BNIXpora dan SmesHub Wadah UMKM Go Ekspor

BNIXpora dan SmesHub Wadah UMKM Millennial Go Ekspor
Seperti yang kita ketahui UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah. Dan UMKM adalah para pelaku usaha yang mampu menggerakkan roda ekonomi di Indonesia. Perannya salah satunya adalah meningkatkan peluang di dunia kerja karena pelaku usaha membutuhkan karyawan.

Munculnya berbagai macam usaha tentunya ikut mendongkrak minat pencari kerja di dalam negeri. Singkatnya daya serap tenaga kerja di Indonesia ikut terbantu berkat adanya para pelaku usaha.

bnixpora-smeshub-wadah-umkm-go-ekpor

Selain itu berkat adanya UMKM angka pengangguran juga bisa ditekan. Apalagi kesempatan kerja lebih luas karena usaha tersebut berdiri di setiap kota, kabupaten maupun daerah.

UMKM adalah pendorong pemerataan ekonomi masyarakat di Indonesia. Maksudnya adalah lewat usaha tersebut masyarakat lebih mudah mendapatkan berbagai macam produk maupun jasa tanpa harus pergi ke kota besar.

Seperti di blog saya sebelumnya 2 sosok Kartini masa kini Ibu Aling dan Ibu Wisni, yang bisa mendunia karena usahanya.

Karena inspirasi inilah Rumah BUMN BNI, BNI Xpora dan Ayo Naik Kelas berkolaborasi menggelar kegiatan Kartini Milenial Go Ekspor untuk mengangkat sosok-sosok wanita inspiratif masa kini yang berjuang untuk UMKM lokal hingga go global. Pada tanggal 19 April 2022. Di Acara ini Kartini Milenial Go Ekspor hadir juga
  • Lutpi Ginanjar, pendiri platform digital SMEsHub Indonesia untuk UMKM dan anak muda
  • Genio P. Hardianto dari BNI Xpora.
bnixpora-smeshub-wadah-umkm-go-ekpor
Lutpi Ginanjar dan Genio P. Hardianto

BNI Xpora Program BNI untuk UMKM

Dalam kesempatan ini, Genio berbicara tentang inovasi digital BNI untuk mendukung UMKM Indonesia agar lebih produktif, mampu memaksimalkan penggunaan teknologi digital, dan menembus pasar global.

BNI menyiapkan berbagai solusi perbankan disertai dengan program pembinaan dan pendampingan yang diharap dapat membantu pelaku UMKM naik kelas sekaligus mampu menembus pasar ekspor.

Melihat UMKM ini sebagai sebuah peluang pemulihan ekonomi. Terlebih sebagai agen pembangunan pemerintah. BNI saat ini fokus pada penciptaan ekosistem yang produktif dalam mengembangkan segmen UMKM. Debitur UMKM ini digabungkan dengan satu ekosistem yang berhubungan dengan pelaku usaha sejenis sehingga dapat saling mendukung pertumbuhan kinerja masing-masing.

Dengan mandat sebagai bank global Indonesia, BNI juga fokus pada pengembangan potensi pasar di luar negeri dengan BNI Xpora. Program ini ditujukan untuk mendorong pelaku UMKM dalam negeri untuk membangun kapabilitas serta kapasitas usahanya dalam menjawab permintaan luar negeri dengan 7 Xpora Hub yang tersebar di Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Lewat Bank Digital ini dibuat di luar sistem yang BNI punya saat ini dengan harapan dapat memiliki sebuah ekosistem yang lebih kondusif bagi UMKM untuk naik kelas. BNI juga memiliki program Smart City, Smart Farming, dan Smart Fishing. Ketiga program ini merupakan upaya BNI untuk mendorong pelaku UMKM lebih adaptif dengan perkembangan dan layanan digital perbankan.

Lanjut Genio “Tidak ada syarat tertentu untuk UMKM bergabung dengan BNI yang terpenting mereka mempunyai product dan mempunyai semangat untuk berkembang.

Sebenarnya daya saing produk UMKM Indonesia tidaklah kalah, akan tetapi untuk siap menembus pasar ekspor ini menjadi salah satu tantangan bagi UMKM. Maka dari itu, BNI Xpora menjadi platform bagi UMKM Indonesia untuk Go Global.

bnixpora-untuk-umkm-go-ekspor
Fitur dan layanan SmesHub

Lutpi Ginanjar dari Top 30 ASEAN Startup Challenge 2021

Sementara Lutpi, Founder Startup yang berhasil masuk dalam Top 30 ASEAN Startup Challenge 2021 ini mengajak anak muda untuk bersinergi dengan UMKM agar mampu membawa UMKM Indonesia lebih maju dan berkembang.

Saat ini fenomena yang sedang booming adalah UMKM dan anak muda. UMKM memiliki jumlah dan kontribusi yang besar terhadap produk domestik bruto, sedangkan ke depan Indonesia akan didominasi oleh generasi milenial dan gen Z. Maka SMEsHub Indonesia hadir mengkombinasikan UMKM dan anak muda sebagai peluang akselerasi.

Berharap banget melalui kegiatan Kartini Millennial Go Ekspor bisa berbagi semangat inspirasi untuk generasi muda sebagai Kartini Milenial agar mereka berperan aktif mengembangkan usaha dan potensi lokal hingga ke mancanegara melalui kemudahan teknologi dan ekosistem digital yang diciptakan oleh BNI Xpora dan SmesHub Indonesia.
bnixpora-dan-smeshub-wadah-umkm-go-ekspor

Aku sendiri yang mempunyai UMKM usaha frozen food ini ingin sekali maju dan berkembang, banyak kendala memang yang harus dihadapi. Tapi semoga proses bisa dilalui dan produk yang aku punya bisa dikenal banyak orang.

Semoga bermanfaat ya berharap banget UMKM akan terus berkembang dan kita juga harus bangga tentunya dengan ikut membeli dan memakai produk-produk UMKM Indonesia.

utieadnu

10 comments

  1. Alhamdulillah-nya Sekarang banyak start up dan beberapa program yang mewadahi para UMKM berkembang salah satunya BNIXPORA dan SMESHUB. Semoga makin banyak yang mendukung dan membawa UMKM Indonesia semakin maju agar bisa Go Ekspor

    ReplyDelete
  2. BNIxpora dan Smeshub merupakan kerjasama simbiolis mutualisme dimana nantinya kita tidak perlu lagi jadi TKW. Lewat mengembangkan potensi Di desa dan karya wanita juga bisa menghasilkan cuan

    ReplyDelete
  3. BNIXpora jadi angin segar sekaligus jembatan buat kemajuan UMKM juga ya ini, semoga UMKM kita berjalan dengan baik dengan adanya program-program seperti ini dan ekonomi kita pun jadi lebih baik.

    ReplyDelete
  4. happy bacanya

    banyak perempuan yang bergelut di UMKM, mereka gampang patah jika tak ada dukungan

    Beruntung BNIXpora menyadari hal tersebut dan membantu ya?

    ReplyDelete
  5. Wah temenku yang punya usaha pengolahan bandeng mesti ku kasih tahu tentang BNIXpora nih. Kali aja usahanya bisa makin maju. ternyata banyak juga ya program BNI untuk mendukung kemajuan UMKM, ada BNI farming dan BNI fishing juga

    ReplyDelete
  6. Startup semakin berkembang dengan adanya program dukungan UMKM dari BNI

    ReplyDelete
  7. Penasaran sama program Smart City nya BNI Xpora ini seperti apa. Makin inovatif ya BNI sudah mewadahi UMKM untuk tumbuh dan berkembang dengan programnya

    ReplyDelete
  8. Dukungan buat UMKM kita semakin berkembang dari BNI ini jadi langkah yang apik, karena memang UMKM kita dapat meningkatkan perekonomian nasional

    ReplyDelete
  9. Senengnya kalau produk umkm bisa go ekspor. Jadi pingin juga deh

    ReplyDelete
  10. UMKM adalah primadona ekonomi Indonesia, terutama di masa pandemi ini. Beruntung pemerintah dan pihak terkai mendukung dan memberi jalan seluas-luasnya... Apalagi sekarang BNIXpora dan Smeshub memfasilitasi UMKM untuk eksport... Sip dah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ