Thursday, 28 November 2019

Tips Nyaman Bebas Flu Saat Traveling

Tips Nyaman Bebas Flu Saat Traveling
Travelling bagi saya adalah salah satu hobi yang mengasikan dengan traveling bukan hanya soal untuk menghabiskan uang. Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan. kita bisa menambah wawasan juga, mempunyai banyak teman, memberikan efek positif yang lebih besar secara psikologis, meningkatkan kinerja otak serta tentunya mengurangi stress. Nah saat berencana melakukan perjalanan singkat atau dalam waktu yang lama, bukan hanya tempat rekreasi selama traveling yang harus dipikirkan.
Tips nyaman Bebas flu saat Traveling

Kesehatan harus tetap jadi prioritas nomor satu. Jangan sampai momen menyenangkan ini malah terganggu akibat kondisi yang kurang sehat. Maka, penting bagi saya untuk mengetahui tips-tips mencegah sakit saat traveling. Kebetulan pada tanggal 24 November 2019 menghadiri acara World Flu Day, hadir sebagai pembicara dr Suzy Maria SpPD selaku Satgas Imunisasi Dewasa PB PABDI. Yang memberikan tips-tips nyaman menjaga kesehatan saat travelling.
Tips nyaman bebas flu saat traveling
dr Suzy Maria dan MC
Sakit saat liburan tentunya menyebabkan liburan menjadi tidak nyaman apalagi jika terkena flu. Walaupun rata-rata orang bilang penyakit flu dianggap biasa tetapi bisa mematikan lo, ujar dr Suzy

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Banyak orang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Walaupun gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

Penyebab Flu
Seseorang dapat tertular flu jika tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara, yang dikeluarkan penderita ketika bersin atau batuk. Selain itu, menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena percikan air liur penderita, juga bisa menjadi sarana penularan virus flu.

Gejala Flu
Gejala flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Meskipun sama dengan gejala batuk pilek biasa, gejala flu terasa lebih parah dan sering kali menyerang tiba-tiba.

Pengobatan dan Pencegahan Flu
Flu ringan dapat diatasi dengan banyak beristirahat dan minum banyak cairan. Namun bila gejalanya berat, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan obat untuk mempercepat kesembuhan dan mencegah komplikasi.
Cara mencegah flu yang paling efektif adalah menjalani vaksinasi influenza. Apalagi jika ingin travelling ada baiknya vaksinasi fli dilqaukan 2 minggu sebelum keberangkatan dan masa vaksinasi flu bisa sampai 1 tahun.
Tips nyaman bebas flu saat traveling

Untuk lebih lengkapnya nih tips nyaman bebas flu saat travelling

Biasakan untuk selalu mencuci tangan
Cuci tangan merupakan salah satu hal penting yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Selama traveling kita akan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, entah sudah berapa banyak hal yang disentuh dan membuat kuman serta bibit penyakit menempel pada tangan.

Cuci tangan dapat membunuh dan mengurangi kotoran yang hinggap pada tangan. Terutama sebelum makan atau minum. Biasakan juga untuk selalu mencuci tangan sesuai langkah yang tepat guna memaksimalkan kebersihan tangan dengan penggunaan pembersih tangan antiseptik sebagai alternatif jika tidak menemukan sabun dan air. Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, tidak dianjurkan untuk menyentuh daerah wajah. Hal ini bertujuan supaya kuman tidak masuk melalui mata, hidung, atau mulut.

Jangan lupa konsumsi vitamin
Salah satu cara untuk mencegah sakit saat traveling yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin. Pasalnya, tidak sedikit kegiatan yang kita lakukan saat traveling sehingga kemungkinan untuk terserang berbagai penyakit saat kondisi badan melemah semakin meningkat. Dengan rutin mengonsumsi vitamin, diharapkan daya tahan tubuh  bisa lebih terjaga.

Vitamin bisa didapatkan dari sumber makanan alami seperti buah dan sayur. Akan tetapi, bila memiliki masalah kesehatan tertentu atau hendak bepergian ke tempat yang minim akses kesehatan atau makanan sehat, tak ada salahnya minta suplemen vitamin ke dokter Anda sebelum berangkat.

Tidur yang cukup
Meskipun sedang seru jalan-jalan, terpenting tetap mematuhi aturan tidur yang baik. Beberapa situasi bisa bikin jadwal tidur berantakan. Mulai dari jadwal perjalanan yang padat, hotel atau tempat penginapan yang kurang nyaman, atau tidak bisa tidur karena tubuh terlalu lelah. Namun, tetap pastikan mendapat kesempatan tidur yang cukup. Jika tidak, hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Hati-hati dalam memilih makanan dan minuman
Berjalan-jalan mengunjungi berbagai tempat, memberi kesempatan menemukan makanan baru yang menarik hati. Sebaiknya memilah kembali makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Setiap tempat-tempat baru pasti memiliki bermacam-macam makanan khas, tugas kita nih,  mencari tahu kandungan makanan atau minuman tersebut dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. Terlebih jika Anda memiliki alergi terhadap suatu jenis bahan makanan atau minuman.

Minum air putih yang cukup
Minum air putih yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh saat traveling. Faktor perbedaan cuaca dan tingkat aktivitas selama traveling juga perlu menjadi pertimbangan banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila ingin lebih banyak jalan kaki, bergerak, dan beraktivitas saat liburan, tingkatkan konsumsi cairan, lebih dari biasanya. 

Selalu sediakan obat-obatan
Yang terakhir tapi tidak boleh dilupakan adalah selalu sedia obat-obatan selama traveling. Pasalnya, kita tidak pernah tahu kapan hal-hal terburuk akan terjadi pada diri saat traveling. Dengan selalu menyediakan peralatan P3K beserta obat-obat yang kita butuhkan, akan meminimalisir kemungkinan Anda jatuh sakit saat traveling.

Vaksinasi Flu
Inilah hal terpenting yang kita harus lakukan seperti yang sudah dibicarakan diatas, penyakit flu di belahan duniapun ada. Dan penyebarannya amatlah mudah. Konsultakasikan kedokter kemana kita pergi. Cara terbaik untuk mencegah flu adalah dengan vaksinasi flu setiap tahun.

Keuntungan melakukan  vaksinasi flu
  • Membantu mencegah terena flu.
  • Membuat tidak menularkan flu kepada orang lain.
  • Membuat flu kita lebih ringan jika terkena penyakit flu
  • Mencegah komplikasi seperti pneumonia.
Tips bebas flu saat Traveling

Vaksin influenza direkomendaskan untuk semua orang usia lebih kurang mulai dari 6 tahun, jadi bisa nih jika saat travelling membawa anak-anak ada baiknya divaksinasi terlebi dulu. Vaksinasi untuk traveler sesuaikan jenis vaksin influenza dengan negara yang akan dikunjungi. Jadi mau tips nyaman bebas flu saat travelling bisa dilakukan dengan tips diatas ya.

Semoga bermanfaat
utieadnu.


No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ