Mudik Aman dengan Layanan JKN BPJS Kesehatan

Mudik Aman dengan Layanan JKN BPJS Kesehatan, Selama Libur Lebaran
Saat ini kita sedang menjalankan puasa Ramadan dan tentunya ada banyak yang hal kita persiapkan semua. Salah satunya, mudik. Mudik atau ‘pulang kampung’ merupakan salah satu tradisi yang memang sudah menjadi tradisi saat jelang lebaran. Nah bagaimana agar mudik ini menjadi aman dan tentunya membawa kebahagian bagi kita yang akan mudik dan saudara, ayak, ibu yang ada di kampung halaman salah satunya aman dengan layanan JKN BPJS Kesehatan.

mudik aman dengan layanan jkn bpjs kesehatan

Apalagi nih periode libur yang cukup panjang cuti bersama dan libur lebaran yaitu dari tanggal 8 April sampai dengan 15 April 2024. Momen mudik dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dengan sanak saudara yang jarang sekali bertemu.

layanan jkn bpjs kesehatan selama mudik

Tapi nih, untuk perjalanan panjang dan dalam durasi lama seperti mudik, tentu diperlukan persiapan yang tidak sembarangan. Ada beberapa tips mudik aman dan nyaman yang bisa kita terapkan untuk pastikan perjalanan mudik tidak terganggu dan tetap terasa nyaman. Tentunya sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong pastikan semuanya pintu sudah terkunci, rumah dalam keadaan bersih dan langkah sederhana menitipkan ke tetangga yang tidak mudik untuk sesekali melihat kondisi rumah.

Untuk lebih lengkapnya ini beberapa tips mudik yang bisa kita terapkan:

Kondisi rumah aman
Seperti yang sudah disebutkan diatas meninggalkan rumah harus dalam kondisi bersih, tidak ada cucian piring, baju dan lantai yang kotor. Kalau memang ada CCTV bisa dipasang. Cek kondisi instalasi listrik gas dan langkah paling mudah biasanya ku menitipkan rumah kepada tetangga terdekat yang memang tidak mudik.

Persiapkan kesehatan tubuh sebelum mulai perjalanan mudik
Agar dapat menempuh perjalanan jauh, tentu dibutuhkan tubuh yang fit. Bekali juga perjalanan mudik dengan obat-obatan darurat dengan obat-obatan darurat, vitamin serta P3K sepanjang perjalanan.

Pastikan juga perbekalan lainnya juga memadai
Selain obat-obatan, memastikan semua perbekalan sepanjang perjalanan termasuk makanan, minuman, serta pakaian juga memadai. Khusus untuk makanan dan minuman dianjurkan untuk membuat persiapan ekstra untuk keadaan darurat. Apalagi jika kita membawa anak kecil yang masih membutuhkan keperluan khusus seperti popok, susu, dan lainnya,

Periksa semua kesiapan kendaraan 
Selanjutnya ini berlaku bagi yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan benar-benar dalam keadaan siap untuk dibawa perjalanan jauh. Lakukan pengecekan mesin, rem, oli, hingga ban dan lainnya. Bila perlu, bawa mobil ke bengkel terlebih dahulu untuk dicek secara profesional. Selain itu, memastikan peralatan seperti dongkrak, obeng, tang, ban serep, dan sejenisnya tersedia di mobil untuk berjaga-jaga di keadaan darurat. Pastikan juga isi bahan bakar semaksimal mungkin sebelum memulai perjalanan.

Pentingnya power bank, kuota intern hubet dan gadget
Ini biasanya yang dianggap sepele padahal termasuk penting juga. Harus dipersiapkan secara manual seperti mengumpulkan info mengenai rute perjalanan, membawa cadangan peta perjalanan dan lainnya. Namun, kini semua hal tersebut sudah tersedia lewat perangkat smartphone. Mengingat pentingnya peran smartphone selama mudik, jangan lupa untuk pastikan kuota internet memadai serta bawa power bank yang telah terisi penuh.

Persiapkan uang dan dokumen-dokumen yang diperlukan
Tips mudik nyaman dan aman selanjutnya adalah mempersiapkan uang dan dokumen yang wajib dibawa untuk perjalanan mudik. Meski kini banyak yang telah menerapkan sistem cashless, tak ada salahnya untuk selalu bawa sejumlah uang tunai dalam pecahan kecil untuk berjaga-jaga. Pastikan juga kartu dompet elektronik terisi saldo yang memadai. Jangan lupa, kartu dan dokumen penting lainnya seperti ATM, kartu kredit, KTP, SIM.

Mudik Aman dengan Layanan JKN BPJS Kesehatan

Bicara soal gadget, pastikan ada layanan mobile JKN. hal ini penting walaupun kita tidak mengharap sesuatu yang terjadi, jaga-jaga adalah satalat satu antisipas agar keadaan keluarga kita tetap aman dan nyaman selama mudik di perjalanan maupun setelah sampai di kampung halaman.

Selama periode cuti bersama dan libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024, BPJS Kesehatan memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan. Kebetulan kemarin pada tanggal 20 Maret 2024 aku menghadiri acara konferensi pers yaitu Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran 2024 ‘ mudik aman berkesan bersama BPJS Kesehatan”

layanan jkn bpjs kesehatan selama mudik lebaran

Jadi ada beberapa hal yang kita harus ketahui sebagai peserta BPJS Kesehatan :

Hadir Bpk Ghufron Mukti Direktur Utama BPJS Kesehatan mengatakan “Dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia. Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan”.

"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), 0811-8-165-165 dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

pandawa bpjs kesehatan

Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN,".

Terdapat Posko Mudik di Beberapa Lokasi .

Selain itu, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024. Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207 A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

"Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan. Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini,"

posko mudik bpjs kesehatan
Posko Mudik 2023 km57

Untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal sebagai peserta mandiri, diimbau untuk rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya per tanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif. BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran.

Kemudian Ibu Lily Kresnowati, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Menambahkan bahwa BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas. BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi,"

Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik. Bahwa peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

Dan yang paling memudahkan kita semua kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN.

Intinyanya bagi kita semua jika ingin melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan. Oh iya jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala, Jika semua sudah dipersiapkan tentunya mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

Selamat mudik semua mohon maaf lahir dan batin….

utieadnu

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ