Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri

Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri.
Hai semua semoga selalu sehat-sehat ya,, oh iya pernah gak diantara teman-teman, mengucapkan rasa terima kasih ke diri sendiri sebagai tanda kita mencintai apa yang kita punya.

Pasti jarang banget kepikiran ya,, aku pun begitušŸ˜© , aku kira selama ini sudah cukup dengan berolahraga, menjalankan pola hidup sehat, ternyata belum… kita yang memforsir tubuh kita untuk aktivitas sehari-hari. Kadang sering menuntut lebih dan selalu ada rasa insecure terhadap diri sendiri. tiba-tiba jadi lebih cemas dan jadi frustasi.

tips-mudah-bangun-rasa-percaya-diri


Padahal kita punya kelebihan yang pasti tidak dipunyai orang lain, kita punya jalan sukses sendiri-sendiri, Hingga timbul rasa percaya diri dan mencintai apa yang ada diri kita. Untuk mewujudkan impian yang kita punya.

Hal ini aku dapatkan insight di acara Women Inspirational Talk dengan tema Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance. Pada tanggal 31 Maret 2022. Hadir sebagai pembicara,
tips-bangun-rasa-percaya-diri
  • Widaningrum Head of Marketing and New Business Model FWD Insurance
  • Maria Magdalena Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan FWD Insurance,
  • Rosidar Suhaid Chief Bancassurance Officer FWD Insurance, dan
  • Desy Widjaya Chief Financial Officer FWD Insurance,
Menurut Ibu Rosidar yang biasa dipanggil dengan Aling. Perempuan itu tidak boleh bergantung kepada orang lain, Jaman sekarang, para perempuan bisa memiliki penghasilan sendiri, karena saat ini, perempuan bisa kok bekerja dari rumah. Kekuatan media sosial telah mengubah cara berpikir dan cara kita bekerja.

Dengan memiliki penghasilan sendiri, perempuan pun bisa memiliki kekuatan ekonomi. Tidak hanya bisa membelanjakan barang dengan tanpa tekanan, tapi juga ketika memiliki kekuatan ekonomi, seorang perempuan pun memiliki kesempatan untuk ikut menentukan keputusan.

Banyak Cara Agar Perempuan Bisa Mandiri

Menurut Ibu Widia ada banyak cara agar perempuan bisa mandiri secara finansial, yang pertama perempuan harus bisa menyesuaikan pengeluaran, artinya tidak besar pasak dari tiang, sehingga pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan yang didapatkan.

Kemudian harus mempunyai catatan arus cash flow/ anggaran pengeluaran agar, mudah memantau setiap bulannya, kemana uang itu pergi. Sebisa mungkin melakukan investasi supaya lebih kuat dalam keuangan. Harus mengalokasikan pendapatan salah satunya mempunyai Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa, Dan terakhir sisihkan uang untuk ditabung.

Kalau ditanya kenapa harus mempunyai asuransi pasti sudah tahu semua jawabannya. Karena dengan mempunyai proteksi, di saat kita sedang terkena musibah atau sakit, disalah proteksi menolong kita dari kerugian financial yang besar.

Mindfulness Meditation Dapat Mempengaruhi Emosi Sendiri

Kemudian ada pengalaman dari Tsamara yang dulu pernah mengalami perasaan lelah setelah didiagnosis secara klinis, menderita kecemasan berlebihan dan depresi kronis. Akhirnya bisa mengatasi dengan latar belakan pendidikan di bidang neuroeconomics

tips-mudah-bangun-percaya-diri

Dia bisa mempelajari bagaimana mindfulness meditation dapat mempengaruhi emosi seseorang. Bahkan aku beberapa kali pernah mendengar podcast tentang meditasi berjudul Meditate with Tsamara.

Dia juga membahas tentang pengembangan diri. Tiga topik yang diangkat adalah Be Grateful, Be Purposeful, dan Be Honest. Metode yang digunakan kombinasi teknik spiritual dan ilmiah. Kemarin kita semua diminta untuk melakukan meditasi, yang dibimbing langsung oleh Tsamara caranya dengan.
  • Pejamkan mata, kemudiian bernapas dengan teratur
  • Membuka telapak tangan di atas paha,  perlahan meletakkannya di dada dan di bagian yang kita ingin sentuh - sebagai bukti bahwa kita mencintai diri kita. dan terakhir mengucapkan terimakasih pada tubuh yang selama ini menemani aktivitas sehari-hari.
Coba deh teman-teman melakukanya seperti diatas misalkan saat ingin beranjak pergi tidur. Pasti akan merasakan, Kita yang terkadang sering lupa pada tubuh dan diri kita sendiri. Kita terlalu sibuk ke sana kemari, sehingga pada saat dibutuhkan untuk fokus, kita malah merasakan cemas yang berlebih.

Self Love untuk Percaya Diri

Mencintai diri sendiri atau self-love bukan berarti kita egois kita jadi bisa menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, tetapi juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

tips-mudah-bangun-percaya-diri

Mencintai diri sendiri berarti memenuhi segala kebutuhan dan tidak mengorbankan diri sendiri untuk menyenangkan orang lain. percaya pada diri sendiri, jujur atau tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik pada diri sendiri, serta memaafkan diri sendiri saat melakukan hal buruk.

Yuks teman pahami apa yang ada di diri kita sendiri cintai lebih dalam sehingga ketika terjadi sesuatu respon tubuh kita dan pikiran kita akan sejalan. Tidak ada lagi kecemasan yang berlebih. Semoga tips hidup penuh percaya diri  bermanfaat ya,, Sukses untuk semuanya✌


utieadnu


18 comments

Ranny said...

Senang banget dengan topik self love gini, jadinya lebih menghargai diri sendiri. Mulai memaafkan diri ini yang emang perlu belajar hihi karena kadang kala suka menyalahkan diri atas apa yang terjadi.

Andiyani Achmad said...

membangun rasa percaya diri memang luarbiasa prosesnya, apalagi buat yang punya rasa insecure tinggi dan juga overthinking akan segala hal

Suciati Cristina said...

Percaya diri kadang suka timbul tenggelam nih mba. Heheu. Iyaya jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada diri. Biasanya recap masa2 sulit di hidup terus jadi merasa oh ternyata bisa kok tetap baik2 sajaaaah. Ikut event kayak gini juga asyik banget ya mba, banyak sharing tentang pengembangan diri

Bunda Erysha (yenisovia.com) said...

Dulu aku pernah mba ngerasa nggak percaya diri. Ngerasa insecureeee banget. Tapi ternyata ketika ngerasa begitu, membuatku berpikir aku harus mencari sesuatu yang diri aku butuhkan untuk membuat diriku berharga. Apakah itu belajar terus memperbaiki diri agar lebih baik, menerima diri apa adanya dan aku membuat panggungku sendiri.

nurul rahma said...

Asik banget klo hidup penuh percaya diri.
plus bersyukur dgn apa yg ada
jadinya makin mantab betulll utk mengarungi hidup ye kan

Nurul Fitri Fatkhani said...

Bermanfaat sekali topik pembicaraannya. Kalau ada yang membahas materi seperti self love ini bisa jadi motivasi dan penyemangat untuk diri sendiri. Kadang juga bisa memacu untuk intropeksi diri.

Helenamantra said...

sibuk dengan urusan dunia, jangan lupa membahagiakan diri sendiri. Berterima kasih kepada diri yang sebagai bentuk self love supaya tetap sehat fisik dan psikis.

Ika Puspita said...

Aku dulu sering banget ngerasa nggak pede, suka membandingkan diri dengan orang lain, trus ya gitu deh. Tapi alhamdulillah, sekarang udah lebih percaya diri, lebih pede dengan kemampuan sendiri.

Nanik nara said...

Setuju, mencintai diri sendiri itu harus sepenuh hati dan tanpa syarat. Jika sudah bisa mencintai diri sendiri, insyaallah menjalani hidup dengan segala persoalannya akan terasa lebih mudah ya mbak

Eri Udiyawati said...

Kepercayaan diri memang perlu dipupuk. Awalnya memang suka minder ya, tapi kita harus semangat mencintai diri sendiri dan berubah menjadi baik untuk masa depan yang cerah.

Bahkan, kalau perlu, kita memiliki biaya2 tak terduga di asuransi.

Okti Li said...

Kalau kita sudah mencintai diri sendiri, insyaallah kita akan lebih bisa memandang kehidupan dengan sebaik mungkin ya. Mencintai diri lalu mencintai lingkungan sekitar.

Dee_Arif said...

Sangat penting ya bagi kita untuk punya rasa percaya diri yang tinggi
Membangun rasa percaya diri bisa dimulai dari mencintai diri sendiri ya mbak

Nyi Penengah said...

Mba Utie, aling tuh panggilanku juga lho waktu kerja di Hong Kong hehehe
allhamdulillah ya dengan ikutan acara ini jadi makin tercerahkan, memang penting banget percaya diri itu ya mba.

echaimutenan said...

Perempuan berdaya di mana pun juga seneng dengan materi dari fwd banyam dan bisa banget buat nambah updrade diri

Desy Yusnita said...

Seneng ya kalo ada webinar yang masukin juga sisi psikologi supaya kita bisa refleksi kan diri kita sendiri. Udah tambah pinter soal finansial, secara psikoologis juga bisa keisi juga.

Latifika Sumanti said...

Aku jadi kepo sama neuroeconomics. Detilnya seperti apa, ranahnya dimana, something new banget. Semoga kapan2 aku bisa ikutan webinar soal self love, lagi butuh sekali rasanya saat ini

Idah Ceris said...

seneng ikut webinar yang bisa bikin semangat ya, mbak. paling enggak kita nambah pengetahuan dan tentu kecipratan insight positifnya.

Eni Martini said...

Penting banget memang membangun rasa percaya diri, bisa meningkatkan kualitas kerja dan karir di masa depan