Beli Mobil Bekas Lebih Mudah Hanya di IBID - Balai Lelang Serasi

Beli Mobil Bekas Lebih Mudah Hanya di IBID - Balai Lelang Serasi
Mendengar kata balai lelang dulu aku pikir, awalnya seperti yang dilihat di film-film, lelang barang antik atau lukisan mahal. Tapi ternyata ada banyak hal yang aku ketahui nih setelah kemarin datang ke IBID - Balai Lelang Serasi di Pulogadung Jakarta.

IBID - Balai Lelang Serasi merupakan balai lelang anak perusahaan dari PT Serasi Autoraya (SERA) yang merupakan di bawah naungan Grup Astra. Dan sudah berdiri sejak 18 April 2007.

beli-mobil-bekas-lebih-mudah-di-balai-lelang

Disini memang sebagian besar didominasi oleh aneka jenis mobil bekas, ada yang bekas, tapi ternyata ada juga yang baru. Dan bagian belakang IBID ada juga jajaran motor bekas diantaranya ada juga motor listrik. Tidak hanya itu disana juga terdapat barang-barang alat berat, scrap, dan lifestyle seperti Laptop, Oven, Jam tangan, Tas, Sepeda bahkan baby walker.


beli-mobil-bekas-lebih-mudah-hanya-di-ibib-balai-lalang


Pas awal masuk, sempat bertanya dari mana datangnya mobil dan motor ini, ternyata terjawab oleh Bpk. Daddy Doxa Manurung, selaku Presiden Direktur PT Balai Lelang Serasi (IBID) yang mengatakan bahwa "Suplai unit mobil lelang berasal dari beberapa sumber baik perusahaan rental, perusahaan pembiayaan, korporasi, dealer maupun individu juga”. 

Pantas saja di bagian belakang ada jejeran motor dengan warna yang sama dan napol. Di IBID ini lanjut Bpk Daddy banyak mobil yang bisa dipilih calon konsumen. Namun mobil dijual dalam keadaan seadanya, karena itu calon pengikut lelang wajib paham dan teliti mengenai mobil yang diincar.

beli-mobil-bekas-lebih-mudah-hanya-di-ibid


beli-mobil-bekas-lebih-mudah


beli-mobil-bekas-lebih-mudah-di-balai-lelang


Keunggulan dari balai lelang lainnya mobil-mobil yang berada disini bisa dilakukan test Cek detail kondisi unit melalui Astra Car Valuation (ACV) yang bekerja sama dengan Toyota Group.

Tentu saja Alasan ini dilakukan ingin memberikan rasa aman baik bagi calon pembeli maupun penitip. Bahkan melalui alat ini bisa tau loh kalau mobil ini sudah berganti cat berapa kali.

beli-mobil-bekas-lebih-mudah-hanya-di-balai-lelang


Pengalaman Pernah Beli Mobil Bekas tapi Zonk

Jadi ingat 4 tahun lalu aku dan suami cerita membeli mobil bekas punya teman, katanya sih gak pernah rusak pun kalau ke bengkel hanya service rutin pada umumnya. Karena faktor percaya dan memang tidak mengerti mobil, akhirnya setuju membeli. 6 bulan pemakaian aman, tapi lama-lama ternyata mulai tuh dibawa jalan ke puncak saja tiba-tiba suhu naik, kipas radiator mobil mati, dan keluar asap dari kap mobil karena ternyata oli mesin rembes.

Taraaa,,,, ternyata mobil ini pernah ditabrak bagian depan dan pernah diperbaiki dengan agak serius. Karena banyak spare part yang tidak original. Itu pun tahu dari orang bengkel resmi merk mobil yang saya beli. Dan bilang kalau mobil ini gak bisa dibawa jauh karena ada bagian yang harus diganti.

Pemakaian belum setahun tetapi sudah banyak yang dikeluarkan, padahal selama ini selalu hati-hati dalam menggunakan mobil itu pun tidak jauh hanya antar jemput anak sekolah, dan paling jauh perjalanan Depok - Bekasi, atau Depok-Kebon Jeruk. Setelah hitung-hitung ternyata biaya bengkelnya sangat besar. Akhirnya keputusan untuk menjual kembali mobilnya terus terang menjadi kapuk beli mobil bekas. Kalau tidak dari sumber terpercaya. Sayangnya nih, kenapa baru tau ada IBID. Jadi kepikiran mau ikutan lelang karena ada mobil incaran Pak suami.

beli-mobil-bekas-lebih-mudah-hanya-di-balai-lelang


Bagaimana Cara Ikutan Lelang di IBID?.

IBID - Balai Lelang Serasi sudah melakukan digitalisasi pada proses lelangnya sejak tahun 2010 dan bertransformasi menjadi lelang online sepenuhnya pada tahun 2020 sampai sekarang dalam rangka mendukung kemudahan dan transparansi proses. Aplikasi IBID dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Dengan adanya sistem lelang online ini dapat memudahkan peserta dalam melakukan lelang darimana saja dan secara Nasional. Selain itu kesempatan untuk bersaing atas pembelian barang yang dilelang menjadi lebih adil untuk semua peserta.

beli-mobil-bekas-lebih-mudah-hanya-di-balai-lelang


Ada beberapa hal nih, yang harus diperhatikan bagi kita yang akan ikut lelang;
  • Unduh aplikasi IBID atau bisa juga kunjungi web IBID di www.ibid.astra.co.id
  • Jangan lupa registrasi terlebih dulu dan lengkapi data diri.
  • Pilih mobil yang diinginkan sesuai kebutuhan, selera dan tentu saja budget melalui website atau aplikasi IBID.
  • Klik jadwal lelang dan pilih kategori lelang dan lokasi lelang.
  • Cek unit mobil yang kita inginkan, baca informasi dan deskripsi unit mobil.
  • Lakukan pembelian Nomor Peserta Lelang/deposit (NPL) melalui Astra Pay atau virtual account kemudian pilih “NPL Live” untuk mengikuti live lelang, “NPL Timed” untuk mengikuti Time Auction dan “Flash Auction”. Biasanya nil NPL ini berbeda-beda untuk mobil 5 juta, motor 1 juta, alat berat 20 juta dan untuk barang-barang gaya hidup hanya 200 ribu.
  • Setelah menang lelang segera lunasi mobil yang kita menangkan sellambatnya 5 hari kerja setelah tanggal lelang karena jika melebihi waktu tersebut akan dinyatakan wanprestasi serta deposit Rp 5 juta akan hangus. Namun jika belum beruntung maka nilai NPL akan dikembalikan 100% ke rekening terdaftar paling lambat 3 hari kerja.
Cara Titip Jual Lelang!

Oh iya selain ikut lelang kita juga bisa menitipkan jual lelang baik itu otomotif, seperti kendaraan, atau non otomotif, contohnya barang lifestyle yang sudah disebutkan diatas, untuk caranya hampir sama, ada semua di dalam aplikasi IBID - Balai Lelang Serasi.

Begini Langkah-langkah Titip Jual di IBID
  • Setelah mengunduh aplikasi IBID, atau situs web. Isi formulir titip jual dan pilih jadwal pemeriksaan kendaraan yang diinginkan. Untuk proses infeksi bisa dilakukan di pool IBID atau dimanapun yang diinginkan konsumen. Nah nanti tim dar IBID akan mengkonfirmasi selama 2x24 jam jadwal inspeksi.
  • Kemudian inpesktor akan memberikan rekomendasi harga dasar sesuai hasil inspeksi.
  • Isi jadwal lelang yang diinginkan. Jika mobil kamu menemukan pemenang lelang, mobil akan dibawa ke pool IBID dan dilakukan serah terima barang, sedangkan informasi pembayaran nantinya akan disampaikan melalui email.
  • Proses pencairan dana paling lambat 2 hari kerja, ke rekening kita, setelah pemenang melunasi tagihan (penang biasanya diberikan waktu 3 hari kerja setelah lelang berakhir)
Jadi gimana, mudah banget kan untuk membeli kendaraan di balai lelang IBID? bisa dilakukan dimana saja, tanpa harus datang ke lokasi.

Jadi kesimpulannya kenapa harus beli mobil bekas di balai lelang?

Setelah melihat harga-harga mobil di aplikasi IBID, tidak dipungkiri, harga mobil lelang rata-rata memang ditawarkan di bawah harga pasaran. Bahkan selisih antara harga mobil bekas dari dealer dan balai lelang bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Karena harga mobil bekas di balai lelang umumnya bisa lebih murah adanya perbedaan kondisi pada mobil yang dijual. Kata Bpk Daddy perlu diketahui, mobil bekas yang dijual di dealer akan melalui proses perbaikan terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan balai lelang di mana mobil akan dijual dengan kondisi apa adanya.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di Google Play Store dan App Store. Ikuti juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

Instagram : @ibid_balailelangserasi
Facebook : IBID - Balai Lelang Serasi
TikTok : @ibid_balailelangserasi
YouTube : IBID - Balai Lelang Serasi
Twitter : @ibid_lelang


Utieadnu

15 comments

  1. Semudah dan sesimpel itu ikut lelang di IBID ya Mak, bahkan bisa via online

    ReplyDelete
  2. Jadi kalau mau beli mobil bekas di balai lelang ini kudu paham bener tentang mobil yang mau dibeli ya, Mbak. Btw keren tuh alat ACV, bisa mendeteksi sedetail itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya, kebayang nyamannya karena tau apa yang dipilih dan diinginkan bisa sesuai dengan ekspektasi. Ikut lelang begini bisa jadi menguntungkan kalau sama-sama amanah.

      Delete
  3. Bisa jadi pilihan jika ingin mencari kendaraan bekas dgn kualitas terjaga. Harga kendaraan yang ditawarkan pun terbilang kompetitif atau lebih murah dari pasaran

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali ikutan lelang di IBID yaa..
    Dan gak ingin mengulangi pengalaman yang lalu mengenai mobil bekas yang zonk, semoga dengan ikut lelang di IBID, bisa mendapatkan mobil sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

    ReplyDelete
  5. Dengan kepraktisan ini, jadi memudahkan siapa saja yang berada di lokasi berbeda ingin ikutan lelang barangnya atau membelinya.

    ReplyDelete
  6. baru dengar banget soal ibid ini, sering dengar soal lelang mobil tapi IBID ini beneran baru tau. kapan2 nanti coba nengok, tapi ya bingung juga sih mak soalnya aku domisili luar jawa,

    ReplyDelete
  7. Penting banget tes detail kondisi ya, memang untuk menjamin kepuasan pembeli. Mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang pengen beli mobil bekas jadi tahu cara beli mudah dan terpercaya mobil bekas ... daripada mencari dan nemu tapi kita tidak tahu orangnya bisa dipercaya yang nawarin mobilnya.

      Delete
  8. Wah pasti penting banget buat tes detail kondisi nya seperti apa, kalau untuk memilih beli mobil bekas itu gabisa keburu karena nanti takutnya ada yang gak pas ketika sudah kita beli dan digunakan.

    ReplyDelete
  9. Mobil bekas bisa jadi pilihan ya mbak
    Lebih ramah budget apalagi kalau bisa beli secara lelang di IBID ini

    ReplyDelete
  10. Aku kira tuh kalau lelang pasti harganya jadi lebih mahal loh, ternyata di Ibid gak gitu ya. Jadi solusi banget ini untuk yang sedang mencari kendaraan second ya.

    ReplyDelete
  11. Turut prihatin dengan pengalaman zonk beli mobil seken Mak, memang harus teliti sebelum membeli ya apalagi bukan kendaraan baru dan penjualnya ngga amanah nggak bilang apa kerusakan dan pernah kecelakaan ang harus didampingi orang yang mengerti mesin

    ReplyDelete
  12. Beli mobil bekas memang harus teliti. Kalau dapat pemakai sebelumnya yang telaten enak banget. Bisa dapat mobil seken rasa baru.

    ReplyDelete
  13. Wah menarik banget nih ibid, bisa nyari barang bekas incaran dengan harga miring ya. Segala ada oven dan laptop juga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ