Friday, 8 May 2020

Keuntungan Investasi Obligasi Negara di Digibank

Keuntungan Investasi Obligasi Negara di Digibank 
Sekarang banyak orang terpaksa berada didalam rumah terus karena work from home atau study from home. Karena itu tidak sedikit yang sedang banyak mencari alternative tambahan modal untuk tetap bertahan di tengah kejadian tak menentu seperti wabah korona. Salah satu alternative yang mungkin bisa di coba meski namanya tak sepopuler instrumen investasi yang lain seperti deposito, reksa dana dan saham. Namun makin ke sini minat masyarakat untuk melakukan investasi obligasi negara semakin tinggi. Terutama ketika mengetahui bunga investasi yang terpercaya.


Hal ini dibuktikan dengan data pada tahun 2006 di mana jumlah investor pada instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) yang hanya sebanyak 16 ribuan orang. Namun pada tahun 2015 sudah mencapai angka 214 ribu orang investor. 

Terbukti obligasi negara juga mendapatkan tempat di hati para pelaku investasi. Hal tersebut tentu tak luput dari beragam keuntungan yang ditawarkan oleh produk investasi terbaik yang satu ini. Kamu sendiri sudah tahu belum apa saja keuntungan berinvestasi di obligasi negara?

Keuntungan Investasi Obligasi Negara
Terdapat beberapa macam keuntungan yang bisa didapat oleh investor jika menanamkan modalnya pada aset investasi obligasi satu ini. Berikut beberapa keuntungan tersebut:
  • Bunga atau kupon yang diberikan secara berkala
Sebagai seorang investor yang membeli produk obligasi negara, kamu berhak mendapatkan keuntungan berupa bunga atau kupon yang nantinya bisa dicairkan tiap bulannya. Secara tidak langsung, kupon ini dapat digunakan sebagai pasive income-mu.

Jadi, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan dua penghasilan. Dari kantor tempatmu bekerja juga dari aset investasi obligasi negaramu. Lumayan banget, kan?

Bunga yang diberikan dalam obligasi negara juga terdapat beberapa jenis yakni bunga floating dan bunga flat. Pada bunga flat pihak pemilik obligasi negara akan memberikan bunga secara berkala dengan jumlah yang sama setiap bulannya. 

Sedangkan, pada jenis bunga floating besarannya bisa berubah tergantung dari kondisi pasar. Artinya, kamu bisa saja mendapat bunga lebih besar ataupun lebih kecil dari sebelumnya.
  • Bunga yang diberikan lebih besar dari deposito bank
Baik obligasi negara maupun deposito, keduanya termasuk dalam produk investasi terbaik berisiko rendah. Namun meski demikian, obligasi negara menawarkan bunga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan deposito bank.

Pada deposito, bunga tertinggi yang ditawarkan hanya bisa mencapai 6%. Sedangkan pada obligasi negara, kamu bisa mendapatkan bunga hingga mencapai 8%.
  • Investasi obligasi negara aman dengan risiko rendah
Jika dibandingkan reksa dana maupun saham, obligasi negara menjadi salah satu instrumen investasi low risk. Buat kamu investor pemula, obligasi negara bisa dijadikan pilihan untuk mewujudkan impian jangka panjang.

Terlebih jika kamu membeli obligasi negara yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tak perlu khawatir soal danamu karena sudah pasti akan dikembalikan pada tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.
  • Bisa dijual ke pasar sekunder
Buat kamu yang sudah khatam soal investasi obligasi dan bunga investasi, obligasi negara juga bisa dilepas atau dijual kembali dalam pasar sekunder. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan keuntungan lewat harga jual yang lebih tinggi dari harga beli sebelumnya (capital gain).
  • Berinvestasi sembari membantu negara
Dengan membeli surat hutang atau obligasi negara ini, secara tidak langsung kamu sudah membantu negara dalam menguatkan anggaran keuangan mereka.

Kapan lagi kamu mendapatkan keuntungan di samping memberikan bantuan pada kondisi keuangan negara?

Kekurangan Berinvestasi Obligasi Negara
Di mana ada kelebihan pasti ada juga kekurangan yang ditawarkan. Begitu pun dalam investasi obligasi negara. Berikut beberapa kekurangan atau risiko dari investasi terbaik yang satu ini:
  • Risiko gagal bayar
Umumnya, risiko ini terjadi pada orang-orang yang membeli produk obligasi negara yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan. Sangat jarang terjadi obligasi negara pemerintahan yang gagal dibayar. 
  • Dipengaruhi oleh kondisi negara
Jika kamu membeli obligasi negara pemerintahan, maka nilainya sangat rawan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi sekaligus politik dalam negara tersebut.

Siap untuk berinvestasi?
Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi obligasi negara di atas. Apakah kamu tertarik untuk memulainya? Jika ya, maka kamu bisa mulai berinvestasi obligasi negara sekarang lewat digibank obligasi.

Ada banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan. Beberapa di antaranya, ialah:
  • Registrasi lebih mudah hanya lewat Aplikasi tanpa harus datang ke kantor cabang.
  • Aplikasi online selama 24 jam dalam seminggu
  • Bunga investasi cair setiap bulannya.
  • Berinvestasi mulai dari Rp 1 jutaan.
  • Risiko rendah yang ditawarkan jadi gak perlu khawatir soal kerugian.
DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik yang dapat memudahkan siapapun untuk mulai berinvestasi tanpa perlu repot-repot mengurus berkas atau persyaratan tertentu.

Melihat banyaknya keuntungan yang didapat serta kecilnya risiko yang ditawarkan, obligasi negara bisa dibilang sebagai investasi terbaik bagi siapapun termasuk investor pemula yang ingin mencapai tujuan keuangan jangka panjangnya.

18 comments :

  1. Berinvestasi obligasi menurutku memiliki risiko yg sangat rendah , so pilihan yg tepat

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama obligasi negara, selama ini aku baru depositoaja sih mbak. Mau mampir dulu ke digibank ah, kali aja cocok

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ada investasi obligasi negara hehehe... Ternyata minim risiko juga ya, Mbak. Jadi dapat informasi baru nih.

    ReplyDelete
  4. Masih belum relate aku ama saham - obligasi karena masih berasa 'judi" gitu walau memang ini cash keras ya dapatnya

    ReplyDelete
  5. Aku sudah lama kenal obligasi saat dulu ikut salah satu pelatihan di Bursa Efek Indonesia. Tapi belum pernah mencoba nih. Ternyata bisa dibeli lewat Digibank, ya. Wah, patut dicoba nih meskipun sama seperti saham, harus dipertimbangkan matang-matang. Bagaimana pun yang namanya investasi itu kan high risk high gain, ya.

    ReplyDelete
  6. sangatm menarik ya tawaran digibank obligasi
    Iyalah, dari DBS bank gitu lho
    Mau coba aplikasinya ah

    ReplyDelete
  7. Apalagi saat harus physical distancing seperti sekarang ya, mendaftar secara online, tidak harus datang ke kantor itu menyenangkan sekali pastinya. Praktis.

    ReplyDelete
  8. Wah berinvestasi lewat obligasi bs melalu Digibank juga ya,, keuntungan membeli obligasi ini manfaat yg duterima lebih besar dr deposito bank, noted

    ReplyDelete
  9. Pengen sih berinvestasi mumpung masih muda biar tua bahagia, tapi untuk terjun di bidang itu belum paham banget­čśŐ

    ReplyDelete
  10. Pengen juga bisa berinvestasi obligasi negara. Aku belum paham sih. Tahunya investasi cuma tabungan sama deposito aja. Padahal ini menguntungkan banget yah mba

    ReplyDelete
  11. Beli ORI di bank-bank plat merah itu menurut saya salah satu opsi investasi yang aman. Insya Allah saya percaya Indonesia sangat sangat sangat jauh dari kata kolaps, apalagi bangkrut. Pada dasarnya sebuah negara tidak akan pernah bangkrut, sebab yg namanya negara itu pasti merdeka. Hahaha. BTW, saya pernah berinvestasi di ORI selama 3 tahun 2014-2017. Yield atau imbas hasilnya cukup menguntungkan loh.

    ReplyDelete
  12. Soal kondisi negara...sepertinya investasi apa pun terpengaruh oleh kondisi negara (sosial, politik, keamanan, dsb) ya. Kondisi pandemi sekarang juga memukul investasi di berbagai bidang.

    ReplyDelete
  13. Investasi dengan obligasi negara, daku belum terpikirkan nih. Soalnya masih belum pede untuk melakukannya. Masih melihat review/pengalaman dari yg udah pernah aja dulu

    ReplyDelete
  14. Perlu dicoba coba lagi nih, msaih belajar buat mengenal investasi lebih baik lagi

    ReplyDelete
  15. Pastinya semua orang akan memikirkan apakah investasi yang dilakukannya aman atau nggak. Kalau sudah ada jaminan seperti ini, pastinya jadi tenang mau inves ya, Mbak. Apalagi jika registrasinya mudah sekali, cukup via aplikasi. siapa yang nggak tertarik :)

    ReplyDelete
  16. Benar ya, saat pandemi seperti ini harus bijak atur keuangan..
    Salah satunya dgn mencoba berinvestasi

    ReplyDelete
  17. Kira2 ada mengandung unsur riba nggak ni ya, karena di situ ada bunganya.

    ReplyDelete
  18. Keren juga ya bisa investasi sambil bantu negara. Aku jujur nih baru tahu banget soal jenis investasi yang begini kak. Nice info.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ