Tips Kenali Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Tips Kenali Kosmetik yang Mengandung Merkuri
Hai,,, semua menjadi cantik adalah dambaan setiap perempuan tentunya. Mulai dari merawat wajah, tubuh hingga kulit dan rambut. Sebenarnya kunci seorang permpuan terlihat lebih cantik dan menarik ialah kesehatan. Karena kecantikan dan kesehatan saling berkaitan erat. Tubuh yang sehat tentu akan memancarkan aura positif tersendiri. Menjaga kesehatan setara dengan menjaga kecantikan oleh karena itu biasakan hidup sehat untuk kecantikan. 

Nah ketika kita sudah melakukan hidup sehat tentunya ada hal-hal yang perlu dilakukan dalam merawat wajah yaitu skin care/ kosmetik yang tepat dan aman. Tapi nyatanya seringkali, bahkan saya awalnya beranggapan bahwa cantik itu harus putih. Pernah mempunyai pengalaman membeli krim pemutih merk A, yang dijual di toko online kosmetik, karena tergiur melihat wajah teman yang tiba-tiba menjadi putih dan glowing dalam waktu hanya 7 hari. Dan ternyata tidak cocok di saya,  kulit wajah bukannya putih malah timbul ruam-ruam merah,, hiks kapok…
 
Harga krimnya murah tetapi ongkos dokternya jadi beberapa kalilipat. Nah mungkin diluar sana masih banyak nih perempuan atau bisa juga kaum pria yang masih menggunakan krim abal-abal. Yang ternyata memang hasilnya instan tetapi akibatnya nanti berbahaya buat kulit. 
Seperti kata dr. Listya Paramita, Sp, KK sebagai Dokter Spesialis Kulit & Kelamin  diacara Webinar Cosme Talk bersama Badan POM, dengan tema “Stop Kosmetik Bermerkuri, Petaka Dibalik Putih dalam Sekejap” pada tanggal 16 September 2020,  yang menyatakan bahaya pengunaan merkuri pada kosmetik dan ketika kita menggunakannya pada kulit wajah nantinya akan mengakibatkan ganguan kulit bahkan bisa terkena kanker kulit. 

Ternyata gejalanya sama yang saya alami ketika memakai krim abal-abal waktu itu. Kata dr. Mita  ketika kosmetik itu mengandung merkuri maka yang akan terjadi pada kulit adalah: 

"Kulit menjadi kasar, kering mengelupas dan kemerahan pada kulit ada rasa gatal dan panas ketika terkena sinar matahari yang seringkali diabaikan karena katanya merupakan proses wajar krim sedang bekerja" 

Ketika terjadi hal itu harus segera dihentikan  dan harus memeriksakan ke dokter karena nantinya jika dilanjutkan akan mengakibatkan gangguan kulit, kenker bahkan bisa ke ganguan ginjal dan paru-paru. Bahaya bangetkan,,,.  Acara webinar Cosme Talk selain dr Mita hadir juga :
  • Dr. Penny K. Lukito, MCP Ketua Badan POM RI 
  • Dra. Maya Agustina Andarini, Appt. M,Sc Deputi Bidang Pengawasan Obat, Tradisonal Supleman, kesehatan dan Kosmetik 
  • dr. Anggid G. Andromeda Dokter Grand Lich, Yuotuber/Pengamat kosmetik 
  • Vidi Aldiano Public Figure/Penyanyi 
  • Dhini Aminarti Public Figure/Artis 
Dr. Penny menegaskan, produk kosmetik bermerkuri umumnya bisa mengakibatkan efek samping sesaat setelah penggunaan pada kulit yang sensitif. Produk kosmetik bermerkuri akan membuat dampak jangka panjang kepada penggunanya, bukan hanya saja dapat merusak kulit wajah. Bahaya kosmetik bermerkuri juga dapat berdampak pada kesehatan dan memicu berbagai penyakit di antaranya sebagai berikut. Penyakit kanker Kanker kulit Gangguan janin apabila dipakai saat sedang hamil Gangguan saraf Gangguan ginjal yang kronis Emboli paru (penyumbatan pembuluh darah paru). Jadi hal ini harus diketahui oleh semua pihak ada petaka dibalik putih dalam sekejap. 
Dr. Penny. K. lukito
Tips Kenali Kosmetik yang Mengandung Merkuri
Kata Dra. Maya sebenarnya merkuri itu sendiri adalah suatu logam yang berbentuk cair dan hanya menguap di suhu tinggi minimal 375 celcius, serta berwarna silver. Umumnya, logam merkuri ini terdapat dipertambangan, bebatuan, polusi udara, yang saat ini sering disalahgunakan sebagai salah satu bahan tambahan untuk produk kosmetik, terutama dengan tujuan supaya penggunaan produk itu bisa membuat kulit cepat putih. 

"Penambahan merkuri pada produk kosmetik itu tidak lepas dari persepsi yang ada di masyarakat sendiri tentang kulit putih dianggap menjadi tolak ukur cantik. Ini persepsi yang salah di masyarakat Indonesia. Padahal seharusnya, kita sebagai orang Indonesia dengan warna kulit yang beragam dapat menerima itu sebagai sesuatu yang harus disyukuri. Warna kulit yang gelap, kuning langsat, kecokelatan itu warna kulit yang cantik, yang eksotik, dan orang di Eropa malah mengingnkan warna kulit seperti kita orang Indonesia," 

ciri kosmetik yang mengandung merkuri (by theraskin)
Nah, persepsi itulah yang dipergunakan oleh para pedagang untuk memasarkan dan menjual produknya agar laris. Kosmetik itu pada dasarnya adalah suatu produk yang dipergunakan di luar tubuh manusia, dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Membantu membersihkan
  2. Mengharumkan, 
  3. Mengubah penampilan sesaat saja saat pemakaian kosmetik,
  4. Memperbaiki bau badan 
  5. Melindungi Memelihara tubuh pada kondisi baik.
Jadi kalau ada kosmetik yang dapat menyembuhkan bekas luka, itu bukan kosmetik. Kosmetik hanya membantu saja bukan untuk mengobati. Dan merkuri sendiri bahan yang dilarang untuk ditambahkan di dalam kosmetik, dalam bentuk apapun dilarang. Berarti kalau ada kosmetik yang mengandung merkuri itu berarti ilegal

Cek Klik

Kemudian apa sebenarnya langkah yang bisa kita ambil dalam memilih kosmetik yang aman ujar Dra. Maya adalah Cek Klik yang atinya : 

Cek (K)emasan. 
langkah pertama yang mesti kita terapkan dalam menjadi pembeli cerdas. Pastikan produk yang hendak kita beli itu masih dalam keadaan baik seperti kemasannya tidak rusak, atau tidak ada bagian yang sobek sama sekali. 

Cek (L)abel
Setelah menentukan seperti apa kemasannya, saatnya kita memastikan labelnya. Pastikan produk yang hendak dibeli memiliki label yang memiliki kandungan yang aman dan hindari jika produk tersebut mengandung zat yang berbahaya. 

Cek (I)zin edar. 
Pastikan produk yang hendak dibeli memiliki izin edar dari BPOM. Izin edar ini tertulis pada produk berupa serentetan angka tertentu. Jika tidak ada tanda registrasi atau izin edar dari BPOM, bisa dipastikan itu kosmetik ilegal. 

Cek(K)edaluwarsa 
Langkah terakhir adalah cek tanggal kedaluwarsanya. Pastikan masa berlaku dari produk yang hendak kita beli tidak melebihi dari waktu yang telah ditetapkan. 

Dra. Maya melanjutkan ada hal mudah yang bisa kita lakukan juga yaitu di-Cek KLIK-in pakai BPOM Mobile. Melalului aplikasi BPOM Mobile dapat digunakan untuk mengecek produk di pasaran, baik berupa makanan, obat, kosmetik atau minuman. Jadi Melalui aplikasi ini masyarakat dapat dengan mudah mengecek apakah produk ini telah terdaftar di BPOM. 

Cara penggunaanya sangat mudah hanya dengan mendownload aplikasi “BPOM Mobile” pada Google Play Store atau App Store secara gratis. Nah jika dilapangan menemukan produk yang belum memiliki izin edar dari BPOM. Langkah mudah adalah bisa melakukan pengaduan melalui pengisian form pada aplikasi dan mengirimkan ke BPOM secara otomatis. Atau dapat dilakukan pula dengan menghubungi Halo BPOM di nomor 1500533. 


Kemudian Vidi aldiano dan Dhini Aminarti membagi tipsnya intinya untuk merawat wajah itu ada tahapan-tahapannya pertama-tama gunakan sabun pembersih muka sesuai jenis kulit. Karena tidak semua orang memiliki jenis kulit wajah yang sama, Bersihkan wajah secara rutin dengan cara yang benar, gunakan pelembap, gunakan tabir surya. Kemudian jalani pola hidup sehat, jangan merokok, hindari stress. Nah dalam memilih kosmetik ikuti aturan cek klik dari BPOM. Karena jika kita lengah kita sendiri yang akan menanggung akibatnya.
Jadi intinya untuk cantik itu perlu adanya perawatan dan langkah-langkahnya bukan dengan yang instan. kemudian dalam memilih kosmetik kenali kulit terlebih dulu atau kalau perlu minta nasehat ahlinya seperti dokter kulit.  Jangan pernah tergiur iklan. Dan ingat  lakukan cek klik  jika ingin membeli kosmetik. Standar kecerahan kalit wajah kita sama dengan  warna kulit di area lengan dalam bagian atas yang tidak pernah terpapar matahari. Segitu rona cerah yang maksimal akan kita dapat.

Semoga tips kenali kosmetik yang mengandung merkuri ini dapat bermanfaat ya dan menjadi kehati-hatian kita dalam membeli apapun apalagi yang akan digunakan oleh tubuh.

utieadnu

21 comments

  1. Semoga semua perempuan sadar bahwa yang penting itu kulit sehat dan sehat, bukan sekedar putih.
    Dan sebagai agent of change sudah seharusnya kita berbagi hal positif lewat media sosial ya mbak.
    Termasuk untuk postingan skin care yang aman.

    ReplyDelete
  2. Sampai sekarang, saya tuh jarang eh bahkan gak pernah pakai kosmetik. Tapi sharing tentang tips memilih kosmetik gini penting sih, mengingat ngeri banget penjual produk kosmetik dengan kandungan merkuri akhirakhir ini

    ReplyDelete
  3. Jadi mending pastiin terdaftar di bpom, ya. Kosmetik yang belum ada di sana sebaiknya mendaftar biar konsumen juga ga ragu.

    ReplyDelete
  4. Paparan yang tinggi terhadap merkuri dapat berupa kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal. Selain itu, merkuri juga berisiko mengganggu berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh.

    Duh, ngeriiiii banget klo baca ini ya. Pokoke yg instan2 itu rentan bawa bahaya.
    Jadilah cantik/ganteng dgn cara sewajarnya yaaa

    ReplyDelete
  5. Kita harus mengubah sedikit demi sedikit persepsi orang tentang cantik itu putih. Padahal kan kita orang Asia yang kebanyakan berkulit coklat. Kalau ketemu kosmetik yang gak bener dan bermerkuri, bahaya banget

    ReplyDelete
  6. Nah bener banget Uti, semoga mereka diberikan kesadaran ya kalo cantik ga harus putih dan apa pun definisi cantiknya, tetep kenali pemilihan kosmetik agar dijauhkan dari yang namanya merkuri.

    ReplyDelete
  7. ternyata bisa ngefek ke janin juga ya mbaa.. makanya bumil ga boleh pake yg asal berarti yaa..
    buat yang lain jg mesti aware nih bahayanya merkuri

    ReplyDelete
  8. Ah benar ni, bahaya banget klo salah pilih kosmetik..
    Kosmetik bermerkuri bahaya sekali

    ReplyDelete
  9. makanya sebagai konsumen jangan mudah kemakan sama janji yang kelewat gak nyata buat memutihkan kulit ya.. kan serem efek kosmetik bermerkuri

    ReplyDelete
  10. Warna kosmetik seperti di gambar yang Mbak Utie pasang itu aku pernah lihat dan ditawari buat beli. Emang sih, yang jualan itu kulitnya putih bersih tapi kalau kena panas matahari langsung kemerahan. Trus kulitnya jadi kayak tipis gitu lho Mbak. Malah ngeri aku ngelihatnya. Mungkin memang kandungannya berbahaya seperti yang Mbak sebutkan.

    ReplyDelete
  11. Meski aware ya mbak kita para wanita jangan cepat banget terpengaruh iming-iming wajah putih seketika tapi dampaknya malah bikin kulit rusak malah kanker, enggak banget deh. Mending natural aja ya apa adanya :)

    ReplyDelete
  12. Aku beberapa kali ngelihat teman atau tetangga yang terjebak pengen berkulit putih, cantik, tapi sembarangan pakai krim. Mendadak nggak mau keluar rumah karena pipinya memerah kayak udang rebus. Aku mending merawat kulit dengan krim yang udah ada keterangan BPOM, bebas merkuri, enggak jadi putih gak apa yang penting sehat

    ReplyDelete
  13. Ngeri juga ya mbk kalo kena koametik yang bermerkuri, ngerysak kulit wajah. Kita sebagai konsumen harus cerdas pilih kosmetik, harus terdaftar dan jangan asal lihat harga murah langsung beli

    ReplyDelete
  14. Bener banget. Bahaya banget kalau kulit sampai terpapar mercuri. Efeknya bisa ke mana -mana. Kalau dulu pernah ada yg bilang mercuri kalau kena ke emas, emasnya jadi hitam. Tapi ga tau tu valid apa tidak...hihi.

    ReplyDelete
  15. Sebelum pakai kosmetik, memang kudu cek banyak hal, ya mbak. Dari bahan, ijin pembuatan dan penjualan dan lain2. Pemakain skincare kudu ngerti dan paham juga soal beginian

    ReplyDelete
  16. Serem ya jd kyk ketergantungan gtu kalau pakai kosmetik dengan merkuri kyk gtu.
    Makanya sih gak usah aneh2 ya pengen terlihat putih, bangga aja dengan kulit asli kita :D

    ReplyDelete
  17. Wah, i just use local brand and not change for a long time, hahaha.

    ReplyDelete
  18. Sebagai konsumen kita harus hati-hati dalam memilih kosmetik. Lebih baik pilih yang tanpa mengandung merkuri dan tidak merusak kulit wajah.

    ReplyDelete
  19. Untuk mengenali kosmetik bermerkuri Alhamdulilah sejauh ini aku tahu. Cara buat menghindari biar gak kena atau dapat yang bermerkuri sih, kata aku mah mendingan pake yang jelas-jelas ada iklannya. Mamaku pernah kecele deh. Sampe bengkak wajahnya.

    ReplyDelete
  20. Kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya memang hasilnya super instan.
    Temenku dulu pernah ada yang pakai, woow...seminggu uda pangling sama kulitnya yang menjadi lebih putih.

    Tapi dampak jangka panjang yang perlu diperhatikan.

    ReplyDelete
  21. Sejauh ini belum tergoda semoga gak tergoda sama krim yang selalu kasih testimoni memutihkan karena udah pasti putihnya gak alami alais pucat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏