Nafas Tetap Segar Selama Berpuasa

Nafas Tetap Segar Selama Berpuasa
Hai semua tidak terasa bulan puasa tinggal menghitung hari, yang pasti semuanya senang ya, mudah-mudah kita sampai ke bulan penuh berkah.

Oh iya satu salah satu kondisi kesehatan yang cukup umum dialami oleh kita selama beribadah puasa di bulan Ramadhan adalah bau mulut. Yang kalau dalam istilah medis, ini disebut sebagai Halitosis.

nafas-tetap-segar-selama-berpuasa
source pixabay


Kenapa sih mulut kerap berbau saat berpuasa?

Menurut para ahli ketika kita tidak minum atau makan, produksi air liur yang berkurang memicu perkembangan bakteri sebagai penyebab utama bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mulut menjadi penting dilakukan untuk mencegah penumpukan bakteri.

Ada beberapa tips mudah menjaga nafas tetap segar selama berpuasa

👉Bersihkan mulut segera setelah sahur dan buka puasa

Sisa makanan dan plak yang menempel di gigi saat kita makan, dapat memicu pertumbuhan bakteri. Sehingga mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk menyikat gigi secara rutin setelah waktu makan, khususnya saat sahur dan setelah buka puasa.

Tidak hanya itu, memastikan lidah tetap bersih juga penting dilakukan. Pasalnya, sebagian besar bakteri terdapat pada lidah. Kebanyakan bau mulut berasal dari lidah, oleh karena itu gunakanlah pengikis lidah dua kali sehari saat sahur dan berbuka puasa.

👉Gunakan obat kumur


Nah setelah sikat gigi kita sebaiknya menggunakan obat kumur atau melakukan flossing setelah sahur dan berbuka. Sebaiknya gunakan obat kumur yang merupakan obat kumur antiseptik dengan kandungan povidone-iodine 1% untuk rongga mulut. Obat kumur ini digunakan untuk membantu meredakan gejala, seperti sakit tenggorokan, gusi bengkak, bau mulut, dan napas tidak segar.

👉Perbanyak minum air putih

Kurangnya hidrasi dikaitkan dengan penumpukan bakteri dan bau mulut. Untuk menghindari hal ini, maka perbanyaklah minum air putih saat malam hari minimal 4 gelas saat buka puasa dan 4 gelas menjelang sahur.

nafas-tetap=segar-selama-puasa-ramadhan

👉Banyak makan buah dan sayur

Perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sayuran, polong-polongan, dan kacang-kacangan. Sebab, makanan ini bisa memperkuat kemampuan tubuh melawan bakteri dan peradangan untuk melindungi gigi dan gusi. Selain itu, konsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat juga akan membuat kamu tetap berenergi selama puasa.

👉Hindari minuman berkafein dan merokok atau makanan dengan bau menyengat

Saat berpuasa, penting untuk menghindari makanan dan minuman tertentu sebagai penyebab bau mulut. Makanan dengan bau menyengat seperti bawang merah dan bawang putih dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.Merokok juga bisa menyebabkan mulut menjadi kering sehingga menimbulkan bau yang tak sedap. Hentikan kebiasaan ini jika kita tidak ingin memperburuk bau mulut saat tengah berpuasa.

Semoga nih dengan tips nafas segar selama berpuasa dapat bermanfaat buat teman-teman semua. Jangan lupa juga manfaatkan bulan puasa ini untuk meraih kebaikan sebanyak-banyaknya. Salam sehat semuanya.


utieadnu😀

1 comment

Molly Tampan said...

Artikel Yang Sangat Menarik,Kunjungi Website Saya Please Jasa cleaning service