ASUS Zenbook DUO (UX8406) Laptop 2 Layar

ASUS Zenbook DUO (UX8406) Laptop 2 Layar, Paling Tipis, Ringan dan Praktis dengan Prosesor Bertenaga AI.
Kalau bicara tentang ASUS yang pasti terbesit kata “inovasi” , yap di bulan ke 3 tahun 2024 ini ASUS kembali mengeluncurkan inovasi terbaru  yaitu Zenbook Duo (UX8406). merupakan laptop dual-screen OLED terbaik di dunia yang didesain secara khusus untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi dua layar serta AI.

asus zenbook duo ux8406, laptop 2 layar
pict by ASUS

Kebetulan kemarin tanggal 7 Maret 2024 bertempat di Hotel Raffles Jakarta, aku ikut menghadiri peluncuran Zenbook DUO (UX8406). Gak kepikir sih pas awalnya gimana bisa ada laptop menggunakan 2 layar. Saking penasaran langsung menyimak pas acara dimulai.

Dibuka oleh Mr Jimmy Lin selaku, ASUS Southeast Asia Regional Director. Mengatakan “Zenbook DUO (UX8406) adalah perangkat revolusioner yang tampil sebagai standar laptop dua layar, serta mengubah cara interaksi pengguna dengan laptopnya. Dan merupakan Laptop terbaik tahun 2024 telah tiba di Indonesia. Revolusi laptop telah dimulai hari ini!” Lanjutnya “Dan juga ASUS merupakan brand No 1, Notebook sejak tahun 2013 dan sudah memiliki penghargaan sekitar 69.602 salah satunya sebagai design terbaik ( Good design). Dan juga bahan baku laptop yang ramah lingkungan dan yang pertama kali juga bertenaga AI”

zenbook duo ux8406 laptop 2 layar

Kemudian acara dilanjutkan dengan drama musikal, yang bertema tentang bagaimana Zenbook DUO (UX8406) bisa menjadi jawaban dari semua aktivitas, sebagai pebisnis, pekerja kantoran (agency) , seorang traveling sekaligus content creator. Yang hadir untuk semua kebutuhan dua layar yang multitasking.

Setelah drama musikal dilanjutkan dengan Mrs Coco Chien selaku Country Product Manager, mengatakan "Inovasi Zenbook Duo (UX8406) 2 layar ini dibekali dengan dua layar 14-inci beresolusi 3K 120Hz berteknologi Asus Lumina OLED. Ketika dibentangkan, ukuran layarnya setara dengan 19,8-inci sehingga penggunanya memiliki ruang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan laptop standar yang berarti produktivitas dapat didongkrak hingga dua kali lipat."

zenbook duo laptop 2 layar

Dan Zenbook Duo ini juga memiliki beberapa kelebihan lainya yaitu ;

Memiliki Desain Inovatif

Zenbook DUO (UX8406) dapat tampil sebagai laptop dua layar terbaik di dunia berkat desainnya yang inovatif. Zenbook DUO (UX8406) bukan laptop biasa karena dibekali dua layar 14-inci, keyboard yang dapat dilepas, dan penyangga khusus sehingga mudah untuk digunakan. Semua itu tergabung dalam satu desain yang sangat ringkas dan berfokus pada pengguna, serta mudah untuk dibawa saat bepergian.

zenbook duo ux8406

Tampil sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, Zenbook DUO (UX8406) menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas yang superior dalam bodi yang ringan, dengan bobot hanya 1,35 kg dan ringkas dengan ketebalan hanya 14,6 mm.

Kedua layar Zenbook DUO (UX8406) mengusung teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat. Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi VESA Display HDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

zenbook 2 ux8406

Desain keyboard yang dapat dilepas (detachable) pada Zenbook DUO (UX8406) juga memudahkan laptop ini untuk dibawa bepergian. Keyboard tersebut juga sangat mudah untuk digunakan karena pengisian dayanya dapat dilakukan secara otomatis saat Zenbook DUO (UX8406) digunakan pada Laptop Mode, yaitu ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop.

Tidak hanya itu, keyboard Zenbook DUO (UX8406) juga dirancang untuk digunakan seharian berkat sistem cerdas yang memungkinkan laptop untuk menggunakan koneksi langsung ke laptop saat digunakan di Laptop Mode, serta beralih menggunakan koneksi Bluetooth secara otomatis saat dilepas dari bodinya.

Fleksibel, Mudah, dan Nyaman Digunakan

Zenbook DUO (UX8406) sudah sangat berbeda dari laptop pada yang ada di pasar saat ini. Laptop terbaik ini dilengkapi dengan keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi yang memungkinkan lima mode penggunaan yang fleksibel. Fitur Screen Xpert yang telah disempurnakan juga hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih intuitif ketika pengguna Zenbook DUO (UX8406) menggunakan laptop ini di semua mode penggunaannya.

Berikut adalah lima mode penggunaan Zenbook DUO (UX8406):

Dual-Screen Mode
Inilah mode penggunaan yang paling membedakan Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lainnya. Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman. Penggunanya kemudian mengontrol Zenbook DUO (UX8406) menggunakan keyboard fisiknya secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth.

zenbook duo ux8406

Desktop Mode
Didesain untuk pengguna yang suka dengan layar vertikal, Desktop Mode di Zenbook DUO (UX8406) menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini sangat cocok untuk skenario penggunaan seperti menulis artikel, browsing, dan coding.

zenbook duo ux8406

Laptop Mode: 
Laptop mode membuat Zenbook DUO (UX8406) tampil layaknya laptop clamshell pada umumnya dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini sangat cocok ketika Zenbook DUO (UX8406) digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat.

Laptop Mode with Virtual Keyboard: ASUS menghadirkan solusi bagi pengguna Zenbook DUO (UX8406) yang tidak ingin menggunakan keyboard fisiknya. Melalui Screen Xpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual.

zenbook duo laptop 2 layar

Sharing Mode
Mode paling unik di Zenbook DUO (UX8406) ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Cukup buka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini. Kedua layarnya kini saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406).

Itulah kelebihan yang kutangkap dari keterangan Mrs Coco, walaupun berbahasa inggris tapi terbantu dari gambar yang disuguhkan di layar proyector.

zenbook duo ux8406

zenbook duo ux8406


Kemudian acara dilanjutkan kembali oleh kehadiran Winky Wiryawan, yang menggunakan Zenbook DUO yang mendukung performa sebagai DJ. Dengan alunan musik dari DJ secara beriringan beberapa model membawa ASUS Zenbook  Series dan terakhir Wulan Guritno yang membawa Zenbook DUO ( UX8406). 

Apa Saja Performa dari Zenbook DUO (UX8406)?

Setelah foto bersama acara dilanjutkan oleh Bpk Harry K Nugraha selaku indonesia Country Manager, Intel Corporation yang menerangkan tentang processor AI pada Zenbook DUO (UX8406)

zenbook duo ux8406

Bahwa AI sudah menjadi keseharian dan saat menggunakan AI kita butuh bantuan internet. Nah untuk itu Intel mempersembahkan khusus yaitu prosesor Intel® Core™ Ultra – Unlock AI Experiences, Intel® Core™ Ultra 7 processor untuk Zenbook DUO (UX8506).

Dengan dibekali NPU (Neural Processing Unit) yang terintegrasi dengan prosesor Intel Core Ultra 7. NPU bernama Intel AI Boost tersebut membuat laptop ini tampil lebih gesit, lebih hemat daya, dan lebih pintar dalam memproses aplikasi berbasis AI.

Nah ini yang paling seru sih diacara ASUS kali ini yaitu mengajak permainan games yang ditemani oleh Winky Wiryawan dan Wulan Guritno masing ditemani 4 orang dari penonton, agen dan distributor, serta 2 temen blogger nih yang beruntung Mas Bowo dan Mba Nita selamat ya berhasil grupnya  mendapatkan 4 juta voucher shopping.

zenbook duo ux8406
Sessi main game

Harga Asus Zenbook DUO (UX8406)

Dan inilah yang ditunggu tentunya berapa harga dari laptop canggih tahun ini diumumkan langsung oleh Mr Frank Wang selaku Customer BDM of ASUS Indonesia, yaitu dibandrol dengan harga Rp. 33. 999.000,

harga zekbook duo ux8406

Bagi yang berminat dengan laptop dua layar dari Asus ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 33.999.000. Untuk pembeliannya, sementara hanya bisa dilakukan secara online di ASUS Online Store https://id.store.asus.com/zenbook-duo-ux8406ma-oleds711.html .

Sebelum acara berakhir ada pengumuman door prize, yang masing mendapan Voucher MAP, Logam Mulia 5gr, Laptop dan door prize terakhir yaitu dua kursi yang diduduki dibalik sticker kuningnya mendapatkan logam mulia.

Ikut senang juga walaupun tahun ini belum beruntung mendapatkan door prize dari acara ASUS. mudah-mudahan nanti kalau ada acara ASUS jika diundang lagi, giliran saya yang mendapatkan door prize.🤲😉

zenbook duo

zenbook duo ux8406

Setelah acara peluncuran berakhir tiba saatnya kita semua melihat dan memegang langsung Zenbook DUO (UX8406) walaupun seperti biasa antri dan banyak sekali yang exited untuk mencoba fitur-fitur terbaru dari laptop ini. Akhirnya kebagian pegang dan foto bersama dengan ASUS Zenbook DUO (UX8406) sambil berdoa semoga suatu saat bisa memiliki laptop keren ini. 

asus zenbook duo


zenbook duo bertenaga AI

Acara yang dipersembahkan ASUS selalu keren, mewah dari segi acara dan sajian. Oh iya kemarin juga ada sesi foto AI, cuma gak kebagian karena memang banyak sekali tamu undangan. Ternyata foto AI itu melihat hasil teman-teman wajahnya menjadi jauh lebih muda.☺

Dan ini spesifikasi lengkap dari Zenbook DUO (UX6406)


Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz,

16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3,

PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500,

Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery,

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello,

support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty


11 comments

  1. Alhamdulillaah, harganya tinggi bangeet jadi bikin sadar diri mbak, hehee
    Untung asus yang lama masih bagus dan masih layak dipake
    asus emang se awet itu, ya...
    Sambil berdoa semoga dimampukan punya laptop asus setipis, stylish dan sekeren zenbook DUO (UX6406), Aamiin...

    Keren bangeet laptopnya huhuhuhu

    ReplyDelete
  2. Dengan harga segitu pastinya ini akan jadi produk premium yang punya fitur powerfull. Saya sih emang user ASUS tapi masih pakai yang high-end, semoga bisa kebeli nih laptop kedepannya. Amin.

    ReplyDelete
  3. kalo dua layar gitu cadaas banget sih buat ngedit konten video
    apalagi urusan kerjaan nge-blog wah bisa mengcover semua nih. mupeng eui

    ReplyDelete
  4. kereennnn
    ASUS emang gak pernah kaleng-kaleng dalam berinovasi ya?
    laptop 2 layar, wuih palugada ini mah, apa yang lu mau semua ada
    Auto cek rekening tabungan, semoga segera penuh dan bisa beli laptop ini

    ReplyDelete
  5. Baru tahu ada laptop yang bisa dual screen sekaligus, kak. Wah, ini keren banget. Inovasi tiada henti. Aku dulu pake Asus juga buat notebook, ringan dibawa kemana2. Hehe

    ReplyDelete
  6. ASUS tuh ya. Inovasinya selalu melesat. Seiring sejalan dengan perkembangan teknologi, kebutuhan kekinian publik, dan terus terdepan. Salut banget. Dengan dua layar ini sepertinya cocok ya untuk para pekerja yang terlibat dengan penjualan saham gitu. Sambil kerja di layar yang satu bisa sambil mengamati dan mengawasi naik turunnya pergerakan saham.

    ReplyDelete
  7. Permainan gamenya emang seru banget ya kak, apalagi ada beberapa teman blogger yang ikutan juga tuh

    ReplyDelete
  8. Inovasi Asus kian melengkapi kebutuhan penggunanya ya. Keren duo layarnya yang akan membuat pemakainya jadi mudah ngonten di manapun

    ReplyDelete
  9. Laptop idaman banget sih ini, bisa mempermudah kerjaan dan nambah produktivitas karena punya dua layar. Mana gak terlalu berat.
    Cocok buat presentasi maupun meeting2 dengan grup karena memudahkan berbagi tampilan informasinya ya.
    Udah pakai teknologi AI pula yaa

    ReplyDelete
  10. Mantap banget nih laptopnya Asus satu ini, karena punya dua layar, produktivitas pun harus semakin meningkat ya. Mana cukup ringan lagi beratnya. cocoklah untuk pekerja korporat.

    ReplyDelete
  11. Uda lama ga liat DJ Winky sama Wulan Guritno.
    Dan melalui acara Zenbook DUO (UX8406), jadi tercerahkan dengan produk terbaru ASUS yang super keren dan pastinya puas banget dengan adanya 2 layar yang bisa membuat kinerja semakin powerful.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏