4 Langkah Menjaga Pola Hidup Sehat

4 Langkah Menjaga Pola Hidup Sehat
Hai semua semoga selalu dalam keadaan sehat-sehat ya,,, senang akhirnya situasi saat ini dapat berangsur normal, kita semua sudah kembali bekerja di kantor dan anak-anak per awal bulan maret sudah kembali pembelajaran tatap muka (PTM).

Tetapi Kondisi ini tentunya jangan sampai membuat kita lengah, setelah hampir 2 tahun lebih kita seperti dipaksa untuk mengikuti protokol kesehatan dan nyatanya kita sudah menjadi terbiasa. Banyak pelajaran penting yang kita dapatkan dari 2 tahun sebelumnya. Kita jadi lebih konsentrasi untuk menjaga kebersihan, aware terhadap pola hidup sehat dan kehati-hatian untuk makan sembarangan.

pola-hidup-sehat


Dalam masa transisi, kita tetap harus beradaptasi dengan sejumlah kebiasaan baru dan justru kebiasaan yang kita lakukan jangan sampai terhenti, tetap menjaga stamina tubuh agar siap menghadapi aktivitas seharian ada beberapa langkah menjaga pola hidup sehat yang bisa teman-teman ikuti nih:

Menjaga Pola Makan yang Sehat

Pertama adalah dengan mengawali sarapan pagi yang sehat saat akan beraktivitas. Seperti yang kita ketahui sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yang langsung dirasakan adalah sebagai sumber energi.

Tanpa kita sadari, selama tidur malam hari sel-sel tubuh tetap bekerja. Oleh karena itu, tubuh harus segera mendapatkan asupan makanan yang bernutrisi agar bisa membentuk energi untuk memulai aktivitas.

Dan bawalah bekal, kebersihan asupan makanan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Oleh karena itu, saat ini kebiasaan membawa bekal makanan dari rumah menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih, untuk keluargaku tentunya untuk menjaga higienitas makanan yang dikonsumsi saat harus beraktivitas di luar rumah.

Selain menghemat biaya makan, makanan yang disajikan pun lebih terjamin aman dan menyehatkan karena lebih bersih dan higienis. Intinya jagalah pola makan sehat dan gizi yang seimbang

menjaga-pola-hidup-sehat
Rutin olahraga

Olahraga rutin dan Istirahat yang cukup

Saat pandemi kemarin, ternyata salah satu kegiatan yang tidak dilupakan adalah olahraga. Untuk menjaga energi tubuh tetap stabil dan tidak mudah lelah, kita perlu rutin berolahraga. Memulai hari dengan olahraga dapat membuat metabolisme tubuh bekerja dengan maksimal dan mencegah rasa lelah berlebih di siang hari.

Biasanya aku melakukan stretching ringan di pagi hari sebelum memulai aktivitas, tujuannya agar tubuh lebih siap untuk menjalani hari. Sedangkan kalau weekend bersepeda dari pukul 05;30 sampai pukul 08;00.

Istirahat dan Tidur yang Cukup

Dengan istirahat dan tidur yang cukup. Itu salah satu bentuk kita mencintai diri sendiri. Proses tidur adalah aktivitas yang sangat krusial untuk manusia. Pada saat tidur, sel-sel akan memperbaiki diri sehingga tubuh siap kembali menghadapi kegiatan esok hari. Dan ternyata kualitas tidur tidak didapat dari berapa lamanya kita tidur dalam semalam, melainkan berapa jam efektif kita tidur

Untuk usia dewasa muda dianjurkan tidur 7–9 jam per hari, atau setidaknya tidak kurang dari 6 jam per hari. Sedangkan untuk usia di atas 64 tahun, waktu tidur yang dianjurkan adalah 7–8 jam per hari. Usahakan jangan begadang buatlah jam rutin untuk tidur kalau aku terbiasa tidur pukul 22;00 dan bangun 04;00..

Jika hal itu kita lakukan setiap hari tentunya tubuh akan bugar saat memulai aktivitas keesokan harinya.

langkah-menjaga-pola-hidup-sehat
Pyfahealth Vit B Complex + Vit C

Minum Vitamin/Suplemen Tambahan,

Disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan vaksin adalah prioritas untuk mencegah penularan. Asupan mineral dan vitamin dari makanan membantu memastikan tubuh memproduksi jumlah sel imun dan antibodi yang cukup untuk meningkatkan respons terhadap virus.

Untuk itu konsumsi suplemen kesehatan dapat membantu mengisi kesenjangan asupan nutrisi yang mungkin tidak diperoleh dari makanan.

Menjadikan vitamin sebagai rencana antisipasi untuk menjaga imun saat transisi pandemi ini adalah langkah yang tepat dan relatif lebih murah serta mudah untuk kita ambil.

Seperti memenuhi kebutuhan vitamin B Complex + Vitamin C yang didapatkan dari Pyfahealth yang formulanya lengkap untuk memelihara kesehatan tubuh.

Demikian nih, 4 langkah menjaga pola hidup sehat. Ingat ya, tetap menjalankan protokol kesehatan, bawa masker pengganti dan hands sanitizer dan vitamin B complex di dalam tas. Kita sama-sama berdoa agar keadaan ini semakin membaik kembali seperti sediakala, sudah kangen kan bertemu teman dengan tersenyum manis tanpa harus terhalang masker.


utieadnu

5 comments

Ria Fasha said...

Semenjak pandemi aku lebih aware sama kesehatan mba
Dan memang selain makan bergizi dan olahraga penting untuk minum vitamin

Boghaisan said...

Mkch udah doongatkan ya mba, karena menjalankan pola hidup sehat itu penting bgt, ga pandemi kesehatan harus terjaga, aku mau nyari ah buat asupan vitamin aku.

Sapamama said...

Tips sehatnya jadi reminder buatku, butuh niat dan semangat untuk konsisten ya mba. Ayo semangat sehat ya kita

Fenni Bungsu said...

Tidur yang cukup harus banget dilakukan.
Apalagi besok nih in sha Allah puasa, jam pola tidur bakal berubah.

lendyagassi said...

Selamat menjalankan ibadah puasa, kak Utie..
Mohon maaf lahir dan batin.
Tetap jaga kesehatan fisik dan mental juga jangan lupa konsumsi vitamin B Complex yang memang dibutuhkan oleh tubuh untuk jaga daya tahan tubuh.