Sunday, 18 February 2018

Care Center 1500400 dari BPJS, Solusi Daftar JKN-KIS Tanpa Antri




Kesehatan memang sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa diremehkan. Ketika sehat melakukan aktivitas apapun akan lebih leluasa. Bagaimana tidak, kehidupan yang semakin jauh dari sehat dan harga obat dan pengobatan yang semakin lama semakin mahal membuat kesehatan menjadi sebuah aset yang sangat berharga dalam hidup ini.

Nah,,,  Indonesia sebagai negara yang memiliki standar kesehatan yang mulai membaik  terus bergerak memperbaiki sistem dan fasilitas kesehatannya. Selain asuransi kesehatan, Salah satu upaya dan usaha pemerintah Indonesia untuk memperbaiki kesehatan di Indonesia adalah dengan menyelenggarakan BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sendiri secara resmi didirikan pada 1 Januari 2014 setelah sebelumnya bernama Askes (Asuransi kesehatan). BPJS Kesehatan didirikan oleh pemerintah bersamaan dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai penyedia layanan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan diadakan dengan diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan jaminan sosial terkait kesehatan dan ketenagakerjaan.
Waktu itu kebetulan saya melakukan pendaftaran peserta BPJS yaitu JKN-KIS, secara mandiri padahal datang sudah dari jam 7 pagi sebelum kantor cabang BPJS buka, tetapi sudah banyak yang antri untuk ambil nomor dan baru dilayani menjelang zuhur, lama bangetkan karena memang kesadaran untuk menjadi peserta BPJS, semakin meningkat setiap harinya jadi antrian yang panjang. tidak bisa dipungkiri. Dan ini menunjukkan juga bahwa masyarakat mulai peduli akan kesehatan.
Nah,,, dikarenakan banyaknya keluhan dalam mendaftarkan diri untuk menjadi peserta BPJS, JKN-KIS akhirnya untuk memudahkan dan lebih dekat kepada peserta di bentuk care center 1500400, yang 24 jam siap melayani. Care center ini  tidak hanya melayani sebagai pusat informasi dan pengaduan, melainkan juga sebagai salah satu alternativ kanal pendaftaran peserta mandiri.
Kini hanya dengan menekan 1500400, menurut ibu Upik Handayani selaku Asisten Deputi Bidang Pengendalian Mutu Pelayanan BPJS masyarakat tidak usah jauh-jauh datang ke kantor cabang  terdekat BPJS, lewat telpon masyarakat  bisa melakukan pendaftaran asal semua data yang diberikan lengkap. Di acara Ngopi Bareng JKN di The Hooq Resto pada tanggal 14 Februari 2018.
Apa saja yang harus disiapkan ketika mendaftar lewat care center 1500400?
  • Nomor kartu keluarga
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Handphone
  • Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri)
  • Alamat domisili (untuk pengiriman kartu)
  • Alamat email

Setelah semuanya siap, nanti kita akan dilayani oleh agent care center, nah rekaman pembicaraan itu dijadikan bukti pendaftaran sebaiknya tidak menutup pembicaraan sebelum selesai dan  sebelum ada konfirmasi bahwa proses pendaftran telah selesai dilakukan, kemudian kita akan mendapatkan Nomor Virtual Account  (VA) yang biasanya di kirim melalu pesan singkat di handphone atau melalui email, setelah mendapatkan VA, peserta diwajibkan membayar iuran perttama paling cepat 14 hari setelaha VA diterbitkan atau 30hari paling lama ya, tetapi lebih cepat lebjh baik tentunya.

Nah setelah melakuan pembayaran kartu JKN-KIS akan dikirimkan ke alamat peserta, jadi mudahkah ngga perlu antri Lagi, tinggal menunggu kartu sudan di antar.



Selain fitur untuk melakukan pendaftaran care center 1500400 juga menyediakan fitur berupa :

Perubahan data peserta
Biasa kadang petugas bisa juga menulis data kita salah misalkan salah nama atau salah tanggal lahir, bisa dilakukan lewat care center juga.

Permintaan informasi
Kadang kita butuh informasi yang menyangkut pelayanan BPJS, misalkan rumah sakit mana yang bisa melakukan pelayanan BPJS.

Penanganan bantuan
Kita seringkan mengalami kesulitan saat ingin mendapatkan pelayanan BPJS, kini kita bisa adukan ke care center BPJS.

Layanan tanya dokter
Ini fitur yang bagus banget, kalau ada masalah kesehatan dan bagaimana menanganinya kita bisa terlebih dulu tanya ke fitur ini, sebelum pergi ke rumah sakit.

Survey kepuasan
Nah fitur ini biasanya agent care center yang menelpon peserta BPJS untuk menyakan apakan pelayanan rumah sakit selama ini melayani dengan baik atau tidak. Nah survey ini akan menjadi catatan untuk meningkatkan pelayanan mutu lagi.

Terintegerasi dengan media sosial BPJS  ( facebook dan twitter )
Di fitur ini bisa kita lihat dengan mudah apa saja yang sudah ditempuh oleh BPJS, melalui akun  media sosialnya

nara sumber Iwan setyawan, ibu sri wahyuningsin (mc) dan Ibu Upik Handayani

Kemarin juga hadir artis Charles Bonar Sirait yang pernah mengunjungi kantor BPJS secara langsung dan melihat ruangan care center yang berdiri dibelakang care center ternyata terdiri dari anak-anak muda yang energik yang siap melayani dengan sigap seluruh pertanyaan dan keluhan dari peserta BPJS. Dan kata  Bang Iwan Setyawan pengarang novel terkenal 9 autum 10 summer, mengajak para blogger untuk menulis yang mempunyai efek inspiratif bagi pembacanya. Terlebih jika tuilisan kita mempunyai ciri khas, ketka mereka membaca sudah tahu ini tulisan kita.

Sekali lagi kata Ibu Upik care center 1500400 ini diluncurkan untuk lebih dekat kepada peserta dan memudahkan layanan selama ini. Jadi mau tanya apapun kita bisa menghubungi care ceter 1500400, dan care center ini bukan robotic lo….

Untuk informasi lebih lanjut bisa melihat media social BPJS
Facebook     ; @BPJS Kesehatan
Twitter          : @BPJSKesehatanRI
Instagram     : @bpjskesehatan_ri
Youtube        : BPJS Kesehatan
Kompasiana : BPJS Kesehatan
Kaskus         : BPJS Kesehatan



11 comments :

  1. Jadi praktis dan nggak perlu antri lagi ya, Mbak, kalau butuh layanan JKN sejak ada BPJS Kesehatan Care Center 1500400 ini. Aku kemarin udah nyoba telepon juga karena mau pindah faskes I yang sebelumnya di Semarang, mau pindah ke Jakarta. Prosesnya cepat dan bisa dilakukan dari rumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mba,, huhu aku pernah ngerasain antri hampir mau seharian..

      Delete
  2. Teh Utie, ini bisa untuk pendaftaran berobat BPJS dimana sajakah? Papaku kemarin itu kecelakaan pas mau daftarin BPJS buat mamaku. Persis di depan klinik ketabraknya. Kalau bisa daftar via telepon gini kan jadi lebih enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba,, ngga pakai antri jawab pertanyaan aja siapin berkasnya dulu, trus tranfs tunggu di rumah kartu sdh d sent

      Delete
  3. Makin lama pelayanan BPJS makin bagus ya, Mba. Syukurlah, semoga semua rakyat bisa mengakses layanan kesehatan dengan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ini inovasi baru BPJS agar bisa mencakup selruh rakyat Indonesia dengan mudah

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Keren ya BPJS sudah bisa daftar online, ga perlu repot ngantri dari pagi kayak yang biasa aku lakuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba selain bisa daftar online ada layanan dokter kita bisa tanya2 tentang penyakit sebelum pergi ke dokter

      Delete
  6. udah ada online nya? wah, enak banget, memudahkan sekali jadinya di zaman serba dinamis ini. apalagi urusan publik begini antrinya ya ampun, hiks, lelah hayati, hihi. intinya seneng banget denger klo sudah ada pelayanan online nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba tinggal telp call center 1500400 siapkan data jadi ketika ditanya sudah lengkap

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,