Sunday, 3 November 2019

Sinergi Niat Murni Ades dan Gojek untuk Menyelamatkan Bumi

Sinergi Niat Murni Ades dan Gogek untuk Menyelamatkan Bumi

Masalah sampah plastik tentunya bukan masalah baru lagi, sudah banyak gaungnya bahkan Indonesia termasuk no 4 di dunia sebagai penyumbang sampah plastik. Dan ironisnya kini malah Ada pihak yang mengimpor sampah sebagai bahan bakar. Sementara kita mencoba untuk membatasi tetapi ada pihak lain yang mendatangkan. Sedih bangetkan??



Kalau urusan sampah plastik memang harus ada sinergi antara produsen, konsumen, pendaur ulang bahkan pihak pemerintahanpun harusnya ikut turut campur juga. Bagaimana menanggulangi permasalahan ini?
Sinergi Niat murni Ades dan Gojek untuk menyelematkan bumi

Nah, kita sebagai konsumen harusnya bisa memulai dari diri sendiri, untuk bisa menahan diri tidak buang sampah sembarang, bijak berplastik dan ada #NiatMurni peduli akan kelangsungan bumi untuk penerus nantinya.

Seperti #SinergiNiatMurni yang dilakukan dua perusahaan besar Ades yang berkolaborasi dengan Gojek dan didukung oleh Waste4change untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan. Kolaborasi ini menghasilkan sebuah gerakan bertajuk 'Niat Murni'.

'Niat Murni' ini resmi diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2019 di Jakarta Selatan. Dan niat murni hadir sebagai gerakan nyata yang melanjutkan inisiatif serta usaha untuk mengelola plastik botol bekas. Pada acara tersebut hadir :
  • Mohammad Rezki Yunus sebagai Marketing Manager Hydration, Coca Cola Indonesia
  • Junaidi Head of Logistic Gojek
  • Mohammad Bijaksana Junerosano Founder and Managing Director Waste4Change
Sinergi Niat murni Ades dan Gojek untuk menyelematkan bumi

Kata Bpk Rezki Yunus menjelaskan kolaborasi ini tidak lain untuk mengajak masyarakat menjaga lingkungannya. Ades juga memilih Gojek sebagai pihak yang diajak kolaborasi. Nantinya botol-botol bekas yang dikumpulkan masyarakat bisa dikirimkan langsung ke bank sampah terdekat. Kami memilih Gojek karena salah satu layanan mobile on demand yang memang sudah sangat dekat dengan masyarakat. Di mana masyarakat sudah sangat familiar dan kita bisa memanfaatkan platfrom delivery-nya untuk bisa membantu mengirimkan botol-botol bekas.

Sedangkan Bpk Junaidi menceritakan awalnya tersentil oleh kata-kata anaknya yang usianya masih kecil, Katanya “Ayah, ayo dong apa yang bisa dilakukan Gojek untuk menjaga bumi ini? Jangan hanya bisa buat aplikasi delivery aja.” . Disitu katanya saya tersentak dan menangis. Karena sama sekali tidak mengira anak saya yang masih kecil bisa berbicara seperti itu.

Dan akhirnya kami memutuskan menyambut positif kolaborasi yang digagas oleh Ades ini dengan menyebutkan bahwa gerakan ini akan mendorong gaya hidup lebih ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan GoGreener, yaitu inisiatif dari Gojek yang bertujuan untuk memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Kami yakin inisiatif ini akan mendorong gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Kemudian menurut Bpk Junerasono, menambahkan bahwa peran aktif konsumen untuk lebih bijaksana dalam penanganan sampahnya sangat diperlukan. Saya juga mendukung sinergi #NiatMurni ini melalui sistem Waste4Change yang dapat menghubungkan konsumen dan pengguna aplikasi Gojek dengan para mitra daur ulang sebagai solusi kemudahan kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Bagaimana nih cara kita mengirimkan sampah plastik melalui Gojek?

Langkah pertaman kita harus memiliki aplikasi Gojek terlebih dulu. Kemudian klik layanan GoSend. Namun sebelum mengirim, pastikan botol plastik bekas dalam kondisi kering dan bersih. Nah Setiap 50 botol plaistik yang dikirimkan mendapatkan 2.000 poin yang setara dengan Rp 20.000,- bisa ditukarkan dengan token PLN, pulsa, atau saldo GoPay.

Lumayan bangetkan kita bisa turut menjaga bumi tanpa harus bersusah payah untuk mengantarkan ke tempat daur ulang.
Sinergi Niat murni Ades dan Gojek untuk menyelematkan bumi

Oh iya layanan sampah botol plastik ini baru berlaku di derah Jakarta, Nah nanti jika berhasil dan setelah dievaluasi akan menyebar keseluruh Indonesia. Semaoga saja nih gerakan ini banyak peminatnya sehingga warga Jakarta bisa peduli dengan keadaan bumi yang sudah lelah menanggung sampah plastik.
Sinergi Niat murni Ades dan Gojek untuk menyelematkan bumi

Nah buat kita yang masih diluaran Jakarta sebenarnya banyak hal yang kita bisa lakukan dalam mengenai sampah plastik.
  • Membawa Tote bag jika berangkat aktivitas
  • Membawa Kotak Makan dan tumbler.
  • Tahan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan kemudian pilahlah sampah rumahan. 
Jika saja semua itu kita lakukan, kemungkinan sampah plastik bisa berkurang, kolaborasi sinergi niat murni  Ades dan Gojek untuk menyelamakan bumi dan didukung oleh waste4change, diharapkan akan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah kemasan yang dimulai dari lingkungan tempat tinggal.

Yuks dimulai dari sekarang!!
utieadnu

17 comments :

  1. Mantap ni kegiatan sinergi #niatmurninya ades dan gojek. Perlu didukung, sebagai wujud sayangi bumi kita yang sudah terlalu berat menahan beban sampah.

    ReplyDelete
  2. peduli ades dan gojek mesti di dukung nih ... sebagai wujud sayangi bumi untuk menanggulangi sampah

    ReplyDelete
  3. Senangnya ada kampanye ini deh mba Utie. DUkungan ini dilakukan bagus banget untuk membantu mengurangi sampah plastik ya mba

    ReplyDelete
  4. kerjasama yang menarik antara Ades dan GoJek untuk menyelamatkan bumi tercinta ini

    ReplyDelete
  5. Saya sekarang mulai membiasakan bawa tote bag. Kalau tumbler sudah sejak lama. Memang lebih suka bawa air minum sendiri

    ReplyDelete
  6. Memang sampang plastik menjadi polemik sejak dulu.
    Ada yang pro dan kontra
    Semoga dengan adanya kerjasama antara Gojek dan Ades dalam program yang telah dilaksanakan ini
    Semakin membuat kesadaran kita, untuk lebih bijak lagi

    ReplyDelete
  7. sampah plastik tuh emang nyeremin banget ya. bersyukur banget banyak perusahaan perusahaan yang aware sama issue ini. semoga kerja sama gojek sama ades ini turut diikuti oleh yang lainnya, demi lingkungan, dan masa depan bumi

    ReplyDelete
  8. Kolaborasi GOjek dan ADES menyadarkan kita nih untuk bisa memilah sampah dan bener bawa deh botol minum sendiri

    ReplyDelete
  9. Sinergi yang super nih, memang harus dibiasakan membawa botol minum sendiri yah.

    ReplyDelete
  10. Keren nih kolaborasi Gojek dan ADES untuk menyelamatkan bumi. Ini merupakan langkah nyata. Benar-benar kreatif dan solutif.

    ReplyDelete
  11. Sekarang sudah bnyak nih kampanye anti sampah plastik ini sangat bermanfaat untuk menjaga lingkungan agar bumi bisa tetap sehat tanpa sampah uang berbahaya bagi lingkungan

    ReplyDelete
  12. Mantap ya ades, peduli pada lingkungan
    Indonesia memang darurat plastik, penghasil ssampah plastik no dua di dunia

    ReplyDelete
  13. mantap nih kolaborasinya. Semoga ke depannya kita bisa mengurangi penggunaan sampah plastik ini yaa

    ReplyDelete
  14. Wah bagus nih sinerginya. Daripada dibuang gtu aja mendingan dikumpulin jadi satu ke pengepul atau organisasi yang bisa mendaur ulang botol2 ini ya mbak. Krn kalau dibuang di sampah rumah aja khawatirnya makin susah dipisahin saat mau daur ulang.

    ReplyDelete
  15. Anaknya kritis banget ya, tapi berkat dikritisi itu juga pak Jynaedi dari Gojek ini punya inisiatif untuk ikut menyayangi Bumi dengan mengadakan progran keren seperti ini. Programnya keren pula. Sinergi yang patut diancungi jempol nih.

    ReplyDelete
  16. Mantul Ades peduli dengan lingkungan semoga masyarakatnya juga peduli dengan memgumpulkan botol2 dirumah dan kasih ke orang yang bisa mendaur ulang.kalo dirumah suami Ada yang mau menampung

    ReplyDelete
  17. Semakin banyaknya yang sadar lingkungan, kerennya lagi ada bentuk kerjasamanya, kadang suka bingung kalau udah milah sampah di rumah mau dikirimnya kemanaa, sekarang udah ada solusinya kerjasama ades bareng gojekiw

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏