Sunday, 18 February 2018

Tips Agar Anak-anak Terbiasa Membaca Buku




Kata orang buku adalah jendela dunia, dan istilah itu benar adanya semakin banyak membaca buku ternyata semakin banyak selama ini yang tidak kita ketahui, akan tetapi budaya membaca buku sekarang semakin berkurang karena tergantikan dengan tehnologi dunia digital. Dengan hanya menggunakan sentuhan jari mereka bisa lebih banyak mengetahui informasi yang dibutuhkan.

Bukan berati digital tidak baik tetapi kita harus bisa menyaring lebih banyak, mana berita yang tidak benar, informasi dari dunia digital semakin mudah menyebar dan tentunya dengan mudah kita dapatkan.

Kembali ke membaca, bagaimana agar kebiasaan membaca menjadi kebiasaan sehari-hari?, dimana bukan gadget yang dipegang pergi kemana-mana, tetapi buku. Nah,, ternyata kebiasaan itu harus diterapkan sedari kecil, dan alhamdulilliah di rumah ada beberapa tips, yang saya terapkan agar anak-anak gemar membaca.

meletakan buku yang mudah diambil

  • Manaruh rak buku kecil di ruangan keluarga, rak buku ini diletakan diantara kursi dan meja dan tempatnya tidak terlalu tinggi agar anak-anak mudah menjangkaunya.
  • Tidak ada televisi di rumah, sudah hampir berjalan 10 tahun saya dan suami memang tidak menerapkan nonton televisi. Kalau memang waktu luang biasanya kami duduk diruangan keluarga sambil membaca buku kesukaan masing-masing. Kalaupun tidak membaca biasanya anak-anak bermain diluar rumah.
  • Memberi contoh kepada anak, disini saya dan suami ketika sampai di rumah melakukan stop pegang handphone jika dekat anak-anak, kadang bergantian kalau bukan saya suami mengajak berdiskusi  buku apa yang menarik dan bagus untuk dibaca, atau kadang sesekali biarpun sudah besar mereka senang banget mendengarkan dongeng.
  • Pergi ke perpustakaan, biasanya ini dilakukan setiap sabtu kalau tidak ada acara keluarga, sekarang banyak lo,, perpustakaan yang tempatnya sangat menarik dan dekorasinya yang menawan membuat anak-anak menyukainya,  dan pendaftaran sebagai anggota perpustakaan ini gratis. Contoh di Perpustakaan Nasional RI di Salemba. Atau di Jl. Medan merdeka Selatan No 11. Dan sekarang didaerah-daerah juga banyak di bangun perpustakaan yang ruang dekorasinya bikin nyaman pengunjung.
  • Pergi ke pameran buku,, nah biasanya kegiatan ini dijadikan memberikan reward kepada anak-anak dengan memberikan hadiah memilih buku kesukaan mereka.

Contoh ruangan perpustakan nasional RI
Itu saja tips yang saya lakukan dirumah agar anak-anak senang membaca. Dan alhamdulillah adek mulai sudah ada bakat mengarang, bahkan ada buku yang khusus untuk dia membuat komik dengan gambar yang dibuat sendiri.

Mudah-mudahan bermanfaat ya, so bagaimana tips sahabat agar anak betah membaca buku?







4 comments :

  1. Boleh juga nih tipsnya, mbak Utie. Penting banget menumbuhkan minat baca pada anak-anak. Biar gak malas baca dan nanya melulu, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba,, iya sedari kecil pegang buku ternyata banyak manfaatnya

      Delete
  2. Wah boleh juga nih triknya saya tiru!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,