latihan minimal satu bulan sebelum ajang lari.
  • Memakai perlengkapan lari yang tepat baik itu tshirt dan perhatikan jenis sepatunya.
  • Konsumsi makanan yang cukup berkalori.
  • Ada 2 cidera yang biasa ditemui jika saat berlari yaitu sprain/rice yaitu cidera karena peregangan otot baiknya segera dikompres dengan air dingin. Rice artinya Rest Ice /kompres es, Compression dan elevation. Dan yang kedua Muscle Cramps atau keram otot nah, cara mengatasinya dengan pijat/massage dan stretching
Begitu pun yang dikatakan artis, model dan juga pelari Kelly Tandiono.yang menyatakan bahwa sehat itu investasi untuk hari tua, ketika menjalani pola hidup sehat badan akan terasa ringan dan tidak perlu melakukuan diet keras, karena tubuh sudah terbiasa dengan makanan sehat dan olah raga yang teratur. Untuk itu Kelly memberikan tips, banyak minum air putih, atur pola makan jika perlu minum vitamin dan sebelum bertanding latihan dulu minimal satu bulan sebelumnya.
 
Piagam dan tshirt Sun Life Resolution 2019
Di ajang Sun Life Resolution Run 2019 ada 1500 peserta dan Ibnu Jamil serta Kelly Tandiono akan hadir juga disana. So, bagaimana dengan kamu?  Apakah Resolusi 2019 ingin mengurangi berat badan termasuk didalamnya, jadi jangan hanya menjadi daftar resolusi saja tetapi tidak ada action.

Sekarang setiap pagi atau sore saya sedang rutin jalan cepat mengelilingi komplek rumah dan mulai menjaga pola makan. Awalnya memang berat, yang berat bukan hanya rindu saja ternyata, akan tetapi jika rutin dan punya semangat apapun yang dilakukan untuk sehat pasti terasa mudah. Beneran ada hasilnya, tubuh jadi tidak mudah lelah.

Sekarang  pilih mana satu sisir pisang harga Rp 15,000 dibandingkan degan satu mangkok bakso dengan harga yang sama. Saya lebih memilih membeli pisang yang dapat dinikmati semua keluarga. Semoga saja acara Sun Life Resolution Run 2019 bisa rutin diadakan agar kita semua termotivasi untuk mengikuti ajang ini, dan bisa menginspirasi untuk langkah awal peduli hidup sehat.

Semoga bermanfaat ya.

22 comments :

  1. Lari bisa mencegah obesitas asalkan rutin, gitu ya mbk. Aku pikir harus ngegym3 gt atau olahraga apa gitu baru ampuh mengusir obesitas . Makasih infonya mbk utie semoga kegiatan sunlife resolution run ini terus berlanjut yak di tahun tahun berikutnya Aamiin

    ReplyDelete
  2. Nah..sayangnya aku g sanggup lari mba..paling bisanya jalan cepat saja..hihi.. Semoga sukses utk program keren ini ya..

    ReplyDelete
  3. Saya pilih baso mba, soalnya gak suka pisang wakakakaka
    *plak! minta dikeplak kok saya.

    btw keren banget sunlife nih bikin acara pentingnya hidup sehat kayak gini, apalagi ngajak cowok ganteng *eh wakakkaak

    Pengen deh ikutan, semoga nanti di Surabaya juga bisa dan saya juga ikutan aamiin, :D

    Lumayan banget kan, bisa olahraga sama Ibnu cowok ganteng *eh lagi wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Saya paling enggak suka disuruh lari tapi kalau lari dari kenyataan sih suka, haha..
    Tapi emang ya lifestyle sehat harus diterapkan sejak dini biar enggak nyesel hingga tua :)

    ReplyDelete
  5. Saya niih, masih lari dari kenyataan, heheh.
    Niatnya pengen olahraga klo weekend, ya jogging kecil gitu eehtapii panggilan selimut selalu lebih kuat, huaaam..

    Acaranya hari ini ya Mbak? Pasti sukses yaaa, secara lari itu sekarang banyak yang minati, udah banyak juga tuh yang ikut kompetisi lari bahkan go internasional ya :)

    ReplyDelete
  6. Jujur kalau lari rasanya belum sanggup. Sering lari karena ngejar kereta atau bus, sangat megap2 wjwkwk..jadi aku sekarang memulai olahraga sederhana aja jalan pagi 2x seminggu..sukses ya mba acaranya :)

    ReplyDelete
  7. Bagus banget acaranya. Resolusiku di tahun 2019 yang paling ku gencet itu jaga pola makan sambil olahraga teratur

    ReplyDelete
  8. Setujuu. Ini sekalian note to myself sih mba wkwk karena saya tuh juaramg olahraga hiks.. harusnya punya anak makin semangat ya olahraga. Insyaallah dalam waktu dekat mau memulai pola hidup baik lagi hihi

    ReplyDelete
  9. Ahahaha, aku termasuk yang kurang disiplin dalam olah raga, akdang semamngat, kadang males, ahaha.
    Pola makan aku juga lagi bandel, semaunya sendiri.
    Nuhun ya mba, udah diingatkan

    ReplyDelete
  10. Iya jalan cepat itu berat, apalagi kalo ada yang nyetop di tikungan dan ngajakin ngerumpi, wkwkwkk

    ReplyDelete
  11. Sehat itu sangat penting ya mba. Rajin olahraga dan makan makanan bergizi.

    Setuju, aku juga akan pilih pisang kok timbang bakso hahaha

    ReplyDelete
  12. Cakep ya ni Sun Life punya acara kayak gini. Mereka mengedukasi masyarakat biar bergaya hidup sehat dan nggak hanya sekedar menawarkan produk asuransinya aja.

    ReplyDelete
  13. Wah sdh lama banget aku gak lari...kebayang deh langsung ngos ngosan..hahaha. Bagus acaranya mengajak utk hidup lebih sehat.

    ReplyDelete
  14. Kalimat yang tentang cintai pekerjaan di atas kok nampol banget ya untukku. Hihi. Seakan-akan diingatkan kalau hidup bukan untuk kerja doang. Ehm, mbak baksonya kok mantab ya midal dimakan siang2 sama es teh. Duh duh duh.

    ReplyDelete
  15. Duh kok pilihannya bakso sih aku kan suka hehehe tapi kalo buat hidup sehat baiklah aku akan memilih pisang:)

    ReplyDelete
  16. Aku setuju apa yang dikatakan Ibu Elin Waty selaku Presiden Direktur Sun Life perlu banget remaja sekarang menjaga pola makan, jaga obesitas deh

    ReplyDelete
  17. Sedih banget deh aku disarankan enggak boleh lari. Ssalnya pernah mengalami kecelakaan dan kondisi kaki lumayan parah, meskipun sekarang terlihat normal.

    ReplyDelete
  18. Olahraga emang sangat penting ya. Olahraga paling gampang ya lari ini. cuma butuh pembiasaan dan latihan. Mungkin kalau anak2 agak gedean mau jg rajin ikutan race kyk gini.

    ReplyDelete
  19. Ini aktivitas sehat yang memang sangat baik untuk kesehatan. San ada banyak pilihan yaaa.. bisa 5 or 10 K

    ReplyDelete
  20. Aku dulu hobby banget lari sampai terakhir sebelum hamil Binar suka lari di UI sekeluarga, sekarang pengen lari lagi ah. Perut dah buncit ni perlu dibakar lemaknya

    ReplyDelete
  21. saya kalo disuruh pilih antara pisang dan bakso, saya pasti pilih pisang karena gak suka bakso (walau saat hamil ini beberapa kali ngidam bakso sih, hehehe)

    Saya sejak dulu gak pernah kuat lari. saat sekolah, saya selalu jadi yang paling terakhir sampe ke garis finis kalo disuruh lari sama guru olahraga :(

    ReplyDelete
  22. Yeee...lariii aku sukaaa. Tapi katanya kalau mau lari itu harus ritmenya sama gitu katanya tips biar kuat lari. Kalau cepet ya harus terus cepet, kalau pelan samakan ritmenya biar gampang menang. Hehehhe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ