Friday, 29 November 2019

Program CSR Citi Bank Untukmu Generasi Muda Indonesia

Program CSR Citi Bank Untukmu Generasi Muda Indonesia
Muda berkarya acara yang digelar Citi Bank melalui tajuk Untukmu Generasi Muda Indonesia pada tanggal 26 November 2019 kemarin, hampir membuat saya malu sekaligus kagum karena ada bincang ( Citi Talks) bersama anak-anak muda sukses, usia mereka diantara 27 – 30 tahun, tetapi sudah menjadi CEO bukan karena latar belakang orangtuanya, tetapi mereka merintis usaha dari awal hingga bisa mendunia. 

Citi bank  yang hampir sejak 51 tahun di Indonesia untuk tahun 2020, melalui Citi Peka (Peduli dan Berkarya) sebagai payung seluruh kegiatan program Corporate Social Responsibility (CSR), mengumumkan penyerahan dana hibah senilai USD 695.000 dari Citi Foundation. Penyerahan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Batara Sianturi selaku CEO Citi Indonesia dan Elvera N. Makki selaku Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia kepada para perwakilan mitra, dan disaksikan oleh perwakilan dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.
Program CSR Citi bank
Simbolisasi penyerahan dana hibah CSR
Citi Bank
Adapun program CSR berfokus pada generasi muda di 3 pilar yaitu Literasi dan edukasi keuangan  kewirausahaan muda dan keberlanjutan bagi perkotaan juga berbagai komunitas. Kesemua program yang akan dijalankan setahun kedepan bermitra dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Prestasi Junior Indonesia, dan Indonesia Business Links Disamping itu juga akan melaksanakan berbagai kegiatan program sosial kemasyarakatan.

Bpk Batara Sianturi mengatakan, sebagai bank dengan jaringan berskala global yang hadir di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi, Citi memiliki misi enabling growth and economic progress bagi seluruh   pemangku kepentingan, termasuk  bagi masyarakat serta komunitas dimana kami beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, kami mengukuhkan komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi dengan menyalurkan dana hibah kepada para mitra terpilih guna bersama-sama menjalankan program sosial kemasyarakatan untuk membantu mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi, khususnya bagi generasi muda di tanah air.

Dan harapan dengan berbagai program kewirausahaan muda ini dan penguatan keahlian bagi kaum muda, semakin banyak yang mampu mencapai potensi tertinggi mereka, dalam hal peningkatan peluang ketenagakerjaan dan juga keahlian kewirausahaan yang dimiliki, sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan ekonomi Indonesia baik lokal maupun secara nasional. Hal ini selaras dengan aspirasi pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan tanah air dan dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals

Sedangkan menurut Ibu ElVera dalam periode satu tahun hingga 2020, program CSR Citibank bersama mitra pelaksana ditargetkan memberi dampak positif bagi 450 generasi muda di berbagai situs destinasi wisata, 8.000 pelajar dari 25 sekolah SMU/SMK di 5 kota, dan 1.000 generasi muda di kawasan industri. Pelaksanaan kegiatan ini juga untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals, mulai dari edukasi, kesetaraan gender, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi.

Dan menggandeng UNESCO guna mengadakan Creative Youth at Indonesia’s Heritage Sites tahap ke-3. Program ini menitikberatkan pada generasi muda yang bergerak dan berwirausaha di industri kreatif di situs destinasi wisata di Indonesia antara lain di wilayah Danau Toba, Yogyakarta, Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Kotatua-Jakarta, serta Bali. Melalui program ini, para penerima manfaat di wilayah tersebut akan diberikan pelatihan keterampilan kerja, kreativitas dan desain, persiapan kewirausahan, akses terhadap literasi dan inklusi keuangan, serta strategi marketing di dunia digital
Program CSR Citi bank
Bpk Fajar, Stephanie, Khafidz, Gibran dan Ibu Elvera
Acara selanjutnya seperti yang sudah saya katakan diatas ada bincang bersama-sama anak-anak muda menghadirkan  3 nara sumber yang dimoderatori langsung oleh Ibu ElVera. Ke-3 anak muda itu adalah :
  • Gibran Huzaifah CEO eFishery
  • Khafidz Nasrullah CEO Nares Essential Oil
  • Stephanie Saing Founder Tinung Bambu
Gibran menceritakan bagaimana awal suksesnya dia dari memiliki 1 kolam ikan kini menjadi 75 kolam ikan lele dan juga memproduksi makanan ternak khususnya untuk ikan. Sedangkan  Khafidz lahir dari keluara petani yang mislin katanya hampir setiap hari hanya memakan nasi dengan lauk garam. Bisa melanjutkan kuliah, hingga  akhirnya melihat peluang dari daun-daun tembakau yang tidak terpakai untuk dijadikan essential oil. Hingga kini usahanya mampu ekspor ke negara Eropa dengan keterbatasan berbahasa Inggris tetapi tetap mampu memenuhi pesanan yang berlimpah.

Kemudian Stephanie karena kecintaanya terhadap kain tunik akhirnya dia menjelajah hingga ke Papua dan NTT disana membina ibu-ibu rumah tangga dari desa tertinggal bahkan miskin untuk membantu memperkenalkan kain tuniknya kedunia luar. Tentu saja melihat proses mereka untuk sukses tidak mudah ada kegigihan yang luar biasa mereka lakukan. 


Program CSR Citi Bank
Saya bersama teman-teman blogger
Keterbatasan ekonomi bukan menjadi penghalang ketika mereka mampu melakukannya. Semoga program CSR Citi Bank untukmu generasi muda Indonesia ini mampu ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya hingga benar-benar menciptakan anak-anak muda yang terampil dan mampu berkarya hingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Semoga bermanfaat
Utieadnu



27 comments :

  1. Mantap banget nih belum 30 tahun udah punya usaha sendiri ya. Moga barokah selalu

    ReplyDelete
  2. Wow ngebayangin dari hanya punya satu kolam ke 75 kolam sendiir tuh emang keren banget. Usahanya mantap banget anak muda yang berprestasi :)

    ReplyDelete
  3. Ini acaranya mantab djiwa bangeeettt
    aku pernah datang ke workshop start up by Gibran e-Fishery
    Doi keren yaaa, alumnus ITB dan visioner banget!

    ReplyDelete
  4. Wahhh jogja masuk jadi salah satu kotanyaaa yaaa, wuehehe asik, semoga acaranya juga bisa kecipratan di jogjaaa :D

    ReplyDelete
  5. Wah nara sumbernya anak-anak muda yang hebat, sukses yang diraih tentunya memang butuh perjuangan dan kerja keras ya. Salut buat anak-anak muda ini. Sukses buat program CSR Citi Bank.

    ReplyDelete
  6. Hebat lah para anak muda ini. Benar-benar mengisi masa muda dengan sesuatu yang bermanfaat. Gak menyia-nyiakan waktu

    ReplyDelete
  7. Kusuka CSR yang peduli dan berkeinginan memajukan ekonomi dengan membuat kewirausahaan warga. Semoga masyarakat jadi sejahtera dan citi bank terus berkembang

    ReplyDelete
  8. yang muda yang berkarya. suka banget baca tentang generasi muda yg memanfaatkan bakat dan kemampuannya untuk sesuatu yg berguna. salah satunya dengan berwirausaha. semoga makin banyak generasi muda yg sukses mandiri secara finansial :)

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Patut ditiru nih semangatnya Ghibran dan lain-lain, generasi muda yang madniri dan mau berusaha sehingga bisa membuka lahan pekerjaan buat orang lain. Semoga CSR dari Citibank bisa berlanjut dan menghasilkan generasi muda yang mandiri lainnya.

    ReplyDelete
  11. Waah aku baru tau kalau Citibank sudah 51 tahun di Indonesia. Keren juga ya program CSR nya yang ditujukan untuk generasi muda.

    ReplyDelete
  12. Ikut bangga baca yang muda yang berkarya. di tengah keterbatasan tetap memiliki semangat luar biasa untuk maju. Salut untuk ketiganya! Dan keren program CSR-nya Citi Bank yang mewadahi generasi muda Indonesia berprestasi ini!

    ReplyDelete
  13. Kok aku jadi pengen ternak lele juga rasanya ya... Hahahahaha. Udah ada kolam ikan sih di sebelah rumah. Jadi tinggal tambahin aja ikan2 tawar yang sekiranya cocok buat dipelihara. Anyway, program CSR ini oke banget menurutku. Semoga bisa merambah ke usaha-usaha lain juga :D

    ReplyDelete
  14. Wah, Citibank ternyata udah 51 tahun ya.. Keren banget program CSRnya. Semoga programnya menginspirasi perusahaan yang lain

    ReplyDelete
  15. Idem dengan Mak HMZwan, semoga terobosan Citibank ini juga diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain agar lebih banyak lagi generasi muda prestasi sekaligus menginspirasi!

    ReplyDelete
  16. Sukses memang tidak mudah, perlu kegigihan dan keuletan yang luar biasa,ya. Suka nih sama program CSR Citi Bank untuk mensupport generasi muda makin berkarya.

    Btw, aku kalau ternak lele bisa apa enggak ya, kayak Mas Gibran. Kebetulan di samping rumah sudah ada kolam ikannya, meskipun cuma satu dan enggak besar-besar amat. :D

    ReplyDelete
  17. Bersyukur ternyata anak muda mulai dilirik dan diberi kepercayaan untuk mendapatkan dana CSR meskipun dalam bentuk berupa pelatihan dan pendidikan.

    ReplyDelete
  18. Kaki pertamaku nih di citibank. Tapi emang kuakui jempol csrnya luarrrr biasa sejak dulu

    ReplyDelete
  19. Anak muda sekarang rata-rata inovatif ya. Sudah selayaknya menjadi sasaran program CSR dari Citi Bank seperti ini. Semoga makin meningkatkan semangat enterpreneurship di kalangan generasi muda.

    ReplyDelete
  20. Program CSR dari Citi Bank mantep, deh! Semoga nantinya semakin banyak generasi muda Indonesia yang terbantu dengan program tersebut, sehingga bisa membuka banyak lapangan pekerjaan

    ReplyDelete
  21. Masyaa Allah hebat semua para pemuda ini. Masih umur 30 tahin sudah sukses usahanya. Bahkan bisa menembus dunia international. Salut. Jadi terpacu semangat nih.

    ReplyDelete
  22. Bagus sekali ih mendorong anak muda jandi pengusaha dan memfasilitasinya juga. Ternyata CSR-nya khususnya menyangkut kewirausahaan juga sampai ke sekolah2 gtu yaaa.

    ReplyDelete
  23. Bangga liat anak2 muda ini, tapi juga iri. Ih kenapa aku kok nggak bisa kayak mereka ya. Kudu mulai memacu diri supaya bisa usaha dan berpikir inovatif seperti mereka nih

    ReplyDelete
  24. Salut dg Gibran. Dari 1 kolam lele jadi berkembang pesat. Ah semoga usaha saya dan suami jg bs demikian. Usaha ikan di jaman serba digital ini kudu benar2 kreatif

    ReplyDelete
  25. Keren banget deh kiprah anak muda ini, sebenarnya banyak yang mampu untuk maju dengan ide cemerlang mereka, biasanya kendalanya dana, baik sekali program Citibank ini mbina mereka..

    ReplyDelete
  26. Banyak bank yang memiliki program csr juga. Tapi beda-beda programnya. Aku suka nih program csrnya citibank ini

    ReplyDelete
  27. Kreatif ya anak muda-anak muda itu. Penasaran dengan nares essential oil yang memanfaatkan daun tembakau untuk minyak essential. Manfaatnya apa saja ya? Ada ignya ga ya mb?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ