Tips Blog Agar SEO Friendly

Tips Blog Agar SEO Friendly dan Monetisasi Iklan Melalui Google 

Sebelum bicara monetisasi iklan melalui Google terlebih dulu kita bicara blog SEO Friendly itu bagaimana? Terus apa pengaruhnya ke blog kita, Apakah berhubungan dengan kejadian kemarin ketika Domain Authority/Page Authority (DA/PA) turun, duhhh nelangsa walaupun turunnya berjemaah, tetap sempat bikin down. Ada lagi persoalan bagaimana berharap tulisan kita duduk di pageone?, semua itu menjadi pekerjaan rumah buat kita, ada banyak pencerahan ketika satang ke acara Blogger Perempuan Network yang diadakan tanggal 16 Maret kemarin mau tahu caranya, walaupun bukan ahli semoga bermanfaat ya.



tips blog agar seo friendly


Datang ke kantor Blogger Perempuan Network kira-kira pukul 09:30 lansung regristasi. Acara dimulai sekitar pukul 10 lewat, kali ini temanya adalah Earn More Your Blog With Google Ad Monetization Solution. Dengan menghadirkan pembicara sebagai berikut ;

  • Nunik Utami Professional Blogger & Content Writer
  • Ilona Juwita CEO ProPS - Google Channel Partner.
Menurut Mba Nunik yang juga penulis beberapa novel ini. Untuk blog yang termasuk Google friendly itu jadikan setiap yang kita tulis itu sebaga raja istilah kerennya content is the king yang artinya konten kita harus bagus.
Konten yang bagus itu meliputi 
  • Tematik
  • Informatik
  • Kronologis
  • Solusi
tips blog google friendly
Mba Nunik Utami

Bagiamana caranya?
Tentukan tema atau topik blog
Sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Jadikan paragraf pertama sebagai sumber masalah agar pengunjung mau meneruskan membaca.

Riset kata kunci / keyword 
Nah, ini penting banget ternyata selama ini saya tidak pernah melakukannya. Ternyata kata Mba Nunik, lakukanlah ini dulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tidak masalah.

Posting yang relevan 
Artinya dan buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat link antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas. Katanya letakkan keyword itu di paragrap pertama, ditengah dan diakhir paragraf tulisan. Keyword merupakan aspek penting untuk posisi artikel di search engine, tertalu sedikit keyword di artikel akan menyebabkan kurang peringkat dan isian keyword, namun juga tidak perlu melakukan penempatan keyword terlalu banyak karena menyebabkan over optimasi, 

Optimasi SEO Untuk Gambar.
Optimasi gambar untuk SEO dengan menggunakan tag alt dan tag title di setiap gambar, dan ini bisa di lakukan secara manual dilakukan setelah kita mengupload gambar, optimasi tag alt dan tag title untuk memberi tahu mesin pencari tentang inforamasi tentang gambar tersebut saat melakukan pencarian dengan gambar sesuai title. Kita cukup klik kanan pada gambar dan klik properti lalu masukan title pada gambar

Gunakan Heading Tags H1, H2, H3
Saat kita menulis posting, di bagian atas ada pilihan Heading, Subheading, Minorheading, dan Normal. Itulah yang dimaksud Heading Tags H1 s,d. H4. Ukuran hurufnya ditentukan di template blog. Yang dimaksud menggunakan Heading Tags adalah membuat subjudul dengan ukuran huruf yang berbeda dengan teks normal.

Link Eksternal Noffolow 
Nofollow adalah atribut html yang tercantum pada hyperlink untuk memblokir keuntungan mesin pencari link eksternal dalam website, jadi ketika kita menggunakan link keluar ke website lain, kita bisa menggunakan rel nofollow ini untuk mencegah mesin pencari merayapi link tersebut. 

Setelah selesai menulis persiapkan SEO OnPage contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, kemudian sambil menunggu postingan kita masuk di Google, kita bisa share ke sosial media supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google, istilahnya disebut indexing.

Nah, kebanyakan kata Mba Nunik halaman google pertama itu sering blog yang menggunakan media wordpress, itu lebih mudah karena sudah tersedia plug-in yang memudah untuk mengoptimalkan SEO blognya. Lalu bagaimana dengan blogpost?.

Kalau harus migrasi saya sudah terbayang ribetnya dulu. Tapi percaya deh, karena ada beberapa tulisan yang masuk pageone walaupun menggunakan media blogpost. karena menurut saya blogspot tetap lebih baik dalam pengoptimalan, selain itu kelebihannya kita akan mampu menguasai kode-kode html, coba saja memakai tips blog agar SEO Friendly seperti yang telah dijabarkan diatas untuk mengoptimalkan SEO blog kita


Intinya Membuat postingan blog ramah mesin pencari memang membutuhkan kesabaran dan ketekutan dan perlu proses juga. Gunakan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Meskipun dalam penulisan blog kita boleh berkreasi menggunakan kata-kata, sesuai bahasa sehari-hari, ada baiknya kita tetap memperhatikan Ejaan Bahasa Indonesia. Dan terakhir menulislah dengan hati, ini yang terpenting masukkan jiwa kita kedalam tulisan sehingga efek orang membacanya akan nyaman, apapun teorinya kalau kita tidak menulis dengan hati itu akan terasa sulit dan pasti membosankan.


tips blog agar seo friendly
Mba Ilona Pict by Blogger Perempuat Network

Monetisasi Iklan Melalui Google


Kemudian pernah tidak teman mengalami ketika berkunjung ke blog seseorang banyak sekali iklan di blognya yang terkadang membuat kita menjadi sedikit terganggu membacanya. Dan mereka adalah blog yang sudah disetujui oleh Google Adsense. Nah menurut Mba Ilona. Sebuah blog bisa mendapatkan benefit dari tulisan yaitu dengan cara monetisasi iklan melalui Google. Kemudian bagaimana cara memonetisasi iklan ala blogger?

Misalkan salah satunya dengan Affiliate Link merupakan penempatan link afiliasi produk pada blog di mana kita bisa memperoleh komisi setelah ada transaksi/ pembelian. Selanjutnya Iklan yakni penempatan iklan di blog kita misalnya Ad Placement, banner, teks, native maupun link rich media, direct dan redirect. 

Nah, untuk iklan ini bagaimana penempatannya yang menarik dan bagus agar bisa diklik pengungjung tapi tidak menganggu pada saat mereka sedang membaca blog kita.

Warna Biru Cara penempatan iklan yang benar
  • Penempatan iklan berada di area dengan keterlihatan yang tinggi dan potensi klik yang tinggi juga. Contohnya seperti gambar di atas,
  • Dan pastikan source of traffic dari sumber yang berkualitas, jangan sekali-kali mengklik iklan kita sendiri atau mengkliknya lewat blog orang lain 
  • Untuk setiap slot dapat menampillan berbagai pilihan size
  • Ada banyak tipe iklan yang google tawarkan. Selama ini yang paling sering digunakan adalah banner display dan banner text. Ada juga juga penggunaan Native in Feed. 
Kemudian bagaiman yang belum punya penghasilan dari iklan tapi kepingin blognya bisa menghasilkan? Nah disini perannya ProPS yang ingin membantu memonetisasi iklan. ProPS bisa memfasilitasi kita sebagai blogger untuk memonetisasi blog tanpa harus memiliki akun Google Ads Exchange. 

ProPS ingin bekerjasama dengan blog yang yang memiliki konten-konten yang berkualitas, dan mempunyai sumber yang terpercaya. Dengan kata lain ProPS sudah mendapatkan akun di Google Ads Exchange kemudian dipinjamkan kepada bloggers. Bagaimana tertarik? 

Pada kenyataan blog kita bisa mempunyai peluang lebih besar ke depan karena pengunjung website bisa datang dari mana saja, kepingin dong blog kita juga bermanfaat untuk negara lain/content for global audience. Yang pastinya kita harus bisa menentukan target audience, dengan menggunakan bahasa negara lain tersebut. Apakah berbahasa Inggris, Jepang, Prancis dan lain-lain.

Tentunya konten harus bersifat sepanjang masa/evergreen, bisa muatan lokal tetapi bisa diterima secara relevan bagi global audience. Intinya samalah mau global audience atau pembaca Indonesia konten yang kita miliki harus menarik dan pastinya organik dengan manfaatkan keyword yang populer.

tips blog agar seo friendly
Suasana saat belajar (pict by Blogger Perempuan Network)
Semoga bermanfaat ya, tips blog agar SEO Freindly dan monetisasi iklan melalui google, terimakasih untuk Blogger Perempuan Network dan ProPs. Untuk kamu yang ingin menambah ilmu seputar ngeblog bisa mengikuti acara Blogger Perempuan Network ini biasanya rutin diadakan dan dengan tema-tema yang beragam tentunya. Intinya untuk menjadi Blogger Profesional kita harus terus belajar, belajar dan banyak membaca






No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏